Ada Allah

37,019 Views
Santri Tahfidz Online

Ada Allah… Jangan pada kecil hati. Ada Allah… Jangan pada putus asa. Ada Allah. Teruslah berbesar hati, &berharap. Keajaiban itu ada.

Pertolongan Allah ga pernah terlambat. Yg sabar, yg ridho, yg ikhlas. Tunjukin aja dulu sama Allah, kita kuat.

Banyak merendah aja ke Allah. Jangan ampe ada pertanyaan yang mempertanyakan Kehendak&Ketentuan Allah. Ridha aja.

Merendah aja. Trmasuk minta ampun atas dosa sendiri. Jgn ampe ada nyalah2in keadaan juga dan sekitar.

Nabi Adam dulu ga nyalahin Hawa. Dan Hawa ga nyalahin Nabi Adam. Bahkan keduanya, ga nyalahin syetan. Lbh milih minta ampun&rahmat-Nya saja.

 

Temukan Allah & Kasih Sayang-Nya di tengah kesendirian kawan2x , di tengah kejatuhan kwn2, di tengah kesusahan, kesulitan, & kesedihan kwn2.

Kelak orang2 yg doanya banyak dikabul di dunia, dikisahkan justru akan menyesal. Kenapa?

Di akhirat nanti Allah Memperlihatkan balasan2 kebaikan hamba2Nya ketika di dunia.

Maka seorang hamba melihat bergunung2 kebaikan yg ga kehitung banyaknya. Bertanyalah ia kpd malaikat yg mengiringinya…

 

Gunung2 apakah itu?

Malaikat menjawab, itu doa2mu yg ketika di dunia tdk dikabulkan. Siap skrng dicairkan u jd kebaikan tambahan bagimu.

 

Kemarenan sempet saya twit ttg 2M. Padahal kebutuhannya, susu. Susu anak. Sisanya itu u/ kebaikan dia. Asal mintanya bnr, u hal bnr.

Allah Terlalu Kaya u/ kita mintai pas2an. Allah Terlalu Kuasa dg limit yg kadang qt berikan ke Allah, tinggal sehari, seminggu, misalnya.

Tapi mbok kita jg scr akhlak hrs lbh memberi kesempatan kpd Allah. Biarkan Allah Bekerja Mengatur tanpa diintervensi. Keluhan&ktdksbrn.

Allah sungguh sedang aturkan yg trbaik. Maka bersabarlah. Kehendak Allah, mestilah yg terbaik, walo hati&pikiran, serta rasa qt, blg pahit.

Undzhur ilainaa… Man nahnu? Look at us… Who are we? Shalat slm ini ancur2an. Mata, telinga, mulut, jarang dijaga. Dosa, bgt bnyk…

Brsabarlah dlm brdoa&menanti pertolongan Allah. Allah saja bersabar nunggu kita bertobat. Asli Sabar Buanget. Maka berilah Allah kesempatan.

Sekali lagi, tunjukkan ke Allah, qt ini kuat, ridha, sabar, bs menenangkan diri, ikhlas, menjalani dulu episode yg sdg digelar Allah.

Seraya kita perbaiki ibadah qt, perbanyak doa2, amal saleh, &tambah lg ilmu qt ttg Allah, Rasul-Nya, agama-Nya, Qur’an-Nya…

InsyaaAllah… Di masa yg akan dtg, orang rata2 akan lbh bnyk brsyukur diberi-Nya masalah, diberi-Nya serangkaian kesulitan.

Dan semua itu… Saya sudah mengalaminya. Makasih banyak2 ke Allah. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.

Sepenuh2nya, sejangkau yg bs saya tulis&ceritakan, saya sebar tulisan&tausiyah, di bnyk buku, &ceramah2. Mdh2an manfaat. Saling doa ya.

Satu hal… Buat qt yg hina dina ini… Diberi kesempatan berdoa saja, sdh merupakan anugerah tiada tara… Apalagi kl liat kelakuan qt.

Walo sodara2 hafal, bukalah Qur’an, surah Yaasiin. Surah yg sodara2 hafal. Liat, baca, ulang brulang, 2 ayat trakhir. Kun Fayakuun…

Sgr stlh twit ini berakhir, sgr buka Qur’an. Lsg berinteraksi dg Kitab aslinya. Baca trjemahan 2 ayat trakhir Surah Yaasiin. Jgn ditunda.

Salam hormat buat keluarga di rumah. Saya jg lg bth doa banget2 dari kwn2. Spy sisa hidup ini bnr2 bermanfaat, dlm keadaan Allah Ridho.

 

 

 

 


Article written by Admin

68 Responses

  1. Sitie Hamzah
    Sitie Hamzah November 10, 2013 at 3:51 pm | | Reply

    Insya Allah, terima kasih tausiyahnya bagus βůϋ⪪ΏĝỀề†……. , smg mjd penyemangat buat kita semua,Aamiin

  2. dewi yana
    dewi yana November 10, 2013 at 10:17 pm | | Reply

    Hasbunallaah wa ni’mal wakiil, ni’mal maulaa wa ni’man nashiir.

  3. noorman apriansyah
    noorman apriansyah November 10, 2013 at 10:18 pm | | Reply

    Min, tolong dong kirimin artikel-artikel ustad yusuf mansyur dong
    Artikelnya penyejuk hati min
    Makasih

  4. Ema
    Ema November 10, 2013 at 10:52 pm | | Reply

    Subhanallah..Jazakumullah u/ ilmu’ny Ustad smga Ust selalu ad dlm ke Ridhoan Allah SWT.Amiin ya Rabbal al amiin.

  5. day
    day November 10, 2013 at 10:55 pm | | Reply

    ijin share pak ustad..

  6. yuni ds
    yuni ds November 10, 2013 at 11:48 pm | | Reply

    Subhanallah…..walhamdulillah… Jazakumullah ustad. Bener2 penyejuk hati dan semoga mjd ilmu yg manfaat. Aami-n

  7. akmal fikri diaudin
    akmal fikri diaudin November 11, 2013 at 12:14 am | | Reply

    Makasih ustadz atas doa2 & tausyiahnya …. Selalu hadir dihati sy ketika masalah sy alami, termasuk saat sy dpt link dan sy buka link.

    Subhanallah tentram sy dan team sy setiap tausyiah yg sy terima & sy syiar kan kembali ke team sy. Semoga Alloh SWT sll memberi sgl kemudahan dlm dakwah, Alloh ampuni semua dosa2 kaum muslimin, Alloh lancarkan segala Hajat & Niat ustadz utk kemashalatan umat muslim.
    آمِيـنَ يَا رَ بَّ العَـــالَمِيْن
    Jazaakallaah khoir…

  8. waki
    waki November 11, 2013 at 12:19 am | | Reply

    Manfaat sekali postingan ustadz Yusuf Mansur ini, semoga menjadi motivasi untuk kita semua. Amien

    1. ummi kultsum
      ummi kultsum November 18, 2013 at 10:14 pm | | Reply

      Jazzakallahu khayran ust

  9. joe
    joe November 11, 2013 at 12:24 am | | Reply

    aminnn ya rabbb!!!!!!!!!!

  10. citra
    citra November 11, 2013 at 1:46 am | | Reply

    Beri kesehatan selalu untuk beliau ini Ya Allah,agar selalu bisa ber dakwah menyejukan hati dan mengingatkan kami.aamiin

  11. andiana permatasari
    andiana permatasari November 11, 2013 at 3:43 am | | Reply

    ijin share ya ustad…makasih

  12. www.Mitra-VSI.com
    www.Mitra-VSI.com November 11, 2013 at 4:28 am | | Reply

    Alhamdulillah telah hadir web Support VSI super canggih dan serba otomatis http://www.Mitra-VSI.com

  13. Muhammad Syamsuri
    Muhammad Syamsuri November 11, 2013 at 6:51 am | | Reply

    Tausyiah ustadz selalu buat hati ane goyang.. mgkn krna terlalu banyak dosa .. airmata ini selalu menetes jika dnger tausyiah2 seperti ini.. mksh ustadz, sangat bermanfaat sekali.. smga ustadz & kluarga selalu diberi kshtan, kekuatan dlm brdkwah.. salam silahturami…

  14. santi
    santi November 11, 2013 at 12:02 pm | | Reply

    Aamiin.. semoga allah menerima dan mengabulkan do”a kita.

  15. Agus Sugiarto
    Agus Sugiarto November 11, 2013 at 1:56 pm | | Reply

    Tausiah ust pas dengan yg sy alami skrng, alhamdulillah jadi semangat lagi
    dan telah sy sebarkan ke yg lain.

    terima kasih ya Rabb….

  16. puspita
    puspita November 12, 2013 at 12:34 am | | Reply

    Jazaakallaahu khairan ustadz. Nasihatnya bagus skali. Smoga sy bisa istiqomah. Smoga ustadz sllu dlm lindungan Alloh,bgitu pula kami. Aamiin..

  17. Tb. Deden Anwarudin
    Tb. Deden Anwarudin November 12, 2013 at 1:18 am | | Reply

    Asslmkm… izin share ustadz.

  18. astri anjelina nasution
    astri anjelina nasution November 12, 2013 at 7:01 am | | Reply

    Subhanallah …
    Kita harus percaya Keajaiban yg pasti Allah berikan di hidup kita.
    Terimakasih ustad untuk tausiyahnya, menyejukkan hati. Semoga Ustad dan Keluarga selalu diberikan kesehatan agar tetap terus berdakwah di negeri ini.

  19. ragesrafi
    ragesrafi November 12, 2013 at 8:55 am | | Reply

    Alhamdulillah,..terimakasih tausiyah nya,..semoga kt dpt mengamalkan dlm hidup sehari hari,..amiiiiiiiiiiiinn ya rabbal alamiin.

  20. Arif Khoirudin
    Arif Khoirudin November 12, 2013 at 12:01 pm | | Reply

    Amiiin, Amiiin, Amiiin,

  21. MukminunCom | Portal Islam dan Dinamika Islam

    Assalamu’alaikum, Ustadz Yusuf Mansur. Dari Solo dengan Senyum. Salam kenal

  22. wahyu prasetyo
    wahyu prasetyo November 13, 2013 at 6:40 am | | Reply

    Ya Allah Ya Robb ampuni atas semua kesalahan kekeliruan dan kekhilafan hamba istri serta anak” kami orangtua kami serta guru” dan keluarga kami…jadikan kami senantiasa menjadi hambaMu yang selalu bersyukur dgn apa yang Kau berikan kpd kami…sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui apa yg terbaik untuk kami…bimbing kami tuntun kami kembali kedalam jalanMu ya Allah jalan yang penuh dengan kebarokahan dan keridhoanMu..Hasbunallaah wa ni’mal wakiil, ni’mal maulaa wa ni’man nashiir..أَمِِيْن يَا رَبَّ العَالَمِينْ

  23. Wardoyo
    Wardoyo November 13, 2013 at 3:12 pm | | Reply

    Assalamu’alaikum, Ustadz Yusuf Mansur salam kenal, kirimin dong tausiah2 N do’a2nya semoga bisa bermanfaat untuk di amalkan.

  24. dahlia
    dahlia November 13, 2013 at 7:00 pm | | Reply

    Subhanallah..terima kasih nasehatnya ustadz. Semoga kita semua tetap istiqamah dijalanNya Amiiinnn…

  25. risma
    risma November 14, 2013 at 1:07 am | | Reply

    amiin….

  26. Gatot Sugianto
    Gatot Sugianto November 14, 2013 at 2:23 am | | Reply

    terima kasih Pak Ustadz,

  27. Fitrisna
    Fitrisna November 14, 2013 at 1:16 pm | | Reply

    Ustad adalah motivator ulung,pengen banget bisa share ustad..tp gak tahu caranya,mhn petunjuk nya min,wassalamualaikum

  28. puji lst
    puji lst November 15, 2013 at 4:07 am | | Reply

    Jd S̤̥̈̊є̲̣̥♍♍ªªªηGªª†̥̥†̥̥ lg setelah dpt tausiyah dr ustad. Saya yg hampir putus asa dr rahmat ALLAH, jd dpt kekuatan lg. Doanya buat ustad pokoknya segala yg baik2 aja dech.suwun ustad,,,

  29. puji lestari
    puji lestari November 15, 2013 at 4:11 am | | Reply

    Subhannalah,,,

  30. syaiful
    syaiful November 15, 2013 at 11:18 am | | Reply

    Subhanallah..terima kasih nasehatnya ustadz. Semoga kita semua tetap istiqamah dijalanNya Amiiinnn…LUar biasa

  31. ahmad rivano
    ahmad rivano November 15, 2013 at 5:44 pm | | Reply

    amin….amin….amin…..makasih ustadz..

  32. Tiyo Kamtiyono
    Tiyo Kamtiyono November 15, 2013 at 6:59 pm | | Reply

    Amin, semoga bermanfaat Tadz, tapi jujur bagian akhir doa yang disingkat bikin males bacanya :)

  33. Wong Alus Cirebon
    Wong Alus Cirebon November 15, 2013 at 9:21 pm | | Reply

    saya selalu curhat ke allah, kalau saya lagi sedih dan senang

  34. rini handayani
    rini handayani November 16, 2013 at 4:09 am | | Reply

    jazakallahu khairan katsira semoga kita semua selalu bisa berdoa di setiap kesempatan dalam hidup kita, seperti ustadz yusuf mansur, gunakan waktu kita sebaik mungkin, terima kasih ustadz, ingin sekali mendirikan rumah tahfidz n pesantren daqu seperti cabang cabang yang sudah ada. ingin sekali ikut barisan mereka yang selalu hidup dalam naungan Al Quran, semoga bisa terwujud. AMIIN.

  35. klikvsicenter
    klikvsicenter November 16, 2013 at 6:24 pm | | Reply

    artikel yang sangat bermanfaat,,saya takut karena ada allah yang selalu mengawasi kita..

  36. sahabat ane
    sahabat ane November 16, 2013 at 10:15 pm | | Reply

    allah dekat sama kita memang, tapi pikiran kita selalu bahwa allah selalu jauh

  37. Penyembuhan Leukemia
    Penyembuhan Leukemia November 18, 2013 at 2:13 am | | Reply

    Have a nice monday ;)) GBU

  38. Umi Latifah
    Umi Latifah November 18, 2013 at 5:27 am | | Reply

    koq lama nggak muncul Wisata Hati ANTV, sudah kangen dengan tausiah dan becandaan ustadz, semoga ustadz beserta keluarga selalu dikarunia kesehatan untuk selalu berdakwah, semoga kita semua istiqomah dan akhir yang husnul khotimah, amiiin…

  39. ummi kultsum
    ummi kultsum November 19, 2013 at 8:52 pm | | Reply

    Aamiin

  40. sofian sauri
    sofian sauri November 20, 2013 at 9:02 am | | Reply

    aminn,semoga ALLAH cepat menyelesaikan masalah quw ini…..

  41. intan rahmawati
    intan rahmawati November 20, 2013 at 3:11 pm | | Reply

    assalaamu’alaikum ustadz yusuf mansyur,salam kenal dari jogja…..subhanallaah bikin hati ini adem….motivasi banget….istiqomahkan kita semua di jalan-MU ya Allah..Aamiin.

  42. heny
    heny November 22, 2013 at 2:32 am | | Reply

    subhanallah… sgat bermanfaat.. sangat mndalam.. trimaksih ustad..

  43. Ghufie Sebastian
    Ghufie Sebastian November 24, 2013 at 5:15 pm | | Reply

    Subhanallah..aamiin makasih ustdz..sngt brmanfaat skli

  44. mardliyah
    mardliyah November 24, 2013 at 11:24 pm | | Reply

    Subhanalloah, semoga perilaku syu kur dan Sabar jd karakter yang sll melekat pada setiap aktifitas kehidu pan yang diperjalankan Alloh untuk setiap langkah kita

  45. Dwi
    Dwi November 27, 2013 at 3:46 am | | Reply

    Jadi Makin Semangat.
    Ada Allah. Seperti halnya yang pernah saya alami. Keadaan ekonomi saya yang di bawah rata-rata dan umur saya yang sudah hampir menginjak 28 tahun, menjadi bulan-bulanan ejekan teman-teman, tetangga, bahkan keluarga sendiri hanya karena saya tidak urung mengakhiri masa lajang. Ditambah lagi adik saya (laki2) sudah nikah duluan. Mati gila kan? Pokoknya tahun 2013 adalah Neraka bagi saya sekaligus surga. Begini ceritanya, Beberapa kasus justru banyak wanita yang mendekati saya, meskipun saya juga pernah berinisiatif sendiri memilih pasangan. Namun, semua pada akhirnya selalu gagal di tengah jalan. Mungkin saya belum siap secara materi membuat saya urungkan niat serius. Karena sifat saya yang jg cenderung introvert membuat keluarga dan teman-teman tidak mengetahui saya sedang ta’aruf dengan wanita mana atau siapa. Mereka hanya mengetahui kalau saya banci alias tidak pernah mendekati wanita. Dalam hati ya, kurang ajar sekali ngatain saya banci. Astaghfirullah…. Saya hanya memegang teguh istilah “Jodoh dan rejeki di Tangan Tuhan” meskipun hanya dianggap untuk sekedar menghibur diri aja.
    Pernah ada satu saudara saya bilang. Jodoh itu hasrat/nafsu yang harus dikejar. Tidak bakalan dapat jodoh kalau tidak punya nafsu mengejarnya. Gila, bahasanya kasar banget, mungkin maksudnya usaha kali ya? Oke saya terima.
    Secara logika memang ada benarnya dan saya mengikuti arahan dia. Lagipula, dia juga bilang menikah akan membuka pintu rejeki. Oke semangat, dan saya mempunyai wanita incaran. Jebret-jebret langsung kena dengan berbagai macam pertimbangan yang matang tentunya tapi saya tidak menceritakan ke keluarga, hanya beberapa saudara saja yang tau. Namun, pada akhirnya justru saya tidak menikah dengan wanita yang saya kejar. Melalui tahap yang diluar dugaan, cepat, tiba-tiba, sedikit konflik (inilah bukti Allah ada, dan mengatur segalanya termasuk urusan jodoh dan rejeki) saya justru menikah dengan tetangga saya sendiri, rumahnya pun bersebelahan pula. Sungguh Allah yang mengatur, sungguh nikmat aturan Allah. Awalnya, pihak keluarga saya tidak setuju dengan wanita pilihan saya dengan berbagai alasan. Padahal, saya sudah terlanjur masuk dalam-dalam masa ta’aruf dengan wanita itu. Pikir saya, bakal gagal nih saya menikah. Dalam masa-masa dilema itu, datanglah wanita yang sekarang resmi menjadi istri saya. Dia adalah tetangga samping rumah saya yang baru saja datang dari Emirat Arab sebagai TKI. Doakan kami menjadi keluarga sakinah mawaddah warrohmah. Aamiin.
    Inilah yang mematahkan statement saudara saya bahwa jodoh harus dikejar, lebih jauh lagi rejeki juga harus dikejar. Kalau mereka bisa datang sendiri mengapa harus dikejar. Tentu saja atas persetujuan Allah SWT. Subhanallah….

  46. faisal prayogi
    faisal prayogi November 27, 2013 at 10:29 am | | Reply

    Assalamualaikum pak ustad,,,pak ustad tolong doakan saya y sya lgi ada ujian ni pak ustad saya banyak utang,,,cara sedekah udah saya lakukan ada uang d kantong 6 jt saya sedekahkan 5 jt tp tak serentak guyur2 gt,,niat sedekah y sedekah tp saya berharap allh melunasi utang2 saya,,saya yakin allah,,shalat 5 wktu d masji shalat duha bersam istri,,shlat tahaju udah saya lakukan 5 hari bersama istri,,ni ustad sakit kepala say doakan ustad cept smbh .amin

  47. faisal prayogi
    faisal prayogi November 27, 2013 at 10:48 am | | Reply

    Dan tiap hari pak ustad anak yatim terus datang k toko saya sebanyak 3 orang tetap sya ksh tiap hariny ,,udah 4 hari say nabung k allah ,,msuk k masjid tiap hari saya lakukan tak banyak sih 20rb,,,pa pun jual beli d toko tetap saya keluarkan 10 persen t rutin pak ustad dan bakalan seterusny

  48. pahrudin
    pahrudin November 28, 2013 at 4:47 am | | Reply

    makasih ust, sudah mengingatkan kita2 yg lemah ini, mudah2 ust dan keluarga sehat selalu….

  49. yeni
    yeni November 28, 2013 at 5:54 am | | Reply

    alhamdulilah… bagus banget tausiyahnya. menenangkan hati :) smoga kita khususnya saya yg udah baca ini bisa mengamalkannya.amiinn

  50. basit
    basit November 28, 2013 at 9:08 am | | Reply

    subhanawallah mengugah ke hati, silturahmi yu dengan kunjungi blog saya di http://caraindahku.blogspot.com/ trimakasih semuanya semoga sukses selalu

  51. Agung maulana
    Agung maulana November 29, 2013 at 4:20 pm | | Reply

    Subhanallah,minta do’a nya smua tmn2 yg d admin ini,dn do’a dri ustadz yusuf mansur,saya lgi ada masalah dlm pkerjaan saya…

  52. Elvi Yetri
    Elvi Yetri December 6, 2013 at 9:41 am | | Reply

    Uts Yusuf Mansur dan Kel yang Disayang Allah, semg kita bisa bersabar dalam sgl kondisi dan kita2 semua tambah disayang Allah. Terima kasih Uts menambah daya tahan terhadap ujian ujian (senang atau susah agar bisa Lulus dimata Allah)..

  53. Ane Fujianto
    Ane Fujianto December 9, 2013 at 6:47 am | | Reply

    ada allah. subhanallah

  54. Zulkhaeri
    Zulkhaeri December 10, 2013 at 2:04 am | | Reply

    Masya Allah. makasih ya ustadz, semoga kita semua dirahmati Allah.
    semoga ustadz dan keluarga sehat selalu, berkah kehidupannya, dan mudah2an Allah ridho dengan kita semua. amiin.

  55. stevanus s
    stevanus s December 14, 2013 at 3:56 am | | Reply

    ass guru ..tetep menjadi inspirasi banyak orang termasuk aye.. rindu juga dengan guru saya ini. . sdh gk pernah liat lagi diloby antv..smoga msh ade waktu untuk sekedar menjabat tangan guru. .

    @zakimunawar

  56. Yohanes Bukhori
    Yohanes Bukhori December 15, 2013 at 9:24 am | | Reply

    Emanuel = Alloh beserta kita.

  57. Ahmad Azzahra
    Ahmad Azzahra December 15, 2013 at 1:22 pm | | Reply

    syukran katsir . sangat bermanfaat

  58. triyo assyafi i
    triyo assyafi i January 8, 2014 at 8:30 am | | Reply

    amin ya robb..
    minta doa dari ustad dan temen temen
    saya dalam kondisi yang sulit, terlilit hutang, terpuruk ekonomi, moga bisa secapatnya bisa cpet kluar dari masalah ini secepat nya
    tetap sabar iklas dan rindho..

  59. bogor
    bogor January 13, 2014 at 5:41 pm | | Reply

    Yakinlah Allah selalu ada mengiringi langkah kita…

  60. blenger
    blenger March 12, 2014 at 7:01 am | | Reply

    menyentuh sekali uztaadss tulisannya .. mtrnuwuunn udah sharing … semoga Allah SWT meridhoi kita semua aamiin ya rabbal’alamiin …

  61. lenny
    lenny March 12, 2014 at 8:39 am | | Reply

    ijin share ustadz…moment nya pas banget..alhamdulillah…

  62. rida
    rida March 12, 2014 at 9:35 am | | Reply

    Pa ustaf YM ,,,saya mau pak ustad ada lagi di acara wisata hati di antv setiap jam 05.00 pagi,,saya sangat seneng tenang dengan adanya acara wisata hati ustad itu,,sangat bermanfaat banget

  63. Sumarni Azzam
    Sumarni Azzam March 12, 2014 at 12:02 pm | | Reply

    Alhmdllh,trmaksh tausiahx.. Sy jd trharu banget soalx sy bxk dosa

  64. Agus setiawan
    Agus setiawan May 24, 2014 at 11:59 pm | | Reply

    Masya Allah.. izin share ya Ustadz

  65. Distributor Theraskin
    Distributor Theraskin June 17, 2014 at 6:33 am | | Reply

    benar sekali apa yg dikatakan ust.. Allah itu selalu bersama kita jika kita mau mndekat.. so jangan takut ketika dalam kesusahan kita tidak ada yang menolong, mntalah tolong kepada Allah, karena allah adalah sebaik”nya penolong… semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya.. aamiin,,

  66. Les Privat Bahasa Inggris
    Les Privat Bahasa Inggris June 18, 2014 at 1:18 am | | Reply

    subhanallah , semoga allah senantiasa melindungi menaungi memberkahi kita ya amiin…

  67. Les Privat
    Les Privat July 12, 2014 at 5:30 am | | Reply

    semoga allah senantiasa bersama kita amin

Please comment with your real name using good manners.

Leave a Reply


9 + 4 =

facebook like