Uncategorized

Bukan Aib

Bukan Aib

Ga bisa baca Qur’an? Bukan aib u/ mengetahui. Bener-bener bukan aib. Daripada ditanyanya nanti di kuburan. Mending belajar pas sadar, pas nyadar, emang belom bisa baca Qur’an. Huruf Hijaiyah itu 28 huruf. Setiap hari ngenalin 1 huruf, 28 hari kenal semua. 1hari 1huruf. Habis itu belajar sambungannya. 1hari 1sambungan, maka sebulan, bisa nyambungin semua huruf. Sebulan kemudian belajar panjang pendek…. Read more →

Bermula dari rumah, sekolah, kampus, kantor, pabrik

Bermula dari rumah, sekolah, kampus, kantor, pabrik

Bersih, disiplin, rapih, tertib, bisa dimulai dari rumah sendiri. Kalo habis makan, lsg dirapihin. Kalo perlu, makan, ga usah berantakan. Sehingga ga perlu ada yang dibersihin sebab menjaga kebersihan dan kerapihan. Tertib naro semua pada tempatnya: buku2, gelas2, piring2, mana yg barang2 di lemari, mana yg di meja, mana yg di kamar, mana yg di halaman. Semua rapih pada tempatnya…. Read more →

Kelebihan Negara Maju

Kelebihan Negara Maju

Kebersihan, ketertiban, kedisiplinan, kerapihan. Itu yang agak-agak langka di Indonesia. Di restoran-restoran, warung-warung makan, tempat-tempat publik, bahkan petugas kebersihan sangat minim sekali. Bahkan cenderung tidak ada. Sebab semua masyarakatnya sudah pada sadar-sadar. Indah betul jika Jakarta, dan seluruh kota di Indonesia, masyarakatnya bahkan malu untuk meludah sembarang tempat, maluuuuu buat buang sampah, malu buat melanggar aturan, maluuuu buat tidak tertib,… Read more →

Ajarin Diri Doa

Ajarin Diri Doa

Sekarang jangankan ngajar anak-anak. Ngajar diri sendiri aja engga. Sakit kepala, langsung ngandelin obat. Sakit perut, langsung nyari obat. Ga ngandelin doa. Minimal ga doa dulu. Harusnya? Peganglah dulu kepala. Baca Faatihah, syukur-syukur 7x, baca shalawat, doa, sambil mejemkan mata. Terus istighfar, minta ampun. Mana tau sakit kepala sebab jarang sujud. Sakit perut, usap dengan shalawat. Maksudnya, sambil baca shalawat…. Read more →

Doa Terus-Terusan

Doa Terus-Terusan

7x sehari, sekurang-kurangnya. Sehabis shalat fardhu, 5x. +sehabis shalat sunnah dhuha. & tahajjud. Apa yang menjadi hajat Saudara? Hajat dunia dan akhirat? Sekurang-kurangnya 7 waktu itu. Setiap habis shalat fardhu, dhuha dan tahajjud, doaaaaaaaa terus. Doa yang sama, terus-terusan. InsyaAllah hasil. Kabul. Jangan putus. Jangan bolong. Jangan ampe berhenti. Teruuuuuuuussss doa. Bikin absennya kalo perlu. Jangan ampe ada yang kelewat.

Apa aja yang mau dipelajari ??

Nih bayangan judul-judulnya: 1. 1 Malam 1 Buku. 2. 200-an buku dalam waktu kurang dari 7 tahun. 3. Royalti Buku Untuk Allah. 4. Tulisan Ustadz Based On ExperientalLearning. 5. Renyah. 6. Menjadi Inspirasi, bukan hanya konten, tapi gaya tulisan. 7. Tulisan Berbahasa Lisan. 8. Komplit: Bisa Bicara, Bisa Menulis, Bisa Mendengar. 8. MultiTasking. Bisa nulis sambil mimpin rapat, ngasuh anak,… Read more →

Sandal

Sama. Saya juga sering kehilangan. Kemaren santri tertawa kecil, bersama kawan2nya… “Subhaanallaah… Sendal udah digembok, msh hilang juga…” Kata santri tsb. Sambil nunjukin kuncinya tuh gembok. Kawan2nya ikut tertawa. Saya mendengar dari belakang… Saya berdehem… “Ehhhmmm… Apa hikmahnya…?” Santri tersebut bilang, “Saya jadi bisa nyebut subhaanallaah. Dengan pas. Ada maknanya. Sbb lagi ilang sendal, he he he”. Saya ikutan tertawa… Read more →

facebook like