Abu Vulkanik Diperkirakan Capai Pulau Madura

 

gunung raung

 

Di saat kaum muslimin sedang suka cita merayakan Hari Raya Idul Fitri, warga diĀ  pulau Madura perlu waspada. Pasalnya, sebaran abu vulkanik Gunung Raung diperkirakan bisa mencapai Pulau Madura. Perkiraan ini, berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sebaran abu vulkanik kini meluas hingga melewati garis pantai utara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Lamongan.

Kepala Bidang Meteorologi Penerbangan BMKG, Heru Jatmiko, Jumat (17/7), mengatakan sebaran abu vulkanis Gunung Raung mengarah ke barat dan barat laut.

“Berdasarkan pantauan citra Satelit Himawari pukul 14.00 WIB, abu vulkanik semakin meluas ke utara dan sudah melewati garis pantai utara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Lamongan,” ujar Heru.

Saat ini, lanjut dia, sebaran abu vulkanik sudah sampai di Selat Madura. Sebaran abu vulkanik tersebut diperkirakan bisa mencapai Pulau Madura.
Karenanya, masyarakat setempat diminta terus memantau perkembangan pergerakan abu vulkanik. Bagi warga atau nelayan yang sedang melaut diharap berhat-hati dengan adanya potensi hujan abu.

“Perkembangan selanjutnya belum bisa diprediksi lebih lanjut. Masyarakat sebaiknya memantau informasi dari situs resmi BMKG, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),” tambah dia

 

(Sumber news: www.republika.co.id)

(Sumber image:img.okezone.com)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like