• home ym com


From Buruh to Pengusaha

Semua kawan-kawan buruh kalo mau jadi pengusaha, coba aja dimulai dengan berpikir dan bertindak, seperti pengusaha. Dalam hal keuangan. Banyak hati-hatinya. Kawan-kawan buruhnya baiknya ga punya pengeluaran yang sia-sia, ga penting, hemat, terutama soal kredit-kredit yang ga perlu atau belum terlalu perlu. Kredit rumah, mobil, biarpun itungannya murah, gadget-gadget keren, ga usah. Nambah beban. Rokok dan hepi-hepi yang perlu cost, ga usah. Ini dulu.

Andai punya sedikit manajemen keuangan, sama manajemen emosi diri yang cakep, sesungguhnya udah cukup nganter kawan-kawan buruh sebagai pengusaha. Menjadi seorang pengusaha adalah perjalanan. Namanya perjalanan, ya perlu dimulai. Coba mulai dari manajemen diri dan keuangan. Begitu saya tulis di Buku Semua Bisa Jadi Pengusaha (SBJP). Sengaja bukunya dimurahin, hanya 39rb, belum termasuk diskon. Maaf, bukan jualan. Saya tulis buku itu, supaya perjalanan seseorang menjadi seorang pengusaha, bener jalannya. Bener juga tujuan, dan visi misinya.

Kawan saya, seorang Cainis (baca: Chinese), beliau bilang, “Orang kayak elo mah susah emang buat kaya.” Begitu katanya kepada saya. Saya terima nasihatnya.

Saya tanya, “Kenapa kira-kira?”

Katanya, “Kalo elo elo mau duren, elo bisa makan berbiji-biji. Kalo perlu elo borong itu durennya plus kepala tuh tukang duren…”

“Kalo orang-orang kayak gue, kalo mau duren, cukup secolek dua colek aja. Kalo perlu, ditahan aja. Alihin kepengennya itu. Belum waktunya seneng.”

Itu di taon 1997. Saat saya gagal bayar hutang. Tentu sebabnya banyak. Tapi apa yang dibicarakan kawan Cainis saya itu, banyak benernya. Liat aja rumah-rumah kita. Barangkali kita bisa liat, betapa diri kita ga ada perencanaan keuangan dan manajemen diri. Jadi kadang persoalannya bukan duitnya itu ga cukup. Tapi gaya hidup udah kayak orang yang bakal naik gaji saban bulan dan pasti ada gaji. Sifat-sifatnya banyak yang berani dan sabar. Berani ngutang, sabar bayar, he he he. “Sabar ya Mas…” Begitu kalo ditagih, he he.

Nasihat kawan Cainis saya itu, harus dipahami sebagai nasihat yang membangun dan bisa dipahami sebagai sindiran yang bisa jadi emang bener untuk banyak pengeluaran. Jujur. Kenapa itu nasihat itu saya bisa begitu ingat? Revolusi berpikir, bertindak, banyak juga dipengaruhi nasihat kawan saya tsb, pasca ’97. Saya ga menyesali, habis itu saya babak belur, hancur lebur, hingga proses recovery-nya memakan waktu sampe 2006. Maka tebusan kawan-kawan, bukan hanya buruh, tapi kawan-kawan semua, bila salah memanajemeni diri dan keuangan, sungguh akan sangat fatal. Belum lagi sebab yang lain. Saya ga pernah ketemu lagi dengan kawan Cainis tersebut sejak ’97. Andai beliau ada di sini, saya senang sekali jika saya bisa ketemu lagi. Namanya: Anton.

Semoga bermanfaat ya.

Salam Hormat,

@Yusuf_Mansur

You may also like...

11 Responses

  1. Assalamualaikum ustadz,,
    Ustadz mohon doanya y? Biar saya bisa jadi pengusaha yg terus mengalirkan sedekah ke Daqu, pengusaha yg dermawan yg bermanfaat buat temen2 saya, yg hafidz juga… ????????????? ??????? ???????????????
    Ustadz saya doain juga supaya panjang umur dan Di sehatkan… Dan di ijabah doa2 nya,,, ????????????? ??????? ???????????????

  2. edy says:

    terima kasih ustad, buat pak ustad is the best

  3. Subhanallah….
    Doakan saya ya tadz supaya bisa menjadi pengusaha yang sukses,,bisa sukses juga bersama Ustadz di bisnis PayTren.amin ya robbal alaamin…

  4. amin adnan says:

    Salam Pak Ustaz, saya ingin benar berjumpa sama bapak dan mahu berbicara mengenai sedekah. setiap perbicaraan bapak dimana2 saya pasti bapak sering menyebut sedekah.Saya ada sesuatu rencana tentang sedekah yang mau saya kongsikan bersama bapak.terima kasih

  5. alfan alfa says:

    Sgt bermanfaat sekali pa ustadz,terima ksh…

  6. Didik Salahudin says:

    Trimakasih Pak..

  7. syahrul says:

    asslamualaikum ustad saya mau nanya ….saya kan kerja di SPBU ditempat saya ini mengisi jerigen ustad na dari mengisi jerigen itu ada namanya uang cor jerigen tersebut jadi saya sering dikasih sama opertor itu bahkan ada jatah apa 20rb per hari buat saya..yang saya mau tanyakan halal ngk itu ustad buat saya dan anak saya tolong dijawab ya ustad……..

  8. Haha lucu tapi saya suka sekali dengan pak yusuf mansur saya mau tanya dari mana sih bisa dapat pikiran kayk gitu saya sangat suka denhan inspirasi anda

  9. yuliani says:

    Bismillaahirrahmaanirrahim…
    Assalamualaikum….

    PAYTREN adalah PROYEK Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.

    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern, teknologi yang ditarik dari MASA DEPAN..!!!

    “Berbisnis sambil Bersedekah”

    Alhamdulillah…caranya tidak susah hanya menggunakan PONSEL kita bisa berbisnis dan bersedekah….
    ” JADI REJEKI NGALIR..AMAL IBADAH PUN NGALIR ”
    kapan lagi bisa berbisnis dengan banyak bonus sambil bersedekah…

    “PAYTREN”
    Sarana untuk bayar bayar dan beli beli sebagai upaya dapat lebih untuk cara cerdas beramal…
    Manfaat “PAYTREN” adalah dapat digunakan untuk :
    1.Pembayaran PLN Pasca, 2.Token PLN, 3.TV berbayar, 4.PULSA HP, 5.Kartu Hallo, 6.Speedy, 7.Leasing Sepeda Motor / Mobil, 8.Tiket Pesawat, 9.Voucer Game Online, 10.Telkom / Telepon, 11.PDAM, 12. Pulsa BOLT
    Dan masih banyak fitur / fasilitas lainnya

    Kenapa harus pakai PayTren ??

    Karena PayTren adalah…
    “1. Made in Indonesia,
    “2.Sofware pembayaran pertama yang benar 100% Indonesia,
    “3.Membuat HP kita mempunyai nilai tambah,
    “4.Selalu ada CASHBACK di setiap transaksi,
    “5.Tiap transaksi ada DANA SOSIAL / SEDEKAH,
    “6.Memudahkan kita dalam pembayaran tagihan2,
    “7.Biaya kemitraan masih terjangkau,
    “8.Halal dan Legal dan Bukan Money Game,
    “9.Tidak ada target penjualan dan potensi penghasilan didapat lebih besar,
    “10.Dapat diwariskan ke anak kita,
    “11.Pemilik dan pendirinya sampai sekarang adalah ” Ustad Yusuf Mansur ” PT. Veritra Sentosa Internasional

    JENIS PAKET LISENSI YG HARUS DIPILIH:

    1. Paket BASIC: harga 340 ribu, dapat 1 ID, dapat cashback 15 ribu, maksimal deposit 15 jt setelah verifikasi KTP.

    2. Paket SILVER: harga 990 ribu, dapat 3 ID, dapat cashback 125 ribu, maksimal deposit 15 jt.

    3. Paket GOLD: harga 2,290 juta, dapat 7 ID, dapat cashback 425 ribu, maksimal deposit 35 jt.

    4. Paket PLATINUM: harga 4,890 juta, dapat 15 ID, dapat cashback 1,125 juta, maksimal deposit 75 jt.

    5. Paket TITANIUM : harga 10,090 juta, dapat 31 ID, dapat cashback 2,3 juta, maksimal deposit 155 jt.

    *) ID = Jumlah Akun yg Anda miliki di PayTren

    CATATAN:
    a. Semua Paket dapat Hadiah Promo.
    b. Cashback Titanium langsung dibayarkan utk DP Umroh (Ustadz Yusuf Mansur juga punya Travel Haji Umroh Daqu Travel).

    Lakukan apapun dengan tepat, bukan hanya cepat. Keberhasilan tak bisa dihalangi jika yang kamu lakukan telah tepat.
    PayTren adalah solusi yg tepat bagi anda yg ingin berbisnis dengan mudah dan berkah

    Yang beniat daftar silahkan Daftar di

    http://treniuym.com/yuliani

    Butuh bantuan…
    SMS : +85295415037
    LINE/WA : ++85295568087(Luar Negeri)
    BBM : 56386D0F

    Semoga Allah memberikan jalan untuk kita semua…aamiin

    #Pesan Ustadz Yusuf Mansyur :
    Gabung aja dulu..
    Insya Allah akan tahu
    manfa’atnya..

    Ingat Bayar Ingat Paytren

    Salam sukses berjamaah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.