Yusuf Mansur

Ayo Belajar Bahasa Dunia

  bahasa dunia

 
Cukup buat permulaan. Genoeg voor het begin. Cukup itu genoeg. Bisa jadi genap itu dari bahasa Belanda, atau sebaliknya, he he he. Voor seperti for. Artinya memang “untuk, buat, bagi”. Het seperti the. Begin ya permulaan. Kayak bahasa Inggris. Masih sama-sama Eropa.

Belajar bahasa dunia itu menyenangkan. Bahasa Belanda banyak huruf ghoin nya. O Oghin. atau kho dalam bahasa Arab.

For terdengar kayak pour dalam bahasa Perancis. The di perancis jadi le. Nah, karena Belanda lebih deket ke Jerman, maka jadi lebih mirip. Nih lihat. Genug fur den Beginn. sama kan? cukup sama-sama genug. Mirip-mirip dah dengan Belanda. for fur voor. Begin Begin Beginn.

Banyak yang ketika belajar satu bahasa dunia, sekali belajar, rasanya seperti bisa dua sampai tiga bahasa dunia dari negara yang berdekatan. Ayo lah… besok-besok dunia makin ga ada batasnya. Terbuka. Kuasain bahasa-bahasa orang lain. Niatin belajar karena Allah, dan dakwah. Jangan lupa belajar bahasa yang dipilih Allah sebagai bahasa Al Qur’an. Yakni bahasa Arab.

Cukup buat permulaan. Bahasa Belandanya? Jermannya? Inggrisnya? Arabnya? bahasa Jawa? Sunda?

Cekap kangge permulaan. See. Liat. Sama dengan sunda, hihihi. Sama-sama cekap untuk cukup.

Saya benar-benar mendorong, dan mau jadi contoh buat adik-adik saya, kawan-kawan saya, anak-anak saya, santri-santri saya, yuk belajar banyak bahasa dunia.

Snouck Hougronye dulu belajar bukan hanya bahasa Indonesia loh.. Tapi, bahasa Arab dan mempelajari Al Qur’an. So? kemooon… ayo….

Dan belajar bahasa negara-negara asing, tetap jangan lupain identitas sebagai bahasa Indonesia. Bukan buat sok-sok-an, tapi harus karena Allah, dengan niat belajar dan dakwah.

Saya ketika bicara di forum-forum Internasional, saya bawa terus bahasa Indonesia. Sambil saya bicara pake Inggris dan Arab. Biar mereka dengar bahasa.

Selamat Morning everybody… Begitu saya suka bilang. Bingung-bingung dah tuh kawan-kawan di Forum Internasional. Paginnuur. Pagilkhoir, hehehe.

Salam.

Exit mobile version