Dahulukan Orang Lain

  itsar

 

Itsar atau mendahulukan orang lain atas dirinya sendiri adalah sungguh akhlak yang mulai hilang di zaman sekarang ini.

Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang paling dicintai oleh Allah ‘Azza wa jalla adalah yang paling banyak memberi manfaat kepada orang lain.”

Ya. Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah kesenangan yang diberikan kepada sesama muslim, menghilangkan kesusahannya, membayarkan hutangnya, atau menghilangkan rasa laparnya.

Rasulullah saw. bersabda “Sungguh, aku berjalan bersama salah seorang saudaraku untuk menunaikan keperluannya lebih aku sukai daripada beri’tikaf di masjid ini (Masjid Nabawi) sebulan lamanya.”

Beliau juga berkata, “Barangsiapa berjalan bersama salah seorang saudaranya dalam rangka memenuhi kebutuhannya sampai selesai, maka Allah akan meneguhkan tapak kakinya pada hari ketika semua tapak kaki tergelincir.”

“Sesungguhnya akhlak yang buruk akan merusak amal sebagaimana cuka yang merusak madu.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abid-Dunya)

 

(Dikutip dari twit @Daarul_Quran)

Bagi yang ingin bersedekah bisa melalui:

Niaga Syariah 5561 0002 9006 (Zakat)

BCA 603 030 8041 (Sedekah)

An. Yayasan Daarul Qur’an Nusantara

www.daqu.or.id

You may also like...

2 Responses

  1. Sungguh mulia akhlak seseorang yg mendahulukan kepentingan orang lain. Seperti membahagiakan orang tua padahal diri kita blm merasa tercukupi. Ya Alloh kuatkan hamba dlm me-ngemong ortu… aamiin

  2. anggit says:

    subhanallah aku mau menangis rasanya melihat artikel ini karena punya teman-teman yang selalu mendahulukanku, menolongku di saat aku terpuruk, semoga mereka semua selalu dalam lindungan-Nya, ditambah rejekinya dan bahagia dunia akhirat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like