Dzikir Tahfidz

Al-quran

 

Ada cara mudah ngafal Al Quran. Yakni, baca aja. Ga usah dihafal. Tapi baca banyak. Ngulang banyak. Sampe hafal dengan sendirinya.

Untuk yang seneng langsung ngafal, atau ngafal mudah, dalam bentuk ngulang sekali dua kali, atau 5-10 kali, langsung hafal, baiknya jangan terlalu percaya dengan hafalan seperti itu. Ga kuat. Tar lupa. Pondasi untuk ngafal ke ayat berikutnya, ga kuat.

Untuk yang ga bisa baca, bisa minta dibacain (untuk yang buta, juga ya begini caranya. Dibacain. Denger dan diperdengarkan berulang-ulang).

Ok… Coba jajal nih… Ngafal surah Ash-Shooffaat (37)

Disiapin dirinya. Mental dan lain-lain nya. Dan offin dulu HP. Tutup pintu. Supaya jangan ada yang ganggu dulu. Siapin Quran dan tasbihnya. Tasbih untuk ngitung.

Caranya ikutin cara berikut ini:

Buka Surah Ash-Shooffaat… Lembar I. Akan terlihat, 24 ayat di lembar pertama. Bagi 6 kelompok, @4 ayat.

Kelompok 1: ayat 1 sampai dengan 4
Kelompok 2: ayat 5 sampai dengan 8
Kelompok 3: ayat 9 sampai dengan 12
Kelompok 4: ayat 13 sampai dengan 16
Kelompok 5: ayat 17 sampai dengan 20
Kelompok 6: ayat 21 sampai dengan 24

Baca tiap-tiap kelompok ayat itu, 40 kali.

Hanya, di setiap selesai gabungan 2 kelompok itu, baca gabungan 2 kelompok itu, 40 kali. Kelompok 1 dan 2, 40 kali. Kelompok 3 dan 4, 40 kali. Kelompok 5 dan 6, 40 kali.

Sampe sini, maka tiap-tiap ayat jadi udah dibaca 80 kali. Yakni 40 kali per kelompok, dan 40 kali gabungan 2 kelompok.

Lalu lanjut baca 1 halaman penuh, 40 kali lagi. Yakni Kelompok 1 sampai dengan 6 (ayat 1 sampai dengan 24, atau 1 halaman).

Dengan demikian, total semuanya, per ayat atau per baris masing-masing, kita bacanya mencapai 120 kali.

Bacanya kayak zikir. Kayak baca “subhaanallaah subhaanallaah subhaanallaah“. Segitu aja iramanya.

Sepanjang baca, jangan tungak tengok. liat Quran aja. Dan gunakan jari untuk ikut menunjuk ayat yang sedang dibaca. Telunjuk harus nempel di atas mushaf, ngikutin potongan ayat yang dibacanya. Jangan hanya tuh bacaan, tuh mushaf, diikutin dengan gerakan mata saja. Ikuti dengan gerakan telunjuk ya.

Dan mohon bersuara. Jangan baca dalam hati. Ga bakal jalan kalo dalam hati. Harus bersuara. Tapi jangan terlampau keras, menghindari keletihan.

Dan boleh baca sambil pegang Quran dan berdiri sambil jalan di tempat. Sekalian olahraga, dan ga ngantuk, he he he. Kalo sambil jalan, ya telunjuknya ga usah digunakan. Pake gerakan mata saja. Kalo duduk, baiknya juga pake lekar untuk tempat Qurannya. Satu tangan untuk nunjuk. Satu tangan untuk megang tasbih.

Setiap interval ayat, 40 kali, dimaksudkan untuk penanda dan istirahat saja.

Jangan lupa, berdoa ya di awal. Plus shalawat dan istighfar dulu. Masing-masing 100 kali.

Setiap potongan ayat, pengulangannya ga boleh beda-beda. Dari awal sampai dengan akhir, harus sama.

Syukur-syukur berdua jajalnya dengan istri. Ayah ibu dengan anak-anaknya. Kakak dengan adiknya. Atau kawan sekosan dengan sekosan yang lain.

Intinya, ngajak kawan. Supaya bisa berkompetisi. Dan di akhir nanti, saling jajal hafalan dengan cara “hanya baca” ini.

Jika kawan-kawan punya rumah tahfidz, jajal di rumah tahfidznya ya. Atau bila punya pengajian, jajal bersama murid-muridnya atau jamaahnya.

Setelah selesai 120 kali, masing-masing saling berhadapan. Dan saling baca membacakan. Jika didapati ada yang belom bisa, ulangi lagi 40 kali. Hingga jumlahnya mencapai 160 kali.

Siapin mental dan waktu ya …

Saya menamakan cara ngafal ini: Dzikir Tahfidz. Cara Mudah Ngafal Quran. Ga usah ngafal. Cukup dibaca aja. Tapi baca banyak. Ngulang banyak. Denger banyak. Dan dengan cara ini, hafalan insyaaAllah ga gampang lupa. Top dah. Kuat.

Ukuran hafalan bagus, 400 kali pengulangan. InsyaaAllah dengan pengulangan-pengulangan sambil berjalan nanti, akan sampe pengulangan 400 kali.

Oh ya, bacanya jangan terlalu tartil. Baca cepet aja. Seperti yang saya bilang, baca Qurannya kayak baca zikir. Yah, kayak baca zikir habis shalat gitu… Tapi tetep dinikmati.

Yang sudah seneng zikir, cara ini akan semakin mudah. Sebab emang bener-bener zikir. Apalagi salah satu zikir terbaik kan adalah Membaca Al Quran.

Saya doakan semua mau, sempat, dan mampu menjajal Zikir Tahfidz ini, hingga menemukan dirinya sudah hafal 1 halaman.

Baca lagi pelan-pelan, dan praktekin ya…

Salam,

@Yusuf_Mansur

You may also like...

7 Responses

  1. IinSartika says:

    Mau berbisnis sambil bersedekah?
    Ayo daftar PayTren Ustad Yusuf Mansur saja.
    Inshaa Allah Berkah.
    Info klik http://goo.gl/sGKfY0
    BBM : 5A6CFBEE
    WA : 087885001264
    Salam sukses berjamaah

  2. suparmi says:

    Aamiin…
    Assalamu’alaikum saudara ku,

    Paytren itu bisa dipake buat Pemakaian Pribadi (isi pulsa utk sendiri dan orang rumah, bayar2 tagihan,dll)

    Bisa juga dipake buat mengembangkan bisnisnya dgn potensi income ratusan ribu sampai jutaan per hari..
    (referensikan paytren ke teman kerabat kita)

    atau bisa juga dua2nya dijalanin. utk pribadi sambil kembangin bisnisnya..

    Enak bgt deh jalanin Paytreenn.
    Ga perlu repot2 stok barang, gx da tutup poin, dll. bahkan sebetulnya kita bs Berbisnis sekaligus mencari ilmu..

    Ayoooo gabung PAYTREN..
    Info pendaftaran:
    http://www.leadersuksespaytren.com/VP29121
    WA/SMS : 08562882676

    Pesen ustadz YUSUF MANSUR:
    “Gabung aj dulu insyaAllah tau manfaat nya”

  3. deni sutisna says:

    Bismillaahirrahmaanirrahim…
    Assalamualaikum….

    PAYTREN adalah PROYEK Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.

    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern, teknologi yang ditarik dari MASA DEPAN..!!!

    “Berbisnis sambil Bersedekah”

    Alhamdulillah…caranya tidak susah hanya menggunakan PONSEL kita bisa berbisnis dan bersedekah….
    ” JADI REJEKI NGALIR..AMAL IBADAH PUN NGALIR ”
    kapan lagi bisa berbisnis dengan banyak bonus sambil bersedekah…

    “PAYTREN”
    Sarana untuk bayar bayar dan beli beli sebagai upaya dapat lebih untuk cara cerdas beramal…
    Manfaat “PAYTREN” adalah dapat digunakan untuk :
    1.Pembayaran PLN Pasca, 2.Token PLN, 3.TV berbayar, 4.PULSA HP, 5.Kartu Hallo, 6.Speedy, 7.Leasing Sepeda Motor / Mobil, 8.Tiket Pesawat, 9.Voucer Game Online, 10.Telkom / Telepon, 11.PDAM, 12. Pulsa BOLT
    Dan masih banyak fitur / fasilitas lainnya

    Kenapa harus pakai PayTren ??

    Karena PayTren adalah…
    “1. Made in Indonesia,
    “2.Sofware pembayaran pertama yang benar 100% Indonesia,
    “3.Membuat HP kita mempunyai nilai tambah,
    “4.Selalu ada CASHBACK di setiap transaksi,
    “5.Tiap transaksi ada DANA SOSIAL / SEDEKAH,
    “6.Memudahkan kita dalam pembayaran tagihan2,
    “7.Biaya kemitraan masih terjangkau,
    “8.Halal dan Legal dan Bukan Money Game,
    “9.Tidak ada target penjualan dan potensi penghasilan didapat lebih besar,
    “10.Dapat diwariskan ke anak kita,
    “11.Pemilik dan pendirinya sampai sekarang adalah ” Ustad Yusuf Mansur ” PT. Veritra Sentosa Internasional

    JENIS PAKET LISENSI YG HARUS DIPILIH:

    1. Paket BASIC: harga 340 ribu, dapat 1 ID, dapat cashback 15 ribu, maksimal deposit 15 jt setelah verifikasi KTP.

    2. Paket SILVER: harga 990 ribu, dapat 3 ID, dapat cashback 125 ribu, maksimal deposit 15 jt.

    3. Paket GOLD: harga 2,290 juta, dapat 7 ID, dapat cashback 425 ribu, maksimal deposit 35 jt.

    4. Paket PLATINUM: harga 4,890 juta, dapat 15 ID, dapat cashback 1,125 juta, maksimal deposit 75 jt.

    5. Paket TITANIUM : harga 10,090 juta, dapat 31 ID, dapat cashback 2,3 juta, maksimal deposit 155 jt.

    *) ID = Jumlah Akun yg Anda miliki di PayTren

    CATATAN:
    a. Semua Paket dapat Hadiah Promo.
    b. Cashback Titanium langsung dibayarkan utk DP Umroh (Ustadz Yusuf Mansur juga punya Travel Haji Umroh Daqu Travel).

    Lakukan apapun dengan tepat, bukan hanya cepat. Keberhasilan tak bisa dihalangi jika yang kamu lakukan telah tepat.
    PayTren adalah solusi yg tepat bagi anda yg ingin berbisnis dengan mudah dan berkah

    Yang beniat daftar silahkan Daftar di

    http://bestpaytren.com/denis90

    Butuh bantuan…
    WA : 085693025519
    BBM : 5CB8B40B
    SMS : 089607818414
    Semoga Allah memberikan jalan untuk kita semua…aamiin

    #Pesan Ustadz Yusuf Mansyur :
    Gabung aja dulu..
    Insya Allah akan tahu
    manfa’atnya
    Ingat Bayar Ingat Paytren

  4. K Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.

    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern, teknologi yang ditarik dari MASA DEPAN..!!!

    “Berbisnis sambil Bersedekah”

    Alhamdulillah…caranya tidak susah hanya menggunakan PONSEL kita bisa berbisnis dan bersedekah….
    ” JADI REJEKI NGALIR..AMAL IBADAH PUN NGALIR ”
    kapan lagi bisa berbisnis dengan banyak bonus sambil bersedekah…

    “PAYTREN”
    Sarana untuk bayar bayar dan beli beli sebagai upaya dapat lebih untuk cara cerdas beramal…
    Manfaat “PAYTREN” adalah dapat digunakan untuk :
    1.Pembayaran PLN Pasca, 2.Token PLN, 3.TV berbayar, 4.PULSA HP, 5.Kartu Hallo, 6.Speedy, 7.Leasing Sepeda Motor / Mobil, 8.Tiket Pesawat, 9.Voucer Game Online, 10.Telkom / Telepon, 11.PDAM, 12. Pulsa BOLT
    Dan masih banyak fitur / fasilitas lainnya

    Kenapa harus pakai PayTren ??

    Karena PayTren adalah…
    “1. Made in Indonesia,
    “2.Sofware pembayaran pertama yang benar 100% Indonesia,
    “3.Membuat HP kita mempunyai nilai tambah,
    “4.Selalu ada CASHBACK di setiap transaksi,
    “5.Tiap transaksi ada DANA SOSIAL / SEDEKAH,
    “6.Memudahkan kita dalam pembayaran tagihan2,
    “7.Biaya kemitraan masih terjangkau,
    “8.Halal dan Legal dan Bukan Money Game,
    “9.Tidak ada target penjualan dan potensi penghasilan didapat lebih besar,
    “10.Dapat diwariskan ke anak kita,
    “11.Pemilik dan pendirinya sampai sekarang adalah ” Ustad Yusuf Mansur ” PT. Veritra Sentosa Internasional

    JENIS PAKET LISENSI YG HARUS DIPILIH:

    1. Paket BASIC: harga 340 ribu, dapat 1 ID, dapat cashback 15 ribu, maksimal deposit 15 jt setelah verifikasi KTP.

    2. Paket SILVER: harga 990 ribu, dapat 3 ID, dapat cashback 125 ribu, maksimal deposit 15 jt.

    3. Paket GOLD: harga 2,290 juta, dapat 7 ID, dapat cashback 425 ribu, maksimal deposit 35 jt.

    4. Paket PLATINUM: harga 4,890 juta, dapat 15 ID, dapat cashback 1,125 juta, maksimal deposit 75 jt.

    5. Paket TITANIUM : harga 10,090 juta, dapat 31 ID, dapat cashback 2,3 juta, maksimal deposit 155 jt.

    *) ID = Jumlah Akun yg Anda miliki di PayTren

    CATATAN:
    a. Semua Paket dapat Hadiah Promo.
    b. Cashback Titanium langsung dibayarkan utk DP Umroh (Ustadz Yusuf Mansur juga punya Travel Haji Umroh Daqu Travel).

    Lakukan apapun dengan tepat, bukan hanya cepat. Keberhasilan tak bisa dihalangi jika yang kamu lakukan telah tepat.
    PayTren adalah solusi yg tepat bagi anda yg ingin berbisnis dengan mudah dan berkah

    Yang beniat daftar silahkan Daftar di

    http://Leadertreni.net/yandi

    Butuh bantuan…
    WA : 083808053940
    BBM : 53a1a134
    SMS : 083808053940
    Semoga Allah memberikan jalan untuk kita semua…aamiin

    #Pesan Ustadz Yusuf Mansyur :
    Gabung aja dulu..
    Insya Allah akan tahu
    manfa’atnya
    Ingat Bayar Ingat Paytren

    Reply

  5. Desi Atmayasari says:

    Membangun Bisnis yang mudah bersama PayTren. biaya murah, untung melimpah. chat me @08568361013

  6. Assalam mualaikum..
    Maanfaat dan keuntungan yg didapat di payTren :
    1⃣ Anda akan mendapatkan cash back atau royalty di semua transaksi dari transaksi pribadi atau dari transaksi Mitra payTren lainnya yg tidak anda peroleh jika bertransaksi di ATM dan loket2 pembayaran.
    2⃣ Anda tidak perlu keluar rumah,bermacet ria,Bayar parkir a tau antri lagi di ATM & loke2 pembayaran apalagi bagi anda yg tinggal didesa2 yg jauh dari bank,anda juga bisa bertransaksi selayaknya anda tinggal dikota.
    3⃣ Anda akan peroleh pemberitahuan saat itu juga bahwa transaksi anda berhasil melalui ponsel anda dalam struktur lunas dan dapat dicetak.
    4⃣ Sekain komisi, bonus,cashback & royalty di paytren anda akan mendapat reward dari perusahaan PT.VERITRA SENTOSA INTERNASIONAL (VSI) dengan USTADZ YUSUF MANSUR sebagai presiden Direkturnya berupa SMARTPHONE,UMROH,MOBIL hingga RUMAH MEWAH berkali2 sebagai pembagian keuntungan Karena setiap Mitra payTren adalah bagian dari pemilik perusahaan.
    5⃣ DiPayTren selain Anda mendapatkan keuntungan secara financial Anda juga akan mendapatkan Pembelajaran Bisnis,Agama dan Komunitas yg positif,optimis dan agamis saling membantu dan menginspirasi.Visinya jelas membangkitkan ekonomi Indonesia secara berjamaah.
    Ingin gabung hubungi:
    Wa: 085642842132
    Pin: 51888ed9

  1. Mar 25, 2016

    […] post Dzikir Tahfidz appeared first on Yusuf […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like