• home ym com


Hutang Badan

 

Ustadz3Punya seabrek kegiatan di dalam keseharian aktivitas kita, hendaknya jangan melupakan bahwa kita punya “Hutang Badan” kepada Allah.

Tagihannya harian.

Namanya hutang. Kalo ga dibayar, ya ditagih.

Allah “ngecas” kita. Ada bayarannya terhadap semua nikmat Allah. Bukan hanya terhadap badan sebenernya. Tapi terhadap semua nikmat yang sejatinya kalau bener-bener dicas, ga ada hamba-Nya yang bisa bayar.

Jalan tol aja bayar.

Saya pernah baca di Surat Kabar Nasional, ada yang protes. Beliau masuk tol dari depan kantornya. Untuk menghindari kemacetan. Dan langsung keluar di exit tol berikutnya. Pendek. Tapi cas nya sama. Rp. 8.500,-. Beliau teriak. Katanya, ga adil.

Nah … kita ini mendiami bumi-Nya? Kudunya kan bayar.

Dikasih fasilitas, lagi. Kurang apa baiknya Allah. Belum lagi badan yang kita gunakan, dengan seluruh anggota badannya.

Kayak gimana hutang badan kita? Dan sejauh apa tumpukan hutang kita ternyata.

Dengan segala Kasih Sayang Allah, “bayaran” nya ternyata cukup ringan. “Hanya” 2 rokaat dhuha saban harinya. Itu pun kalo dikerjakan, ada tambahan pahala dan kebaikan yang gila-gilaan gedenya.

Udah diringanin begitu, ternyata banyak yang ga bayar. Kelewatan kan? Dhuha 2 rokaat sebagai “kewajiban”, meski ia sunnah, banyak yang lalai dari membayar. Jika sehari 2 rokaat? Setahun? 720 rokaat loh hutangnya. 10 tahun? 7200 rokaat. Gimana nebusnya coba?

Dan makasih ya buat yang udah ikutan Sedekah ke Masjid Tahfidz Daqu. Mayan loh buat nebus hutang. Anak-anak santri, seribuan shalat dhuha di sana. Bukan 2 rokaat. Tapi ada yang 4 rokaat, ada yang 6 rokaat, ada yang bahkan 12 rokaat. Sedang yang shalat di sana, pahalanya juga dibagi buat yang pada sedekah ke masjid tahfidz ini. Bukan lumayan lagi. Taro dah 4 rokaat per santri. 1000 santri berarti 4000 rokaat tuh yang dikredit. Bisa dah sedikit bayar kelalaian. Aamiin.

Jangan berkernyit dan diskusi lanjutan dulu. Materinya beloman selesai…

 

 

Salam, @Yusuf_Mansur

 

Baca juga …

Ajak Bicara

Sehat … Seger …

Ga Kebayang

 

You may also like...

48 Responses

  1. wulan says:

    Jadi ketagihan nungguin saban jam 20.00

  2. nurkhalim says:

    alhamdulilah….makasih
    mantepen
    hehehe

  3. enik says:

    Alhamdulillah seneng bgt jd follower ustadz bs byk ilmu yg sebelumnya gaktau sm sekali jd tau & bs dijadikan acuan utk jd lbh baik aamiin……….

  4. iin nurjanah says:

    berarti hrs di istiqomahkan lagi duha.a
    makasih pak ust di tunggu RegularTwit 5 nya

  5. Yuni says:

    Alhmdllh…seneng jg brsyukur bngt Ustad mnjd bagian dr MUI..wejanganya sll d tggu Ustad ^_^ ngangenin jg ngademin tweet”nya

  6. Eka oktaviana says:

    Alhamdulillah, tiap hr ngikutin ustad (maksudny follow hee) jd nambah terus ilmuny. Mksh bnyk y pak ustad. Moga pak ustad sht selalu biar tiap hr bs selalu baktivitas wat kebaikan umat . Amin

  7. Ya Allah sungguh kalau bukan karena rahmatMU PASTI kami jadi orang celaka dunia akhirat. Makasih ya Allah atas semuaa nikmatMU

  8. widy says:

    InsyaALLAH sdh dhuha setiap hr ustadz n bener2 dah ngerasain manfaatnya. Trimakasih ustadz dh mjd motivator ibadahku, smg sy bs lbh baik n lbh baik lg. Aamiin..

  9. alfan alfa says:

    Dg sholat dhuha semua seakan dtg dg mudah,dengan melalaikan dhuha semua yg kita miliki akan diambil oleh Allah,bener kok itu jg pengalaman pribadi saya,semoga kita bs istiqomah melakukan sholat dhuha selamanya,khususnya sy pribadi Aamiin..trima ksh pa ustadz

  10. Retno Susilo says:

    Selalu mengikuti regular twit stiap mlm 🙂

  11. ananda aulia says:

    اِنْ شَآ ءَ اللّهُ pak ustd nti mh kagak bolo2ng2 dah duha nya.. آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ

  12. abdul syakur says:

    Berkah Manfaat

  13. ferdiansyah says:

    Alhmdulillah..manfaat bnget..

  14. satria dewi says:

    Alhamdulillah

    Terima kasih ustadz
    Semoga saya bisa istiqomah shlat dhuha 12 rakaat.aamiiin

  15. Sonny says:

    Allhamdullilah, apapun kesibukan-nya regular tweet obat capek-nya :),
    gak ada yang telat saat kita mau terus berbuat…. thanks ustadz

  16. KHOIRUL AFIF says:

    Ya Allah, Maha Suci Engkau dan Maha Adil dan Bijaksana.

    Betapa nyata hisab/perhitungan yang Engkau akan lakukan di hari nanti.
    Terima kasih telah Engkau berikan sedikit pengetahuan tentang perhitungan melalui ust YM.
    Sehingga kami tiada terlena.

    Ga kebayang jika di hari perhitungan nanti kami harus ‘tekor’ (naudzubillah). dengan apalagi kami hrs membayar jika di dunia ini kami terlena dan leha leha, nyantai. Sementara perhitunganMU sungguh amat nyata.

    Kami berlindung kepadaMU dari kerugian, baik kerugian di dunia lebih2 kerugian nanti dihari perhitungan di akhirat nanti.

    Hanya kepadaMU kami mohon perlindungan dan pertolongan, berikan juga utk anak2 dan keturunan serta istri kami, kedua orang tua kami, guru2 kami, saudara2 kami, muslimin muslimat semuanya. Aamiin…

  17. Muhammad Ramadhana Tanjung says:

    Alhamdulillah selamat ya ustadz semoga amanah dan banyak memberikan manfaat bagi umat muslim diindonesia…
    Almhamdulillah ustadz selalu ditunguin RegulerTwit nya sangat bermanfaat ustadz dan mohon doanya jga ustadz agar saya selau istiqomah untuk terus belajar

  18. refillatul says:

    Doain aku ya ust..bs istiqomah duhanya ..muun doana..

  19. Alhamdulillah tadz…. d lakuin trus saban hari dhuhanya, tp kadang2 8 rokaat, 6 rokaat, pernah jg 2 rokaat…. tergantung imannya lg naek atw ga nya tadz….hihi

  20. kareem says:

    Assalamualaikum ustad..
    Terimakasih telah banyak membagikan ilmunya, semoga ustad diberi kesehatan dan kami mampu menjalankan kebaikan yg ustad sampaikan, agar kita mendapat pahala dari allah swt.

  21. Sayyidatin Niswah says:

    Subhanallah,,,

  22. MIvtah says:

    Alhamdulillah, mata hati saya udah kebuka tadz. Makasih :’)

  23. m.nazarudin says:

    .ِاَلْحَمْدُلِلّهِرَبّالْعَالَمِيْنَِ.
    Nambah ilmu
    Dan pengetahuan agama

  24. muqtaviah says:

    Alhamdulillaah setiap kali baca tweet ustadz,selalu ngerasa bertambah ilmu..jadi dpt hikmah dan solusi..makasih ustadz..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.