#BelajarMemahami : “Hand Phone 2”

 

 memahami

 

by @AnwarSani_MOZA

Dalam sebuah perjalanan sahabat saya bercerita, suatu ketika dia menghadiri pengajian di sebuah majelis ta’lim. Dia sudah berniat untuk mencari ilmu, agar bisa menguatkan keislamannya dan mengokohkan akidahnya.

Saking inginnya dia mendapatkan ilmu, maka dia menempati posisi paling depan agar bisa lebih jelas mendengarkan apa yang akan disampaikan oleh sang ustadz. Acara pun dimulai, sang ustadz dipersilahkan menuju podium untuk menyampaikan tausiyahnya.

Setelah sang ustadz mengucapkan salam, sahabat saya merogoh HP dari saku bajunya, dan kemudian menyalakan dan menekan keypad-nya. Sang ustadz ternyata melihat dan langsung menyindir, “Ya beda orang yang mau sungguh-sungguh belajar ngaji dengan orang yang dateng ke pengajian sambil mainan HP”. Kalimat itu menjadikan mata para jamaah mencari sumber masalah yang sedang disindir oleh sang ustadz. Dan akhirnya tatapan mata jamaah tertuju kepada sahabat saya ini. Merasa sedang diomongin, sahabat saya langsung menutup HP-nya dan memasukkannya lagi kesaku bajunya.

Taukah kita apa niat dia mengambil HP nya..? Ternyata dia berniat merekam isi ceramah sang ustadz dan ingin membagikan kepada banyak orang. Namun karena ditegur oleh sang ustadz maka niat merekam diurungkan.

Andai saat itu sahabat saya merekam isi ceramah sang ustadz, bisa jadi saya dan kita semua bahkan banyak orang lain bisa ikut belajar tentang apa yang ustadz tausiyahkan. Namun itu semua tidak terjadi karena sebuah prasangka, sehingga ilmunya hanya terbagi bagi jamaah yang hadir saat itu saja.

Bakar bin Abdullah Al-Muzani berkata: “Hati-hatilah kalian terhadap perkataan yang sekalipun benar kalian tidak diberi pahala, namun apabila kalian salah kalian berdosa. Perkataan tersebut adalah berprasangka buruk terhadap saudaramu”.

Dengan cerita ini saya dan semoga kita semua bisa belajar memahami dan juga belajar berprasangka baik dalam setiap kesempatan.

 

Wallahu a’lam bish-shawab..

You may also like...

14 Responses

  1. semoga dengan membaca cerita ini kita menjadi orang yang selalu berfikir positif, amiin….

  2. Contoh ini adalah sebuah pembelajaran bagi kita, ustadz. Hal ini sering banget terjadi pd diri saya, orang sering banget berprasangka buruk pd saya,karena hal ini sudah biasa terjadi karena memang saya punya masalah serius ttg kesehatan saya dan ini berdampak ke politik,krn saya rupanya sudah di ekspose,yg bisa saya lakukan skaràng hanya slalu berserah diri kpd Allah swt, dan tetap istiqomah dijalanNya,Amiin yra.

  3. Mia Dewi says:

    Cerita inspiratif yang mengingatkan saya utk selalu berprasangka baik…..

  4. Adam says:

    Kalo berprasangka buruk terhadap orang yg menurut kita mereka itu sedang berprasangka buruk terhadap kita itu termasuk berprasangka buruk ga?

  5. Supandi says:

    Alhamdulillah…sangat menginspirasi untuk perjalanan ibadah kita.Amiin

  6. Massari says:

    Asalamualaikum..Warohmatulohi Wbkt..Bisa di bantu bagamana saya harus bersolusi Pak Ustazt..Mohon bimbingan dan petunjuknya…

    Hormat saya

    Massari

    • بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ Ayo Jangan tunda-tunda lagi.segera gabung dengan Paytren ( BB : 32293c08 / SMS/WA ; 081578976772)bisnis Ustad Yusuf Mansur yg Barokah,penuh sedekah untuk PPPA (Program Pembibitan Penghapal Al-Qur’an), menuju sukses yg berjamaah.segera daftar free member disini ; http://treniuym.com/eralove772.,Tks. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

  7. Suljah Terawati says:

    Yaa AllahuRabbi…lindungilah kami dari prasangka buruk dan berprasangka buruk :'(

    • بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ Ayo Jangan tunda-tunda lagi.segera gabung dengan Paytren ( BB : 32293c08 / SMS/WA ; 081578976772)bisnis Ustad Yusuf Mansur yg Barokah,penuh sedekah untuk PPPA (Program Pembibitan Penghapal Al-Qur’an), menuju sukses yg berjamaah.segera daftar free member disini ; http://treniuym.com/eralove772. ,Tks. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

  8. zaldy novial says:

    Utk bergabung dengan bisnis PayTren Ustad Yusuf Mansur silahkan kunjungi

    http://www.treniuym.com/yusufmansur

  9. بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ Ayo Jangan tunda-tunda lagi.segera gabung dengan Paytren ( BB : 32293c08 / SMS/WA ; 081578976772)bisnis Ustad Yusuf Mansur yg Barokah,penuh sedekah untuk PPPA (Program Pembibitan Penghapal Al-Qur’an), menuju sukses yg berjamaah.segera daftar free member disini ; http://treniuym.com/eralove772. Ikuti tautan ya,Tks. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

  10. sary says:

    Assalamualaikum..

    Sahabat..apakah anda sedang mencari peluang bisnis yg menguntungkan sekaligus berkah..
    Gabung aja di bisnis Paytren Ustadz Yusuf Mansur..!!!

    KENAPA sich harus gabung PAYTREN

    Berikut pemaparan 7 alasan kenapa Anda harus bergabung dengan komunitas payTren ??

    1. Bisnisnya modern, canggih dan memiliki prospek masa depan yang cerah, bisa dijalankan via online maupun offline.
    2. Dibawah pimpinan langsung Ust. Yusuf Mansur yang visioner, amanah dan mempunyai magnet yang kuat di Indonesia.
    3. Saham perusahaannya 100% disedekahkan untuk kepentingan ummat.
    4. Legalitas perusahaan resmi, lengkap dan jelas dibawah para pakar ekonomi dan syari’ah serta pemerintah Indonesia.
    5. Modal awal sangat terjangkau namun hasilnya memukau, bonus-bonusnya menggiurkan, potensi ratusan juta hingga milyaran rupiah.
    6. Ada pembelajaran bisnis, agama, dan kehidupan dari Ust. Yusuf Mansur dan Team.
    7. Komunitasnya posititf, optimis dan agamis saling membantu dan menginspirasi. Visinya jelas, membangkitkan ekonomi Indonesia secara berjamaah.

    Anda yang belum bergabung, kata Ust. Yusuf silahkan bergabung di komunitas paytren karena lingkungan di payTren adalah lingkungan yang positif.

    Pendaftaran->silahkan klik
    http://leadertreni.net/sary
    Daftar dan Upgrade
    Btuh bantuan hub
    WA : +88697094270
    BB : 7BD30D4D

  11. tarto says:

    Assalamu allaikum
    Mau berbisnis sambil bersedekah?
    Ayo gabung saja di PayTren Ustad Yusuf Mansur.
    Inshaa Allah berkah.
    Info klik http://leadertreni.net/anita
    Wa.085777441410
    Hp.085777441410
    Bb.5972eee2

  12. Assalamualaikum..
    Mari bergabung di paytren ustadz yusuf mansur, berbisnis sambil bersedekah,info lengkap paytren silahkan hubungi
    Wa+886963612344
    Bbm:d8a0e0ab
    Link http://bestpaytrenteam.com/kurnia
    Dalam dan luar negeri

Leave a Reply