Kenapa Hidupnya Tetap Sulit? Kenapa Pertolongan Allah Ga Datang?

berdoa

Pembekalan Cara Allah kepada Nabi dan RasulNya, Muhammad sholla ‘alaih, juga begitu. Para Nabi & Rasul diceritakan perjuangannya oleh Allah. Supaya NabiNya kuat. Supaya RasulNya ini, yakni Nabi Muhammad, Rasulullaah Muhammad, kuat. Adakalanya Allah langsung menjawab doa Nabi. Adakalanya Nabi dibiarkanNya belajar. Justru agar menjadi kuat.

Seorang anak kecil, yang sedang belajar jalan. Jika sering ditolong, dia ga akan belajar merangkak lagi, ga akan belajar berdiri lagi ketika jatuh, ga akan belajar survive. Seorang anak kecil yang berantem sama kawannya, berseteru dengan kawannya, ada masalah di pelajarannya, bila kemudian ayah ibu sayangnya salah, yakni terlalu cepet ikut campur, terlalu cepet ambil bagian menolong, bahkan kadang sampe tuntas, maka anak ga akan banyak bank emosinya. Ga akan dewasa-dewasa.

Kadang, dibiarkan, tentu pembiarannya, bukan cuek loh ya, maka anak akan bagus secara natural. Pake celana, ya disediakan aja celananya. Tar juga bisa sendiri. Jangan dipakein melulu. Makan, misalnya. Agenda makan. Koq ya disiapin melulu. Bahkan sampe cuci piring ga dilibatkan tuh anak-anak. Wah ya jadi manja. Dan dijamin makannya ga akan beres. Di pesantren, kenapa jadi mandiri dan dewasa? Ga ada ortunya. Ga ada ayah ibunya. Dipaksa dan terpaksa, secara sistem kepesantrenan, untuk mandiri.

Allah menyiapkan potret segala Nabi dan Rasul sebelum Nabi Muhammad, untuk penguat hati, dan pelajaran bagi Nabi Muhammad. Ada yang anaknya sholeh sholehah. Ada yang anaknya durhaka. Ada yang penyabar, ada yang peragu dan suka nanya. Ada yang ga pake nanya, jalan aja. Bahkan ada yang mencari. Seperti Nabi Ibrahim. Mencari. Ada yang penjahit. Ada yang tukang kayu. Ada yang miskin. Ada yang kaya. Komplit. Semua potret para Nabi dan Rasul, diberikan oleh Allah. Juga aneka sahabat-sahabat para Nabi dan Rasul terdahulu sebelum Nabi Muhammad.

Demikian juga potret keadaan ummat-ummatnya. Lengkap. Sebisa mungkin saya juga begitu dalam menyajikan ilmu dan pengajaran, wawasan dan hikmah. Bermacam-macam.

Dia memperbaiki dirinya. Banyak ibadah dia lakukan. Yang sering dipertanyakan kemudian oleh orang-orang: Koq kenapa hidupnya tetap sulit? Kenapa Pertolongan Allah ga datang? Atau belum datang? Baca selanjutnya

You may also like...

5 Responses

  1. moh nurudin says:

    Mari instal aplikasi paytren .info lebih lanjut hubungi wa:085742128337

  2. Assalamualaikum
    Berbisnis sambil bersedekah bareng paytren Ustadz Yusuf Mansyur
    Apapun profesi nya semua bisa gabung
    Info lebih lanjut
    Whatsapp: 082214288518
    Pin bbm : D67A0556

    Atau bisa di pelajari di https://goo.gl/BiMW1e

  3. andika says:

    Makasih tadz mudah mudahan saya dan kami semua bisa istiqomah

    Andika dari Bogor
    http://jual-fiforlif.com

  4. IinSartika says:

    Mau berbisnis sambil bersedekah?
    Yuk daftar PayTren saja.
    Ownernya Ustadz Yusuf Mansur.
    In shaa Allah sukses bisnisnya berkah hidupnya.

    Info klik http://goo.gl/sGKfY0
    BBM : D55EED6A
    WA : 087885001264

  5. Sri Winarni says:

    Assalamualaikum
    Berbisnis sambil bersedekah bareng paytren Ustadz Yusuf Mansyur
    Apapun profesi nya semua bisa gabung
    Info lebih lanjut
    Whatsapp: 08813543885

    Atau bisa di pelajari di https://www.bestpaytren.com/sriwinarni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like