Yusuf Mansur

Intensitas Hujan dan Peta Banjir DKI Jakarta

 

 

Peringatan dini cuaca seputar DKI Jakarta dan sekitarnya telah dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan petir pada pukul 09.00 WIB akan terjadi di wilayah sebagian besar Tangerang, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara.

Wilayah Kemayoran, Senen, Matraman, Salemba, Manggarai, Jatinegara, Cipinang, Rawamangun, Tebet, Kalimalang, Duren sawit, Klender, Penggilingan, Cakung,  dan Bekasi diperkirakan juga akan mengalami cuaca yang sama.

Kondisi cuaca seperti itu diperkirakan akan berlangsung hingga pukul. 12.00 WIB dan meluas ke wilayah Tangsel, BSD, Ciledug, Ciputat, Bintaro, Lbk bulus, Cilandak, Kebayoran, Pal merah, Pejompongan, Senayan, Blok M, Semnaggi, Sudirman, Thamrin, Kuningan, Casablangka, Setiabudi, Pancoran, Kalibata, Halim dan sekitarnya.

Selain informasi intensitas hujan dari BMKG, peristiwa banjir kini dapat dilaporkan secara cepat dan akurat.

Yaitu dengan pemanfaatan teknologi informasi dan telekomunikasi. Salah satu sistem pengaduan banjir yang kerap digunakan masyarakat saat Jakarta dilanda banjir adalah Twitter dengan menuliskan tagar #Banjir dan akun @petajkt.

PetaJakarta.org adalah hasil pemetaan banjir pada waktu terkini. PetaJakarta.org memetakan banjir melalui tweet dan menampilkan informasi terkininya.

Untuk dapat melaporkan banjir, pengguna harus mengaktifkan geolokasi, tweet #banjir ke @petajkt untuk menambahkan info di peta.

Dalam kurun 24 jam terakhir, telah masuk 5.131 laporan dengan yang sudah dikonfirmasi sebanyak 284 laporan.

Berdasarkan sebaran laporan yang telah dikonfirmasi, terbanyak ada di Jakarta Barat yaitu 85 aduan. Berikutnya adalah Jakarta Pusat 71 aduan.

Jakarta Utara ada 69 aduan, Jakarta Selatan 67 laporan, dan terakhir Jakarta Timur 63 laporan.

 

(Sumber berita: http://www.antaranews.com)

(Sumber image: www.kabarsatu.co dan http://www.antaranews.com)

Exit mobile version