Di Negara Non-Muslim Bank Syariah Tumbuh Subur

 

bank syariah

 

Restu parlemen dan pemerintah sejumlah negara untuk memuluskan pengoperasian lembaga keuangan syariah membawa angin segar bagi industri perbankan syariah global. Bank-bank syariah baru muncul di berbagai negara, terutama negara-negara mayoritas non-Muslim.

Para pengusaha di Daerah Otonomi Muslim Mindanao (ARMM) makin optimistis setelah Parlemen Filipina memberi sinyal positif soal izin operasi perbankan syariah, demikian dilansir Manila Bulletin, pekan lalu. Parlemen Filipina sudah menyiapkan undang-undang HB 5989 yang berisi pengakuan atas praktik dan produk bank syariah.

Anggota Parlemen Perwakilan Anak Mindanao (AMIN) Sitti Djalia Turabin-Hataman mengatakan dengar pendapat dengan pelaku industri berpengalaman seperti Maybank Islamic Berhad Malaysia dan Amanah Islamic Bank juga sudah dilakukan. ”Semuanya melihat perbankan syariah akan membawa keuntungan bagi Filipina,” kata Hataman.

Dengan adanya sistem sendiri, bank syariah tak perlu bersandar pada sistem bunga perbankan konvensional. Bank syariah juga bisa tumbuh berkelanjutan di Filipina.

Kabar serupa juga terdengar dari Benua Hitam. Awal Januari 2016 ini, Parlemen Uganda juga melakukan amandemen undang-udang perbankan. Bank syariah yang sebelumnya tak punya landasan, kini legal dalam pandangan hukum Uganda.

The Monitor awal Januari lalu melansir, produk perbankan mengandung unsur jual beli (murabahah) dan bagi hasil (musyarakah serta mudharabah) yang sebelumnya tak dikenal, kini diakui. Akad-akad syariah segera sah dan legal digunakan.

Parlemen Uganda bahkan menyarankan adanya Dewan Pusat Penasihat Syariah dalam Bank Sentral Uganda untuk membantu mengawasi intitusi penyedia produk perbankan syariah. Setidaknya 11 dari 22 bank konvensional di Uganda sudah menyampaikan minat menyediakan produk keuangan syariah.

Laporan Perkembangan Keuangan Islam (IFDR) 2015 menyebut, Jerman menyambut bank syariah pertama saat Kuveyt Turk membuka KT Bank AG di Frankfurt pada 2015 lalu. Begitu juga Cina yang sejak 2014 sudah mendalami bank syariah. Undang-undang perbankan Cina sedang direvisi untuk bisa memasukkan perbankan Islam di dalamnya.

Di Rusia, asosiasi perbankan Rusia pada 2014 lalu juga sudah meminta Bank Sentral Rusia untuk mendirikan badan pengawas lembaga keuangan syariah. Kerangka legal tak lupa dibuat.

 

(Sumber: Republika.co.id)

You may also like...

9 Responses

  1. sakiyah says:

    TAHUKAH ANDA!

    Saat ini pembayaran/transaksi apapun, seperti bayar listrik, telkom, PDAM, cicilan kendaraan, tiket pesawat, pulsa dll. bisa dilakukan dr smartphone/gadget secara online.

    Tapi TAHUKAH ANDA!

    Kalau semua pembayaran/transaksi online tersebut memiliki margin / keuntungan yg sangat besar (konon kabarnya triliyunan rupiah perbulan dihasilkan dr sektor ini).

    Lalu, PERNAHKAH ANDA dpt keuntungan dr transaksi online tersebut?

    Keuntungan hanya diperoleh perusahaan penyedia jasa pembayaran online. Anda hanya jadi penonton/konsumen saja.

    KABAR GEMBIRA UNTUK ANDA!

    Kini hadir teknologi PAYTREN yg akan MEMUDAHKAN pembayaran anda sekaligus memberi KEUNTUNGAN kpd Anda.
    Melalui program CASHBACK, KOMISI yg diberikan tanpa diundi. Anda akan dpt keuntungan/bagi hasil dr setiap transaksi yg anda lakukan.
    Paytren adalah sebuah aplikasi yg dpt digunakan untuk melakukan semua pembayaran/transaksi anda.

    MENGAPA HARUS PAYTREN?
    1. Penggunaan lbh PRAKTIS.
    2. Dpt CASHBACK setiap transaksi.
    3. Bernilai SEDEKAH, krn sebagian keuntungan digunakan untuk sosial.
    4. HEMAT biaya & waktu
    5. AMAN dlm bertransaksi.
    6. BERPOTENSI menghasilkan income yg tak terbatas.
    7. Sekali beli berlaku SEUMUR HIDUP.

    Jgn tunda lagi untuk memakai PAYTREN. Semakin Anda menunda akan semakin RUGI.

    Kalau anda pakai android, download aplikasi paytren di playstore, install, lalu klik daftar. Jika ada kesulitan 
    Gabung paytren yuk dg klik link dr web http://leadertreni.net/sakiyah
    WA 089690313468
    BB 5BD01740

  2. =>••• JADIKAN DIRIMU BAGIAN DARI KELUARGA PAYTREN

    ASSALAMU’ALAIKUM WR . WB
    BISMILLAH..

    Resolusi Paytren di 2016 Menuju 1 milyar pengguna.. Bukan hanya di
    Indonesia loh.. Tapi Paytren udah GO INTERNASIONAL… Paytren sudah ada di

    Hongkong, Taiwan, Singapura, Maroko dan Negara2 lainnya…
    Ayo..ambil bagian dalam langkah ini,“dengan menjadi bagian dari komunitas
    Paytren , [ pengguna paytren ]. 
    jangan mau Ketinggalan sama yang udah pada gabung . mitra paytren semakin 
    meningkat di setiap Harinya. Membuktikan bahwa Manfa’at Paytren bisa di nikmati
    Bisnisnya pun bisa bs di jalankan dari rumah atau
    Dari mana saja.. Pokoknya apapun profesinya Paytrenin – aja.. Dan bagi yg berminat
    Ikuti Info2 selanjutnya dan Insya Allah akan ada acara program baru di Stasiun Televisi
    Untuk anda seputar bisnis Paytren . Nah! ,, ‘Kapan nih ? Di tunggu aja ya..
    Insya Allah dengan Izin- NYA Paytren akan semakin mendunia
    Klik http://leadertreni.net/khasanah
    WA:+886955285449
    Bb:7B398CAD

  3. SUPANTO says:

    Bismillaahirrahmaanirrahim…
    Assalamualaikum wr.wb

    PAYTREN adalah PROYEK Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.

    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern, teknologi yang ditarik dari MASA DEPAN..!!!

    “Berbisnis sambil Bersedekah”

    Alhamdulillah…caranya tidak susah hanya menggunakan PONSEL kita bisa berbisnis dan bersedekah….
    ” JADI REJEKI NGALIR..AMAL IBADAH PUN NGALIR ”
    kapan lagi bisa berbisnis dengan banyak bonus sambil bersedekah…

    “PAYTREN”
    Sarana untuk bayar bayar dan beli beli sebagai upaya dapat lebih untuk cara cerdas beramal…
    Manfaat “PAYTREN” adalah dapat digunakan untuk :
    1.Pembayaran PLN Pasca, 2.Token PLN, 3.TV berbayar, 4.PULSA HP, 5.Kartu Hallo, 6.Speedy, 7.Leasing Sepeda Motor / Mobil, 8.Tiket Pesawat, 9.Voucer Game Online, 10.Telkom / Telepon, 11.PDAM, 12. Pulsa BOLT
    Dan masih banyak fitur / fasilitas lainnya

    Kenapa harus pakai PayTren ??

    Karena PayTren adalah…
    “1. Made in Indonesia,
    “2.Sofware pembayaran pertama yang benar 100% Indonesia,
    “3.Membuat HP kita mempunyai nilai tambah,
    “4.Selalu ada CASHBACK di setiap transaksi,
    “5.Tiap transaksi ada DANA SOSIAL / SEDEKAH,
    “6.Memudahkan kita dalam pembayaran tagihan2,
    “7.Biaya kemitraan masih terjangkau,
    “8.Halal dan Legal dan Bukan Money Game,
    “9.Tidak ada target penjualan dan potensi penghasilan didapat lebih besar,
    “10.Dapat diwariskan ke anak kita,
    “11.Pemilik dan pendirinya sampai sekarang adalah ” Ustad Yusuf Mansur ” PT. Veritra Sentosa Internasional

    JENIS PAKET LISENSI YG HARUS DIPILIH:

    1. Paket BASIC: harga 340 ribu, dapat 1 ID, dapat cashback 15 ribu, maksimal deposit 15 jt setelah verifikasi KTP.

    2. Paket SILVER: harga 990 ribu, dapat 3 ID, dapat cashback 125 ribu, maksimal deposit 15 jt.

    3. Paket GOLD: harga 2,290 juta, dapat 7 ID, dapat cashback 425 ribu, maksimal deposit 35 jt.

    4. Paket PLATINUM: harga 4,890 juta, dapat 15 ID, dapat cashback 1,125 juta, maksimal deposit 75 jt.

    5. Paket TITANIUM : harga 10,090 juta, dapat 31 ID, dapat cashback 2,3 juta, maksimal deposit 155 jt.

    *) ID = Jumlah Akun yg Anda miliki di PayTren

    CATATAN:
    a. Semua Paket dapat Hadiah Promo.
    b. Cashback Titanium langsung dibayarkan utk DP Umroh (Ustadz Yusuf Mansur juga punya Travel Haji Umroh Daqu Travel).

    Lakukan apapun dengan tepat, bukan hanya cepat. Keberhasilan tak bisa dihalangi jika yang kamu lakukan telah tepat.
    PayTren adalah solusi yg tepat bagi anda yg ingin berbisnis dengan mudah dan berkah

    Yang beniat daftar silahkan Daftar di http://leadertreni.net/antoalqornimansur

    Butuh bantuan hubungi :
    Call : 081284419491
    sms / wa : 081808066555
    BBM : 5B4CE1D2
    Semoga Allah memberikan jalan untuk kita semua…aamiin

    #Pesan Ustadz Yusuf Mansyur :
    Gabung aja dulu..
    Insya Allah akan tahu/ /
    manfa’atnya..
    Ingat Bayar Ingat paytren
    Salam sukses berjamaah.

  4. USWAH says:

    MLM diindonesia sdh teracuni oleh oknum2 yang tidak bertanggung jawab, sehingga membuat sebagian masyarakat sedikit trauma, tapi disinilah letak positif kita bahwa ada lho MLM yang jujur dan bertanggung jawab contohnya Paytren, dan ini jawaban jitu ketika ada yang nanya ttg MLM paytren, alhamdulilah mindset ttg MLM sedikit berubah : Paytren ini memang MLM.
    Cara pemasarannya Multi Level Marketing. Tapi sebagian orang “khawatir” saat ditawarkan ikut Tren-i/PayTren..
    Kenapa?
    Karena banyak yang mikir kalau dia ikut MLM artinya WAJIB mencari member, dikejar-kejar target pengembangan jaringan, dll.
    Itu TIDAK BENAR.
    Tidak ada yang memaksa bahwa anda harus memasarkan Paytren jika anda telah bergabung disini.
    PayTren ini bukan bisnis “CARI MEMBER”. Tapi mengubah pengeluaran rutin mitranya menjadi pendapatan rutin..
    Simpelnya, tanpa berdagang dengan orang lain, anda telah berdagang dengan diri sendiri…!
    Contoh :
    Dalam sebulan anda bisa menghabiskan berapa JUTA buat bayar listrik, pulsa ,air PDAM, indovision, dan telpon rumah, spp anak, zakat, tiket perjalanan, bayar Tol, nonton 21, makan di restoran, belanja di Mall atau mini market, belanja online, dll.
    TIAP BULAN anda rutin bayar itu semua , ada yang lewat kantor POS, ada yang lewat counter kasir, ada yang lewat PLN, ada pula yang lewat BANK. Untuk pergi ke tempat pembayaran itu KITA BUTUH waktu, tenaga,ongkos , dan tentunya biaya admin.
    Naaah.. dengan menggunakan paytren, ANDA TIDAK PERLU keluarin keringat (kepanasan), keluar ongkos, dan antri.
    Sudahpun begitu, bayarnya lebih murah Anda dapat CASHBACK pula dari setiap transaksi anda sendiri.
    Anda cukup pake HP bisa lho, asal bisa buat sms Hehehe.. Hemat gak pakai ribet, langsung beres semuanya..
    Apalagi yang sudah punya BB-Android-Iphone, saat ini sudah ada aplikasi paytren. Yang keyboardnya tidak perlu dipencet-pencet, tapi cukup dengan satu sentuhan saja..
    Naaah… Sampailah kita dibagian ini…!!
    Bagian Pemasarannya, Setelah merasakan manfaat paytren biasanya disini terjadi kegiatan “merekomendasikan paytren” pada teman, saudara, tetangga. Ya pasti biar ikut cara hemat dan kemudahan kita dalam bertransaksi..
    Alhamdulillah ,untuk setiap teman, saudara, atau tetangga yang anda rekomendasikan menggunakan jasa paytren, paytren memberi anda reward.. Paytren menjadikan anda MITRA KERJA, Bukan lagi sebagai mitra biasa belaka. ANDA ADALAH MITRA BISNIS PAYTREN, Untuk itu anda berhak mendapatkan bayaran atas jasa pemasaran (bonus sponsor dan bonus pasangan), dan anda juga mendapat bagi hasil dari Paytren jika orang yang anda rekomendasikan tadi memberikan keuntungan pada perusahaan.
    Coba dipikirkan ilustrasi ini :
    Misalkan anda membawa teman untuk membayar pembayaran rutin ke Loket atau BANK tertentu, apakah kantor-kantor itu memberi anda imbalan..?? Apakah kantor-kantor itu SERTA MERTA menjadikan anda MITRA BISNISNYA..?? Apakah kantor-kantor itu memberikan KOMISI BAGI HASIL saat teman-teman anda memberikan keuntungan pada perusahaan mereka..???
    NO WAY..!! Tidak ada perusahaan yang SEBAIK itu.. KECUALI PAYTREN.
    Pesan dari Ustadz Yusuf Mansur melalui voice note-nya:
    “…bisnis PAYTREN ini bukan bisnis biasa, InsyaAllah saya pikirin terus, saya perjuangin terus, mudah-mudahan menjadi salah satu tambahan dari gerakan ekonomi berjamaah..
    kebayang kan jika kita bersatu, kalo untung ya buat pesantren, dakwah, ya buat gitu-gitu lah, beda sama kapitalis, yang kalo untung ga bagi-bagi. ”
    Semoga bermanfaat. … Ingin tau dan bergabunglah segera
    http://leadertreni.net/uswakh

    hub : sms / wa : 985726788378/082322361393
    Bb : 5b20c833

  5. Aamiin ya allah

    Bismillah, Assalamualaikum,
    Kadang kita suka bingung saat-saat seperti ini tiba-tiba terjadi dan kondisi kita lagi ga memungkinkan :
    1. Kalau pulsa habis isinya dimana?
    2. Kalau token habis isinya dimana?
    3. Kalau byr PLN bulanan bayarnya dimana?
    4. Kalau bayar PDAM dimana?
    5. Kalau bayar FIF, WOM dll bayarnya dimana?
    6. Kalau beli tiket pesawat/kereta dimana?
    7. Kalau bayar Speedy, Hallo, Telkom, Indovisiondll bayarnya dimana?
    8. Kalau pengeluaran diatas dihitung sedekah adanya dimana?
    Dari semua pertanyaan itu, hanya ada 1 jawabannya yaitu : PAYTREN.
    Hanya dengan 1 sentuhan dari HP anda semua bisa dilakukan dengan aplikasi PAYTREN.
    Penasaran??? Segera daftar dan gabung di ~~~ http://leadertreni.net/sunahhabib
    Atau sms/WA : +601121876439
    BB : 5c3a33b7
    bisa juga inbox yaa..

  6. marwandi says:

    Assalamu’alaikum wr wb
    Bismillahirrahmanirrahim
    Saudaraku.
    Banyak yang bertanya,
    “Apakah Bisnis PAYTREN ini sama dengan MLM?
    JAWAB :
    Iya benar.
    Paytren juga memakai sistem Network Marketing (MLM), namun sangat berbeda dengan MLM yang lain.
    Berikut beberapa perbedaan Paytren dgn MLM lain :
    1. Milik Putra Indonesia, seorang tokoh agama yaitu Ust. Yusuf Mansur yg amanah dan visioner.
    2. Visi misinya jelas untuk dakwah dan berjamaah membangkitkan ekonomi Indonesia.
    3. Legalitas lengkap ada SIUPL tetap dan masuk anggota APLI. Memiliki Kode Etik yang sesuai dengan Syariah dan Regulasi Pemerintah.
    4.Produk, Benefit dan programnya banyak banget, contohnya :
    Paytren All Transaksi, Paytren Academi (pesantren digital), Paytren Messengger, Paytren Umrah, Treni Power Oktan
    (penghemat bensin), Paytren Market Place (Online Shop), dll.
    5.Menekankan pada produk teknologi yg notebene nya terus
    berkembang bukan produk obat dll.
    6. Komunitasnya Subhanallah Positif dan Agamis. Acara2nya juga bernuansa Islami.
    7.Dibawah pengawasan pakar ekonomi syariah dan
    pemerintahan indonesia.
    8. Keuntungan Perusahaan 100% di sedekahkan.
    9. Tidak ada tutup point dan berlaku seumur hidup bahkan bisa diwariskan.
    Daftar kan diri anda bersama PAYTREN.
    Klik di sini yaa.
    http://www.leadertreni.net/wandi
    Butuh bantuan.
    WA 089637111991
    Hp/sms 08125677673
    Bbm 56A5707F
    Smoga Allah memberikan jln yg terbaik buat kita.Aaamiiin

  7. deni sutisna says:

    Bismillaahirrahmaanirrahim…
    Assalamualaikum….

    PAYTREN adalah PROYEK Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.

    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern, teknologi yang ditarik dari MASA DEPAN..!!!

    “Berbisnis sambil Bersedekah”

    Alhamdulillah…caranya tidak susah hanya menggunakan PONSEL kita bisa berbisnis dan bersedekah….
    ” JADI REJEKI NGALIR..AMAL IBADAH PUN NGALIR ”
    kapan lagi bisa berbisnis dengan banyak bonus sambil bersedekah…

    “PAYTREN”
    Sarana untuk bayar bayar dan beli beli sebagai upaya dapat lebih untuk cara cerdas beramal…
    Manfaat “PAYTREN” adalah dapat digunakan untuk :
    1.Pembayaran PLN Pasca, 2.Token PLN, 3.TV berbayar, 4.PULSA HP, 5.Kartu Hallo, 6.Speedy, 7.Leasing Sepeda Motor / Mobil, 8.Tiket Pesawat, 9.Voucer Game Online, 10.Telkom / Telepon, 11.PDAM, 12. Pulsa BOLT
    Dan masih banyak fitur / fasilitas lainnya

    Kenapa harus pakai PayTren ??

    Karena PayTren adalah…
    “1. Made in Indonesia,
    “2.Sofware pembayaran pertama yang benar 100% Indonesia,
    “3.Membuat HP kita mempunyai nilai tambah,
    “4.Selalu ada CASHBACK di setiap transaksi,
    “5.Tiap transaksi ada DANA SOSIAL / SEDEKAH,
    “6.Memudahkan kita dalam pembayaran tagihan2,
    “7.Biaya kemitraan masih terjangkau,
    “8.Halal dan Legal dan Bukan Money Game,
    “9.Tidak ada target penjualan dan potensi penghasilan didapat lebih besar,
    “10.Dapat diwariskan ke anak kita,
    “11.Pemilik dan pendirinya sampai sekarang adalah ” Ustad Yusuf Mansur ” PT. Veritra Sentosa Internasional

    JENIS PAKET LISENSI YG HARUS DIPILIH:

    1. Paket BASIC: harga 340 ribu, dapat 1 ID, dapat cashback 15 ribu, maksimal deposit 15 jt setelah verifikasi KTP.

    2. Paket SILVER: harga 990 ribu, dapat 3 ID, dapat cashback 125 ribu, maksimal deposit 15 jt.

    3. Paket GOLD: harga 2,290 juta, dapat 7 ID, dapat cashback 425 ribu, maksimal deposit 35 jt.

    4. Paket PLATINUM: harga 4,890 juta, dapat 15 ID, dapat cashback 1,125 juta, maksimal deposit 75 jt.

    5. Paket TITANIUM : harga 10,090 juta, dapat 31 ID, dapat cashback 2,3 juta, maksimal deposit 155 jt.

    *) ID = Jumlah Akun yg Anda miliki di PayTren

    CATATAN:
    a. Semua Paket dapat Hadiah Promo.
    b. Cashback Titanium langsung dibayarkan utk DP Umroh (Ustadz Yusuf Mansur juga punya Travel Haji Umroh Daqu Travel).

    Lakukan apapun dengan tepat, bukan hanya cepat. Keberhasilan tak bisa dihalangi jika yang kamu lakukan telah tepat.
    PayTren adalah solusi yg tepat bagi anda yg ingin berbisnis dengan mudah dan berkah

    Yang beniat daftar silahkan Daftar di

    http://leadertreni.net/denis90

    Butuh bantuan…
    WA : 085693025519
    BBM : 5CA3F537
    Bbm:
    Semoga Allah memberikan jalan untuk kita semua…aamiin

    #Pesan Ustadz Yusuf Mansyur :
    Gabung aja dulu..
    Insya Allah akan tahu
    manfa’atnya..jjaj
    j
    Ingat Bayar Ingat PaytrenS

    Salam sukses berjamaah

  8. Assalamualaikum.
    Jadikan Hp anda menjadi pengasil uang sampingan, anda dapat menggunakannya sebagai menjual pulsa, berdagang dan lain hal, akan tetapi semua itu perlu ada nya TeKad yang kuat.
    Perkenankanlah aplikasi PAYTREN yang dapat membuat HP anda jadi lebih bermanfaat, anda dapat menjual pulsa, ADIRA, BPJS, BAF, TV kabel, Dan semua tagihan bulanan, anda juga bisa Membeli tiket kereta dan pesawat dari HP anda sendiri, Bahkan mau bayar Listrik pun cukup duduk manis dan sentuh Androit anda, maka semua pembayaran bulanan anda langsung dapat di selesaikan dengan berduduk ria sambil santai minum kopi dan nonton TV.
    Seluruh manfaat ini tk hanya dapat anda nikmati sendiri, anda bisa menjadi agen dalam mengatasi seluruh pembayaran tagihan bulanan Orang lain juga. Dan ini semua hanya ada di PAYTREN , karya anak bangsa. Ustad YUSUP MANSYUR lah yang melahirkan apikasi ini. Mari kita nikmati danmanfaatkan ANDROIT kita sebagai penghasil sampingan.
    .
    .Langsung aja gabung ke sahabat paytren Ustd. Yusup mansur. Gratis…! Tinggal klik.
    http://sahabatpaytren.com/moneydroit-farhan
    Atau bisa SMS : 089633812253

  9. Sugeng Wahyu Hidayat says:

    Info dan Registrasi PayTren Hubungi
    Agency PayTren
    HP 081252323027
    WA 085749537006
    BBM : 7E8AD9DA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like