Yusuf Mansur

Dimanakah Air Asia QZ8501?

 

Pesawat Air Asia hilang via news.liputan6.com

Pesawat Air Asia hilang

 

Hari Ahad, 28 Desember 2014, menjadi hari yang sendu bagi dunia penerbangan di Indonesia. Pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan QZ8501 jurusan Surabaya – Singapura hilang kontak dengan menara pengendali penerbangan (ATC) pada pukul 06.17 WIB. Pesawat jenis Airbus A320-200 dengan nomor registrasi PK-AXC yang dipiloti Capt. Iriyanto tersebut take off dari Bandara Juanda Surabaya pukul 05.20 WIB dan seharusnya tiba di Singapura pada pukul 08.25 waktu setempat.

Beradasarkan data manifest yang dirilis oleh Air Asia, pesawat QZ8501 membawa 155 penumpang, dengan rincian 138 orang dewasa, 16 orang anak-anak, dan 1 orang bayi. Selain warga negara Indonesia, tercatat ada warga negara Singapura, Jerman, Malaysia, dan Korea Selatan yang menjadi penumpang pesawat nahas ini. Sebagian besar penumpang adalah keluarga-keluarga yang akan berangkat ke Singapura mengisi masa liburan akhir tahun.

Pemerintah, melalui Basarnas (Badan SAR Nasional) yang berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti TNI AL, TNI AU, dan pihak airlines, telah memulai upaya pencarian di lokasi yang diperkirakan berdasarkan data kontak terakhir pilot dengan ATC yaitu di daerah perairan Belitung Timur. Pencarian hari pertama belum membuahkan hasil karena jarak pandang yang sangat pendek di lokasi akibat cuaca yang buruk. Pencarian ini masih akan dilanjutkan hari ini dan selama 7 hari ke depan.

Sampai saat ini, faktor cuaca buruk diduga menjadi penyebab hilangnya pesawat Air Asia QZ8501 namun pemerintah belum memastikan selama proses pencarian dan investigasi berlangsung.

Untuk membantu keluarga penumpang yang ingin mendapatkan informasi terkini, Air Asia menyiapkan pusat informasi terpadu di Bandara Juanda Surabaya.

Bagi keluarga yang ingin mencari informasi terkait hilangnya AirAsia dapat menghubungi Call Center Posko Surabaya 031-8690945, Call Center Jakarta 021-55912648, dan Emergency Call Center untuk Indonesia AirAsia di Jakarta 021-29270811.

 

(Sumber image: news.liputan6.com)

Exit mobile version