#cara

3,192 Views

#cara 1. Dakwah itu punya cara. Salah satu caranya, bikin ummat pinter. Dengan bertanya. Allah juga sering bertanya dalam Qur’annya.

#cara 2. Bertanya pastinya bukan tidak tau. ngga mungkin Allah ngga tau. Tapi bertanya untuk memberi jawaban.

#cara 3. Berdakwah, mengajak orang lain, juga bukan untuk menjaga wibawa. Tapi untuk mengajak. Salah satu cara mengajak, adalah menjadi dekat.

#cara 3. Untuk menjadi dekat, jadilah sosok yang cair, yang ngga ditakutin.

##cara 4. Perkara soal komen, orang Indonesia sekarang emang makin jago komen, he he. Bukan pemain emang. tapi komentator.

#cara 5. Kalau situ jadi ayah, jadilah ayah yang periang, yang penyabar, yang sesekali bercanda sama anak. Jadilah juga ayah yang jangan serba tau.

#cara 6. Walo tau, sesekali perlulah pura2 tidak tau. dalam rangka mendidik anak. Bikinlah anak dewasa, agar mau mengemukakan pendapatnya.

#cara 7. Tapi ajarkan akhlak bagi anak, agar tau tata krama ketika bicara Dengan seorang ayah.

#cara 8. Ketika jadi guru, sesekali boleh marah, boleh menegur. Tapi hiasi wajah lebih banyak Dengan keramahan. Anak2 murid pasti nyaman.

#cara 9. Jadilah guru yang nyaman bagi anak2. Mau tersenyum bareng, mau tertawa bareng, mau duduk bareng. tapi apa adanya. ngga dibuat2.

#cara 10. Semua kawan-kawan di hati saya. Kudu siap juga diajak diskusi. Jarang2 guru mau ngajak diskusi. Maunya ngajar dan merintah.

#cara 11. Bila dilempar bahan, bawaannya udah nyolot, kapan mau cerdasnya? Bila dilempar isyu, udah su-udzdzan, tidak akan terjadi diskusi.

#cara 12. Biasakan berhati adem, berpikiran tenang. Santai. Hidup udah banyak susahnya. Masa di dunia twitter yang kita bisa bercanda2, tegang jg.

#cara 13. ngga ketemu aja udah pada sewot, pegimana lagi jika ketemu? Itu yang terjadi. Perang batu, perang parang, perang senjata.

#cara 14. Allah sayang sama kita. Semua dipertemukan di dunia twitter. Jadikanlah kasih sayang, kesopanan, kesantunan, adab, penghiasnya.

#cara 15. Sungguh, semua akan ketemu yang dicaci. Semua akan ketemu yang diledek. Semua akan ketemu yang dihina. jadi lebih baik saling menyayangi.

#cara 16. Anugerah twitter land ini terlalu sia2, jika hanya menimbulkan kebetean sepanjang hari. Bahkan walo sesaat. Manfaatkan Dengan baik.

#cara 17. Gunakan untuk berkawan, belajar, berbisnis, cari2 info, &hal2 positif.

#cara 18. Atur, kontrol, jempol, mata, hati&pikiran. jangan sampe menyakiti. ngga saling ketemu, koq saling menyakiti? Aneg kan?

#cara 19. jangan sungkan2 menggunakan media twitter untuk cari&berbagi info, apa aja. termasuk bisnis, usaha, pedagangan, hingga soal jodoh.

#cara 20. tapi lakukan semuanya proporsional. kayak saya lah, ehmmmm…. Mudah-mudahan ngga ada yang nyolot, he he. Sekian tweet, 1-2 yang brcanda. Wajar.

#cara 21. Tweet isinya bisnis melulu? Boleh ga? Boleh mah boleh aja. Selingi Dengan info2 lain. Jaga perasaan kawan-kawan yang memfollow.

#cara 22. Dan benar-benar lakukan manfaat di twitterland. jangan sampe sia2. Bahkan bercanda pun, harus yang jangan sia2. Lg2 kayak saya, he he he.

#cara 23. Saya itu gimana sih? Bercanda, bercanda yang inline, masih searah, fokus, ada tujuannya, Dengan apa yang Sedang ditweet. ngga keluar jalur.

#cara 24. Yah, inilah sedikit panduan, yang jika ada manfaatnya, ambil. Jika tidak, ngga mungkin. Masa ngga ada manfaatnya, he he.

#cara 25. Lihat, belajar, lagi… Semua tweet pagi ini, tanpa keluhan, tanpa tanda seru. Semua bernada ceria, insyaAllah. Salam.

#cara 26. yang belum ikutan patunganusaha bikin htl&aprtmn, ikutan. Hitung2 nanti bisa bljr cr bikin htl&aprtmn. tapi semua proses ya.

#cara 27. Doain, supaya ada PatunganUsaha yang 100rb, 500rb, 1jt. Untuk pertanian, peternakan, perikanan, ngga semahal hotel&apartemen.

#cara 27. Tenggat waktu untuk ikutan patunganusaha yang hotel&apartemen, diperpanjang. Barangkali kawan-kawan masih ngumpulin duitnya, he he.

#cara 28. Saran saya, apapun, termasuk patunganusaha, jangan ngumpulin duit. tapi kumpulin doa. Alias, doa sama Allah supaya punya duit.

#cara 29. sebab tanpa doa, maka apapun jadi mahal. karena apa? karena ukurannya kantong kita. tapi Dengan doa, ukurannya adalah “Kantong” Allah.

#cara 30. yang perlu info2, ke http://www.patunganusaha.com  aja ya. sementara customerservice dll nya, masih saya bangun untuk disempurnakan. Mhn doa.

#cara 31. Nah, ini saya contohkan riil. 30 tweet, gado2. Semua pesan, dapet. tetap ada info, ilmu, sharing, candaan, &juga bisnis.

#cara 32. Coba baca lagi dari tweet 1. Lalu bandingkan. Semua proporsional. ngga ada yang berlebih. Semua karena Karunia-Nya. Salam lagi aaah…


Article written by

13 Responses

  1. eni
    eni December 13, 2012 at 3:17 am | | Reply

    Tenggat waktu untuk ikutan patunganusaha yang hotel&apartemen diperpanjang sampe kapan ya ustad???

  2. cut zulia
    cut zulia December 15, 2012 at 3:19 am | | Reply

    tenggang waktunya sampe kapan ya pak ustads?mulai hari ni tgl 15 des saya amalkanlah seperti pa yang pak ustads katakan mudah2an di awal tahun 2013 uang untuk patungan usaha diberikan sama Allah.amin…bantu aminkan ya pak ustads melalui antv biar doanya dijabah Allah.

  3. apendi
    apendi December 15, 2012 at 6:38 pm | | Reply

    saya mo dong ikutan patungan usaha, cara yg tpat gmn ya tad?

  4. Bobnasution
    Bobnasution December 22, 2012 at 4:41 am | | Reply

    Ustadz, saya minta do’anya, saat sy sdg berusaha menjualkan tanah & radio milik tante dan teman saya, semoga terkabul, insyaAllah saya mau ikut Patungan Usaha & Patungan Asset, Aamiin ya Rabbal Al Amiin,

    Salam Takzim
    @bobnstMEdan

    1. najmah
      najmah December 29, 2012 at 12:54 pm | | Reply

      Ingin ikut patungan usaha, bagaimana caranya?

  5. Siti masithoh
    Siti masithoh January 24, 2013 at 11:49 am | | Reply

    Sungguh semua akan ketemu dg yg kita sayangi…aamiin…

  6. Arif billah
    Arif billah February 16, 2013 at 7:41 am | | Reply

    ustadz , saya juga mau dakwah via online gini . kn masih pelajar . kasih tipsnya tadz . maturnuwun .

  7. alin
    alin May 24, 2013 at 9:18 am | | Reply

    Assalam, Pak ustad saya mau konsultasi lewat email bisa ga ya?

    terima kasih… Wassalam…

  8. lina
    lina June 16, 2013 at 3:13 pm | | Reply

    ustad patungan usaha gm dong help

  9. iswan_iccank
    iswan_iccank July 5, 2013 at 5:43 pm | | Reply

    Ustaz saya mau konsultasi lewat email .Boleh n skali2 kemakassar bawain kuliah soal PU

  10. Muhammad Nafarin
    Muhammad Nafarin July 5, 2013 at 10:17 pm | | Reply

    pak ustad kok gak pernah jawab komentar2 kami sih, saking sibuknya yah :(

  11. nina
    nina January 16, 2014 at 6:57 am | | Reply

    assalam mualaikum ust low saya pingin aj tu ikut bisnis ny p ust tp syang ny saya gak punya apa2 idup aja sehari2 dh kelabaan .utang sana sini .mhon solusi ny donk ust wassalam

  12. Les Privat Bahasa Inggris
    Les Privat Bahasa Inggris July 11, 2014 at 8:12 am | | Reply

    amin amin ya allah

Please comment with your real name using good manners.

Leave a Reply

facebook like