Jackie Ying: Teknolog Muslimah yang Mendunia

Video di atas adalah video salah satu kuliah umum Profesor Jackie Ying di Institute of Bioengineering and Nanotechnology (IBN), Singapura.

Jackie Yi Ru Ying (49) adalah seorang peneliti muslim di bidang nanotechnology yang telah meraih beberapa penghargaan di tingkat internasional. Diantara penghargaan yang diraihnya adalah Anggota Termuda German Academy of Sciences Leopoldina, 100 Engineers of the Modern Era, dan 500 Most Influential Muslims versi Jordan’s Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC).

Awalnya Jackie mengajar di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Pada usia 35, Jackie berhasil menjadi salah satu profesor termuda di sana. Namun saat berumur 37, setelah mengajar lebih dari satu dekade di salah satu kampus terbaik dunia itu, Jackie memutuskan untuk pindah dan mengabdi ke negara asalnya, Singapura.

Sejauh ini Jackie telah memiliki 140 paten atas nama pribadi, telah memimpin 160 peniliti dan menghasilkan lebih dari 500 portfolio, telah menjadi anggota dewan penasehat di beberapa perusahaan, dan menjadi anggota dewan editor dari 28 jurnal ilmiah. Selain itu Jackie juga aktif melakukan mentoring melalui berbagai program pembinaan dan magang untuk menginspirasi pemuda muslim agar gemar mempelajari ilmu pegetahauan dan teknologi.

 

(Disarikan dari http://www.swhf.sg/the-inductees/21-science-technology/167-jackie-yi-ru-ying)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: