Bangkit dari Teras Kantor

sedekah 5

 

Jelang Lebaran tahun 2009 ini, mengingatkan Budi Yulianto pada pengalaman pahit menjalani bisnis spekulasi. Saat itu, melalui usaha travel miliknya, Budi coba menggaet untung gede dengan menimbun tiket pesawat terbang angkutan Lebaran, untuk dijual dengan harga tinggi.

Padahal, tanpa kenakalan semacam ini pun, usahanya tergolong maju. Omzetnya ratusan juta rupiah per bulan. Apalagi jelang Idul Fitri. Budi selalu memesan tiket pesawat dan kereta api jauh sebelum Hari-H Lebaran untuk jurusan kota-kota besar, seperti Padang dan Surabaya. Dengan modal Rp 100 juta, dalam waktu sebulan ke depan, sudah berlipat menjadi Rp 200 juta.

Tapi, namanya manusia, nafsunya tak bertepi. Sudah punya usaha maju, Budi masih ingin meraih untung berlipat dalam waktu singkat. Jelang Lebaran beberapa tahun lalu, ia nekad pasang modal 500 juta untuk pemesanan tiket Lebaran. Ia pesan tiket untuk keberangkatan H-1 Idul Fitri sesuai kalender nasional.

Tetapi naas, waktu itu berdasarkan kesepakatan NU dan Muhammadiyah, satu Syawal ternyata jatuh sehari lebih lama dibanding dengan kalender nasional.  Liburan kantor pun mundur satu hari.

Akibatnya fatal. Pengunduran itu menyebabkan segepok tiket Budi hangus. Modal Rp 500 juta pun amblas! Padahal, yang 200 juta rupiah berasal dari utang bank.

Untuk menutupi utang, Budi melego bisnis travelnya serta aset keluarga seperti mobil dan lain-lain. Itu baru dapat duit Rp 215 juta. Uang ini lalu tandas untuk bayar utang, makan, dan sedikit buat modal membuka usaha warung makan di teras bekas kantor travelnya, yang waktu itu masih dua tahun lagi sewanya.

“Kalau gedungnya, sudah dijual ke orang lain,” kenang Budi dengan getir.

Modal Rp 5 juta tadi, yang Rp 3 juta untuk membeli peralatan makan, Rp 2 juta untuk belanja bahan makanan. Maka, jadilah Warung Makan Prasmanan Cikajang, di Jl Cikajang No 6 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Akibat bangkrut dan menanggung utang, istri Budi sempat syok. Bagaimana tidak? Dulu biasa pakai mobil, sekarang dia harus naik angkot, atau paling-paling bersepeda motor. “Bawaan istri penginnya bunuh diri melulu,” tutur Budi yang lahir di Jakarta, 23 Juli 1973. Sementara, warungnya baru merintis sehingga masih kembang kempis.

Kepahitan hidup bertubi-tubi yang dihadapinya, membuat Budi coba instrospeksi. Ia menyadari sejak lama, ia meninggalkan kewajiban sebagai muslim. Boro-boro sedekah, shalat saja diabaikan. Akibatnya, hampa hidup rasanya.

Tersadar, Budi lalu menemui seorang Ustadz untuk minta nasehat. Ustadz Rahmat Hidayat, yang membina pengajian Thoha di Jalan Senopati. Cikajang, Lapangan Blok S, Kebayoran Baru.

Ustazd Rahmat memberi nasehat agar Budi tidak menyesali apa yang diambil kembali oleh Allah. “Coba kalau ente saya pinjemin buku, terus buku saya ambil kembali, apakah ente marah?” Budi menjawab, tentu saja tidak, Ustadz.

“Jadi, kalau sekarang ente kejatuhan musibah, sebenarnya tidak bermakna musibah. Bisa jadi itu cara Allah agar ente kembali kepada-Nya,” ujar Ustadz Rahmat.

Selanjutnya, Ustadz Rahmat dan Budi membicarakan bisnis rumah makan yang dirintisnya. Budi meminta nasehat bagaimana agar usahanya maju.

“Ente punya sisa uang berapa?” Tanya ustadz.

“Satu juta, ustadz,” jawab Budi.

“Baik, untuk pembukaan warung makan ente, undanglah anak-anak yatim makan di warung makan ente. Modalnya pakai uang yang satu juta itu,” saran Ustadz.

Budi pun nurut. Ia mengundang sekitar 30 anak-anak yatim makan di warung makannya. Budi melayani mereka bagai tamu istimewa. Istrinya, Meri Johan, rela menjadi pencuci piring, dan dibantu tiga karyawannya.

Rumah makan pun, step by step berkembang.  Dari tiga karyawan, kini RM Prasmanan Cikajang merekrut karyawan total 30 karyawan. Omzetnya per hari 10-15 juta rupiah. Bahkan untuk bayar sewa tempat, kini nol pinjaman. Budi pun menyadari,” Ini pasti karena balasan dari Allah atas sedekah yang kami lakukan. Alhamdulilah,” simpul Budi tanpa ragu.

Tentang sedekah, Budi semakin mantap ketika Ustadz Yusuf Mansur sering memberi taushiah tentang keutamaan sedekah baik melalui televisi, radio, atau pengajian dari masjid ke masjid.

Soal sedekah, Budi masih ingat betapa terkadang baru sekedar niat saja, sudah dibalasi Allah dengan balasan berlimpah. Misalnya saja, saat berencana mengadakan even-even bernuansa sedekah seperti sunatan masal, pemberian peralatan sekolah untuk anak-anak dhuafa dan sebagainya, selalu sebulan sebelumnya, warungnya mendadak laris manis. “Bahkan sampai nolak-nolak pesanan, Mas,” ujar Budi.

Ada juga kejadian, anak sulung Budi yang bernama Muhammad Raffi Yulianto, suatu saat  mau merayakan ultahnya. Raffi minta dirayakan di panti asuhan. Budi setuju dan siap menyediakan modal 4 juta rupiah. Pada hari H, saat Budi sedang menuju panti asuhan untuk merayakan acara ultah anaknya, tiba-tiba dia ditelpon karyawannya.

“Halo, Assalamualaikum, Pak. Ada pesanan makanan prasmanan dari crew ANTV bersama artis Farhan, Pak. Total tagihannya 40 juta, dan mereka bayar lunas di depan!”

Budi hanya berucap alhamdulilah. Betapa luar biasa sedekah ini, pikirnya.

Kini Budi bertekun menjalani bisnisnya yang penuh berkah: Rumah Makan Prasmana Cikajang yang menyediakan 60 aneka masakan Sunda saji. Dan sedekah jadi bagian penting dari bisnis yang dijalaninya.

 

Yuk, salurkan sedekah Anda untuk Program Beasiswa Tahfidz Quran (BTQ) untuk mahasiswa di perguruan tinggi negeri.

bottom-click--sedekah-sekarang(1)

8ac0a7a2-b1f7-43d2-998d-1ef08bc4e4a4

 

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Yudhistira garna berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb

    (Maaf, Jangan Baca Bagi Anda Yg Ingin Hidupnya
    Biasa2 saja)

    #BISNIS_DAHSYAT Bersama #USTADZ_YUSUF_MANSUR

    Ketika org2 memakai FB utk HIBURAN saja. Update status, komen2, like2, ngobrol2 aja, bersama #PayTren kita diajak utk mengais rejeki sambil FB-an.
    Terbukti , ratusan bahkan ribuan orang telah menjadi SAKSI akan KEDAHSYATAN bonus2 dari menjalankan BISNIS Sang Ustadz.
    Mereka bisa merubah hidupnya hanya dalam kurun bulanan setelah menjalankan bisnis DAHSYAT ini.

    Modal KECIL dan hanya SEKALI utk selamanya dan HAK USAHA bisa diwariskan anak turun kita.
    Produk berupa WEB REPLIKA sbg ALAT
    PROMOSI dan AplikasI PAYTREN utk segala macam pembayaran, baik Listrik, PDAM, ISI PULSA, TAGIHAN KREDIT. UTK BELI TIKET PESAWAT, BUS, KAPAL dll hanya lewat SMS saja.
    CARA KERJAnya pun cukup promosi di FB.
    Bisa dikerjakan dimana anda berada asal ada AKSES INTERNET, bisa pakai HP atau Laptop.

    #SEGERAAA…..!!
    Kunci posisi ANDA, Karena
    setiap hari RATUSAN ORANG bergabung di BISNIS luar biasa ini. Manfaatkan media sosial ini utk mencari keuntungan.

    SEKARANG..
    BUKAN SAATNYA KERJA KERAS TAPI KERJA CERDAS !!

    Silahkan daftarkan diri anda dan keluarga anda Melalui link web ini :
    https://goo.gl/BiMW1e
    Cara mendaftar silahkan invite
    WA: 082214288518 BBM D67A0556

    NB : INGATTTT……..!!!
    Allah tidak akan merubah nasib
    hambanya kecuali hamba itu mau merubahnya sendiri.

    #paytreninajaa

  2. Yudhistira garna berkata:

    ✅ Apa itu PayTren??
    🔴 PayTren adalah aplikasi pembayaran online yg bisa di install lewat Playstore (Android) atau Applestore (Iphone), yg bisa digunakan untuk transaksi :
    – Pulsa dan paket data internet all operator.
    – Voucher games.
    – Token listrik.
    – Bayar tagihan bulanan (PLN PASCA, PDAM, BPJS, dll).
    – Bayar tagihan leashing.
    – Bayar tagihan TV langganan.
    – Tiket kereta dan pesawat.
    – Belanja dan tarik tunai di Alfa Grup (Alfamart, Alfamidi, dll)
    – Sedekah dan umroh.
    – Aqiqah & Quis (Qurban Istimewa / Qurban Online)

    ✅ Kenapa saya harus pindah transaksi ke PayTren?
    🔴PERTAMA :
    – Praktis, hemat dan efisien.
    – Disetiap transaksi kita dapat cashback.
    – Disetiap transaksi sudah otomatis bersedekah.

    🔴KEDUA :
    – Bernilai bisnis.
    – Disini ada berbagai macam fee marketing (bonus/komisi), ada juga pulsa gratis, listrik gratis, hp gratis, motor gratis, mobil gratis, rumah gratis dll, sdh menanti bagi siapa saja yg AKTIF, SERIUS & KONSISTEN memasarkan aplikasi PayTren.

    ✅ Apa kelebihan lain dari PayTren?
    🔴 Legalitas lengkap SIUPL tetap & setifikat APLI dll, sudah di miliki PayTren.
    🔴 Owner bukan orang sembarangan dan insha Allah amanah yaitu Ustd. Yusuf Mansur pengasuh ponpes Darul Qur’an.
    🔴 Setiap transaksi di PayTren bernilai sedekah.
    🔴 Memiliki komunitas yg inshaAllah positif.
    🔴 Dapat tausyiah langsung dari Ustad Yusuf Mansur via aplikasi PayTren.

    Cara Kerja Bisnis PayTren :

    🅰 PERTAMA
    Pindahkan transaksi rutin anda yg tadinya beli2 dan bayar2 di konter, loket2 pembayaran, atm/m banking, dll pindahkan menggunakan aplikasi PayTren. Ketika anda sudah resmi jadi mitra PayTren anda bisa merasakan kemudahan bayar-bayar apapun, transaksi apapun cukup lewat smartphone anda melalui aplikasi PayTren, tanpa ngantri, tanpa keluar rumah, tanpa ribet cukup satu sentuhan di smartphone anda.
    Semua pembayaran jadi mudah dan setiap transaksi yg kita lakukan akan mendapatkan cashback + setiap transaksi yg kita lakukan bernilai sedekah.

    🅱 KEDUA
    Selain menggunakan fasilitas aplikasi PayTren, anda juga berhak untuk ikut serta menjalankan bisnisnya yaitu memasarkan lisensi aplikasi PayTren & mengembangkan komunitas PayTren dengan cara merekomendasikan dan mengajak orang orang untuk hijrah transaksi menggunakan aplikasi PayTren.
    Disini ada berbagai jenis komisi, cashback komunitas & reward dari perusahaan bagi para mitra yang serius memasarkan aplikasi PayTren

    https://goo.gl/BiMW1e

    Silahkan chat kami
    WA : 0822 1428 8518
    BBM : D67A0556

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: