Islam dan Bahasa Arab di Ukraina

 

Muslim Ukraina

Muslim Ukraina

 

Islam berkembang di Ukraina. Bahasa Arab menjadi salah satu ujung tombak alat dakwahnya. Melalui perantaraan bahasa Arab, masyarakat Ukraina lebih memahami Islam dan peradabannya.

Menurut kepala pengembangan sumber daya manusia Federasi Organisasi-Organisasi Sosial Ukraina (Arraid), Dr. Shadi Shawer, “Bahasa Arab, yang menjadi bahasa Al-Quran, menjadi jendela bagi banyak warga Ukraina untuk mengetahui lebih jauh tentang Islam,” ujarnya.

Federasi itu menggelar program “45 Weekly Schools” yang mengajarkan bahasa Arab serta budaya dan ilmu pengetahuan berbasis Islam untuk lebih mengenalkan Islam pada masyarakat Ukraina. Layanan ini diberikan secara gratis. Pesertanya kebanyakan kalangan mahasiswa dan profesor.

Menurut Dr. Shawer, mereka ingin tahu budaya Arab agar bisa berkomunikasi lebih baik lagi dengan para mahasiswa Arab yang sedang menuntut ilmu di universitas-universitas di Ukraina. “Tak sedikit mahasiswa yang akhirnya memeluk Islam saat proses pendidikan atau setelah menyelesaikan pendidikan” sambung Dr. Shawer.

Sejumlah peserta program itu mengakui bahwa pandangan mereka yang salah tentang Islam berubah setelah mengikuti program belajar di sekolah tersebut. “Dulu, saya berpandangan negatif tentang Islam karena membaca informasi dari media lokal dan internasional,” tutur Irina Sladdikh, salah seorang peserta program. “Tapi pandangan itu berubah setelah saya belajar di sekolah ini,” aku Sladdikh yang akan lulus tahun ini.

Hal serupa diungkapkan Dr. Igor Vlasov. “Sekolah ini mendekatkan saya dengan dunia Arab. Sekarang saya merasa lebih banyak tahu tentang Islam dan Muslim”, imbuhnya.

Dari 48 juta penduduk Ukraina, jumlah warga Muslimnya hanya sekitar dua juta orang. Tapi terdapat lebih dari 200 masjid dan 20 Islamic Center di negeri itu, subhanallah. Semoga kita di Indonesia, dengan penduduk muslim yang jauh lebih banyak, dapat belajar bersemangat mempelajari Islam dari warga Ukraina.

 

(Sumber image: republika.co.id)

 

 

You may also like...

1 Response

  1. Nento says:

    Ya ustadz,kita harus belajar berenang,semangat terus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like