Amalan Bebas Hutang

Amalan Bebas Hutang

Amalan Bebas Hutang

Ada yang bertanya sama saya, bahkan banyak banget juga sering sekali pertanyaan atau permintaan ini muncul: “Ustadz, ada gak doa buat lunas utang?”

Ya saya jawab, “Ada!” Bahkan Rasulullah SAW yang mencontohkan langsung. Ini juga menjadi doa gacoan saya banget.

Rasulullah SAW masuk masjid suatu hari, kemudian terlihatlah seorang laki-laki dari Anshar, yang namanya itu Abu Umamah. Kemudian Rasulullah berkata kepada dia, “Wahai Abu Umamah, mengapa aku melihat engkau duduk di masjid di selain waktu sholat?”

Lalu Abu Umamah menjawab, “Aku ini sedang gundah.” Dia lagi resah gelisah, ga tenang, was-was aje bawaannya, takut aje, khawatir dan lagi terbelit utang. Lalu Rasulullah menghibur Abu Umamah dengan mengatakan, “Maukah engkau kuajari kalimat yang jika engkau ucapkan, maka Allah akan menghilangkan kegundahanmu itu dan kemudian menyelesaikan hutangmu?”

“Mau ya Rasulullah.”

Amalan Bebas Hutang

Kemudian Rasulullah bilang kepada Abu Umamah, “Qul idzaa ashbahta wa idzaa amsaita, ucapkanlah pada pagi hari dan sore hari:

Allahumma innii a’uudzubika minnal hammi walhazani wa a’uudzubika minal ‘ajzi wal kasali wa a’uudzubika minal jubni wal bukhli wa a’uudzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaali.”

Qaala, berkata kemudian Abu Umamah, fa’altuhu dzalika, aku mengerjakan yang Rasulullah seru itu, fa’adzhaballaahu ta’ala hammi wa ghammi wa qadha anni daini. Kemudian setelah aku baca itu, Allah pun menghilangkan kegundahanku, kesusahan-ku, kekhawatiranku, keresahanku, dan membuat utangku selesai. Masya Allah!

Ini juga menjadi doa gacoan saya banget. Karena emang punya hutang banyak. Pengalaman dah punya utang. Makanya doa ini dibaca dah bener-bener. Dibaca, dibaca, dibaca. Bukan cuman pagi sore, abis sholat dibaca, kapan aja dibaca. Namanya doa-doa kan bisa jadi dzikir juga ya kan.

Ini seneng nih, kalau yang pada punya utang, punya masalah. Terus, buat yang ga punya utang gimane? Lebih baik ‘nyimpen’ doa ini. Lebih baik nabung doa ini sebagai amal. Suatu saat umpama kata terjadi tuh utang, ya tinggal petik doang karena udah ‘ditanem’ doanya, udah lama begitu.

Doa ini dan doa serta dzikir lain sudah saya tulis di: https://bit.ly/bukudzikiryusufmansur

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: