Istighfar

Buat saudara yang menginginkan punya pahala yang istimewa di surga dengan jumlah yang banyak hendaknya memperbanyak membaca dzikir yang agung ini.

Nastaghfirullahal’adzim, dibaca seratus kali setiap pagi dan petang.

Kita ini banyak salahnya, tidak mempergunakan nikmat Allah sesuai dengan maunya Allah. Kita punya mata, suka kelewat bebas, ngerasa kitalah pemilik mata kita, sehingga kita merasa, “Ya udah.. mata mata punya gue ini. Gue mau lihat apa kek, terserah gue.”

Gak bener nih yang kayak gini.

Kita juga kelewat bebas punya telinga, merasa telinga ini punya kita karena nempel di badan kita. Jangankan telinganya, badannya aja bukan punya kita. Begitu juga kaki, tangan. Ini baru ngomongin nikmat Allah berupa anggota badan. Belum lagi ngomongin nikmat-nikmat yang lain. Harta, keluarga, ilmu, kesehatan. Itu ‘baru’ salah-salahnya kita sama Allah. Belum lagi salahnya kita sama manusia. Nyakitin orang lain, ngomongin orang lain, waduuuh..

Itulah kenapa kita harus memasukkan istighfar ini dalam dzikir harian kita. Rasulullah aja beristighfar lebih dari 70 kali dalam sehari. Rasulullah itu. Gimana kita?

Setiap kali saya kepentok masalah, kudu bayar hutang misalnya, saya selalu beristighfar. Saya beristighfar dulu sebelum doa biar bisa bayar hutang. Minta ampun dulu sama Allah. Bukan mengeluh yaa..Allah ga suka kita mengeluh. Prinsip istighfar adalah prinsip ketawadhuan. Kerendahhatian di hadapan Allah, tapi bukan ajang menghukum diri. Dengan prinsip istighfar, Allah tidak menghendaki kita  menyalahkan diri sendiri sehingga tidak bangun-bangun.

Saya mohon ampun sama Allah, dan merenungi, “Kenapa juga saya jadi berhutang?”

Lah lah lah, setelah istighfar saya malah menemukan diri ini memang pantas berhutang. Gimana ga? Sholat saya berantakan, ga ada berjamaahnya, ga ada ke masjidnya, ga ada sunnah-sunnahnya. Dzikir juga kurang, baca qur’an kurang, sedekah kurang. Semuanya serba kurang.

Jika azab Allah dijatuhkan, jika hukuman dijatuhkan, jika peringatan dijatuhkan, di urusan hutang, yakni saya jadi berhutang, ya saya malah Alhamdulillah. Beneran. Alhamdulillah, Allah masih sayang sama saya.

Istighfar, dalam buku Rahasia Kesuksesan dan Kekayaan.

You may also like...

1 Response

  1. maryono says:

    Asswrwb,,trimakasih atas pncerahAnnya,,,tp sya msh kurang yakin atas istigfar saya ini karna dosa dan hutang riba saya ini,apakh diterima sama ALLOH

Leave a Reply