Kemenang Selenggarakan Pesantren Festival

 

pesantren festival

 

Yusufmansur.com – Kementrian Agama republik Indonesia menyelenggarakan acara khusus untuk para santri yang bertajuk Pesantren Festival. Acara ini berlangsung selama dua hari, tepatnya pada tanggal 10 dan 11 Desember 2015 di Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami, Jakarta.

Prof. Kamaruddin Amin selaku Dirjen Pendidikan Islam, Kementrian Agama membuka acara Pesantren Festival ini, Kamis (10/12) di Jakarta. Kamaruddin menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari Deklarasi Hari Santri yang dicanangkan Presiden Jokowi di Masjid Istiqlal, 22 Oktober lalu, dan untuk menyediakan sarana promosi serta memperkenalkan produk, hasil karya, dan kreativitas para santri.

Kegiatan ini ingin memperlihatkan bahwa santri tidak hanya mempelajari ilmu agama, fiqih, dan Bahasa Arab, tetapi juga mampu dalam dunia sains dan teknologi serta siap berkompetisi dengan lembaga pendidikan lainnya.

“Kami terus berinovasi merancang program untuk menstimulasi lahirnya karya santri yang bisa mengisi kekosongan jiwa dan mental masyarakat modern dengan kemasan seni dan budaya yang menenangkan jiwa,” kata Kamaruddin, seperti yang dikutip di republika.co.id.

Kamaruddin berharap suatu saat santri dapat menghasilkan karya yang spektakuler, seperti komponis Mozart, Beethoven, Bach, Chopin atau Scriabin. Karya musik klasik itu terbukti bertahan di sepanjang zaman bahkan menjadi bukti tingginya budaya sebuah masyarakat.

Ia pun menambahkan bahwa pesantren tidak cukup menjadi lembaga pendidikan saja, tetapi juga harus menghasilkan karya monumental yang mempunyai daya bius yang lebih kuat agar dapat mengarahkan masyarakat menuju kebermaknaan dan kebahagiaan hidup dunia dan akhirat.

Di satu sisi Sekjen Kementrian Agama, Prof. Nur Syam dalam sambutannya mewakili Menteri Agama menyampaikan bahwa santri harus menjadi pelopor dalam pembangunan karakter dan akhlak Muslim yang baik.

“Kalangan Pondok Pesantren harus terus mendorong peningkatan kualitas ibadah umat, sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang baik dan berakhlak mulia,” katanya, seperti yang dikutip di republika.co.id.

Acara Pesantren Festival ini diisi berbagai kegiatan, seperti stand-up comedy, lomba cipta karya hymne dan mars santri, lomba cipta lagu pop religi, lomba cipta film santri, dan lomba cipta logo Hari Santri. Kemudian juga menampilkan aneka produk dari delapan kategori pesantren, yakni pesantren teknologi, pesantren perdagangan, pesantren peternakan, pesantren perkebunan, pesantren koperasi, pesantren kewirausahaan, pesantren maritim atau perikanan, dan pesantren agribisnis.

 

(Sumber: republika.co.id)

You may also like...

1 Response

  1. siti mariam says:

    Assalamualaikum,,
    Ingin jadi pengusaha ?
    Berbisnis dan beramal bersama ustad yusuf mansur
    Gabung paytren skarang juga !!!

    Klik :
    http://www.treniuym.com/sitimariam
    WA 081290905925

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like