• home ym com


Gempa di Nepal

 

gedung bertingkat 2

 

Negara Nepal pada Sabtu (25/4) telah diguncang gempa bermagnitudo berkekuatan 7,8. Pusat gempa berada pada kedalaman 15 kilometer dan memiliki mekanisme sesar naik dengan pergeseran maksimum 4 meter. Luas bidang yang bergeser 160 x 120 kilometer.

 

Jalan rusak 1

 

Sampai berita ini diterima korban gempa sudah mencapai lebih dari 2500 jiwa. Kondisi jalan di desa-desa Nepal begitu parah. Bukan hanya sekedar retak saja, tapi lapisan aspal bagian atas sudah terangkat dan terlepas dari posisi semula.

 

Jalan rusak 2

 

Aktivitas gempa mengakibatkan guncangan kuat. Guncangan pada gempa Nepal kali ini mencapai skala 9 MMI. Dengan skala 9, maka gempa mengakibatkan guncangan sangat keras yang dapat menghancurkan bangungan yang dibangun tanpa kaidah rekayasa yang baik. Padahal kota Nepal padat dengan bangunan bertingkat yang rapat.

 

korban 2500 jiwa

 

Nepal dengan jumlah kaum muslimin yang mencapai 1,5 juta jiwa ini pernah diguncang gempa bermagnitudo 8 yang berdampak parah pada tahun 1984. Sejumlah 10.000 orang tewas akibat kala itu.

You may also like...

1 Response

  1. Semoga Allah memberikan kekuatan kepada korban yang selamat & menerima arwah yg korban sebagai syahid bagi yg muslim. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.