• 2-iklan BYM

  • 4-banner-sto

  • home ym com

  • Tahfizh Camp artikel

  • 8ac0a7a2-b1f7-43d2-998d-1ef08bc4e4a4

  • sedekah online
  • sedkah produktif

Dahsyatnya Surat Yasin

yasin

 

Oleh Anwar Sani

Usai shalat berjamaah bersama keluarga di mushalla kecil disamping rumah, kami bacakan Himpunan Kitab “Fadhilah A’mal” karya Maulana Muhamamd Zakariyya al Kandahlawi. Saat sampai dihalaman 59 membuat saya merinding dan bersemangat, jamaah yang terdiri dari istri, anak, Ibu mertua dan jamaah lainnya pun sontak mengucap “Subhanallah.. Allahu Akbar..” mendengar keterangan ini.

Saya tuliskan ini untuk menjadi penyemangat kita bersama tentang Fadhillah Al-Qur’an yaitu surat Yasin.

عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِى رَبَاحٍ قَالَ بَلَغَنِى أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ :    « مَنْ قَرَأَ يس فِى صَدْرِ النَّهَارِ قُضِيَتْ حَوَائِجُهُ

Dari Atha bin Abi Rabah, ia berkata, “Telah sampai padaku bahwa Rasulullah SAW, bersabda, ‘Barangsiapa membaca surat Yasin pada permulaan hari, niscaya akan dipenuhi segala hajatnya (pada hari itu).” (HR. Darami).

Banyak riwayat yang menjelaskan tentang fadhilah surat Yasin. Salah satunya menyebutkan bahwa segala sesuatu itu mempunyai hati, dan hati Al-Qur’an adalah surat Yasin.

Barangsiapa membaca surat Yasin satu kali, maka Allah mencatat baginya pahala sepuluh kali membaca Al-Qur’an. Tentu kami sontak mengucap “Subhanallah…” ternyata membaca surat Yasin diganjar Allah pahala 10 kali baca Al-Qur’an.. “Allahu Akbar…” Siapa yang nggak mau…?

Riwayat lain menerangkan bahwa Allah telah membacakan surat Thaha dan surat Yasin seribu tahun sebelum penciptaan langit dan bumi. Ketika para malaikat mendengar hal itu, mereka berkata, “Alangkah berbahagia umat yang kepada mereka Allah turunkan Al-Qur’an. Alangkah berbahagia orang-orang yang memasukkan Al-Qur’an ke dalam hati mereka (menghafalnya). Dan alangkah berbahagia mereka yang membaca Al-Qur’an dengan lidah semata-mata demi keredhaan Allah, Allah akan mengampuni dosa-dosa mereka yang telah lalu. Oleh sebab itu jadikanlah ia bacaan bagi orang-orang mati.”

Rasulullah SAW bersabda, “Hatiku ingin surat Yasin berada di dalam hati setiap umatku.” Sabda beliau lainnya, “Barangsiapa selalu membaca surat Yasin setiap malam, kemudian meninggal dunia, maka ia mati syahid.”

Hadits lain menyebutkan, “Barangsiapa membaca surat Yasin, maka diampuni dosanya; barangsiapa membacanya ketika lapar, akan dihilangkan kelaparannya, barangsiapa membacanya ketika sesat dijalan, ia akan kembali menemukan jalannya; barangsiapa membacanya kerena kehilangan hewannya, ia akan mendapatkannya kembali; dan barangsiapa membacanya karena takut kekurangan makanan, maka akan dicukupkannya. Jika dibacakan kepada orang yang akan meningggal dunia akan diumudahkan kematiannya; dan jika dibacakan pada wanita yang sulit melahirkan, maka akan dimudahkan baginya.”

Muqri ra. berkata, “Jika surat Yasin dibaca karena takut kepada raja atau musuh, maka akan dihilangkan rasa takutnya.” Sabda beliau lainnya, “Barangsiapa yang membaca surat Yasin dan As Shaffat pada hari Jum’at, lalu ia berdoa untuk semua hajat, maka akan dipenuhi hajatnya.”

(Kebanyakan hadits-hadits ini diambil dari Mazhaahirul Haq walaupun sebagian ulama mempermasalahkan tentang keshahihannya).

Bagaimanapun kedudukan hadits dan keterangan ini tentu membaca Al-Qur’an adalah ibadah dan kita hanya mengharap keridhaan Allah Yang Maha Bijaksana.

Saran: Yuk kita baca surat Yasin setiap hari..

You may also like...

13 Responses

  1. IinSartika says:

    Mau berbisnis sambil bersedekah?
    Ayi daftar Paytren Ustadz Yusuf Mansur saja.
    In shaa Allah berkah.
    Info klik http://goo.gl/sGKfY0
    BBM : 5A6CFBEE
    WA : 087885001264

  2. Ingin bisnis mudah,murah, berkah, hasil melimpah, syariah, asli produk dalam negeri, Pemiliknya Ustad Yusuf Mansur dan cukup melalui HP Anda??? Benar sekali PAYTREN namanya. Ingin info lbh lnjt???
    inbox saja /WA :081384007300
    Bbm:5C7995F6 Web:http://bestpaytren.com/nielmokapaytren
    Salam sukses berjamaah

  3. Sya'roni says:

    Subhaanallah…
    Mau berbisnis bersama Ust. Yusuf Mansur???
    Bergabunglah di Paytren, komunitas orang2 postif, in syaa Allah.
    Mau tau tentang PayTren?
    WA/SMS 085780676457
    Call 082112107719
    Pin BBm 5d8d4347
    http://www.leadersuksespaytren.com/syaroni

  4. Rahmadini says:

    Subhaanallah
    Mau tahu bisnis yang halal & InsyaAllah berkah, bergabunglah dengan PayTren UYM
    Bukan hanya berbisnis, tetapi juga berilmu dan beramal
    Jangan mau ketinggalan ya😊
    Info pendaftaran dlm & luar negri
    WA +60104386383
    BBM 58BD7ABA

  5. tyan says:

    Masya Alloh… luar biasa ternyata. makasih ilmunya ustad 🙂

  6. Istiana Mawarni says:

    alhamdulilah jadi tau gimana dahsyatnya manfaat surat yaasin…. terima kasih ustadz

  7. touro says:

    dahsyatnya efek surat yaasin ternyata….

  8. final says:

    final

  9. Release says:

    try release app

  10. asrudin says:

    terima kasih penjelasannya uztadh semoga bapak tetap diberikan kesehatan dan umur yamg panjang

  11. mawardi says:

    masa allah
    allahuakbar

  12. Zulkarnain says:

    Subhanallah.. Ayo ikut Paytren..Owner Pak UYM Berbisnis dan Beramal..Beraedekah Setiap Saat .Wa 085267000026

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.