Banyakin Bersyukur

 

Wirda Salamah 'Ulya

 Oleh Wirda Salamah Ulya

Banyakin bersyukur. Kunci hidup bisa bahagia itu, ya dengan bersyukur. Enam belas tahun lalu kehidupan saya belum seperti ini. Bahkan mungkin, jauh lebih parah dari temen-temen semua kali ya. Temen-temen mungkin merasa hidupnya susah, tapi setidaknya masih bisa internetan kan? Hehe. Saya dulu makan aja susahnya minta ampun.

Waktu kecil, untuk beli susu, papa harus kerja keras dulu. Ga ada yang punya HP di rumah saya dulu. Rumah temen-temen enak ada keramiknya. Nah rumah saya boro-boro 😀 tanah, blas. Dan sebab di belakang rumah persis ada sawah, jadi suka ada uler gede banget di dalem rumah. Iyalah, namanya juga cuma tanah doang rumahnya. Ga ada semen.

Hidup jatuh bangun. Saya nemenin orang tua dari susah banget, dari bukan siapa-siapa, dari ga dikenal orang, dari ga punya apa-apa, bener-bener dari nol. Tapi, sebab papa bukan tipe orang yang suka ngeluh, ga putus asa, yakin bahwa Allah Mahakaya, akhirnya yaaa .. alhamdulillah. Sekarang papa kalo ke mana-mana kan suka disapa orang, disenyumin orang, sederhana, tapi bikin seneng. Sebab kembali ke puluhan tahun lalu, mana ada yang mau foto sama papa? Hehe.. bukan apa-apa, tapi ambil contohnya aja. Contoh yang baiknya.

Jangan banyak ngeluh. Banyak bersyukur. Coba liat saudara kita di Syria, pada kelaperan. Di belahan dunia yang lainnya. Jangankan buat internetan, sarapan mereka saja seadanya berbalut kekhawatiran dan kecemasan, mikirin apakah nanti siang atau nanti malem bisa makan lagi atau enggak.

Saya kalo ngerasa gimana-gimana, kalo tiba-tiba ngeluh, langsung inget ke sana. Alhamdulillah, kita trmsk orang yang beruntung. Kita punya tangan kaki semua lengkap. Maka artinya, peluang untuk beribadah jauh lebih besar daripada yang, mohon maaf, Allah beri ujian berupa gak punya kaki. Selama hidupnya gak pernah merasakan sujud. Ada yang selama hidupnya ga bisa megang Qur’an sebab gak punya tangan.

Kita-kita yang punya semuanya, lengkap, apa kabar? Termasuk pula, saya. Sekarang lebih banyak liat gadget-nya ketimbang Qur’annya nih hehe.. Iya sebab di HP ada aplikasi Qur’an, jadi ‘ngentengin’: mendingan pake aplikasi Qur’an aja daripada Qur’an asli. Padahal, ya baiknya pake Qur’an asli saja. Beda nuansa dan mungkin pahalanya pun beda.

Nikmatin, syukurin, jalanin. Indah.

 

You may also like...

3 Responses

  1. Alhamdulillah..
    Jadi malu sama Allah, suka ngeluh.. dan baru sadar kalau apa yg kita keluhin belum ada apa2nya dibanding besarnya nikmat yg Allah kasih ke kita gratis..

  2. Supanto says:

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Berbagi itu indah

    🔊 HALO SOBAT…..
    Mao jadi pengusaha dan pebisnis handal tanpa perlu modal besar disini tempatnya…….
    Peluang bisnis dari ust.yusuf mansur yaitu PAYTREN aplikasi yg bisa digunakan buat melakukan berbagai macam transaksi pembayaran online seperti…

    👉BELI PULSA
    👉BELI TIKET KERETA
    👉 BELI TIKET PESAWAT
    👉 BELI TOKEN LISTRIK
    👉 BAYAR TAGIHAN LISTRIK
    👉 BAYAR TAGIHAN TELPON
    👉 BAYAR BPJS
    👉 BAYAR KREDIT MOTOR
    👉 BAYAR PDAM
    👉 BAYAR SESAMA MITRA
    👉 BELANJA DOKU
    👉 AGEN IBUK UYM
    👉 AGEN UMROH
    👉 AGEN MIRACLE
    👉 DLL.

    BANYAK KEUNTUNGAN DAN KEUNGGULAN YG DIDAPAT APABILA BERGABUNG DIPAYTREN
    ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
    👉 BEBAS BIAYA BULANAN
    👉 BIAYA ADMIN MURAH
    👉 DAPAT CASHBACK SETIAP
    TRANSAKSI YG DILAKUKAN
    👉 DAFTAR SEKALI BERLAKU SEUMUR
    HIDUP.
    👉 TIDAK ADA TUTUP POINT
    👉 TIDAK ADA DEPOSIT YG
    MENGENDAP
    👉 LEGALITAS JELAS OWNER
    UST.YUSUF MANSUR
    👉 BONUS SPONSOR
    👉 BONUS LEADERSHIFT
    👉 BONUS GENERASI
    👉 BONUS MATCHING
    👉 DLL.

    TERSEDIA 5 PAKET PILIHAN LISENSI YG BISA ANDA PILIH UNTUK BERBISNIS
    ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
    1⃣👉Paket BASIC. Rp 350.000,-
    ➡Mendapatkan 1 Hak Usaha
    ➡Mendapatkan software All payment PAYTREN
    ➡Bonus pasangan perhari maks Rp 300.000,-/ hari(Rp 9.000.000,-/bulan)
    ➡Kesempatan mendapatkan bonus REWARD hanya 1 kali
    ➡mendapat cashback Deposit 15.000

    2⃣👉Paket SILVER Rp 1000.000,-
    ➡Mendapatkan 3 Hak Usaha
    ➡Mendapatkan software All payment PATTEN
    ➡Bonus pasangan perhari maks Rp 900.000,-/hari (Rp 27.000.000,-/bulan )
    ➡Kesempatan mendapatkan bonus REWARD 3 kali
    ➡Mendapatkan cash back Rp 140.000,-

    3⃣👉Paket GOLD Rp 2.300.000,-(Recommended)
    ➡Mendapatkan 7 Hak Usaha
    ➡Mendapatkan software All payment PAYTREN
    ➡Bonus pasangan perhari maks Rp 2.100.000,-/ hari(Rp 63.000.000,-/ bulan )
    ➡Kesempatan mendapatkan bonus REWARD 7 kali
    ➡Mendapatkan cash back Rp 425.000,-

    4⃣👉Paket PLATINUM. Rp 4.900.000,-
    ➡Mendapatkan 15 Hak Usaha
    ➡Mendapatkan software All payment PAYTREN
    ➡Bonus pasangan perhari maks Rp 4.500.000,-/ hari(135.000.000/bulan)
    ➡Kesempatan mendapatkan bonus REWARD 15 kali
    ➡Mendapatkan cash back Rp 1.125.000,-

    5⃣👉Paket TITANIUM Rp 10.100.000,-
    ➡Mendapatkan 31 Hak Usaha
    Mendapatkan software All payment PAYTREN
    ➡Bonus pasangan perhari maks Rp 9.300.000,-/hari(Rp 279.000.000,-/bulan )
    ➡Kesempatan mendapatkan bonus REWARD 31 kali
    ➡Mendapatkan cash back Rp 2.325.000,-

    ✅ Perlu di ketahui pilihan paket di atas sangat menentukan kepada bonus dan komisi yg kita dapatkan nanti.

    Untuk pendaftaran silahkan hubungi :

    MARKETING EXCEKUTIF
    HP : 081284419491
    WA : 081808066555
    BBM : 5E2DD231

  3. DESI ATMAYASARI says:

    PayTren Luar Biasa, Modal Murah, Untung Melipah.
    Dalam Manjalani Usaha pasti butuh modal, besar ataupun kecil. yang modalnya besar terhambat pemasaran, yang modal kecil (untung habis, modal habis). Cuma di Paytren Modal Utuh, murah, yang datang bousnya berlimpah. segera Hubungi agen PayTren:
    WA. 08568361013
    BBM.57C73804
    http://www.bestpaytren.com/desiasari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like