Hutang Badan

 

Ustadz3Punya seabrek kegiatan di dalam keseharian aktivitas kita, hendaknya jangan melupakan bahwa kita punya “Hutang Badan” kepada Allah.

Tagihannya harian.

Namanya hutang. Kalo ga dibayar, ya ditagih.

Allah “ngecas” kita. Ada bayarannya terhadap semua nikmat Allah. Bukan hanya terhadap badan sebenernya. Tapi terhadap semua nikmat yang sejatinya kalau bener-bener dicas, ga ada hamba-Nya yang bisa bayar.

Jalan tol aja bayar.

Saya pernah baca di Surat Kabar Nasional, ada yang protes. Beliau masuk tol dari depan kantornya. Untuk menghindari kemacetan. Dan langsung keluar di exit tol berikutnya. Pendek. Tapi cas nya sama. Rp. 8.500,-. Beliau teriak. Katanya, ga adil.

Nah … kita ini mendiami bumi-Nya? Kudunya kan bayar.

Dikasih fasilitas, lagi. Kurang apa baiknya Allah. Belum lagi badan yang kita gunakan, dengan seluruh anggota badannya.

Kayak gimana hutang badan kita? Dan sejauh apa tumpukan hutang kita ternyata.

Dengan segala Kasih Sayang Allah, “bayaran” nya ternyata cukup ringan. “Hanya” 2 rokaat dhuha saban harinya. Itu pun kalo dikerjakan, ada tambahan pahala dan kebaikan yang gila-gilaan gedenya.

Udah diringanin begitu, ternyata banyak yang ga bayar. Kelewatan kan? Dhuha 2 rokaat sebagai “kewajiban”, meski ia sunnah, banyak yang lalai dari membayar. Jika sehari 2 rokaat? Setahun? 720 rokaat loh hutangnya. 10 tahun? 7200 rokaat. Gimana nebusnya coba?

Dan makasih ya buat yang udah ikutan Sedekah ke Masjid Tahfidz Daqu. Mayan loh buat nebus hutang. Anak-anak santri, seribuan shalat dhuha di sana. Bukan 2 rokaat. Tapi ada yang 4 rokaat, ada yang 6 rokaat, ada yang bahkan 12 rokaat. Sedang yang shalat di sana, pahalanya juga dibagi buat yang pada sedekah ke masjid tahfidz ini. Bukan lumayan lagi. Taro dah 4 rokaat per santri. 1000 santri berarti 4000 rokaat tuh yang dikredit. Bisa dah sedikit bayar kelalaian. Aamiin.

Jangan berkernyit dan diskusi lanjutan dulu. Materinya beloman selesai…

 

 

Salam, @Yusuf_Mansur

 

Baca juga …

Ajak Bicara

Sehat … Seger …

Ga Kebayang

 

You may also like...

48 Responses

  1. wulan says:

    Jadi ketagihan nungguin saban jam 20.00

  2. nurkhalim says:

    alhamdulilah….makasih
    mantepen
    hehehe

  3. enik says:

    Alhamdulillah seneng bgt jd follower ustadz bs byk ilmu yg sebelumnya gaktau sm sekali jd tau & bs dijadikan acuan utk jd lbh baik aamiin……….

  4. iin nurjanah says:

    berarti hrs di istiqomahkan lagi duha.a
    makasih pak ust di tunggu RegularTwit 5 nya

  5. Yuni says:

    Alhmdllh…seneng jg brsyukur bngt Ustad mnjd bagian dr MUI..wejanganya sll d tggu Ustad ^_^ ngangenin jg ngademin tweet”nya

  6. Eka oktaviana says:

    Alhamdulillah, tiap hr ngikutin ustad (maksudny follow hee) jd nambah terus ilmuny. Mksh bnyk y pak ustad. Moga pak ustad sht selalu biar tiap hr bs selalu baktivitas wat kebaikan umat . Amin

  7. Ya Allah sungguh kalau bukan karena rahmatMU PASTI kami jadi orang celaka dunia akhirat. Makasih ya Allah atas semuaa nikmatMU

  8. widy says:

    InsyaALLAH sdh dhuha setiap hr ustadz n bener2 dah ngerasain manfaatnya. Trimakasih ustadz dh mjd motivator ibadahku, smg sy bs lbh baik n lbh baik lg. Aamiin..

  9. alfan alfa says:

    Dg sholat dhuha semua seakan dtg dg mudah,dengan melalaikan dhuha semua yg kita miliki akan diambil oleh Allah,bener kok itu jg pengalaman pribadi saya,semoga kita bs istiqomah melakukan sholat dhuha selamanya,khususnya sy pribadi Aamiin..trima ksh pa ustadz

  10. Retno Susilo says:

    Selalu mengikuti regular twit stiap mlm 🙂

  11. ananda aulia says:

    اِنْ شَآ ءَ اللّهُ pak ustd nti mh kagak bolo2ng2 dah duha nya.. آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ

  12. abdul syakur says:

    Berkah Manfaat

  13. ferdiansyah says:

    Alhmdulillah..manfaat bnget..

  14. satria dewi says:

    Alhamdulillah

    Terima kasih ustadz
    Semoga saya bisa istiqomah shlat dhuha 12 rakaat.aamiiin

  15. Sonny says:

    Allhamdullilah, apapun kesibukan-nya regular tweet obat capek-nya :),
    gak ada yang telat saat kita mau terus berbuat…. thanks ustadz

  16. KHOIRUL AFIF says:

    Ya Allah, Maha Suci Engkau dan Maha Adil dan Bijaksana.

    Betapa nyata hisab/perhitungan yang Engkau akan lakukan di hari nanti.
    Terima kasih telah Engkau berikan sedikit pengetahuan tentang perhitungan melalui ust YM.
    Sehingga kami tiada terlena.

    Ga kebayang jika di hari perhitungan nanti kami harus ‘tekor’ (naudzubillah). dengan apalagi kami hrs membayar jika di dunia ini kami terlena dan leha leha, nyantai. Sementara perhitunganMU sungguh amat nyata.

    Kami berlindung kepadaMU dari kerugian, baik kerugian di dunia lebih2 kerugian nanti dihari perhitungan di akhirat nanti.

    Hanya kepadaMU kami mohon perlindungan dan pertolongan, berikan juga utk anak2 dan keturunan serta istri kami, kedua orang tua kami, guru2 kami, saudara2 kami, muslimin muslimat semuanya. Aamiin…

  17. Muhammad Ramadhana Tanjung says:

    Alhamdulillah selamat ya ustadz semoga amanah dan banyak memberikan manfaat bagi umat muslim diindonesia…
    Almhamdulillah ustadz selalu ditunguin RegulerTwit nya sangat bermanfaat ustadz dan mohon doanya jga ustadz agar saya selau istiqomah untuk terus belajar

  18. refillatul says:

    Doain aku ya ust..bs istiqomah duhanya ..muun doana..

  19. Alhamdulillah tadz…. d lakuin trus saban hari dhuhanya, tp kadang2 8 rokaat, 6 rokaat, pernah jg 2 rokaat…. tergantung imannya lg naek atw ga nya tadz….hihi

  20. kareem says:

    Assalamualaikum ustad..
    Terimakasih telah banyak membagikan ilmunya, semoga ustad diberi kesehatan dan kami mampu menjalankan kebaikan yg ustad sampaikan, agar kita mendapat pahala dari allah swt.

  21. Sayyidatin Niswah says:

    Subhanallah,,,

  22. MIvtah says:

    Alhamdulillah, mata hati saya udah kebuka tadz. Makasih :’)

  23. m.nazarudin says:

    .ِاَلْحَمْدُلِلّهِرَبّالْعَالَمِيْنَِ.
    Nambah ilmu
    Dan pengetahuan agama

  24. muqtaviah says:

    Alhamdulillaah setiap kali baca tweet ustadz,selalu ngerasa bertambah ilmu..jadi dpt hikmah dan solusi..makasih ustadz..

  25. yetti nurliana w says:

    Alloh oriented..bismillah..

  26. rizal says:

    Assalam wr.wb.
    Tadz, izin share artikel2, dri situs ini & kultweet yg d twitr ust, yg sy salin kembali tnpa merubah konten aslinya, cuma tampilannya/design templatenya yg sy edit kembali.
    Serta beberapa artikel yg sy tulis dengn referensi dr buku2 ust.
    Terima kasih.

  27. alindamay says:

    Meski kadang pagi baru buka reg twit tapi insyaalloh ga pernah absen ngikutin. Trims ustadz. Tadinya saya tahunya dhuha cuma untuk minta rezeki. Ustadz nyadarin Kalo dhuha banyak manfaatnya.

  28. Moeljo Hery says:

    اَلْحَمْدُلِلّهِرَبّالْعَالَمِيْنَِ

  29. Rian says:

    alahamdulillah, ustad akhir2 ini aku udah sering2 bayar utang badan. doain ya ustad agar aku bisa lihat Mekkah. amiin.

  30. Tirta says:

    alhamdulillah 🙂

    sy berdoa ma Allah bwt ust agar diberikan kesehatan, kesabaran serta istiqamah dalam berdakwah 🙂

  31. Sahia Pitaloka says:

    Alhamdulillah berkat taisiah”Utadz,insaallah sdh bjr istiqhomah bayar utang badan(Dhuha)semoga sampai Khusnul Khotimah..Aamiiinn

    • Aamiin YRA mbak Sahia. Assalamu’alaikum.wr.wb. بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ. Minta ijin berpromosi mbak Sahia Pitaloka.Mohon maaf jk kurang berkenan. Mari Jangan tunda-tunda lagi.segera gabung dengan PAYTREN (untuk nomor serial bs hub BBM : 32293c08 / SMS/WA ; 081578976772).Ini bisnis Ustad Yusuf Mansur yg Insha Allah Barokah.Penuh sedekah untuk PPPA (Program Pembibitan Penghapal Al-Qur’an),menuju sukses yg berjamaah.segera daftar free member klik disini ; http://treniuym.com/eralove772. Semangat! Wassalamu’alaikum.wr.wb. Terimakasih. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

  32. emi says:

    Klo baca perkataan ustad Yusuf Mansyur pasti menimbulkan 2 hal: merasa diri ini kurang bayak beribadah.. dan merasa adem karna diingetin dgn bahasa n cara yg paling mudah, ga menggurui dan ga menyinggung hati. Terimakasih Pak Ustad

    • Assalamu’alaikum.wr.wb. بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ. Selamat sore mbak Emi.Minta ijin numpang promosi.Mohon dimaafkan jk kurang berkenan. Mari Jangan tunda-tunda lagi.segera gabung dengan PAYTREN (untuk nomor serial bs hub BBM : 32293c08 / SMS/WA ; 081578976772).Ini bisnis Ustad Yusuf Mansur yg Insha Allah Barokah.Penuh sedekah untuk PPPA (Program Pembibitan Penghapal Al-Qur’an),menuju sukses yg berjamaah.segera daftar free member klik disini ; http://treniuym.com/eralove772. Semangat! Wassalamu’alaikum.wr.wb. Terimakasih. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

  33. umar said says:

    Nga kebayang jika semua yg pa ustad ajarkan di amal kan oleh jamaah nya ..subhanallah doain ya pa ustad biar bisa ngamalin apa yg ustad ajarkan….

    • Aamiin YRA Pak Umar Said. Assalamu’alaikum.wr.wb. بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ. Mari Jangan tunda-tunda lagi.segera gabung dengan PAYTREN (untuk nomor serial bs hub BBM : 32293c08 / SMS/WA ; 081578976772).Ini bisnis Ustad Yusuf Mansur yg Insha Allah Barokah.Penuh sedekah untuk PPPA (Program Pembibitan Penghapal Al-Qur’an),menuju sukses yg berjamaah.segera daftar free member klik disini ; http://treniuym.com/eralove772. Semangat! Wassalamu’alaikum.wr.wb. Terimakasih. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

  34. Assalamu’alaikum.wr.wb. بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ. Mari Jangan tunda-tunda lagi.segera gabung dengan PAYTREN (untuk nomor serial bs hub BBM : 32293c08 / SMS/WA ; 081578976772).Ini bisnis Ustad Yusuf Mansur yg Insha Allah Barokah.Penuh sedekah untuk PPPA (Program Pembibitan Penghapal Al-Qur’an),menuju sukses yg berjamaah.segera daftar free member klik disini ; http://treniuym.com/eralove772. Semangat! Wassalamu’alaikum.wr.wb. Terimakasih. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

  35. IinSartika says:

    Paytren itu :
    * Berbisnis
    * Berilmu
    * Beramal
    Inshaa Allah berkah.
    Yang pingin tahu ttg bisnis Paytren Ustad Yusuf Mansur, silahkan klik link berikut ini http://goo.gl/Z2vdi7
    BBM : 5A6CFBEE
    WA : 087885001264

  36. Nur says:

    Amiiin,,,,,mdh2n aq bs istqmah ya Alloh,,,,,

  37. yuliani says:

    Bismillaahirrahmaanirrahim…
    Assalamualaikum….

    PAYTREN adalah PROYEK Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.

    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern, teknologi yang ditarik dari MASA DEPAN..!!!

    “Berbisnis sambil Bersedekah”

    Alhamdulillah…caranya tidak susah hanya menggunakan PONSEL kita bisa berbisnis dan bersedekah….
    ” JADI REJEKI NGALIR..AMAL IBADAH PUN NGALIR ”
    kapan lagi bisa berbisnis dengan banyak bonus sambil bersedekah…

    “PAYTREN”
    Sarana untuk bayar bayar dan beli beli sebagai upaya dapat lebih untuk cara cerdas beramal…
    Manfaat “PAYTREN” adalah dapat digunakan untuk :
    1.Pembayaran PLN Pasca, 2.Token PLN, 3.TV berbayar, 4.PULSA HP, 5.Kartu Hallo, 6.Speedy, 7.Leasing Sepeda Motor / Mobil, 8.Tiket Pesawat, 9.Voucer Game Online, 10.Telkom / Telepon, 11.PDAM, 12. Pulsa BOLT
    Dan masih banyak fitur / fasilitas lainnya

    Kenapa harus pakai PayTren ??

    Karena PayTren adalah…
    “1. Made in Indonesia,
    “2.Sofware pembayaran pertama yang benar 100% Indonesia,
    “3.Membuat HP kita mempunyai nilai tambah,
    “4.Selalu ada CASHBACK di setiap transaksi,
    “5.Tiap transaksi ada DANA SOSIAL / SEDEKAH,
    “6.Memudahkan kita dalam pembayaran tagihan2,
    “7.Biaya kemitraan masih terjangkau,
    “8.Halal dan Legal dan Bukan Money Game,
    “9.Tidak ada target penjualan dan potensi penghasilan didapat lebih besar,
    “10.Dapat diwariskan ke anak kita,
    “11.Pemilik dan pendirinya sampai sekarang adalah ” Ustad Yusuf Mansur ” PT. Veritra Sentosa Internasional

    JENIS PAKET LISENSI YG HARUS DIPILIH:

    1. Paket BASIC: harga 340 ribu, dapat 1 ID, dapat cashback 15 ribu, maksimal deposit 15 jt setelah verifikasi KTP.

    2. Paket SILVER: harga 990 ribu, dapat 3 ID, dapat cashback 125 ribu, maksimal deposit 15 jt.

    3. Paket GOLD: harga 2,290 juta, dapat 7 ID, dapat cashback 425 ribu, maksimal deposit 35 jt.

    4. Paket PLATINUM: harga 4,890 juta, dapat 15 ID, dapat cashback 1,125 juta, maksimal deposit 75 jt.

    5. Paket TITANIUM : harga 10,090 juta, dapat 31 ID, dapat cashback 2,3 juta, maksimal deposit 155 jt.

    *) ID = Jumlah Akun yg Anda miliki di PayTren

    CATATAN:
    a. Semua Paket dapat Hadiah Promo.
    b. Cashback Titanium langsung dibayarkan utk DP Umroh (Ustadz Yusuf Mansur juga punya Travel Haji Umroh Daqu Travel).

    Lakukan apapun dengan tepat, bukan hanya cepat. Keberhasilan tak bisa dihalangi jika yang kamu lakukan telah tepat.
    PayTren adalah solusi yg tepat bagi anda yg ingin berbisnis dengan mudah dan berkah

    Yang beniat daftar silahkan Daftar di

    http://treniuym.com/yuliani

    Butuh bantuan…
    SMS : +85295415037
    LINE/WA : ++85295568087(Luar Negeri)
    BBM : 56386D0F

    Semoga Allah memberikan jalan untuk kita semua…aamiin

    #Pesan Ustadz Yusuf Mansyur :
    Gabung aja dulu..
    Insya Allah akan tahu
    manfa’atnya..

    Ingat Bayar Ingat Paytren

    Salam sukses berjamaah

  38. jasmine says:

    Assalamualaikum, pak ustad, mohon pencegahannya akan pemahaman saya yg teramat sangat cetek, saat ini mengenai fidyah…

  39. Ris Isnaini says:

    Bismillaahirrahmaanirrahim…
    Assalamualaikum….

    PAYTREN adalah PROYEK Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.

    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern, teknologi yang ditarik dari MASA DEPAN..!!!

    “Berbisnis sambil Bersedekah”

    Alhamdulillah…caranya tidak susah hanya menggunakan PONSEL kita bisa berbisnis dan bersedekah….
    ” JADI REJEKI NGALIR..AMAL IBADAH PUN NGALIR ”
    kapan lagi bisa berbisnis dengan banyak bonus sambil bersedekah…

    “PAYTREN”
    Sarana untuk bayar bayar dan beli beli sebagai upaya dapat lebih untuk cara cerdas beramal…
    Manfaat “PAYTREN” adalah dapat digunakan untuk :
    1.Pembayaran PLN Pasca, 2.Token PLN, 3.TV berbayar, 4.PULSA HP, 5.Kartu Hallo, 6.Speedy, 7.Leasing Sepeda Motor / Mobil, 8.Tiket Pesawat, 9.Voucer Game Online, 10.Telkom / Telepon, 11.PDAM, 12. Pulsa BOLT
    Dan masih banyak fitur / fasilitas lainnya

    Kenapa harus pakai PayTren ??

    Karena PayTren adalah…
    “1. Made in Indonesia,
    “2.Sofware pembayaran pertama yang benar 100% Indonesia,
    “3.Membuat HP kita mempunyai nilai tambah,
    “4.Selalu ada CASHBACK di setiap transaksi,
    “5.Tiap transaksi ada DANA SOSIAL / SEDEKAH,
    “6.Memudahkan kita dalam pembayaran tagihan2,
    “7.Biaya kemitraan masih terjangkau,
    “8.Halal dan Legal dan Bukan Money Game,
    “9.Tidak ada target penjualan dan potensi penghasilan didapat lebih besar,
    “10.Dapat diwariskan ke anak kita,
    “11.Pemilik dan pendirinya sampai sekarang adalah ” Ustad Yusuf Mansur ” PT. Veritra Sentosa Internasional

    JENIS PAKET LISENSI YG HARUS DIPILIH:

    1. Paket BASIC: harga 340 ribu, dapat 1 ID, dapat cashback 15 ribu, maksimal deposit 15 jt setelah verifikasi KTP.

    2. Paket SILVER: harga 990 ribu, dapat 3 ID, dapat cashback 125 ribu, maksimal deposit 15 jt.

    3. Paket GOLD: harga 2,290 juta, dapat 7 ID, dapat cashback 425 ribu, maksimal deposit 35 jt.

    4. Paket PLATINUM: harga 4,890 juta, dapat 15 ID, dapat cashback 1,125 juta, maksimal deposit 75 jt.

    5. Paket TITANIUM : harga 10,090 juta, dapat 31 ID, dapat cashback 2,3 juta, maksimal deposit 155 jt.

    *) ID = Jumlah Akun yg Anda miliki di PayTren

    CATATAN:
    a. Semua Paket dapat Hadiah Promo.
    b. Cashback Titanium langsung dibayarkan utk DP Umroh (Ustadz Yusuf Mansur juga punya Travel Haji Umroh Daqu Travel).

    Lakukan apapun dengan tepat, bukan hanya cepat. Keberhasilan tak bisa dihalangi jika yang kamu lakukan telah tepat.
    PayTren adalah solusi yg tepat bagi anda yg ingin berbisnis dengan mudah dan berkah

    Yang beniat daftar silahkan Daftar di

    http://goo.gl/C3ihHF

    Butuh bantuan…
    SMS : 083813940255
    LINE/WA : +6283813940255(Luar Negeri)
    BBM : 5A0F17C7

    Semoga Allah memberikan jalan untuk kita semua…aamiin

    #Pesan Ustadz Yusuf Mansyur :
    Gabung aja dulu..
    Insya Allah akan tahu
    manfa’atnya..

    Ingat Bayar Ingat Paytren

    Salam sukses berjamaah

  40. syawal says:

    assalamualaikum pak ustazd
    tidak lupa ku panjatkan syukurku atas nikmat yg allah berikan kepadaku dan keluargaku.saya sangat terbantu dengan tausyiah pak ustazd dan saya lebih banyak-banyak belajar tentang islam.syukur alhamdulilah sekarang saya lebih tenang.lebih tentram.lebih damai hati saya pak.semoga allah memberi pak ustazd umur panjang.di beri kesehatan.untuk menjalani tausyiah-tausyiah keliling indonesia
    amin ya allah

  41. Subhanallah walhamdulillah walailaha illahu wallahu akbar..

  42. ASSALAAMU’ALAIKUM WR WB
    Mau berbisnis sambil Bersedekah !!!!
    yukk”””’!!!! bergabung di PAYTREN bersama USTADZ YUSUF MANSYUR””
    caranya
    alhamdulilah mudah dn tidak susah
    Hanya menggunakn PONSEL kita bisa berbisnis ONLINE dn bisa bersedekah
    “”” Jadi REZEKI ngalir IBADAH pun ngalir
    kapan lagi bisa berbisnis ONLINE dengan bnyk bonus sambil Bersedekah

    “”””PAYTREN””””
    adalah sarana untuk bayar bayar dn beli beli LEWAT online””””
    manfaat PAYTREN adalah
    dapat di gunakan untuk
    1. PEMBAYARAN PLN PASCA
    2. TOKEN PLN
    3. TV BERBAYAR
    4. PAKET DATA/PULSA
    5. KARTU HALO
    6. Speedy
    7. LEASING SEPEDA MOTOR/MOBIL
    8. TIKET PESAWAT
    9. TIKET KERETA API
    10. VOUCER GAMES ONLINE
    11. TELKOM/ TELIPON
    12. PDAM
    13. PULSA BOLT dll
    dan masih banyak lagi
    fitur dan fasilitas lainnya.

    Knapa hrus pke PAYTREN.

    Karena PAYTREN adalah
    1. made in Indonesia
    2. sofware pembayaran pertama yg benar 100 % Indonesia
    3. membuat HP kita mempunyai nilai tambah
    4. selalu ad CASHBACK di setiap transaksi
    5. setiap transaksi ad Dana SOSIAL/SEDEKAH
    6. Memudahkan kita dlm pembayaran Tagihan2
    7. Biaya kemitraan masih terjangkau
    8. HALAL DN LEGAL Bukan Money Games
    9. tidak ad target penjualan dn Potensi Penghasilan di dapat Lebih Besaaar
    10. Dapat di Wariskan ke anak kita
    10. Pemilik dn Pendirinya PAYTREN sampai sekarang adalah USTADZ YUSUF MANSYUR
    PT VERITRA SENTOSA INTERNATIONAL
    yg berminat daptar silahkan

    Daftar Sekarang : http://leadertreni.net/alifkholifahadi
    SMS / WA : +6281287961923
    BBM : 5A5CAE0B

  1. Aug 11, 2014

    […] #RegulerTwit bagian 4: Hutang badan […]

Leave a Reply