• home ym com


Doa untuk Turki

turki3

Di jalan utama Vatan Caddesi, 4 tank telah berhasil dikeluarkan. Senjata yang ada di tangan tentara telah diamankan. Rilis resmi dari pemda Istanbul. Gelombang masyarakat Turki yang keluar rumah semakin membesar. Mereka mengarah ke lokasi yang diduduki sekelompok kecil militer. Seorang kolonel dan 3 tentara pendukung kudeta ditangkap kepolisian Istanbul.

Di kantor-kantor pemerintahan yang diduduki kelompok kecil militer, mereka diusir oleh rakyat Turki. Tentara yang mendukung kudeta diarak keluar gedung. Angkatan Laut Turki TIDAK MENDUKUNG KUDETA. Di masjid-masjid dikumandangkan TAKBIR.

turki4

Kudeta ini dilakukan oleh Kelompok kecil militer. Militer Turki secara umum tidak melakukan kudeta dan tidak mendukung kudeta.

Pimpinan Tertinggi Militer Umit Dundar menyatakan, Militer tidak mendukung kudeta. 1) Kudeta ini dilakukan kelompok kecil militer. 2) Tidak semua Angkatan ikut serta, bahkan menolak. 3) Masyarakat Turki mayoritas menolak. 4) Para pimpinan politik, sekalipun oposisi ikut menolak kudeta. 5) Dicurigai dilakukan oleh pendukung “paralel yapı”. 6) Jembatan Bosphorous sudah dibuka kembali. 7) Ada tembakan dan ledakan. 8) Posisi krusial di Istanbul dan Ankara.

Militer pelaku upaya kudeta berhasil ditangkap. Truk militer yang menutup akses jalan menuju bandara dihalau oleh barisan rakyat yang terus melantunkan Bismillah Allahu Akbar. Saat ini waktu di Turki sekitar jam 2 pagi. Artinya rakyat mulai keluar rumah mereka saat menjelang tengah malam. Saat-saat biasanya orang bersiap-siap  istirahat malam.

Luaaar Biasaa. Apa yang membuat mereka mau spontan merespon seruan pemimpinnya? Ini bukan kerja sehari dua hari. Mereka mau spontan keluar rumah dengan resiko terburuk mati. Tapi tetap mereka lakukan. Luar biasa!

Turki2

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.