• 2-iklan BYM

  • 4-banner-sto

  • home ym com

  • Tahfizh Camp artikel

  • 8ac0a7a2-b1f7-43d2-998d-1ef08bc4e4a4

  • sedekah online
  • sedkah produktif

Cara

 

uym - 4

 

Dakwah itu punya cara. Salah satu caranya, bikin ummat pinter. Dengan bertanya. Allah juga sering bertanya dalam Qurannya. Bertanya pastinya bukan tidak tau. Ngga mungkin Allah ngga tau. Tapi bertanya untuk memberi jawaban.

Berdakwah, mengajak orang lain, juga bukan untuk menjaga wibawa. Tapi untuk mengajak. Salah satu cara mengajak, adalah menjadi dekat. Untuk menjadi dekat, jadilah sosok yang cair, yang ngga ditakutin.

Perkara soal komen, orang Indonesia sekarang emang makin jago komen, he he. Bukan pemain emang, tapi komentator.

Kalau situ jadi ayah, jadilah ayah yang periang, yang penyabar, yang sesekali bercanda sama anak. Jadilah juga ayah yang jangan serba tau. Walo tau, sesekali perlulah pura-pura tidak tau. Dalam rangka mendidik anak. Bikinlah anak dewasa, agar mau mengemukakan pendapatnya. Tapi ajarkan akhlak bagi anak, agar tau tata krama ketika bicara dengan seorang ayah.

Ketika jadi guru, sesekali boleh marah, boleh menegur. Tapi hiasi wajah lebih banyak dengan keramahan. Anak-anak murid pasti nyaman. Jadilah guru yang nyaman bagi anak-anak. Mau tersenyum bareng, mau tertawa bareng, mau duduk bareng, tapi apa adanya, ngga dibuat-buat. Semua kawan-kawan di hati saya. Kudu siap juga diajak diskusi. Jarang-jarang guru mau ngajak diskusi. Maunya ngajar dan merintah.

Bila dilempar bahan, bawaannya udah nyolot, kapan mau cerdasnya? Bila dilempar isyu, udah su-udzdzan, tidak akan terjadi diskusi. Biasakan berhati adem, berpikiran tenang. Santai. Hidup udah banyak susahnya. Masa di dunia media sosial yang kita bisa bercanda-canda, tegang juga. Ngga ketemu aja udah pada sewot, pegimana lagi jika ketemu? Itu yang terjadi. Perang batu, perang parang, perang senjata.

Allah sayang sama kita. Semua dipertemukan di dunia media sosial. Jadikanlah kasih sayang, kesopanan, kesantunan, adab, penghiasnya. Sungguh, semua akan ketemu yang dicaci. Semua akan ketemu yang diledek. Semua akan ketemu yang dihina. Jadi lebih baik saling menyayangi.

Anugerah ini terlalu sia-sia, jika hanya menimbulkan kebetean sepanjang hari. Bahkan walo sesaat. Manfaatkanlah dengan baik. Gunakan untuk berkawan, belajar, berbisnis, cari-cari info, dan hal-hal positif.

Atur, kontrol, jempol, mata, hati dan pikiran. Jangan sampe menyakiti. Ngga saling ketemu, koq saling menyakiti? Aneh kan?

Jangan sungkan-sungkan menggunakan media sosial untuk cari dan berbagi info, apa aja. Termasuk bisnis, usaha, pedagangan, hingga soal jodoh. Tapi lakukan semuanya proporsional. Kayak saya lah, ehmmmm…. Mudah-mudahan ngga ada yang nyolot, he he.

Isinya bisnis melulu? Boleh ga? Boleh mah boleh aja. Selingi Dengan info-info lain. Jaga perasaan kawan-kawan yang mem-follow.

Dan benar-benar lakukan manfaat di media sosial. Jangan sampe sia-sia. Bahkan bercanda pun, harus yang jangan sia-sia. Lagi-lagi kayak saya, he he he.

Saya itu gimana sih? Bercanda, bercanda yang inline, masih searah, fokus, ada tujuannya, Dengan apa yang sedang ditulis, ngga keluar jalur.

Yah, inilah sedikit panduan, yang jika ada manfaatnya, ambil. Jika tidak, ngga mungkin. Masa ngga ada manfaatnya, he he.

Lihat, belajar, lagi… Tulisan ini, tanpa keluhan, tanpa tanda seru. Semua bernada ceria, insyaAllah. Salam.

 

You may also like...

16 Responses

  1. eni says:

    Tenggat waktu untuk ikutan patunganusaha yang hotel&apartemen diperpanjang sampe kapan ya ustad???

  2. cut zulia says:

    tenggang waktunya sampe kapan ya pak ustads?mulai hari ni tgl 15 des saya amalkanlah seperti pa yang pak ustads katakan mudah2an di awal tahun 2013 uang untuk patungan usaha diberikan sama Allah.amin…bantu aminkan ya pak ustads melalui antv biar doanya dijabah Allah.

  3. apendi says:

    saya mo dong ikutan patungan usaha, cara yg tpat gmn ya tad?

  4. Bobnasution says:

    Ustadz, saya minta do’anya, saat sy sdg berusaha menjualkan tanah & radio milik tante dan teman saya, semoga terkabul, insyaAllah saya mau ikut Patungan Usaha & Patungan Asset, Aamiin ya Rabbal Al Amiin,

    Salam Takzim
    @bobnstMEdan

  5. Siti masithoh says:

    Sungguh semua akan ketemu dg yg kita sayangi…aamiin…

  6. Arif billah says:

    ustadz , saya juga mau dakwah via online gini . kn masih pelajar . kasih tipsnya tadz . maturnuwun .

  7. alin says:

    Assalam, Pak ustad saya mau konsultasi lewat email bisa ga ya?

    terima kasih… Wassalam…

    • sy. rahmayanti says:

      Assalamualaikum,,ustadz bs kh sy konsultasi ttg hidup dan khidupan,,byk skali yg ingin sy tanyakan ttg islam,byk hal yg sy blm paham dan sy ingin skali belajar,mohon bantuannya,syukron.

  8. lina says:

    ustad patungan usaha gm dong help

  9. iswan_iccank says:

    Ustaz saya mau konsultasi lewat email .Boleh n skali2 kemakassar bawain kuliah soal PU

  10. pak ustad kok gak pernah jawab komentar2 kami sih, saking sibuknya yah 🙁

  11. nina says:

    assalam mualaikum ust low saya pingin aj tu ikut bisnis ny p ust tp syang ny saya gak punya apa2 idup aja sehari2 dh kelabaan .utang sana sini .mhon solusi ny donk ust wassalam

  12. A fascinating discussion is definitely worth comment.

    I do think that you should publish more
    about this issue, it may not be a taboo subject but usually folks don’t
    discuss such subjects. To the next! Cheers!!

  13. Anya says:

    I do not even understand how I ended up right here, but I assumed this post
    was good. I don’t know who you’re however certainly you are going to a well-known blogger in the event you aren’t already.
    Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.