• home ym com


Ajak Anak Berdoa

Anak-anak minta duit sama kita, “Mah, Pah, minta duit…”.

Apa jawaban kita? “Tuh, ambil sendiri. Duitnya di lemari. Ada di dompet.”

“Bu, minta sepeda…” Apa jawaban kita? “Ayuk, kita beli…” “Yah, kita jalan-jalan dong ke luar negeri…”

Apa juga jawaban kita, “Yuk… Kemana enaknya? Singapore? Malaysia? Thailand? Australia? Atau mana Kamu maunya?”

Itulah jawaban kita. Anak-anak minta apa aja, sepatu, hp, ipad, bb, iphone, motor, mobil, jajan, sepatu bola, baju, kita mengenalkannya pada duit. Bahkan parahnya, duit itu tidak diperkenalkan harus diperoleh dengan ikhtiar. Maen ambil begitu aja.

Ajarkan anak doa. Perkenalkan anak dengan doa.

6a00d8346d963f69e2010536bb518e970c-800wi

 

Ajak anak ke Allah. Perkenalkan anak ke Allah.

“Mah, lapar…”, kata anak kita. Jawabanya: “Udah doa belom…? Udah ngasih tau sama Allah kalau Kamu lapar…?

Terima kasih ke Allah ya. Ga semua dikasih lapar. Dan ga semua dikasih lapar, lalu ada makanan.”

InsyaAllah anak-anak bakal jawab, “Mamah kebanyakan nonton Yusuf Mansur…” He he he.

Anak-anak jawab, “Wong tinggal digorengin telor toh…”.

Jawab lagi, “Iya. Tapi silahkan doa dulu.

Makasih dulu sama Allah.”

Dengan begini, anak-anak jadi terbiasa doa, terbiasa perlu Allah, terbiasa datang ke Allah, terbiasa mendekati Allah.

You may also like...

21 Responses

  1. andi says:

    harusnya pelajaran ginian masuk kurikulum skul dari play group …pasti tauhid nya ntar mantaf

  2. dewi yana says:

    smoga kalo dewi punya anak nanti, dewi bisa ajarkan dia mengenal Allah, membiasakannya berdoa dari kecil dalam kesehariannya, untuk bekalnya nanti, aamin. Kebetulan dewi tahu progam PAUD, Alhamdulillah, di progam PAUD, anak2 usia dini, sudah mulai diajarkan mengenal Allah, diajarkan berdoa sebelum makan (sesuai agamanya masing2), berdoa sebelum belajar, diajarkan mengucap salam, dsb

    • fery says:

      nah itu titik masalahnya… selama ini diajarkan berdo’a dulu sebelum makan dan belajar, namun hanya sebatas suatu kewajiban yang harus dilakukan sebelum melakukan sesuatu.

  3. Evi says:

    Subhanallah….mantap ustad, empat jempol buat ustad…

  4. vitri karina says:

    alhamdulillah, anak saya (Fio, 6 thn) slalu berdoa setiap menjelang tidur mlm, berterima kasih kpd Allah utk smua nikmat yg telah diberikan setiap harinya..smoga kebiasaan ini tidak akan hilang hingga ia dewasa kelak, aamiin ya Rabb

  5. hermin says:

    bener banget…sedini mungkin kita ajari anak2kita untuk berdo’a dan meminta pada Allah dulu

  6. gita ilham says:

    Assalamualikum ustad,gmn ya caranya bisa curhat sm ustad?

  7. dian says:

    pak ustad “Coba bikin forum online tentang agama untuk konsultasi buat kita donk”
    ikhlas ibadah dan lilahi ta’la.

  8. Arif Nur says:

    Assalaamu ‘alaikum..
    Ustad saya boleh minta nomer HP nya gag…?

  9. nur alfiah says:

    ustadz kasih tahu lg dong trik mendidikanak biar jd ortuu yg sukses

  10. Moh. Hidupan Rahmat says:

    Subhanallah ya Allah semoga kita dapat belajar lebih dalam untuk mendidik anak kita jauh mengenal pemilik segalanya di alam semesta ini Allah SWT.

  11. Dian Amiroeliyaningsih says:

    Subhanallah…

  12. Zhany says:

    Assalamua’laikum Ustadz,,saya maU tnya,,apakh berdosakah seorng ibu bila meninggalkan anaknya itu demi masa depannya,sehingga bertahun tahun tnpa mnndidik n cukup biaya

  13. indra says:

    Ust gmana ya menghadapi anak yg suka mengeluh.

  14. NAFI'UDIN says:

    assalamualaikum ustad..
    boleh d terbitkan artikel tentang apa saja yang hrus di lakukan dan di tinggalkan dalam proses menghafal Al Qur’an

  15. susilawati says:

    Semoga kelak q bisa praktekkan ini ke anakq(skrg blm punya,mohon do’anya). dari dini mengenalkannya kepada Allah, tidak spt saya yang terlambat, malu jika ingat dulu…..

  16. lindawati says:

    berkat selalu menonton Ustadz cara begini yg saya selalu ajarkan ke anak-anak, terutama anakku mas Zaidaan (usia 5 tahun) dia pengin ke mekkah, ustadz.. ng tanggung-tanggung yg dimintanya. aya ajarkan “yuk.. mas kita minta sama Allah jgn lupa sebelum doa mas istifar dan salawat dulu… semoga dgn pengajaran yg baik ini keluarga kecilku selalu di Rahmat Allah.. amin..

  17. holifatur ratumi says:

    subhanallaah… trims ustd sdh mengingatkn sy sbg ortu muslim. hal sprt ini kdg dianggp sepele. mkny kdg ” kmi lp tp ustd tlh mengingatkn kmi.

  18. Hanifah says:

    Makasih ustad atas pembelajarannya… Betul kata mbk gita ilham, gmna cranya bsa curhat ma ustad ya…

  19. Yudhistira says:

    Semua orang bisa menjalankan bisnis paytren,karna cara kerjanya hanyalah mengalihkan transaksi tagihan anda yg sebelumnya harus keluar rumah,antri dll skrg malah dpt cashback&termasuk sedekah
    Gabung atau tidak,anda tetap akan beli pulsa,bayar listrik dll.
    So???
    mau transaksi ada du genggaman anda?atau selamanya harus keluar rumah,antri dll???

    be smart peopleπŸ˜‰

    Sukses bisnisnya Berkah hidupnya
    WA. : 082143326600
    BBM. : D0DC4649

  20. yudistira says:

    Assalamualaikum
    ayo gabung di bisnis berkah paytren ustadz Yusuf mansyur

    β€’ Rp. 350rb SEUMUR HIDUP !!!
    β€’ Tiap TRANSAKSI DAPET CASHBACK (ya keuntungan bagi hasil donkk sama mitra)
    β€’ kalo jalanin bisnis nya DAPET DUIT!! (ga percaya?? )
    β€’ BISA DIWARISKAN…
    subhanallah… daaaannn masih banyak lagi…πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ
    Info selengkapnya

    WA : 082214288518
    BBm : D67A0556
    Atau klik link di bawah ini

    https://goo.gl/BiMW1e

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.