Jangan Pisahkan Dunia dengan Agama

 

uym 2

 

Jangan pisahkan dunia dengan agama, shalat dengan bisnis, dakwah dengan dagang. Satu kesatuan. Politik dan aqidah. Ekonomi dan aqidah. Yang gitu-gitu dah. Utuh.

Kayak saya, he he, dakwah ya dakwah. Tapi dagang ya tetap dagang. Tapi bukan dagangin dakwah. Yah, Mudah-mudahan banyak ditiru. Jangan malu-malu ah bisnis.

Shalat itu ibadah. Bisnis? Bisnis ya ibadah. Sebab ibadah langkahnya kudu bener, sumbernya kudu bener, yang didagangin kudu bener.

Contoh dakwah sambil dagang, dagang sambil dakwah: Patungan Usaha sama Patungan Aset. Itu ngajak semua orang usaha. InsyaAllah.

Buka showroom juga dakwah loh. Tunjukin Gimana kalo muslim dagang. Jujur, bener, dan barangnya bagus. Sambil ngajakin karyawan jaga shalat.

Buka kuliner? Bisnis dan bisa juga ibadah. Bahkan dakwah. Koq bisa? Ya, nunjukin kejujuran aja, kesantunan, itu udah dakwah. Dakwah dalam bisnis.

Akibat misahin dunia dengan agama. Shalatnya kayak khusyu’, tapi di luar dagangnya bohong, ngga jujur, korupsi kerjaannya, dan lain-lain.

Yang ngga boleh itu, ustadz bertarif. Kalo ngga dikasih duit, ngga mau datang. Itu yang ngga boleh. Tapi kalo ustadz jadi juragan minyak wangi, oke banget.

Jadi ustadz, jangan ngajak orang ke mesjid doangan, tapi ajak juga ke sekolah, ke kampus, belajar, plus ngajak ke pasar. Dagang. Gitu kira-kira. Utuh.

Tidak cuma ngajak zikir… tapi ajak kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas. Itu yang dilakukan oleh banyak ustadz. Komprehensif. POL dah.

Tar kapan-kapan ustadz punya klub sepakbola dunia… He he… Punya stadion.. Punya mall… Punya hotel kan udah, he he he, atas izin Allah.

Memperkerjakan orang itu ya dakwah loh. Bukan bisnis semata. Kalo kerja sama kita, jadi shalat, jadi ngaji, jadi pake jilbab. Itu dakwah tuh.

Punya pemimpin yang turun ke jalan? Keren. Turun ke orang susah? Keren. Turun ke pasar-pasar? Keren. Apalagi kalo plus turun ke masjid-masjid, doa bareng.

Bagus ke Allah, jelek ke manusia… ngga bagus.

Bagus ke manusia, jelek ke Allah… ngga bagus.

Jelek ke Allah, jelek ke manusia… Parrraaaahhh…

Bagus ke Allah, bagus ke manusia… TOP.

You may also like...

45 Responses

  1. kholiq says:

    Jujur adalah kunci untuk seorang pengusaha, tp klo pd wkt presentasi sy suka ada yg bohong. Krn itu jg demi meyakinkan klien walaupun pada wkt pelaksanaannya tidak ada. Usaha sy di jasa Event & Wedding Organizer. Klo di jasa sprt sy ini kan ada yg bersifat kondisional pd wkt pelaksanaan. Gimana itu dgn saya & usaha saya……?

  2. arrahman says:

    mantap pa ustad mksh ats pencerahanya. Bisnis dg agama jd adem. Dagang dg agama jd jujur. Politik dg aqidah islam jd indah.

  3. Laila says:

    Klo aja para pemimpin di negeri ini seperti Ust.YM… 🙂

  4. sigie says:

    boleh dong ustad Yusuf M jadi pemimpin negara tahun 2014, yang bisa mengayomi rakyatnya, jadi ga ada yang merasa miskin lagi..

  5. yayan says:

    Kalau dilakukan karena semata karna Allah pasti Allah akan tunjukin jalannya akan dimudahkan jalannya apa yang dikatakan Ustad memang benar aku sudah merasakan Tangan tangan Allah bekerja membantu kita

  6. Deedee says:

    Dream udah ……
    Pray udah ……
    Action insyaAllah udah …….
    Ko, knp msh seret y ustadz jln hidup sy?

  7. Sofyan says:

    Setuju banget Stadz, masih banyak yang menyepelekan hal ini dan menganggap sholat hanya ritual doang akhirnya maksiat tetep jalan | lah pan padahal tuh didalem sholat jelas banget kita minta sama Allah dikasih jalan yang lurus tapi setelah diaplikasikan dalam kehidupan sehari2 malah kaga lurus2 | menganggap mudah urusan dg menipu, bohong dll untuk kepentingan pribadi baik itu dalam hal berniaga maupun bersosialitas.

  8. lizkypalestinarossa says:

    Tpi maSih bnyk manusia yg lebih ngurusin duniay ketimbang agamanya….. Parah.

  9. saya ingin tanya acara di mesjid istiqlal tanggal 30 desember 2012 jam 7 pagi, cari infonya di website apa ?, mengenai apa acaranya?

  10. ikbal says:

    Luar biasa,,ustaaaadddzzz,,
    Dakwah ustadz,,inspirasi hidup saya jdi lbih baik,berarti dan smakin beriman kpda Allah SWT,,
    Alhamdulillah,,

  11. Hilal says:

    Cakeeeep Bener… aye setuju ^_^.

  12. Hendri edy says:

    Cakep bngt tausiyah ustad YM krn sy sdh menjlankan yg ustad katakan wlpun blm bgt smpurna dan dampaknya luarbiasa hdp jd tenang dan usaha jd lancar

  13. ndang soak says:

    mau nanya ni untuk sedekah sawah ad nominl tertntu tidak tadz ap se iklas nya aj mohon dijawb

  14. herlina says:

    Asalamualaikum ,alhamdulilah ALLOH telah menganugrahkan anak _anak dan rumah walaupun belum beres rumahnya, namun saaya yakin pasti akan memberikan yang apa yang saya inginkan,dan saya selalu berdoa semoga diberkan petunjuk dan kelapangan rizki dan diberikan kemudahan dan keimanan serta kesabaran amiin

  15. eddy setiawan kelanaputra says:

    Na’am Ustadz…. Subhanallah… seperti yg diteladani oleh Rasulullah Muhammad SAW.

  16. Alatif says:

    Nabi Muhammad saw Dan Khadiyah adalah Pelopor ekonomi Kapitalis yang Islami dlm artikel boleh mencari rezeki atau Hadith dari Allah sebagai banyak banyaknya dan kemudian digunakannya untuk kemaslahatan umat.
    Lanjutkan baca di sini.
    http://muslimbertaqwa.blogspot.com/p/poverty-kapitalis-islam.html?m=1o
    With love.

  17. nabil bery says:

    Asalamualaikum ustad saya pengagum anda deger deger pakiayi mau tausiyah di thoriq bin sihad di bekasi timur saya senang banget saya penigin baget mendegarkan tausiyah ustad tapi saya gak bisa beli tiket karena tiket nya harganya 75 ribu caranya begimana caranya supaya saya bisa mendegarkan tausiyah langsung saya seorang janda punya anak 1 pekerjaan saya pelayan toko

  18. nabil bery says:

    Asalam mualaikum pak kiayi kan mau tausiyah di thoriq bin zihad saya pengen bagetb dengerin tausiyah lang sung
    Tapi saya tidak mampu beli tiket
    Tiketnya mahal 75 ribu tolong pak kiayi padahal rumah saya deket tempat penyelengaraan tausiyah pak kiayi begimana caranya supaya saya bisa denger tausiyah pak kiayi. Terima kasih ya pak kiayi
    Dari siti aminah

  19. Alatif says:

    Saya setuju sekali pendapat usztad Yusuf Mansur.

    Banyak usztad atau Mubaligh atau Doi yang menerima uang kalau menyampaikan risalah Allah,bagian ada yang memberikan tarif tersebut.
    Sesungguhnya dilarang oleh Allah dan berbahaya kalau usztad2 menerima uang,karena akan terpengaruh dengan uang atau sponsor.

    Hai kaum ku : Ikutilah orang yang tiada minta balasan kepadamu; dan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.QS 36: (21).

    “Aku tidak meminta upah kepadamu (menerima honorium) dalam menyampaikan [Al Qur’an]”. Al Qur’an itu tidak lain hanyalah peringatan untuk segala umat. QS6:(90).

    Demikian Allah menyelaskannya.Jangan ikut I usztad2 yang menerima uang kalau berdakwah.

    With love

  20. alvin says:

    Bagus ke Allah, jelek ke manusia… ngga bagus.

    Bagus ke manusia, jelek ke Allah… ngga bagus.

    Jelek ke Allah, jelek ke manusia… Parrraaaahhh…

    Bagus ke Allah, bagus ke manusia… TOP

    setuju beut

  21. Asiyati says:

    Ya Allah,, smg sy bisa mengikuti apa Ɣªήƍ disampaikan Ustadz, ϐΐƧä menyeimbangkan antara dunia & akherat. Dan alangkah damai & sejahteranya negeri ini jk pemimpin serta rakyatnya berhati & berperilaku mulia seperti Ustadz YM.
    Subhanalloh,,

  22. Alatif says:

    Assalamualaikum wrwb.
    JALAN TERMUDAH MENUJU SYURGA DUNIA DAN AKIRAT adalah dengan berwiraswasta yang JUJUR sebagaimana Rasulullah jelaskan dan contohkan.

    HADIST.

    Sesungguhnya pedagang2 yang jujur dan benar akan berada di bawah naunganArsy ( syurga ) ALLAH pada hari kiamat.HR Dailami.

    Sebaik baik pertolongan atas taqwa kepada Allah swt adalah “harta-uang”.HRBaihaqi. ( buah dari taqwa adalah uang dan harta.)

    (Betapa tidak, seseorang yang tidak memiliki harta-uang (alias miskin), akan habislah waktunya untuk mencari makan, pakaian, rumah dan kebutuhan anak-anak, sekolahnya, kebutuhan pokok lainnya dalam kehidupan sehari harinya. Belum lagi diharapkan kepada kesulitan-kesulitan yang tidak bisa diatasinya, kecuali dengan harta-uang. Hal mana akan menghalangi dia untuk berzikir dan berpikir. Kemudian tidak akan mendapat kesempatan beribadah haji, zakat, sedekah dan amal-amal saleh lainnya. Kemiskinan mudah menjadikan orang kepada kufur,berada dekat pintu neraka.)

    Semoga bermanfaat.

    With love.

  23. Semoga bermanfaat bagi kita semua yaa

  24. semoga berguna dan bermanfaat bagi semua umat muslim , amin

  25. Les Privat says:

    Bagi anda butuh guru les privat di area jakarta, kunjungi website kami http://lesprivatsmp.net

  26. Nur Rasmi says:

    Kalo presiden ngajak rakyatnya sholat dan ngaji?? weeeh………… keren banget kan pak ustad.. 😀

  27. Kang Zen says:

    Alhamdulillah, Sami’na, Ustadz

  28. robiah says:

    Aamiin..
    Bismillaahirrohmaanirrohim…
    Assalamualaikum….

    PAYTREN adalah PROYEK Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.

    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern, teknologi yang ditarik dari MASA DEPAN..!!!

    “Berbisnis sambil Bersedekah”

    Alhamdulillah…caranya tidak susah hanya menggunakan PONSEL kita bisa berbisnis dan bersedekah….
    ” JADI REJEKI NGALIR..AMAL IBADAH PUN NGALIR ”
    kapan lagi bisa berbisnis dengan banyak bonus sambil bersedekah…

    “PAYTREN”
    Sarana untuk bayar bayar dan beli beli sebagai upaya dapat lebih untuk cara cerdas beramal…
    Manfaat “PAYTREN” adalah dapat digunakan untuk :
    1.Pembayaran PLN Pasca, 2.Token PLN, 3.TV berbayar, 4.PULSA HP, 5.Kartu Hallo, 6.Speedy, 7.Leasing Sepeda Motor / Mobil, 8.Tiket Pesawat, 9.Voucer Game Online, 10.Telkom / Telepon, 11.PDAM, 12. Pulsa BOLT
    Dan masih banyak fitur / fasilitas lainnya

    Kenapa harus pakai PayTren ??

    Karena PayTren adalah…
    “1. Made in Indonesia,
    “2.Sofware pembayaran pertama yang benar 100% Indonesia,
    “3.Membuat HP kita mempunyai nilai tambah,
    “4.Selalu ada CASHBACK di setiap transaksi,
    “5.Tiap transaksi ada DANA SOSIAL / SEDEKAH,
    “6.Memudahkan kita dalam pembayaran tagihan2,
    “7.Biaya kemitraan masih terjangkau,
    “8.Halal dan Legal dan Bukan Money Game,
    “9.Tidak ada target penjualan dan potensi penghasilan didapat lebih besar,
    “10.Dapat diwariskan ke anak kita,
    “11.Pemilik dan pendirinya sampai sekarang adalah ” Ustad Yusuf Mansur ” PT. Veritra Sentosa Internasional

    JENIS PAKET LISENSI YG HARUS DIPILIH:

    1. Paket BASIC: harga 340 ribu, dapat 1 ID, dapat cashback 15 ribu, maksimal deposit 15 jt setelah verifikasi KTP.

    2. Paket SILVER: harga 990 ribu, dapat 3 ID, dapat cashback 125 ribu, maksimal deposit 15 jt.

    3. Paket GOLD: harga 2,290 juta, dapat 7 ID, dapat cashback 425 ribu, maksimal deposit 35 jt.

    4. Paket PLATINUM: harga 4,890 juta, dapat 15 ID, dapat cashback 1,125 juta, maksimal deposit 75 jt.

    5. Paket TITANIUM : harga 10,090 juta, dapat 31 ID, dapat cashback 2,3 juta, maksimal deposit 155 jt.

    *) ID = Jumlah Akun yg Anda miliki di PayTren

    CATATAN:
    a. Semua Paket dapat Hadiah Promo.
    b. Cashback Titanium langsung dibayarkan utk DP Umroh (Ustadz Yusuf Mansur juga punya Travel Haji Umroh Daqu Travel).

    Lakukan apapun dengan tepat, bukan hanya cepat. Keberhasilan tak bisa dihalangi jika yang kamu lakukan telah tepat.
    PayTren adalah solusi yg tepat bagi anda yg ingin berbisnis dengan mudah dan berkah

    Yang beniat daftar silahkan Daftar di

    http://www.leadersuksespaytren.com/robiah

    Butuh bantuan…
    LINE/WA : 087888984779
    BBM. : 7D1FA193
    Semoga Allah memberikan jalan untuk kita semua…aamiin

    #Pesan Ustadz Yusuf Mansyur :
    Gabung aja dulu..
    Insya Allah akan tahu
    manfa’atnya..

    Ingat Bayar Ingat Paytren

    Salam sukses berjamaah

  29. lestarina says:

    Setuju banget tadz..apalagi kalau pemimpin kita mau ajakin kiata sholat dan ngaji…

  30. Ainun jariah says:

    Peluang bisnis bersama Ustadz Yusup Mansur yaitu Paytren. Pendaftaran langsung buka web; ainun-treni.Blogspot.com atau bbm 7D09EE72, wa/sms 081380853500

  31. dream says:

    terimakasih ustadz artikelnya.
    Semoga kita semua bisa menjadi umatNya yang lebih baik. bisa bermanfaat bagi semua. Amin

  32. daryanto says:

    Bismillaahirrahmaanirrahim…
    Assalamualaikum….

    PAYTREN adalah PROYEK Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.

    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern, teknologi yang ditarik dari MASA DEPAN..!!!

    “Berbisnis sambil Bersedekah”

    Alhamdulillah…caranya tidak susah hanya menggunakan PONSEL kita bisa berbisnis dan bersedekah….
    ” JADI REJEKI NGALIR..AMAL IBADAH PUN NGALIR ”
    kapan lagi bisa berbisnis dengan banyak bonus sambil bersedekah…

    “PAYTREN”
    Sarana untuk bayar bayar dan beli beli sebagai upaya dapat lebih untuk cara cerdas beramal…
    Manfaat “PAYTREN” adalah dapat digunakan untuk :
    1.Pembayaran PLN Pasca, 2.Token PLN, 3.TV berbayar, 4.PULSA HP, 5.Kartu Hallo, 6.Speedy, 7.Leasing Sepeda Motor / Mobil, 8.Tiket Pesawat, 9.Voucer Game Online, 10.Telkom / Telepon, 11.PDAM, 12. Pulsa BOLT
    Dan masih banyak fitur / fasilitas lainnya

    Kenapa harus pakai PayTren ??

    Karena PayTren adalah…
    “1. Made in Indonesia,
    “2.Sofware pembayaran pertama yang benar 100% Indonesia,
    “3.Membuat HP kita mempunyai nilai tambah,
    “4.Selalu ada CASHBACK di setiap transaksi,
    “5.Tiap transaksi ada DANA SOSIAL / SEDEKAH,
    “6.Memudahkan kita dalam pembayaran tagihan2,
    “7.Biaya kemitraan masih terjangkau,
    “8.Halal dan Legal dan Bukan Money Game,
    “9.Tidak ada target penjualan dan potensi penghasilan didapat lebih besar,
    “10.Dapat diwariskan ke anak kita,
    “11.Pemilik dan pendirinya sampai sekarang adalah ” Ustad Yusuf Mansur ” PT. Veritra Sentosa Internasional

    JENIS PAKET LISENSI YG HARUS DIPILIH:

    1. Paket BASIC: harga 340 ribu, dapat 1 ID, dapat cashback 15 ribu, maksimal deposit 15 jt setelah verifikasi KTP.

    2. Paket SILVER: harga 990 ribu, dapat 3 ID, dapat cashback 125 ribu, maksimal deposit 15 jt.

    3. Paket GOLD: harga 2,290 juta, dapat 7 ID, dapat cashback 425 ribu, maksimal deposit 35 jt.

    4. Paket PLATINUM: harga 4,890 juta, dapat 15 ID, dapat cashback 1,125 juta, maksimal deposit 75 jt.

    5. Paket TITANIUM : harga 10,090 juta, dapat 31 ID, dapat cashback 2,3 juta, maksimal deposit 155 jt.

    *) ID = Jumlah Akun yg Anda miliki di PayTren

    CATATAN:
    a. Semua Paket dapat Hadiah Promo.
    b. Cashback Titanium langsung dibayarkan utk DP Umroh (Ustadz Yusuf Mansur juga punya Travel Haji Umroh Daqu Travel).

    Lakukan apapun dengan tepat, bukan hanya cepat. Keberhasilan tak bisa dihalangi jika yang kamu lakukan telah tepat.
    PayTren adalah solusi yg tepat bagi anda yg ingin berbisnis dengan mudah dan berkah

    Yang beniat daftar silahkan Daftar di

    http://www.leadertreni.net/daryanto

    Butuh bantuan…
    SMS : 085711904330
    LINE/WA : 085711904330(Luar Negeri)
    BBM : 545AE75E

    Semoga Allah memberikan jalan untuk kita semua…aamiin

    #Pesan Ustadz Yusuf Mansyur :
    Gabung aja dulu..
    Insya Allah akan tahu
    manfa’atnya..

    Ingat Bayar Ingat Paytren

    Salam sukses berjamaah

  33. Terima kasih atas tausiyahnya ustadz, sangat bermanfaat.

  34. Saya jalanin bisnis PayTren….ustadz. Insyaallah jd ibadah juga. Aamiin.

  35. ekay says:

    masyaallah bener tadz … insyaallah balance keduanya

  36. Assalamualaikum wr wb
    Pernahkah kita mencari tau mengapa perbankan mengubah tagline mereka dari “tingkatkan saldo anda” menjadi “tingkatkan transaksi anda” Dan taukah anda mengapa saat kita berbelanja di hypermarket atau minimarket selalu ditawari “isi pulsanya sekalian pak/Bu” JAWABANNYA SEDERHANA : “KEUNTUNGAN TRANSAKSI YG BESAR” PayTren menangkap peluang Emas dalam bisnis transaksi ini untuk bisa dinikmati oleh masyarakat luas, temukan rahasia mengubah tagihan dan cicilan bulanan anda menjadi income yg tidak anda duga sebelumnya dengan bergabung bersama PayTren.
    Apa aja yg didapat dengan bergabung bersama PayTren
    1. Aplikasi personal payment gateway all Transaction (Pulsa,PLN,TOKEN,BPJS,dan semua tagihan bulanan anda)
    2. Buku Ust. Yusuf Mansur atau Habs Pro (Herbal) atau 2 Botol Treni power (Penghemat BBM) Senilai 100rb.
    3. Saldo awal 15rb.
    4. Teknologi “Paytren messenger”semacam whatsapp, web onlLine shop ‘’belanjaqu.com
    5. Web replika
    6. Tool-tool marketing Pelatihan/Panduan Sosial Media for Bisnis
    7. Ebook-ebook, Audio dan Vidio Ust. Yusuf mansur.
    8. Dapat komunitas yg visioner dan agamis…
    9. Hak Usaha seumur hidup dan dapat diwariskan
    10. Program baru UMRAH Bagi Mitra Paytren.
    Dan Semua transaksi di PayTren bernilai sedekah karena semua keuntungan dari PayTren itu 100% disedekahkan
    Dapatkan juga keuntungan2 yg lainya seperti cashback dan bonus
    1.cashback transaksi pribadi
    2.cashback transaksi mitra sampai generasi ke10
    3.komisi sponsor sebesar 75rb apabila mendaftarkan mitra baru
    4.bonus pasangan Sebesar 25rb apabila terbentuk pasangan dijaringan kita
    5.bonus leadership mulai Dari smartphone,motor,Mobil,packet wisata,umroh sampe rumah mewah
    Ayo tunggu apalagi, Menunda join 1 hari berarti anda menunda kesuksesan anda
    Anda bisa daftar di http://leadertreni.net/wawankustiawan
    Atau klo masih ada yg mau ditanyakan dl anda bisa menghubungi
    Wawan kustiawan
    SMS/WA : 085860536673
    PIN BB : 7C983E71
    Salam sukses berjamaah bersama ustadz Yusuf mansyur…..

  37. SimaSakti says:

    Alhamdulillah nemu juga artikel tentang dunia dan agama
    keduanya memang harus balance dan saya setuju pak ustadz..
    Terima Kasih

  38. Semoga ustadz selalu di limpahkan rezeki dan kesehatan.
    TRAVEL UMROH TERBAIK

    TRAVEL HAJI DAN UMROH

  39. Bagus ke Allah, jelek ke manusia… ngga bagus.

    Bagus ke manusia, jelek ke Allah… ngga bagus.

    Jelek ke Allah, jelek ke manusia… Parrraaaahhh…

    Bagus ke Allah, bagus ke manusia… TOP.

  40. Setuju banget dengan artikel ini, karena kalau dunia dan agama di pisahkan, maka kehancuranlah yang akan terjadi, terima kasih ustad atas tausyiyahnya yang selalu menyejukan dan memotivasi saya.

Leave a Reply

facebook like