• home ym com


Kemerdekaan

Yusuf MansurYusuf Mansur saat kecil, diajak melihat pertunjukan theatre/drama: Fatahillah. Seorang panglima muslim yg ikut berjuang u/ kemerdekaan Indonesia. Dan berturut2 tiap tahun, selalu ada pagelaran. Diselenggarakannya bukan di TIM, Taman Ismail Marzuki.

Tapi di Istiqlal. Ayah kami, KH. Sanusi Hasan, yg membawa kami, saya dan kaka2 saya serta adik2 saya, u/ ikut melihat. Sekaligus melihat dan shalat di Istiqlal.

Kami yg saat itu memang masih kecil, takjub dg Istiqlal yang bercahaya. Istiqlal, kemerdekaan. Itulah artinya.

Sebagai bukan saja simbol dan perwujudan rasa syukur bangsa Indonesia thd kemerdekaan, tp juga spirit dan doa akan sebuah nama: Istiqlal. Merdeka.

Akhir2 ini, emosional nasionalisme terkoyak2. Sudah mah kita dirampok oleh perusahaan2 asing, kita pun dirampok oleh kawan-kawan dari negeri kita sendiri. Kita dimakan oleh orang yang tak kita kenal, wajar.

Tapi ini kita dimakan oleh mereka yang sama-sama mengaku: orang Indonesia. Perasan kita pun tercabik-cabik, saat kemudian belajar ttg banyak peluang bisnis, usaha, perdagangan, sumber daya alam, yang tidak diperuntukkan u/ sebanyak-banyaknya masyarakat.

Tp u/ kepentingan dirinya, dan segelintir orang di sekitarnya sendiri, atau lembaganya.

Alhamdulillaah, menjelang akhir hayatnya, ayah kami, KH. Sanusi Hasan, mengizinkan saya, atas restu orang2 tua di Istiqlal, kawan-kawan sejawat ayah, membolehkan kita semua bikin pengajian rutin di Istiqlal.

Saban ahad ke-4, saban bulannya. Dimulai jam 7pg. Sampe zuhur.

Subhaanallaah. Setelah 1x pengajian, ayah kami jatuh sakit. Persis di pengajian kedua, 1hr sebelumnya, ayah meninggal dunia. Dan kami berterima kasih, kwn-kwn jamaah bisa ikut menyalatkan ayah.

Subhaanallaah. InsyaaAllah, untuk bulan Maret, jatuh pengajian ini pada tgl 24.

Semoga kawan-kawan bisa ikut meramaikan, sama-sama berdoa dan mengaji, u/ kita, keluarga kita, Indonesia, dengan segenap persoalannya, dan u/ dunia muslimiin seluruh dunia.

Salam hormat, ditunggu kehadirannya di Istiqlal setiap bulannya. Yg besok ini hitung2 pemanasan dari acara GBK tgl 30 Maret, wisuda akbar, wisuda ODOA.

Semua yg hafal Qur’an, yg baru ngafal, dan yg baru kepengen ngafal, turut hadir dan meramaikan. InsyaaAllah menjadi berkah buat semua.

Triring doa u/ negeri trcinta, Indonesia. Agar ttp Istiqlal dan bnr2 Istiqlal…

 

Salam,

 

Yusuf Mansur.

You may also like...

11 Responses

  1. andi wibowo says:

    Ustad ada salam dari ibu saya namanya ibu suhanah minta doanya ia ustad agar kami bisa berangkat umroh sekeluarga. Amin

  2. Muhammad yusuf al mansur says:

    YA ALLAH, Engkaulah yang maha melihat,maha mendengar, dan maha mengetahui, bahwasanya kami telah menghapal 4 surat yang engkau rahmati, dan sesungguhnya kami ingin mengikuti WISUDA AKBAR, namun kami belum mempunyai biaya untuk pergi kesana YA ALLAH, maka kami mohon padamu YA ALLAH satukanlah hati kami dengan seluruh saudara-saudara kami yang mengikuti WISUDA AKBAR tersebut YA ALLAH. amin

  3. eddy setiawan says:

    Assalamu’alaikum Ustadz,

    Tad, kami pingin ikut hadir juga rutin setiap bulannya. Tapi bgmn mungkin, kami tinggal di Samarinda…

    Usulan Tad, gimana kalau Ustad juga hadir di salah satu mesjid setiap kota melalui siaran langsung? Kami akan hadir di mesjid menyaksikannya melalui layar lebar… kami juga pingin ikut “langsung” walau dari jarak jauh. Itung2 spt menghadiri majelis ta’lim… nanti di mesjid tsb juga dibarengi dgn kegiatan lainnya.. yg juga Ustad punya acara… pengurus wisata hati setempat lah yg mengurusnya…

    Semoga ini menjadi salah satu amal ibadah kami. Semoga Allah meridhai… juga sbg ungkapan kecintaan kami kepada guru kami, Ustad YM, utk bisa selalu hadir di hadapan kami. Semoga Allah berkehendak atas saya n keluarga utk bisa bertatap muka langsung lagi dgn Ustad. Amin ya Rabb…

    Wassalam,

    Eddy – Samarinda.

  4. suhendang ar razak says:

    pak ustadz Yusuf Mansyur yang terhormat,

    Mohon doanya untuk istri saya, Siti Marfuah yang insyaallah di akhir juni akan melahirkan.
    Mudah – mudahan di berikan kemudahan dan kelancaran dalam melahirkan,
    Dan dapat melahirkan secara normal, serta diberikan anak yg tahfidz Alquran.
    Aamiin……………….
    Mohon doanya pak ustadz.

  5. subhana says:

    Assalamu alaikum…ustadz untuk kajian bulanan , bulan juni nanti dimana ya? tgl berapa? Insya Allah jama’ah kami akan rutin hadir…syukron

  6. usep.halim says:

    Dgn asmaNYA yg mencintai & menyayangi sgl machluk yg ada dlm kehidupan dunia ini,pujian hanya bagiNYA,-ustd muda YUSUF MANSUR benar sekali bahwa hidup kita ini harus MERDEKA sebab ALLAH telah memberikanya kemerdekaan untuk memilih KEHIDUPAN dlm PENGABDIAN/PERIBADATAN,Bagi mereka yg mau mengikuti perintahnya dg petunjuk Al-Qur’an dilaksanakan dg conto/teladan pembawa risalahNYA ROSULULLOH maka dialah yg telah memilih aturan hidup yg akan mengantatrkan pada KEBAHAGIAN dunia juga ahirat.-Ustd YUSUF MANSUR seperti penjelasan ustd diatas kemerdekaan kita sudah tergadaikan terutama dlm penanganan hidup yg namanya EKONOMI utk memenuhi hajat yg paling dasar yaitu makan&minum(pangan),sandang(pakaian) juga papan(perumahan) semuanya sdh dikuasai oleh mereka yg KEMARUK pada harta dan kekuasaan tak bertanggung jawab pd keseimbangan dan pemerataan aktipitas kehidupan,utk itu ustd pelopori pembangunan ekonomi umat bangun LEMBAGA2 KEUANGAN SYARIAH,PASAR2 SYARIAH,RUMAH SAKIT SYARIAH,AKTIPITAS2 yg berdasar SYARIAH,himpun dan bangun KERJKA SAMA antara para ustd2 muda membuat kekuatan seperti yg dijangjikan ALLAH swt.insya ALLAH hanya dg BERSATUNYA umat dlm aktipitas pengedalian MAL/HARTA akan terwujud ISTIQLAL KEHIDUPAN MUSLIM.

  7. Witri says:

    Ustad kajian bulanan bln juli di istiqlal jatuh di tanggal berapa?

  1. Apr 2, 2013

    […] Source : http://yusufmansur.com […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.