Gerai Mae

Biasa Ngutang

Baca Juga ...

24 Komentar

  1. mayabeibz says:

    Lebih baik mensyukuri apa yg ‎​‎​Ά̲̣̥ϑά̲̣…
    Jika tidak dapat apa yg kita suka,belajarlah menyukai apa yg kita dapat,,,اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ tetap barokah

  2. acil says:

    Ceritanya mirip dengan ayah saya yg juga senang ngutang. Tp ini udah terlanjur dengan alasan kebutuhan.

  3. Ranti says:

    betul sekali…SAY NO WITH KREDIT OR UTANG…

  4. Akbar says:

    Nyindir tp dualeeem,…memang hrs sgr dikembalikan ke jalur yg benar,..jadi malu!

  5. elsta says:

    Setujuu bngt klu udh dimulai malahh kebiasaan,, astagfirullah

  6. karim ladex says:

    Sepakat tadz,…pelan-pelan pasti bisa asal sesuai kebutuhan dan penghasilan..

  7. Nandini Priyanto says:

    Kalau hutangnya untuk modal kerja gimana pak ustad?

  8. jude says:

    Klo ngutang uang dgn tujuan u/ ditabung gman tad? Mohon pencerahan

  9. masjono says:

    kalo buat yang sdh terlanjur banyak utang gimana tadz?boleh dong kalo ada tips supaya hutang cepet lunas…

  10. yuli says:

    Ustad klw memang gaji kita ga mencukupi untuk kebutuhan gimna tad… Dan jalan adalah berhutang…. ?

  11. uswatun says:

    Setuju bgt tuch…ngutang?kayane enggak dech…

  12. Gilang says:

    ternyata orng yg biasa ngutang itu orang yg sabar juga, sabar mencicilnya ..he he he

  13. adhelina soekohaji says:

    Setuju bgt ustad YM_Mnrut sya sih cara terbaik jk mnginginkn sswt yg bersifat duniawi adl dg cara mensyukuri ap yg sudah qta miliki, bkn dg cara ngutang sana sni :)

  14. risdiantoro says:

    Pintar pintar kita sie kalau mau ngutang, apa kebutuhannya?

  15. dewi yana says:

    Semoga kita semua bisa hidup qonaah dan syukur, lsabar dan banyak melihat kebawah dlm urusan dunia. Gak memaksakan diri membeli sesuatu yg melebihi kemampuan kita.

  16. ayah al says:

    Saya tukang kredit,gmn nih tadz?
    Jd g laku dong?

  17. luthfi says:

    Klo ngutang ngebantu org lain, tp kehidupan kita jg pas2an gmn ustad….mohon pencerahannya

  18. Cipto says:

    jadi ingat tauziah uztad YM di ANTV..
    kalo mau gedean (tv) yang ada disedekain….dan biarlah Allah yg gantiin…ni baru kanan (mas Ippho)

  19. ageng says:

    kg ush pd tkut buat ngutang slama perjalanam nglunasinny kita brsama ALLAH, kan jd lbh cakep tuh.. kan Dia jg yg maha kaya.. mgkn jg dh khendakNya kt jd kridit ini itu.. smua dah d tentuin tiap2 wkt & kjadian.. jd yg pling indah menyertakan ALLAH dlm sgala hal.. aye rasa gt tad.. bukan kah kt bth hujan n mentari biar ngeliat pelangi..

  20. lucky says:

    ampun tad klo utk yg satu ini. susahnya mnta ampun bt ditahan..cow yg g ska blnja aj dh repot aplagi cew…astaghfirullah..

  21. uba abba says:

    Klo yg udah ke jebak utang banyak gimana ustadz cara keluarnya, sedangkan kebutuhan hidup tiap bln selalu kurang, klo ga ngutang ga bisa byr utang yg lain. Mohon pencerahannya ustadz

  22. Al says:

    Bismillahirrohmanirrohim,,
    niat saya berbagi ilmu apa yang saya tahu ttg hutang-piutang..
    bagaimana jika s/ akhir zaman hutang itu tidak ter-Lunasi…?
    menurut hadits yg tmn sy ungkapkan, kelak di hari penghisaban, manusia akan menemui 2 jalan, yakni surga & neraka.
    ketika yg mempunyai hutang akan masuk surga,dari kejauhan sang pemilik uang yg Qta pinjam berteriak,jgn mskkan dia ke surga karna dy msh pnya hutang pd saya.
    Lantas bagaimana si yg pnya hutang membayar/melunasinya,sdngkn sudah tidak ada dunia lagi…?
    caranya si pemilik uang itu akan mengambil pahala sholat, zakat, sedekah,ngaji, dll sampai jumlah yang ia kira setimpal dengan sewaktu didunia disaksikan malaikat.
    Jika blm sesuai jumlahnya, sedangkan pahala orng yg berhutang telah habis, maka dosa si pemilik uang Qta yang nanggung.
    Lalu, apa yg terjadi?
    si pemilik uang masuk ke surga, sedangkan si penghutang masuk ke neraka.
    jadi, berhati-hati dalam meminjam milik orang lain, karena itu sesungguhnya bukanlah milik Qta..
    coba untuk besyukur, menerima apa yg allah berikan, terus….minta pertolongan pada-Nya, inget,, surat Al Fatihah ayat 5 hayati bnr2,, insya allah, akan ada jawaban & jawaban itu sangatlah indah..
    berusaha tiap hari sedekah,hari ini masak apa,bagi tetangga..
    atau sedekah semampu & semaksimal mungkin,,
    jangan lupa ngaji jg tiap hari, download rekaman ngaji Muhammad Thaha di Youtube.
    insya allah.. jika semua itu dikerjakan dengan ikhlas & sungguh2, keberkahan dan keridhaan-Nya bersama Qta..
    jangan wktu pas sekolah aja Qta sungguh2 nyontek sana-sini pas lgi ujian. tapi giliran waktu-nya menghadap Allah swt (sholat) hati & pikiran Qta ga bisa sungguh2..

  23. amy says:

    Hutang tergantung dari kebutuhan,klau mmg gak butuh banget ngapain hutang yg hanya menambah beban pikiran aja,

  24. tiyah says:

    Bagi saya ” dalam perjalanan hidup saya hanyalah ngutang rumah yg lain belum pernah, karena harga rumah sangat mahal jauh dari jangkauan pegawai negeri seperti saya.
    Aamiin. wassalam

Please comment with your real name using good manners.

Leave a Reply


3 + 9 =

facebook like