Atas Nama Cinta (2)

 

 atas nama cinta

 

“Allah memiliki 100 jenis cinta, jelas Nabi dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Satu diturunkan ke dunia, 99 sisanya akan Allah berikan nanti di akhirat. Tetapi satu cinta itu saja cukup untuk menggerakkan alam semesta. Bahkan seekor binatang yang mengangkat kakinya agar tidak menginjak anaknya, jelas Nabi, adalah disebabkan cinta.”

Zikro sudah sering mendengar hadits tersebut. Tapi ketika Kadir menyampaikannya pagi itu dengan mimik yang takjub, Zikro pun ikut hanyut dalam perasaan Kadir. Dia seperti mendapat energi baru, seumpama orang yang menemukan kembali batu akik kesayangannya yang hilang.

Semesta memang digerakkan oleh cinta. Cinta menjadi mesin sekaligus bahan bakar semesta. “(Dia) yang menciptakan langit dan bumi dan semua yang ada di antara keduanya dalam enam hari, dan menempati singgasana-Nya. Dia lah Yang Maha Mencintai (al-Rahmaan). Maka mintalah pengetahuan (tentang apa saja) kepada-Nya” (QS. Al-Furqan/25: 59).

Penggunaan nama Al-Rahman pada ayat ini menurut Ibn Katsir untuk menunjukkan bahwa cinta-Nya meliputi semua makhluk. Burung-burung, misalnya, mampu beterbangan di angkasa karena cinta Yang Maha Mencintai. “Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang terbang mengepakkan sayapnya di atas mereka? Burung-burung itu melayang karena topangan Yang Maha Mencintai. Sungguh Dia Maha Melihat segara sesuatu” (QS. Al-Mulk/67: 19).

Baca selanjutnya

You may also like...

3 Responses

  1. Assalamualaikum, rekan-rekan sesama jemaah Ustadz Yusuf Mansur
    Kalau berkenan silakan mampir ke blog kami untuk menjalin silaturahmi dengan team Multi Media YM.Channel ini. Dalam beberapa hari kedepan kami akan berbagi cerita tentang proses di balik layar dari pembuatan video-video dan buku-buku yang dipublikasikan di akun-akun Ustadz Yusuf Mansur

    https://medinaavenger5.wordpress.com/

  2. Subuhanallah dengan “CINTA” yang berat jadi ringan, yang jauh jadi dekat, yang sukar jadi mudah. sungguh dahsyat dan luar biasa.

  3. Hanya satu kata “Dahsyat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like