Keajaiban Sedekah 4

ilustrasi

Negeri ini punya dua masalah yang menempati urutan top ten. Satu, masalah hutang. Boleh dibilang hampir semua orang di negeri ini mempunyai hutang. Baik secara ril maupun tidak. Menurut analisis ekonomi bahwa sebelum lahir saja, dia sudah punya hutang.

Yang kedua masalah jodoh

Sekali lagi, sedekah memang luar biasa. Mereka yang miskin, dalam pengertian miskin dunia, insya Allah, Allah akan bikin kaya. Yang kaya, biar Allah bikin tambah barokah. Yang sakit, biar Allah bikin sehat. Yang sehat jadi terjaga kesehatannya. Ada ga yang punya hutang?

Nih para pembaca, perhatikan! Kite ngaji jangan pakai kuping, jangan pake mata, kita ngaji pake hati. Karena yang kita bicarain ini, demi Allah sesuatu yang bisa mengubah kehidupan kita.

Wa man qudiro rizquhu, falyunfiq mimmaa ataahullahu (siapa yang sedang disempitkan rizkinya, sedang banyak masalah, hutang ga kunjung kebayar, piutang ga kunjung ketagih, penyakit membayangi).

Fal yunfik mimmaa ataahullahu (maka berinfaklah dari apa-apa yang Allah berikan), ujung dari ayat itu, sayaj’alu Allahu ba’da ‘usrin yusro (Allah uubah kesulitan jadi kemudahan), yang punya hutang, Allah bebasin hutangnya, aamiin.

Yang belum berjodoh nih, yang belum kawin. Mudah-mudahan yang belum pada kawin, biar pada kawin. Aamiin.

Jadi saya punya kawan, sebut saja Iwan. Dia dateng ke seorang kyai, dia ngadu sama tuh kyai, “Pak Kyai, subhanallah, saya punya hutang rasanya ga kebayar.”

Ditanya sama tuh kyai, “Berapa hutangnya?”

70 juta

“Yah, baru 70,” gitu dia bilang.

“70 khan gede?”

“Tapi bagi Allah mah kagak. Bagi Allah ga ada yang besar….kecil! Allahu Akbar. Allah yang paling besar.

Tuulijul laila finnahaari wa tuulijun nahaara fil laili

Kalo Allah sanggup ngubah siang jadi malem, Allah bisa ubah malam jadi siang, kenapa Allah ga bisa ubah bangsa ini jadi bangsa yang lebih baik? Kenapa Allah ga bisa bayarin hutang kita? Insya Allah, Allah bisa bayarin hutang kita.

Lalu bagaimana nih, bagaimana perjalanan si Iwan yang saya sebut tadi? Bayarin dia punya hutang 70 juta. 

Para pembaca yang dirahmati Allah, sebenarnya Allah sudah memberikan jawaban buat kita semua, bagi setiap masalah yang dihadapi. Entah lah apapun masalahnya. Selama masalah kita hidup di dunia, semua masih bisa diubah. Cuman kadang ada yang mengerti jalannya, ada yang kagak. Ada yang paham, ada yang kagak. Ada juga yang mau melakukan, ada juga yang tidak. Begitu banyak jawaban yang Allah berikan. Memperbaiki sholat, memperbanyak istighfar,  termasuk yang kita bicarakan saat ini; yaitu dengan jalan bersedekah. (Tamat)

Sebelumnya:
1. http://yusufmansur.com/keajaiban-sedekah/
2. http://yusufmansur.com/keajaiban-sedekah-2/
3. http://yusufmansur.com/keajaiban-sedekah-3/

You may also like...

Leave a Reply