Doa Minta Petunjuk Jika Ada Perselisihan Pendapat

Doa Minta Petunjuk

Bismillahirrahmanirrahim… Ini doa minta petunjuk.

Jika kawan-kawan ada perselisihan pendapat, perselisihan paham di urusan apa aja, di pekerjaan, di rumah tangga, di pertemanan, di soalan-soalan fiqh barangkali. Sebab memang kita kurang ilmunya, kurang luas juga barangkali pemahamannya, kurang ngerti juga barangkali tentang soal yang diperdebatkan yang menjadi perselisihan.

Dan juga sekaligus ngademin hati kita masing-masing, pikiran kita masing-masing supaya tetep bisa menjaga ukhuwah juga insyaaAllah. Sambil kita minta sama Allah agar Allah tunjukin mana yang bener sehingga kita bisa ngikutin yang bener itu, termasuk bila yang bener itu adalah ternyata dari orang lain yang kita ga suka, yang kita ga seneng.

Doa Minta Petunjuk

Mudah-mudahan kita juga diberikan kemauan dan kemampuan untuk mengikuti yang bener itu atau diberikan kepahaman untuk saling memahami barangkali atau memahami apa saja.

Pokoknya judulnya, bila ada kemudian perselisihan, bila ada kemudian perbedaan. Apalagi kemudian bila perselisihan dan perbedaan itu menajam, meruncing, bisa membuat punya silaturahim kita terkoyak-koyak, terancam, jadi bubar, jadi bermasalah, jadi bermusuh-musuhan.

Mungkin bisa terjadi saling benci-membenci, yang kalau bereskalasi jadi tidak baik. Maka semua pihak, terutama kita pribadi sebaiknya berdoa.

Berikut ini di antara doa yang menurut saya cocok, bagus, pas dengan keadaan yang saya sebut.

Hadis

Bismillahirrahmanirrahim. Ini ada di hadits shahih muslim no. 770.

Allahumma, Ya Allah, Rabba Jibraila Tuhannya Jibril alaihi shalatu wassalaam. Wa mikaila, Tuhannya malaikat Mikail, wa Israfila, Tuhannya Malaikat Israfil alaihima shalatu wassalaam. Fathirassamawaati wal ardh, Pencipta Langit dan Bumi, ‘alimal ghaibi wa syahadah, Yang Maha Mengetahui Yang Ghaib dan Yang Nyata. Anta tahkumu baina ‘ibadika. Engkaulah Yang Maha Menetapkan segala sesuatu yang diperselisihkan oleh hamba-hamba-Mu, Ya Allah.

Fii ma kaanu fiihi yakhtalifuun. Terhadap apa-apa atau segala sesuatu yang diperselisihkan oleh hamba-hambamu. ­Ihdini atau Ihdina, tunjukkanlah kami Ya Allah limakhtulifafihi minal haqqi, tunjukanlah kepadaku yang mana kebenaran yang diperselisihkan dengan izinmu. Innakatahdi mantasya ila sirotimmustakim, sesungguhnya Engkau pemberi petunjuk kepada hamba yang Engkau kehendaki pada jalan yang lurus.

Yah namanya juga orang, namanya juga hidup, namanya juga berumah tangga bahkan antara orang tua dengan anak juga berselisih. Antara suami, istri, kakak, adek, apalagi ama saudara dengan saudaranya, ama temennya dengan temennya, guru dengan guru, guru dengan murid, murid dengan murid, murid dengan guru, macem-macem deh.

Pemerintah dengan rakyatnya, rakyatnya dengan pemerintahnya, atasan dengan bawahannya, bawahannya dengan atasannya, namanya juga hidup. Pasti ada aja perselisihan perbedaan pendapat. Nah kita minta petunjuk ama Allah supaya Allah membimbing kita semua.

Pengulangan Doa Minta Petunjuk

Saya ulangi ya, doa minta petunjuk yaitu, Allahumma Rabba Jibraila wa mikaila wa Israfila fathirassamawaati wal ardh ‘alimal ghaibi wa syahadah Anta tahkumu baina ‘ibadika Fii ma kaanu fiihi yakhtalifuun ­Ihdini limakhtulifafihi minal haqqi bi idznika Innakatahdi mantasya u ila sirotimmustakim.

“Ya Allah tuhannya Jibril, Mikail, Israfil alaihima shalatu wassalaam Pencipta langit-langit dan bumi. Maha mengetahui alam yang ghaib dan Yang Nyata. Mengetahui yang tersimpan. Yang tersembunyi maupun yang kelihatan. Mengetahui apa yang tidak kami ketahui, Engkaulah yang Maha menetapkan atas segala sesuatu yang diperselisihkan para hamba-hamba-Mu. Tunjukkanlah kepada kami kebenaran yang diperselisihkan dengan izinmu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi Petunjuk apa yang yang kau kehendaki kepada jalan yang tahu.

Fiosofi dari hadist ini adalah kita jangan cuman kembali pada jalan ilmu saja mencari terus dan terus apa yang bisa menguatkan tapi juga kita berdoa kepada Allah SWT. Karena biar bagaimana Allah Maha Mengetahui yang baik. Allah pula yang memiliki segala ilmu, Allah juga yang Maha Mengetahui segala kebenaran. InsyaAllah mudah-mudahan Allah seperti apa yang kita minta menunjukkan kita ke jalan yang lurus. InsyaAllah.

Doa Minta Petunjuk Ini Bagus Juga Di Segala Urusan

By the way, doa ini pun bagus di segala urusan yang kira-kira kita ga paham supaya juga Allah memberikan petunjuk buat kita karena sesuai dengan doanya Ihdina. Ya Allah tunjukkanlah kami dan kita pun puji Allah dengan puji-pujian yang menurut saya sesungguhnya pujian ini bukan pujian biasa, andai kita mau mengetahui sedikit tentang malaikat Jibril, malaikat Mikail, malaikat Israfil, tiga ciptaan Allah yang dahsyat sekali. Betul-betul dahsyat jika kita mau belajar tentang Jibril, Mikail, Israfil. InsyaAllah di lain waktu kita belajar soalan ini.

Laluu kita menjemput, Allah itu tuhannya Jibril, Mikail, Israfil. Begitu juga kalau kita menyebut, memuji Allah sebagai fathirassamawaati wal ardh, pencipta langit dan bumi. Allah selalu menyebut Assamawaat, langit dalam bentuk jamak tapi ardh itu satu. MasyaAllah dari susunan doanya Rasul aja udah menyingkap tabir ilmu pengetahuan pada masa itu mana ada yang tahu?

Bahwa semesta ini luas, lebar, sementara bumi itu satu lalu kita menyebut fathirassamawaati wal ardh, Allah pencipta langit dan bumi, masyaAllah.

Kita puji lagi Allah ‘alimal ghaibi wa syahadah, sehingga insyaAllah dengan puji-pujian engan itu mudah-mudahan Allah SWT berkenan memakaikan, pakaikan kepada Allah kembali lagi kepada kita.

Maksudnya apa? Ya kalau kita puji Allah, maka pujian itu juga kembali kepada kita dengan bentuk yang lain juga yakni kenikmatan yang ditambahkan. Insya Allah.

***

Daftar Rekening Sedekah: https://pppa.id/sedekah/rekening

###

Kuliah-Kuliah Wisatahati: https://kuliahwisatahati.com/info-modul-kuliah

___

Buku Yusuf Mansur Resmi: https://bukuyusufmansur.com/

Buku Yusuf Mansur di Shopee: https://shopee.co.id/bymofficial

Kalau di bawah ini buku gratis berupa ebook:

Silakan Download

Buat yang belum baca ebook 63 tanya jawab tentang qurban, kalau ini gratis: http://yusufmansur.com/ebookgratis/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: