Jalan Yang Saya Suka

 

baca quran

 

Di antara jalan yang saya suka dalam urusan ngafal Quran adalah nyabarin diri, nekunin diri, dan rajinin diri.

Satu ayat dibaca berulang-ulang. Bisa 8 kali, bisa 20 kali. Atau kalau ayatnya panjang, satu baris, satu baris. Satu halaman nih, ada 15 baris. Dibagi 3 kelompok. 5 baris pertama, 5 baris kedua, 5 baris ketiga.

Baris pertama, diulang bacanya hingga 8 sampe 20 kali. Disabariiiiiin bacanya, berulang-ulang. Hingga hafal. Lalu bergerak ke baris kedua. Baris kedua, 8 sampe 20 kali. Kalo udah selesai, baris pertama plus baris kedua, 8 sampe  20 kali. Lalu beranjak ke baris ketiga. Baris ketiga, 8 sampe 20 kali. Maksudnya 8 sampe 20 kali. Pilih mau 8 kali apa 10 kali.

Bisa juga kurang, bisa juga lebih. Bila baris ketiga sudah hafal, maka diulang baris pertama, kedua plus ketiga ini, 8 sampe 20 kali.

Beres 3 baris ini, maju ke baris ke-4. Baris ke-4, baca lagi 8 sampe 20 kali. Lalu ulangi baris pertama, kedua, ketiga, keempat ini, 8 sampe 20 kali lagi. Terus, baris ke-5 deh. 8 sampe 20 kali. Baris ke-5 hafal, ulangi baris pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima, 8 sampe 20 kali.

Ini cara yang paling saya sukai. Cara ini cara orang sabar, tekun, rajin. Kalah dah orang pinter. Kadang pinter, cepet hafal. Tapi lupa.

Dengan disabarin, ditekunin, dirajinin, hafalan jadi tidak mudah lupa.

Apalagi ngafal Quran itu kayak nabung sesuatu yang pastinya lebih mahal dari emas. Tau-tau nabungnya udah segunung dua gunung, hingga ratusan dan ribuan gunung. Gunung-gunung pahala.

You may also like...

20 Responses

  1. Bobnasution says:

    InsyaAllaah saya juga bisa

  2. sakinah says:

    perlu di coba…..ternyata kalau saya menghafal belum pernah sampai 20x diulang2nya…jangankan 20x…yg 8x saja sepertinya masih jarang bnget…..
    trima kasih … 🙂

  3. diansyah says:

    kl mw ngafalin quran apa harus sama artinya jg?

  4. yudhi yustiawan says:

    Klo sy saat ini ‎​L̶̲̥̅̊@̤̥̣̈̊̇G̲̣̣̣̥ȋ̝̊̅̄ pake cara mendengakan MP3 nya imam sudais khususnya pada jùz ke30 dan alhamdulillah sy udah hapal sebagiannya!!!!!!!!

  5. Alhamdulillah ustadz,… ikutan ODOA, sekarang juz 30 sudah dalam kepala,… 😀
    syukran ustadz… jazakallah…

  6. diana says:

    Segera dilaksanakan!!

  7. ilyas rakhman says:

    akhirnya tweet pertanyaan saya tentang tips menghapal quran terjawab sudah , الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين ustad, جَزَاكُمُ اللّهُ ,

  8. egi says:

    Keep calm

  9. arisnurjaman says:

    Subhanallah…..kapan ya bisa belajar seperti itu

  10. Novaty Eny Dungga says:

    Subhanalloh, terima kasih-terima kasih, sangaat bermanfaat. Walaupun usia sudah tidak muda lagi, tip dan pengajaran Ustadz mrpk motivasi besar bagi saya utk bergabung dlm barisan penghafal Al-Qur’an. Insya Allah.

  11. rosul says:

    Alhamdulillah…..akhirnya tau cara menghapal. Qur’an,thx tad

  12. tajuddin says:

    Syukron uztad,
    Semoga kita semua diberi istiqomah dalam membaca,menghapal,dan memahami al-qur’an
    Amin

  13. Yesi widoyati says:

    Amien,…mudahan2 saya dilancarkan dalam menghafal Qur’an ya ustad,…sekalian tanya ustad,saya seorang istri yg ingin bersedekah walaupun penghasilan kami pas2an,…tapi kata suami saya sedekah itu nanti kalo sudah dapat penghasilan lebih,saya suka sedekah tanpa sepengetahuan suami saya,kira2 saya dosa ga ya ustad trus sedekah saya di terima sama Allah ga ya ustad,…tolong dibalas ya ustad,….terima kasih

  14. aliyuddin says:

    klw kerasa berat, rekam suara kita trs dengerin berulang2…dg cara dan proses yg sama

  15. Les Privat says:

    Bagi anda yang membutuhkan jasa les privat di area Jakarta, kunjungi website http://lesprivatsmp.net

  16. robiah says:

    Aamiin….
    Assalamu’alaikum ..

    Di PayTren Daftar satu kali berlaku seumur hidup malah dapat diwariskan kepada sanak saudara/keluarga anda

    Setelah daftar Anda bisa melakukan dua bisnis sekaligus :

    1. Membangun Jaringan Komunitas bersama Ustadz Yusuf Mansyur(Pemilik)
    , inilah Peluang Usaha yg akan menjadi sumber Passive Income
    utk anda. Dengan bergabung di PayTren, yakni degan cara mengajak sebanyak2nya orang utk turut jg menggunakan /memanfaatkan kecanggihan teknologi PayTren di HPnya sehingga anda sekaligus jg membangun jaringan Komunitas PayTren yg akan menghasilkan passive income utk anda seumur hidup.

    Termasuk Jg:
    – Bonus Sponsor /Mengajak Rp 75.000
    – Bonus Pasangan Rp 25.000
    – Bonus Generasi Rp 2000 ( sampai dgn 10 generasi ke bawah )
    – Bonus Transaksi, baik dari Transaksi pribadi maupun dari Transaksi komunitasnya (Downline)
    – Berbagai reward dahsyat bagi yg berprestasi yaitu : HP ANDROID, LAPTOP, MOTOR, MOBIL,
    UMROH, MOBIL MEWAH & RUMAH MEWAH

    ☆Semua Reward tersebut Insya Allah Bisa dimiliki oleh para Mitra Paytren karena Poin akan terus diakumulasikan seumur hidup, No Reset

    2.Buka Jasa Loket Pembayaran Online Seperti:
    Beli pulsa Elektric, Token Listrik, Bayar Tagihan Listrik, PDAM, TELKOM, Speedy, Indovision, ADIRA, WOM,FIF, Kartu Hallo, Voucher Game,Tiket Pesawat Semua Maskapai, Tiket Kereta Api, Sedekah.

    ☆Atau hanya untuk dipakai sendiripun Insya Allah sangat bermanfaat
    Di PayTren jg kerjanya Fleksibel ;
    -Tidak ada target jualan
    -Tidak ada target rekrut
    -Tidak ada tutup point
    -Mau offline atau online juga bisa
    -Tidak perlu menyetok barang
    -Tidak ada kewajiban belanja bulanan
    – Kerjanya cuman Posting iklan di Facebook atau bisa secara langsung mengajak saudara terdekat anda.

    Cara Daftar klik :
    http://www.leadersuksespaytren.com/robiah
    Wa : 087888984779
    Bbm: 7d1fa193

    BURUAN, SEBELUM MAKIN KETINGGALAN..

  17. IinSartika says:

    Mau berbisnis sambil bersedekah? Ayo gabung saja di PayTren Ustad Yusuf Mansur. Info klik http://goo.gl/Z2vdi7
    BBM : 5A6CFBEE
    WA : 087885001264

  18. refillatul says:

    mudah2an …ane bisa stad…ana ngafalnya juga 5 ayat2…mudah tad…tapi ga sampe 20 kali ngulangnya…pantasen…kalo ga diulang saban hari palu …tad..eh lupa tad..hee…doain ya stad…saya hafal qof yang pertama kali semenjak pesantren dulu ini baru ngapal lagi ustad..semoga tiada kata terlamabt…ana lage semangat ne tad…minta doanya banget tad…semoga mengahafal nya mudah dan cepat….

  19. bayu saputra says:

    ngafal al qur’an itu sekalian ngafalin artinya juga apa engga ya ustadz?

  20. Ris Isnaini says:

    Bismillaahirrahmaanirrahim…
    Assalamualaikum….

    PAYTREN adalah PROYEK Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.

    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern, teknologi yang ditarik dari MASA DEPAN..!!!

    “Berbisnis sambil Bersedekah”

    Alhamdulillah…caranya tidak susah hanya menggunakan PONSEL kita bisa berbisnis dan bersedekah….
    ” JADI REJEKI NGALIR..AMAL IBADAH PUN NGALIR ”
    kapan lagi bisa berbisnis dengan banyak bonus sambil bersedekah…

    “PAYTREN”
    Sarana untuk bayar bayar dan beli beli sebagai upaya dapat lebih untuk cara cerdas beramal…
    Manfaat “PAYTREN” adalah dapat digunakan untuk :
    1.Pembayaran PLN Pasca, 2.Token PLN, 3.TV berbayar, 4.PULSA HP, 5.Kartu Hallo, 6.Speedy, 7.Leasing Sepeda Motor / Mobil, 8.Tiket Pesawat, 9.Voucer Game Online, 10.Telkom / Telepon, 11.PDAM, 12. Pulsa BOLT
    Dan masih banyak fitur / fasilitas lainnya

    Kenapa harus pakai PayTren ??

    Karena PayTren adalah…
    “1. Made in Indonesia,
    “2.Sofware pembayaran pertama yang benar 100% Indonesia,
    “3.Membuat HP kita mempunyai nilai tambah,
    “4.Selalu ada CASHBACK di setiap transaksi,
    “5.Tiap transaksi ada DANA SOSIAL / SEDEKAH,
    “6.Memudahkan kita dalam pembayaran tagihan2,
    “7.Biaya kemitraan masih terjangkau,
    “8.Halal dan Legal dan Bukan Money Game,
    “9.Tidak ada target penjualan dan potensi penghasilan didapat lebih besar,
    “10.Dapat diwariskan ke anak kita,
    “11.Pemilik dan pendirinya sampai sekarang adalah ” Ustad Yusuf Mansur ” PT. Veritra Sentosa Internasional

    JENIS PAKET LISENSI YG HARUS DIPILIH:

    1. Paket BASIC: harga 340 ribu, dapat 1 ID, dapat cashback 15 ribu, maksimal deposit 15 jt setelah verifikasi KTP.

    2. Paket SILVER: harga 990 ribu, dapat 3 ID, dapat cashback 125 ribu, maksimal deposit 15 jt.

    3. Paket GOLD: harga 2,290 juta, dapat 7 ID, dapat cashback 425 ribu, maksimal deposit 35 jt.

    4. Paket PLATINUM: harga 4,890 juta, dapat 15 ID, dapat cashback 1,125 juta, maksimal deposit 75 jt.

    5. Paket TITANIUM : harga 10,090 juta, dapat 31 ID, dapat cashback 2,3 juta, maksimal deposit 155 jt.

    *) ID = Jumlah Akun yg Anda miliki di PayTren

    CATATAN:
    a. Semua Paket dapat Hadiah Promo.
    b. Cashback Titanium langsung dibayarkan utk DP Umroh (Ustadz Yusuf Mansur juga punya Travel Haji Umroh Daqu Travel).

    Lakukan apapun dengan tepat, bukan hanya cepat. Keberhasilan tak bisa dihalangi jika yang kamu lakukan telah tepat.
    PayTren adalah solusi yg tepat bagi anda yg ingin berbisnis dengan mudah dan berkah

    Yang beniat daftar silahkan Daftar di

    http://www.treniuym.com/risisnaini

    Butuh bantuan…
    SMS : 083813940255
    LINE/WA : +6283813940255(Luar Negeri)
    BBM : 5A0F17C7

    Semoga Allah memberikan jalan untuk kita semua…aamiin

    #Pesan Ustadz Yusuf Mansyur :
    Gabung aja dulu..
    Insya Allah akan tahu
    manfa’atnya..

    Ingat Bayar Ingat Paytren

    Salam sukses berjamaah

Leave a Reply to tajuddin Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like