Berpuasalah maka akan Sehat

puasa itu sehat

Biasanya, orang itu sakit sebelum puasa karena takut, karena mikirin yang ga bisa, ga kuat, mikirin lapar, mikirin haus, akhirnya pembawaannya jadi sakit. Padahal, dengan berpuasa itu bakal jadi sehat. Seperti kata Rasulullah SAW dalam sebuah hadits:

Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah SAW bersabda: ”Berpuasalah, maka kamu akan sehat.” (H.R. Ibnu Suny dan Abu Nu’aim).

Ada yang terjadi di dalam tubuh kita saat kita berpuasa, proses yang kita ga tahu, kita ga lihat, tapi manfaatnya bagus. Di tubuh kita ini banyak sekali lemak atau kolesterol. Apa yang kita makan, kadang-kadang kalau kita ga olahraga dengan teratur dan proporsional, lemak ini akan menjadi masalah.

Dengan puasa, lemak-lemak yang ada di dalam tubuh kita akan terbakar semua. Prosesnya tatkala orang kelaparan, mulai siang perut kosong, organ-organ tubuh merasa kelaparan dan stress. Di situlah kolesterol tadi akan diubah membentuk suatu energi. Proses ini akan menghasilkan lemak yang baik untuk tubuh kita, yaitu HDL, high density lipoprotein. Lemak ini buat menghapus semua flek-flek yang ada di pembuluh darah kita. Jadi, dia seolah-olah kayak vaccum cleaner. LDL, itu yang kolesterol yang jahat, dibersihin sama HDL tadi. Jadi, dia bisa mengurangi kolesterol. Di samping itu, lemak yang jelek dari hasil metabolisme karbohidrat, trigliserid, itu juga hilang.

Puasa juga sangat bagus buat orang-orang yang punya diabetes. Karena pada orang-orang yang gemuk itu terjadi proses resistensi insulin. Insulin ini harus mengubah darah yang beredar dalam tubuh kita untuk bisa dimetabolisme. Jadi, karena gemuk, karena kolesterolnya tinggi, sehingga terganggu metabolisme tersebut. Dan masih banyak lagi manfaat puasa untuk kesehatan. Luar biasa bukan main. Bener yang tadi Rasulullah SAW bilang, berpuasalah maka akan sehat.

Betapa pun Allah memberikan kemudahan buat kita, yuriidullaahu bikumul yusra, tapi Allah menghendaki kita tetap berpuasa, wa an tashumu khoirul lakum, kalau kalian berpuasa, sesungguhnya itu lebih baik buat kamu.

Emang, kita males melewati fase kelaparan. Saya coba jelasin sedikit. Allah udah menjelaskan, ga apa-apa lho, ga puasa. Kalau kalian lagi pergi, lagi sakit, ga apa-apa ga puasa. Tapi, Allah bilang juga, wa an tashumu, kalau kalian itu berpuasa, khoirul lakum itu lebih baik.

Mudah-mudahan kita lebih pentingin kepentingan Allah daripada nafsu dan perasaan kita. Percayalah, apa-apa yang Allah gariskan itu selalu yang terbaik buat manusia. Siapa sih yang lebih tahu badan kita kecuali Yang Menciptakan?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like