Gus Dur: Ngelihat Kok Bolongnya?

Gus Dur

Gus Dur

 

Saya dulu, ketika remaja, pengen kayak Gus Dur. Kok beliau keren banget yak? Begitu saya mikir saat itu.

Buku-bukunya terus saya uber. Seminar-seminar yang ada beliau, pengajian-pengajian yang ada beliau saya uber. Tulisan-tulisannya apalagi.

Saya suka ngayal jadi Gus Dur. Kok masuk koran, majalah, gampang aja. Kata Gus Dur, saya denger langsung, “Saya tinggal ke kantor majalah atau ke kantor surat kabar. Lalu ngetik aja sendiri. Dan dimuat!” Hebat banget, pikir saya. Saat itu, saya belum bisa nulis.

Saat seminar di JDC, Gus Dur enjoy aja pake kemeja bolong. Saya termasuk yang nanya saat itu. Pertanyaannya ga mutu banget, he he he. Saya tanya, “Kyai… (Saya Betawi. Untuk ngehormatin, tetep panggil Kyai), itu kemejanya bolong keteknya…” Orang-orang pada ketawa.

Gus Dur dan yang hadir tau, saya sedang tidak meledek. Justru menyatakan kekaguman. Saat yang lain sibuk dengan fisik dan performa, Gus Dur cuek. Gus Dur lebih mikirin yang laen. Apa jawaban Gus Dur? Saat itu? “Liat kok ke yang bolongnya…” Grrrr… Ruangan tertawa. Benar juga.

Saya dulu udah yakin, suatu saat Gus Dur bakal mimpin negeri ini. Tapi ga nyangka bisa jadi presiden. Nangis saya saat beliau jadi presiden.

Waktu kemudian berlalu… Hingga hari ini kita semua mengenang beliau. Sebagai manusia, mana ada yang ga ada kekurangannya. Belajar dari beliau, “Liat kok yang bolongnya…”, maka marilah kita biasakan liat kelebihan kawan-kawan dan saudara-saudara kita yang lain.

Sebagai mengenang beliau, saya masih terngiang-ngiang wejangan kecilnya untuk fokus kepada yang bukan bolongnya. Bisakah saya? Bisakah kita?

Teriring doa… untuk beliau, dan untuk semua Presiden terdahulu, yang sekarang dan masa depan, juga untuk semua Kyai dan guru bangsa, sepanjang zaman…

Salam.

 

(Sumber Gambar: www.siagaindonesia.com)

You may also like...

4 Responses

  1. Yudistira says:

    Assalamualaikum
    ayo gabung di bisnis berkah paytren ustadz Yusuf mansyur

    • Rp. 350rb SEUMUR HIDUP !!!
    • Tiap TRANSAKSI DAPET CASHBACK (ya keuntungan bagi hasil donkk sama mitra)
    • kalo jalanin bisnis nya DAPET DUIT!! (ga percaya?? )
    • BISA DIWARISKAN…
    subhanallah… daaaannn masih banyak lagi…😃😃😃
    Info selengkapnya

    WA : 082214288518
    BBm : D67A0556

    Atau klik link di bawah ini https://goo.gl/BiMW1e

  2. Anta says:

    Yogyakarta gabung paten bersama UYM Semoga berkah sila hub: nonton WA +6738971225 http://leadertreni.net/antamuhadi

  3. pranomo says:

    Subhanallah…renyah sekali tulisannya tadz…

  4. Tausyiahnya ringan … Tp mantaps…
    Sahabat …
    Ada peluang nih …
    Yg blm dpt usaha
    Mau yg pake modal besar, setengah modal, modal kecil, mdal sangat kecil, dan gratis.
    Tinggal pilih mau?
    Chat me 082131669838

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like