Biasa Ngutang

10,917 Views

Sifat-sifat jelek jangan dimula-mulain, nanti kebiasaan. Termasuk sifat gampang ngutang.

Pak Ridwan belakangan ini pusing sama kelakuan istrinya, dikit-dikit ngutang, dikit-dikit ngutang.

Meski Pak Ridwan bukan orang kaya, tapi hidupnya engga susah-susah amat.

Gajinya sebagai guru negeri, yang nyambi ngelayanin privat kalo malam, mencapai angka satu setengah juta rupiah per bulan.

Tapi rupanya sang istri kagak sabar untuk memenuhi perabot rumah tangga buat di rumahnya.

Mulai dari lemari pajangan, panci buat ngukus kue, oven, barang-barang antik, pakaian, sepatu, emas, wah macam-macam. Caranya, dengan cara kredit.

Maunya Pak Ridwan ini, kalo mau apa-apa tuh, nabung aja dulu, sabar, dan lihat-lihat dulu keperluannya.

Misalnya, waktu mau ganti TV jadi 21”, Pak Ridwan menolak ambil kredit.

Beban katanya, lagian masih ada TV walaupun masih 14”.

Tapi jawab istrinya, kalo engga begitu [kalo engga kredit maksudnya] kapan punya TV yang gedean?

Akhirnya Pak Ridwan ngalah.

Hasilnya, potongan tiga ratus ribuan pun melayang tiap bulan.

Itu belum termasuk ‘urusan sekalian’.

Maksudnya, istrinya ini kalo kredit suka pake istilah sekalian; sekalian ngambil ini, sekalian ngambil itu.

Untuk urusan TV tadi misalnya, yang disetujui Pak Ridwan cuma ganti TV yang 14” ke 21”,

tapi yang datang sekalian VCD, sekalian speaker aktif, dan sekalian rak TV-nya. Pengeluaran ekstra jelas nambah.

Memang sih, kreditan yang diambil istrinya ini masih terhitung dalam ‘hitungan’ Pak Ridwan.

Jadi masih kebayar. Tapi pemikiran Pak Ridwan lain.

Kalo penghasilan yang dia dapat tidak ada yang bisa ditabung, lantaran habis buat bayar kreditan ini dan itu,

yang ditakutkan adalah kalau sewaktu-waktu ada keperluan mendadak sementara ia tidak ada anggaran lagi,

salah-salah inilah yang nanti bisa menjadi potensi minus dan bibit petaka.

Maka ketika semua kreditan sudah lunas, dan istrinya sudah bersiap-siap ganti mebel baru, dengan kredit lagi, kontan Pak Ridwan teriak, “Tidaaaaaak! Saya capeee…!”

Teriakan Pak Ridwan ini kenceng banget. Istrinya sampai kaget.

Karena tidak biasa Pak Ridwan teriak kayak begini.

Saking kagetnya, istrinya itu engga pernah melayani lagi tawaran-tawaran barang kredit.

Takut Pak Ridwan teriak lagi! Lagian istrinya ini ngerasa juga bahwa takutnya nanti dia jadi biasa ngutang.

Mau apa-apa tuh sabar,
biar engga salah langkah.


Article written by Admin

23 Responses

  1. mayabeibz
    mayabeibz February 14, 2013 at 1:36 am | | Reply

    Lebih baik mensyukuri apa yg ‎​‎​Ά̲̣̥ϑά̲̣…
    Jika tidak dapat apa yg kita suka,belajarlah menyukai apa yg kita dapat,,,اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ tetap barokah

  2. acil
    acil February 14, 2013 at 1:38 am | | Reply

    Ceritanya mirip dengan ayah saya yg juga senang ngutang. Tp ini udah terlanjur dengan alasan kebutuhan.

  3. Ranti
    Ranti February 14, 2013 at 1:43 am | | Reply

    betul sekali…SAY NO WITH KREDIT OR UTANG…

  4. Akbar
    Akbar February 14, 2013 at 1:44 am | | Reply

    Nyindir tp dualeeem,…memang hrs sgr dikembalikan ke jalur yg benar,..jadi malu!

  5. elsta
    elsta February 14, 2013 at 1:59 am | | Reply

    Setujuu bngt klu udh dimulai malahh kebiasaan,, astagfirullah

  6. karim ladex
    karim ladex February 14, 2013 at 2:14 am | | Reply

    Sepakat tadz,…pelan-pelan pasti bisa asal sesuai kebutuhan dan penghasilan..

  7. Nandini Priyanto
    Nandini Priyanto February 14, 2013 at 2:25 am | | Reply

    Kalau hutangnya untuk modal kerja gimana pak ustad?

  8. jude
    jude February 14, 2013 at 2:27 am | | Reply

    Klo ngutang uang dgn tujuan u/ ditabung gman tad? Mohon pencerahan

  9. masjono
    masjono February 14, 2013 at 2:33 am | | Reply

    kalo buat yang sdh terlanjur banyak utang gimana tadz?boleh dong kalo ada tips supaya hutang cepet lunas…

  10. yuli
    yuli February 14, 2013 at 2:43 am | | Reply

    Ustad klw memang gaji kita ga mencukupi untuk kebutuhan gimna tad… Dan jalan adalah berhutang…. ?

  11. uswatun
    uswatun February 14, 2013 at 2:46 am | | Reply

    Setuju bgt tuch…ngutang?kayane enggak dech…

  12. Gilang
    Gilang February 14, 2013 at 3:46 am | | Reply

    ternyata orng yg biasa ngutang itu orang yg sabar juga, sabar mencicilnya ..he he he

  13. adhelina soekohaji
    adhelina soekohaji February 14, 2013 at 4:00 am | | Reply

    Setuju bgt ustad YM_Mnrut sya sih cara terbaik jk mnginginkn sswt yg bersifat duniawi adl dg cara mensyukuri ap yg sudah qta miliki, bkn dg cara ngutang sana sni :)

  14. risdiantoro
    risdiantoro February 14, 2013 at 4:27 am | | Reply

    Pintar pintar kita sie kalau mau ngutang, apa kebutuhannya?

  15. dewi yana
    dewi yana February 14, 2013 at 5:16 am | | Reply

    Semoga kita semua bisa hidup qonaah dan syukur, lsabar dan banyak melihat kebawah dlm urusan dunia. Gak memaksakan diri membeli sesuatu yg melebihi kemampuan kita.

  16. ayah al
    ayah al February 14, 2013 at 5:35 am | | Reply

    Saya tukang kredit,gmn nih tadz?
    Jd g laku dong?

  17. luthfi
    luthfi February 14, 2013 at 6:27 am | | Reply

    Klo ngutang ngebantu org lain, tp kehidupan kita jg pas2an gmn ustad….mohon pencerahannya

  18. Cipto
    Cipto February 14, 2013 at 10:48 pm | | Reply

    jadi ingat tauziah uztad YM di ANTV..
    kalo mau gedean (tv) yang ada disedekain….dan biarlah Allah yg gantiin…ni baru kanan (mas Ippho)

  19. ageng
    ageng February 15, 2013 at 1:29 pm | | Reply

    kg ush pd tkut buat ngutang slama perjalanam nglunasinny kita brsama ALLAH, kan jd lbh cakep tuh.. kan Dia jg yg maha kaya.. mgkn jg dh khendakNya kt jd kridit ini itu.. smua dah d tentuin tiap2 wkt & kjadian.. jd yg pling indah menyertakan ALLAH dlm sgala hal.. aye rasa gt tad.. bukan kah kt bth hujan n mentari biar ngeliat pelangi..

  20. lucky
    lucky February 16, 2013 at 10:34 am | | Reply

    ampun tad klo utk yg satu ini. susahnya mnta ampun bt ditahan..cow yg g ska blnja aj dh repot aplagi cew…astaghfirullah..

  21. uba abba
    uba abba February 16, 2013 at 12:37 pm | | Reply

    Klo yg udah ke jebak utang banyak gimana ustadz cara keluarnya, sedangkan kebutuhan hidup tiap bln selalu kurang, klo ga ngutang ga bisa byr utang yg lain. Mohon pencerahannya ustadz

  22. Al
    Al February 16, 2013 at 6:45 pm | | Reply

    Bismillahirrohmanirrohim,,
    niat saya berbagi ilmu apa yang saya tahu ttg hutang-piutang..
    bagaimana jika s/ akhir zaman hutang itu tidak ter-Lunasi…?
    menurut hadits yg tmn sy ungkapkan, kelak di hari penghisaban, manusia akan menemui 2 jalan, yakni surga & neraka.
    ketika yg mempunyai hutang akan masuk surga,dari kejauhan sang pemilik uang yg Qta pinjam berteriak,jgn mskkan dia ke surga karna dy msh pnya hutang pd saya.
    Lantas bagaimana si yg pnya hutang membayar/melunasinya,sdngkn sudah tidak ada dunia lagi…?
    caranya si pemilik uang itu akan mengambil pahala sholat, zakat, sedekah,ngaji, dll sampai jumlah yang ia kira setimpal dengan sewaktu didunia disaksikan malaikat.
    Jika blm sesuai jumlahnya, sedangkan pahala orng yg berhutang telah habis, maka dosa si pemilik uang Qta yang nanggung.
    Lalu, apa yg terjadi?
    si pemilik uang masuk ke surga, sedangkan si penghutang masuk ke neraka.
    jadi, berhati-hati dalam meminjam milik orang lain, karena itu sesungguhnya bukanlah milik Qta..
    coba untuk besyukur, menerima apa yg allah berikan, terus….minta pertolongan pada-Nya, inget,, surat Al Fatihah ayat 5 hayati bnr2,, insya allah, akan ada jawaban & jawaban itu sangatlah indah..
    berusaha tiap hari sedekah,hari ini masak apa,bagi tetangga..
    atau sedekah semampu & semaksimal mungkin,,
    jangan lupa ngaji jg tiap hari, download rekaman ngaji Muhammad Thaha di Youtube.
    insya allah.. jika semua itu dikerjakan dengan ikhlas & sungguh2, keberkahan dan keridhaan-Nya bersama Qta..
    jangan wktu pas sekolah aja Qta sungguh2 nyontek sana-sini pas lgi ujian. tapi giliran waktu-nya menghadap Allah swt (sholat) hati & pikiran Qta ga bisa sungguh2..

  23. amy
    amy February 20, 2013 at 4:49 am | | Reply

    Hutang tergantung dari kebutuhan,klau mmg gak butuh banget ngapain hutang yg hanya menambah beban pikiran aja,

Please comment with your real name using good manners.

Leave a Reply

facebook like