Dhuha

11,029 Views

1. Ada yg tau ga kalo dhuha itu hutang kita ke Allah? Hutang 2 rokaat sehari. Yg kalo ga dibayar, maka numpuk. Loh loh, kan sunnah? #dhuha

2. Betul dhuha emang sunnah. Tapi sunnah muakkadah. Sunnah tg tramat penting. Yg kalo ditinggal, ya ada juga “resiko”nya. #dhuha

3. Sunnah muakkadah kalo ditinggal dlm wkt yg lama, tidak dijalankan dlm wkt yg lama, sangat negatif ke kualitas kehidupan&rizki. #dhuha

4. Gini ya, kenapa saya sebut sbg hutang… Dlm 1hr, sjak awal pagi, sampe pagi lagi, qt itu sesungguhnya kudu sedekah tanpa putus. #dhuha

5. Tiap sendi qt, dituntut sedekahnya. Kudu bayar. Ya iya lah. Untuk oksigen tambahan aja, kita kudu bayar. Mahal banget. Kalo anfal. #dhuha

6. Nah, apalagi oksigen yg kita hirup, free 24 jam. Trnyata ga bnr kan free itu. Kudu bayar. Dituntut sedekahnya. Belom lagi mata, dll #dhuha

7. Pokoknya kudu bayar. Dan ga bakalan kebayar. Siapa juga yang mampu bayar semua rizki&nikmat Allah? Sistem pernafasan yg komplit, #dhuha

8. sistem pencernaan, sistem penglihatan, pendengaran, &semua tubuh qt adlh keajaiban-Nya. Ini smua Allah adakan sedekah atasnya. #dhuha

9. Kitanya aja yg merasa free2 aja. Bebas2 aja. Ga ada tanggung jawab, ga ada beban, ga ada kewajiban. Pdhl engga gitu. #dhuha

10. Nyatanya tdk sdikit nikmat yg Allah kurangi, bahkan Allah cabut. Sbb di antaranya kitanya ga atau kurang brsyukur. #dhuha

11. Terus persoalannya, kalau bayar, dari pagi sampe pagi, atas semua rizki yg Allah kasih, harus bayar brp? Ga ada yg sanggup bayar. #dhuha

12. Dan Allah maklum itu. Ga bakalan ada yang bisa bayar atas semua riki&nikmat-Nya. Karena itu Allah cukupkan bayarannya dg dhuha… #dhuha

13. Allah cukupkan kewajiban kita bayar kpd Allah, dg dhuha 2 rokaat di pagi hari. Subhaanallaah, baik ya? Tukerannya Maha Ringan. #dhuha

14. Ya. Harusnya Maha Ringan. Ga ada bandingannya 2 rokaat dg kwajiban bayar 1hr POL rizki&nikmat Allah. Mestinya. #dhuha

15. Dan itu sekaligus mmberi pmahaman kpd qt, betapa besarnya dhuha itu. Nilainya sebanding dg seluruh bayaran Allah atas makhluk-Nya. #dhuha

16. Begitulah. Dhuha 2 rokaat, menjadi bayaran kita kpd Allah. #dhuha

17. Allah mencukupkan diri-Nya “dibayar” oleh kita, dg tambahan dhuha 2 rokaat di pagi hari. Luar biasa. #dhuha

18. Tentunya, itu kalau syarat minimal, dipenuhi&trpenuhi jg. Yakni soal shalat 5 wktnya. Tertib, bagus, tpt wkt, jamaah, di masjid #dhuha

19. Artinya, kalau dhuhanya cakep, trus shalat fardhunya ga cakep, ya tentu “bayaran” itu akan krg jg. &akan ada yg diambil o/ Allah. #dhuha

20. Saya udah nyampe di UIN. So, hrs ramah tamah dulu, kumpul2 sama alumni, dosen2… Tar terusin lagi ya. InsyaAllah. Ga janji. #dhuha

21. Pahami dulu twit dari dhuha_1 s/d dhuha_20. Hitung tuh hutang dhuha situ pada. 1th tdk dhuha, hutangnya 365hrx2 rokaat. #dhuha

22. Lah, kalau dari beliau ga dhuha? Hitung dah tuh… Brp hutang kita… Tar saya sekalian ksh solusinya buat ngebayar itu hutang. #dhuha

23. Jadi yg kudu dibaca, bukan sampe dhuha_20 ya. Tapi sampe 23, he he he. Salam dhuha di ujung dhuha. #dhuha

24. Seorang pengusaha tekstil ceritera, bhw tabungan 3th nya hilang sekejap. Kepengen sekali dia diskas, apa&bgm. #dhuha

25. Mula2 saya a/ izin Allah, tanya soal2 yg wajib. Sahabat ini mnjwb, yg wajib insyaAllah dikerjakan. Meski bulang bolong&brantakan. #dhuha

26. Dari soal yg wajibnya berantakan saja, saya udah ngasih sedikit catatan… Tapi krn kultwitnya ttg dhuha, lsg kita lompat ya… #dhuha

27.Soalan kedua, setelah nanya yg wajibnya pegimana, adalah gimana soal larangan Allah? Apakah ada yg dilanggar? Beliau blg ga ada. #dhuha

28. Okeh, kalau ga ada, mulailah masuk soalan ketiga… Soalan ibadah sunnah. Gimana dg ibadah2 sunnah? #dhuha

29. Bliau sedih, hidupnya sejak jadi pedagang, jauh, sepi, dari ibadah2 sunnah. Trmasuk dhuha. Dagangnya ga masalah. Wajib malah. #dhuha

30. Namun jika perdagangan jadi melalaikan kita dari ibadah yg wajib, juga yg sunnah, maka ini jadi masalah. #dhuha

31. mestinya dagang jadi ibadah, krn melalaikan yg wajib&yg sunnah, maka ga bs lg dagang disebut ibadah. #dhuha

32. Ok, kita lompat lsg ke pembahasan ttg dhuha ya. Ketika dia blg, ga lagi dhuha, u/ jangka wkt panjang, saya jelaskanlah… #dhuha

33. tentang kultwit dhuha_1 s/d dhuha_23, bhw dhuha itu hutang qt kpd Allah. Saban harin hutangnya 2 rokaat. #dhuha

34. kwn2 yg blm baca kultwit dhuha_1 s/d dhuha_23, kudu balik dulu, cari, baca itu kumpulan kultwit. Biar nyambung. #dhuha

35. Saya katakan kpd beliau, hutang itu kan adakalanya ditagih harian, mingguan, bulanan, tahunan, &ada jg yg skaligus diambilnya. #dhuha

36. Pengusaha ini mengerti. Dia meninggalkan dhuha begitu lama. Dhuha itu brarti rizki. Maka rizki itulah yg kini diambil kmbali. #dhuha

37. Logika kebalikannya adalah, bila pengen kembali rizki, kembali saja mlakukan dhuha… 3th dia nabung, tabungannya “ditarik” lg. #dhuha

37. bingung ya? Masa sih? Ya begitu dah. Namanya juga kultiwit tiwit, he he he, ya se-emprit emprit ngajarnya. Sampe ketemu ya. #dhuha

38. jgn lupa baca al mulk dulu sblm tidur. Kalau mau dikalikan 100x lipat pahala al mulk, bawa dlm shalat sunnah. Baca di dlm shalat. #dhuha

39. Makanya, hafalin al mulk, biar bs baca dlm shalat sunnah. Spy pahalanya dikali 100.

40. Yusuf Mansur menulis, dari Selangor, Malaysia, u/ Anda semua yg saya cintai krn Allah, hiks hiks hiks…

#dhuha_42 wot yu gev tu Allah, Allah wil pey yu bek beter den
yu gev to HIM. Giv HIM yur bes taim, yur best mani, yur best effort…


Article written by

13 Responses

  1. Ridho
    Ridho December 30, 2012 at 1:45 pm | | Reply

    he is at a university, and there is a revtuloion going on, gunshots in the streets, and he might get killed soon, but he wants to establish contact with the world to tell it about what is happening in Libya. You see this guy, realize his dangerous situation, you do not know him, but even after a short while you already like him and his courage and knowledge, and you fear for him. This is how I met your father first, in this videostream, and so I became interested in what was going on there in Libya, and later I heard about his death, and it hurt, and then I saw his work continued by your brave mother, and now I just think you have very very nice parents!

  2. Chu'enkz 17
    Chu'enkz 17 January 23, 2013 at 1:08 pm | | Reply

    Alhmdllh..trims ilmunya..jd bs lbh mengerti tentang dhuha yg sbnrnya..smg bs menjadi barometer untuk para temen2 yg blm mengerjakanya..

  3. Semua Tentang Shalat Dhuha: Hukum, Keutamaan, Tatacara, dan Doa | Kembang Langit

    [...] Yusuf Mansur, shalat dhuha adalah cara seorang hamba membayar hutang nikmatnya kepada Allah SWT (cek di sini). Namun, anggapan yang paling umum adalah bahwa shalat dhuha mendatangkan rezeki. Sebelum membahas [...]

  4. Muhammad yusuf al mansur
    Muhammad yusuf al mansur March 3, 2013 at 4:17 pm | | Reply

    YA ALLAH, Engkaulah yang maha membolak-balikkan hati, maka untuk itu hamba memohon kepadamu tetapkanlah hati dan iman hamba dalam agama Mu YA ALLAH, dan berikanlah hamba kekuatan dalam mengikuti sunnah Rasul Mu.

  5. rahmatnurwanto
    rahmatnurwanto April 1, 2013 at 3:12 am | | Reply

    :) الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِين. Terimakasih pak info’nya

  6. nurul ainei
    nurul ainei April 27, 2013 at 3:52 am | | Reply

    Trimaki ilmunya ustad sngt brmanfaat…BarokAllah…

  7. azizah
    azizah May 1, 2013 at 5:28 am | | Reply

    Trimakasih infonya, mohon izin untuk disebarluaskan :)

  8. mila
    mila May 4, 2013 at 5:52 am | | Reply

    Alhamdulilah ilmu ku kini bertambah.

  9. MuftiM1399
    MuftiM1399 September 26, 2013 at 5:08 pm | | Reply

    Assalamualaikum Ustad, terimakasih banyak atas ilmunya.Saya mohon izin untuk copy yah, semoga juga bermanfaat untuk yg lain.Wslm

  10. idaarsam
    idaarsam February 28, 2014 at 9:11 am | | Reply

    subhanallah, begitu banyak yang melalikan sunnah muakkad ini, semoga saya bisa ISTIQAMAH.

  11. Distributor Theraskin
    Distributor Theraskin June 13, 2014 at 4:40 am | | Reply

    subhanallah begitu banyaknya nikmat yang Allah berikan kepada kita. terimakasih ust. atas artikelnya jadi memotivasi saya untuk selalu duha… karena kekuatan dari shalat duha itu sugguh luar biasa,,,,

  12. Krim Sari Skin Care
    Krim Sari Skin Care June 16, 2014 at 4:24 am | | Reply

    yuuk kawan kita dhuha,,, insya allah bisa 2 raka’at sehari untuk shalat dhuha, terimakasih ust. benar nikmat yang telah di berikan oelha sang pencipta kepada kita itu tak akan ternilai harganya, maka dari itu jadilah orang yang bertaqwa sebagai bukti ketundukan kita kapada-Nya………

    #Indonesia_Milik_Allah

  13. Guru Les Privat
    Guru Les Privat July 8, 2014 at 4:18 am | | Reply

    terima kasih pencerahannya ustad

Please comment with your real name using good manners.

Leave a Reply

facebook like