Hilangnya Kebaikan

kolom-berbaik-sangka-membawa-berkah-berlimpah-1468_l

 

Oleh Tarmizi Ashidiq

Ketika kita mendapat musibah, janganlah berburuk sangka. Perbanyak berbaik sangka, dan sering-seringlah berdoa agar dijauhkan dari penyakit hati seperti ujub, takabur, hasad, ghibah, dengki, dan sebagainya.

Rasulullah SAW mengingatkan, ”Jauhilah olehmu sekalian sifat dengki, karena dengki itu menghanguskan kebaikan sebagaimana api menghanguskan kayu bakar” (HR Abu Dawud, no 4257).

Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi dalam Ensiklopedi Muslim menyebutkan dua jenis dengki.

Pertama, dengki dengan maksud mengharapkan musnahnya nikmat (harta, ilmu, kedudukan, dan kekuasaan) dari orang lain. Sebagai gantinya, dia berharap mendapatkan semua itu untuk dirinya.

Kedua, dengki dengan maksud mengharapkan musnahnya semua nikmat tadi dari orang lain, meskipun dia tidak berharap mendapatkannya.

Dua jenis dengki ini adalah haram hukumnya. Jadi, seseorang tidak boleh merasa dengki terhadap orang lain. Allah SWT memperingatkan dalam firman-Nya: ”Ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang telah Allah berikan kepadanya?” (An-Nisa’:54).

”Sebagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kalian kepada kekafiran setelah kalian beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri” (Al-Baqarah: 109).

Rasulullah SAW menegaskan, ”Kalian jangan saling membenci, jangan saling dengki, jangan saling membelakangi, jangan saling memutus hubungan, namun jadilah kalian sebagai saudara-saudara wahai hamba-hamba Allah. Seorang Muslim tidak halal mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari” (Muttafaqun alaih).

 

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Assalaamu’alaikum wrwb.

    TAHUKAH ANDA BAHWA…

     Hp dan gadged yang ada ditangan anda bisa diubah menjadi “MESIN UANG” yg menghasilkan ratusan ribu hingga jutaan perhari?

     Tagihan rutin bulanan yg anda bayar setiap bulan, bisa diubah menjadi “LADANG UANG” yg bisa anda wariskan kepada anak cucu anda?

     Anda bisa berpartisipasi “MEMBELI KEMBALI INDONESIA” tercinta ini hanya dgn mengalihkan pembayaran Rekening Tagihan bulanan anda ke Paytren melalui hp yg anda miliki?

    JIKA ANDA ADALAH…..

     Ibu rumah tangga, karyawan, pensiunan, mahasiswa yg sedang mencari bisnis yg benar” ingin MENGHASILKAN UANG baik online maupun offline.

     Orang yg sedang mencari PELUANG BISNIS yg bisa dikerjakan dirumah atau dimana saja yg anda suka.

     Orang yg SEDANG MENCARI peluang bisnis yg akan mengubah kehidupan anda menjadi lebih baik,terbebas dr hutang atau bebas dari beban finansial.

     Orang yg INGIN MEMILIKI passive income yg bisa diwariskan.

    MAKA YAKINLAH…

    Peluang bisnis Paytren bersama ustad yusuf mansur PANTAS ANDA AMBIL
    Tidak ada alasan untuk tidak bergabung dgn bisnis Paytren, siapapun bisa menjalankan bisnis ini, orang kantoran, pensiunan, mahasiswa, pria, wanita bahkan ibu rumah tangga yg tidak kenal internet pun bisa sukses menjalankan bisnis ini.

    Mari bergabung dgn Paytren, kami siap membantu anda

    �� Hallo… Tunggu apalagi, semakin lama menunda ya semakin ketinggalan…

    Ayo daftar di http://bestpaytren.com/amoksangrevolusi
    Wa: 085642842132
    Pin: 61888ed9

  2. tarto berkata:

    Yuk bersama ustad yusuf mansyur usaha sambil beramal…
    Anda Sering Beli Pulsa…?
    Atau Sering Beli Token listrik, bayar cicilan, bpjs, PDAM, Tiket Pesawat, Kereta Api?

    Apa yg Anda Dapatkan…?
    – Yah sesuai yg Dibeli Dong.

    Mau Merubah itu semua menjadi penghasilkan Jutaan, bahkan puluhan perbulan?

    Caranya Yah, download aplikasi Paytren di Play Store, daftar melalui Mitra Paytren yg terdaftar, karna aplikasi paytren khusus untuk Mitra Resmi Paytren.

    Gampang kan,
    Cuman memindahkan pengeluaran beli pulsa, token listrik, cicilan dll, serta berbagi manfaatnya ke kawan, kerabat keluarga. maka anda sudah menjadi pebisnis paytren, dan siap mendapatkan penghasilan tambahan.

    Mau….?
    Daftar Sekarang.
    Hubungi saya:
    WA 085777441410
    atau klik
    http://bestpaytren.com/anita86

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: