• home ym com


Khataman

 

 anak-membaca-al-quran

 

Prinsip makan. Sesendok-sesendok. Sesuap-sesuap. Khatamin Quran juga gitu. Sehalaman-sehalaman. Tar juga lama-lama habis. Latihan nih dari sekarang. Jangan tunggu nanti Ramadhan. Ibarat latihan, dari sekarang latihannya. Tar masuk Ramadhan, sprint.

Al Quran itu 604 halaman. Rata-rata mushaf pojok. Kalo setiap habis shalat fardhu, satu halaman? satu hari, 5 halaman. 604 bagi 5? Berapa?

Kalo setiap habis sholat, dua halaman? satu hari 10 halaman. 604 bagi 10? Berapa hari tuh khatam? Tingkatin lagi. Empat halaman setiap habis sholat. Berapa hari bisa khatam?

Yang harus diperhatikan, bacanya jangan ngebut-ngebut. Dibawa santai. Sebab itu Quran, wahyu Allah. Kalam-Nya. Anggap lagi bicara sama Allah. Jangan kayak lagi ngejar target. Tapi ga usah lambat banget. Diatur speed-nya.

Ini soal manajemen waktu juga koq. Segera rapihin pekerjaan, dagangan, meeting-meeting, agenda-agenda. Supaya sebelum azan udah standby untuk shalat. Kalau sebelum azan shalat, dah siap shalat, maka bisa tuh baca 1 sampe 2 halaman. Nanti habis shalat, baca lagi 1 sampe 2 halaman. Sebulan khatam. Ntar sampe lebaran, bisa 3 kali khatam, kalo bacanya dari sekarang. Dan jadi ga ngos-ngosan. Sebab dah latihan.

Itu belum dihitung kalo baca di busway, di kereta. Asal jangan baca pas nyetir motor. Nabrak, he he he. Belum dihitung pula baca di tahajjud dan dhuha. Kalau plus tahajjud dan dhuha, wow… Bisa 10 kali sampe syawal atau lebaran. Sip.

Yang lebih keren, kalau sekalian baca terjemahannya. Ga nyita waktu koq. Keren. Bisa sekalian ngatamin artinya. Minimal pernah baca.

Tar kalau udah terbiasa baca Quran, bisa ditingkatin jadi satu hari satu juz. TOP.

Yang ini, debatable: Untuk perempuan haidh, pengen ga berhenti baca, ambil Quran terjemahan. Baca Quran yang terjemahan aja.

Sebab kalo dijeda dengan haidh, emang masyaAllah, suka kering rohani para wanita, sungguhpun ada wirid-wirid atau zikir-zikir yang mutlak dibolehkan.

Yang dibolehkan saat haidh itu macam baca shalawat. Tapi kalau kangen baca Quran, ya baca aja yang ada terjemahannya.

Tapi yang tadi tuh, debatable. Inget ya peraturannya, kalo beda, kalem. Jangan pake urat. Hargai yang lain, yang beda.

Apabila non muslim, seorang perempuan, calon muslimah, pengen masuk Islam, kan kepengen juga pelajarin Quran.

Fiqh bisa lentur, hingga dia boleh mempelajari Quran, dan mempelajarinya. Apalagi wanita-wanita yang emang muslimah duluan.

Tapi perhatikan tetap adabnya. Jika memang dalam keadaan dimungkinkan, ya harus wudhu, harus tertib adab dalam baca Quran.

Ok, coba mulai dari sekarang khatamkan Quran. Dengan artinya kalo bisa ya… Quran itu rizki. Makin dibaca, makin banyak rizki.

Setiap satu hurufnya, keberkahan. Setiap satu hurufnya kebaikan. Setiap satu hurufnya punya ganjaran yang luar biasa. Dunia akhirat.

Bila Quran dibaca sama yang berhutang, insyaAllah dia bakal dikasih jalan keluar. Asal sabar. Jangan baru baca satu hal, minta di-take over.

Dilakonin aja dulu baca Quran tuh. Keruan ga nemu jalan, ga ada ikhtiar lagi sementara, ya sibukkan diri dengan baca Quran.
Bila belum punya jodoh, wuah, baca Quran keren banget dalam mengundang datangnya jodoh. Syarat dan ketentuan berlaku… He he he he.

Kalau pengen minta, pengen doa, sebaik-baiknya doa adalah yang disertai amal saleh. Sebaik-baik amal saleh di antaranya baca Quran.

Jadi baca Quran itu akan menjadi wasilah terbukanya jodoh buat yang lagi minta jodoh. Energi pendorong doa, Quran.

Sebelum baca Quran, doa. “Ya Allah, Yang Maha Baik, saya mau baca Quran. Kasih hadiah yaaa… Saya kesepian niiiyyy. Saya butuh jodoh. Usia udah 30-an… Yang lain udah punya 2 sampe 3 anak. Saya? Yang bbm nanya status juga ga ada… Hiks hiks…

Di hadapan Allah, yang nurunin Quran, doaaaaaaa terus. Sambil di tangan, Quran yang siap dibaca. “Ya Allah, beneran nih. Hati lagi galau. Emak nanya mulu kapan Luh nikah… Ya Allah, kasih saya jodoh yang bisa ngajarin Quran. Kasih jodoh yang bisa bareng-bareng baca dan belajar Quran. Balapan khataman… Kalo bisa, sebelum Ramadhan udah ada kepastian…

Panjangin doanya, sebelum baca Quran. InsyaAllah ada yang negor… Emaknye negor… “Woiii Neeenggg… Kapan bacanya…???”

Jeggeeeeerrr…. Neng tersipu malu… “Eh, Emaaakkk… Maaf ya, tadi nyebut-nyebut Emak… Tapi emang bener, Emak nanyain muluuu…”

Sebelom baca, sesudah baca, doa. Doa apa aja. Untuk keperluan apa aja. Allah seneng banget sama yang baca Quran dan doa.

Bayangin nih. Kita lagi di rumah orang kaya. Pimpinan kita. Lagi asyik-asyik ngobrol, kita ingat, bini sama anak, blm makan.

Kita pamit. “Bos, saya mau pamit dulu. Istri sama anak-anak belum makan.” Bos tersebut bilang, “Tenang aja. Udah, tetep duduk di sini. Ngobrol sama saya. Tar istri situ sama anak-anak, saya akan suruh orang buat urus makannya…” Nah, sama Allah lebih dari itu. Kita lagi baca Quran, itu sama dengan sedang bicara sama Allah. Tar Allah urusin urusan kita. TOP kan?

Ok, pamit dulu. Salam sama temen-temen sekantor. Sekantor?

Iya. Sekampus juga, sepabrik… Wuah…. Gimana caranya…?

Tar sebelum pada pulang, duluin. Tunggu kawan-kawan semua di pintu gerbang. Yang pada pulang, salam-salamin. Jabat tanganin semuanya…

“Ada salam, dari Yusuf Mansur…”. Gitu… Jangan lupa, sambil senyum…

Kalo perlu, tulisan ini, prin. Fotokopi bentaraan. Bagiin deh di pintu gerbang keluar kantor, kampus, pabrik…

Supaya pada khatamin Quran.

Atau mampir ke radio terdekat di kota Anda. Pamit sama penyiarnya. “Mau bacain tulisannya ustadz…”

Tar penyiarnya nanya… “Ustadz siape…?”

“Ustadz Yusuf Mansur…”

Penyiarnya bilang, “Woooiii… Telat woi… Udah Gue bacain. Gue kan juga baca…”. He he. *kalem. *ga pake urat.

Ok, cari cara untuk nyebarin tulisan ini ya. Untuk yg belum punya anak, belum punya rumah, dan lain-lain., buru Quran… Wass…

You may also like...

7 Responses

  1. Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuuh

    Permisi izin promo,,,,
    Bismillahhirrohmaanirrohiim

    ” BISNIS PAYTREN” ANEH TAPI NYATA

    *- Ada ibu rumah tangga memiliki 3 anak kecil tapi penghasilanny a tembus 2 juta perminggu, tanpa keluar rumah. 
    *- Ada TKI yang kerja hampir 24 jam di negeri sebrang, tapi bisa tembus Star leader dgn cepat hanya kerja via HP…
    *- Ada kuli bangunan yg gaptek tapi mampuh meraih reward mobil Rush, berpenghasilan 25 juta perminggu.
    □”Modal 1 x….
    □Produk sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari… 
    □Cocok untuk anda yg tidak punya banyak waktu dan ingin punya bisnis rumahan. □Alhamdulillaah PT.TRENI sudah Diakui oleh pemerintah RI, sudah menjadi anggota APLI, Sudah ada izin dr OJK dan sertifikat Halal dr Dewan Syariah.. 
    #- Kejutan itu hanya terjadi di PAYTREN Ustadz Yusuf Mansur…. Ini bukti bahwa paytren tidak mengenal latar belakang apapun…. siapapun bisa menjalankan bisnis ini, orang kantoran, pensiunan, mahasiswa, pria, wanita bahkan ibu rumah tangga yg tidak kenal internet pun bisa sukses menjalankan bisnis ini. Jadi nggak ada alasan lagi dong untuk tidak daftar paytren… 
    ®- Segera manfaatkan peluang emas ini…
    PASTIKAN ANDA BERGABUNG SEKARANG JUGA. INSYA ALLOH 1-2 TAHUN KEDEPAN AKAN MENJADI PERUBAHAN BESAR DALAM HIDUP ANDA.
    √- Semoga yg bergabung diberikan kesehatan, keselamatan dunia akhirat, dan dimudahkan rezekinya…. Aamiin Yaa Robbal ‘Alamiin @- Pesan Ustadz Yusuf Mansur, gabung aja dulu…. rasakan manfaatnya, terutama bagi sahabat dumay yang belum memiliki pekerjaan/ sahabat yg mmiliki banyak waktu luang, jadikan hp anda sumber penghasilan pundi pundi rupiah..

    MAU DAFTAR SEKARANG

    Silahkan Kujungi :klik http://leadertreni.net/khasanah
    WA :+886955285449
    Bb:7B398CAD

  2. SUPANTO says:

    Bismillaahirrahmaanirrahim…
    Assalamualaikum….

    PAYTREN adalah PROYEK Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.

    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern, teknologi yang ditarik dari MASA DEPAN..!!!

    “Berbisnis sambil Bersedekah”

    Alhamdulillah…caranya tidak susah hanya menggunakan PONSEL kita bisa berbisnis dan bersedekah….
    ” JADI REJEKI NGALIR..AMAL IBADAH PUN NGALIR ”
    kapan lagi bisa berbisnis dengan banyak bonus sambil bersedekah…

    “PAYTREN”
    Sarana untuk bayar bayar dan beli beli sebagai upaya dapat lebih untuk cara cerdas beramal…
    Manfaat “PAYTREN” adalah dapat digunakan untuk :
    1.Pembayaran PLN Pasca, 2.Token PLN, 3.TV berbayar, 4.PULSA HP, 5.Kartu Hallo, 6.Speedy, 7.Leasing Sepeda Motor / Mobil, 8.Tiket Pesawat, 9.Voucer Game Online, 10.Telkom / Telepon, 11.PDAM, 12. Pulsa BOLT
    Dan masih banyak fitur / fasilitas lainnya

    Kenapa harus pakai PayTren ??

    Karena PayTren adalah…
    “1. Made in Indonesia,
    “2.Sofware pembayaran pertama yang benar 100% Indonesia,
    “3.Membuat HP kita mempunyai nilai tambah,
    “4.Selalu ada CASHBACK di setiap transaksi,
    “5.Tiap transaksi ada DANA SOSIAL / SEDEKAH,
    “6.Memudahkan kita dalam pembayaran tagihan2,
    “7.Biaya kemitraan masih terjangkau,
    “8.Halal dan Legal dan Bukan Money Game,
    “9.Tidak ada target penjualan dan potensi penghasilan didapat lebih besar,
    “10.Dapat diwariskan ke anak kita,
    “11.Pemilik dan pendirinya sampai sekarang adalah ” Ustad Yusuf Mansur ” PT. Veritra Sentosa Internasional

    JENIS PAKET LISENSI YG HARUS DIPILIH:

    1. Paket BASIC: harga 340 ribu, dapat 1 ID, dapat cashback 15 ribu, maksimal deposit 15 jt setelah verifikasi KTP.

    2. Paket SILVER: harga 990 ribu, dapat 3 ID, dapat cashback 125 ribu, maksimal deposit 15 jt.

    3. Paket GOLD: harga 2,290 juta, dapat 7 ID, dapat cashback 425 ribu, maksimal deposit 35 jt.

    4. Paket PLATINUM: harga 4,890 juta, dapat 15 ID, dapat cashback 1,125 juta, maksimal deposit 75 jt.

    5. Paket TITANIUM : harga 10,090 juta, dapat 31 ID, dapat cashback 2,3 juta, maksimal deposit 155 jt.

    *) ID = Jumlah Akun yg Anda miliki di PayTren

    CATATAN:
    a. Semua Paket dapat Hadiah Promo.
    b. Cashback Titanium langsung dibayarkan utk DP Umroh (Ustadz Yusuf Mansur juga punya Travel Haji Umroh Daqu Travel).

    Lakukan apapun dengan tepat, bukan hanya cepat. Keberhasilan tak bisa dihalangi jika yang kamu lakukan telah tepat.
    PayTren adalah solusi yg tepat bagi anda yg ingin berbisnis dengan mudah dan berkah

    Yang beniat daftar silahkan Daftar di, http://leadertreni.net/antoalqornimansur

    Butuh bantuan…
    sms : 081808066555
    BBM : 5B4CE1D2
    Semoga Allah memberikan jalan untuk kita semua…aamiin

    #Pesan Ustadz Yusuf Mansyur :
    Gabung aja dulu..
    Insya Allah akan tahu/ /
    manfa’atnya..
    Ingat Bayar Ingat paytren
    Salam sukses berjamaah.

  3. kalo kaya gitu…. boleh saya copy untuk di blog saya nih pak ustadz…. mohon izin untuk copy ya….

  4. deni says:

    Assalamaualaikum.wr.wb.

    PayTren itu apa ?
    Seumur hidup kita belanja listrik, pulsa, tiket pesawat, bayar bpjs dll, ADA atau TANPA PayTren anda sdh melakukannya dan akan terus melakukan sepanjang hidup.

    PayTren hanya mengubah tradisi belanja anda….

    Belanja2 pulsa, listrik, tiket dll yg sebelumnya ke tempat lain PINDAHKAN ke hp/smartphone pribadi.

    Kenapa sy harus pindah belanja ke PayTren ?

    Beli pulsa dpt pulsa itu sudah biasa….

    Tapi beli pulsa dpt pulsa, dpt cashback, dpt pahala, kumpul dg komunitas positip, dpt tausyiah harian yg fresh lgs dr UYM dan dpt penghematan biaya, itu baru LUAR BIASAAA.

    Dan itu hanya ada di PayTren…

    Apa PayTren bisa menghasilkan income buat saya ?

    Jika anda sdh berhasil ubah tradisi belanja pribadi, silahkan ajak semua kawan2 anda pake aplikasi PayTren.

    Disini ada fee marketing yg sangat menggiurkan, pulsa gratis, listrik gratis, hp gratis, motor gratis, mobil gratis, rumah gratis dll, sdh menanti bagi anda yg serius pasarkan PayTren.

    Tanya saya bagaimana mendaftar PayTren !!

    Info tentang paytren klik http://www.leadertreni.net/denis

    Chatt Me Now !!
    WA : 085693025519
    BB : 5CA3F537

  5. USWAH says:

    Bismillaahirrahmaanirrahim…
    Assalamualaikum….

    PAYTREN adalah PROYEK Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.

    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern, teknologi yang ditarik dari MASA DEPAN..!!!

    “Berbisnis sambil Bersedekah”

    Alhamdulillah…caranya tidak susah hanya menggunakan PONSEL kita bisa berbisnis dan bersedekah….
    ” JADI REJEKI NGALIR..AMAL IBADAH PUN NGALIR ”
    kapan lagi bisa berbisnis dengan banyak bonus sambil bersedekah…

    “PAYTREN”
    Sarana untuk bayar bayar dan beli beli sebagai upaya dapat lebih untuk cara cerdas beramal…
    Manfaat “PAYTREN” adalah dapat digunakan untuk :
    1.Pembayaran PLN Pasca, 2.Token PLN, 3.TV berbayar, 4.PULSA HP, 5.Kartu Hallo, 6.Speedy, 7.Leasing Sepeda Motor / Mobil, 8.Tiket Pesawat, 9.Voucer Game Online, 10.Telkom / Telepon, 11.PDAM, 12. Pulsa BOLT
    Dan masih banyak fitur / fasilitas lainnya

    Kenapa harus pakai PayTren ??

    Karena PayTren adalah…
    “1. Made in Indonesia,
    “2.Sofware pembayaran pertama yang benar 100% Indonesia,
    “3.Membuat HP kita mempunyai nilai tambah,
    “4.Selalu ada CASHBACK di setiap transaksi,
    “5.Tiap transaksi ada DANA SOSIAL / SEDEKAH,
    “6.Memudahkan kita dalam pembayaran tagihan2,
    “7.Biaya kemitraan masih terjangkau,
    “8.Halal dan Legal dan Bukan Money Game,
    “9.Tidak ada target penjualan dan potensi penghasilan didapat lebih besar,
    “10.Dapat diwariskan ke anak kita,
    “11.Pemilik dan pendirinya sampai sekarang adalah ” Ustad Yusuf Mansur ” PT. Veritra Sentosa Internasional

    JENIS PAKET LISENSI YG HARUS DIPILIH:

    1. Paket BASIC: harga 340 ribu, dapat 1 ID, dapat cashback 15 ribu, maksimal deposit 15 jt setelah verifikasi KTP.

    2. Paket SILVER: harga 990 ribu, dapat 3 ID, dapat cashback 125 ribu, maksimal deposit 15 jt.

    3. Paket GOLD: harga 2,290 juta, dapat 7 ID, dapat cashback 425 ribu, maksimal deposit 35 jt.

    4. Paket PLATINUM: harga 4,890 juta, dapat 15 ID, dapat cashback 1,125 juta, maksimal deposit 75 jt.

    5. Paket TITANIUM : harga 10,090 juta, dapat 31 ID, dapat cashback 2,3 juta, maksimal deposit 155 jt.

    *) ID = Jumlah Akun yg Anda miliki di PayTren

    CATATAN:
    a. Semua Paket dapat Hadiah Promo.
    b. Cashback Titanium langsung dibayarkan utk DP Umroh (Ustadz Yusuf Mansur juga punya Travel Haji Umroh Daqu Travel).

    Lakukan apapun dengan tepat, bukan hanya cepat. Keberhasilan tak bisa dihalangi jika yang kamu lakukan telah tepat.
    PayTren adalah solusi yg tepat bagi anda yg ingin berbisnis dengan mudah dan berkah

    Yang beniat daftar silahkan Daftar di

    http://leadertreni.net/uswakh

    Butuh bantuan…
    SMS :085726788378/082322361393
    WA:085726788378
    BBM: 5B20c833
    Semoga Allah memberikan jalan untuk kita semua…aamiin

    #Pesan Ustadz Yusuf Mansyur :
    Gabung aja dulu..
    Insya Allah akan tahu
    manfa’atnya..

    Ingat Bayar Ingat Paytren

    Salam sukses berjamaah

  6. IinSartika says:

    Mau berbisnis sambil bersedekah?
    Ayo gabung saja di PayTren Ustad Yusuf Mansur.
    Inshaa Allah berkah.
    Info klik http://goo.gl/sGKfY0
    BBM : 5A6CFBEE
    WA : 087885001264

  7. Ris Isnaini says:

    Bismillaahirrahmaanirrahim…
    Assalamualaikum….

    PAYTREN adalah PROYEK Revolusi digital yang dibangun oleh Ustad Yusuf Mansur, mungkin saya-anda-kita semua TAK PERNAH MEMIKIRKANNYA.

    Mari Kita Belajar Bagaimana Menangkap Peluang.
    Sesuatu yang baru, yang unik, yang modern, teknologi yang ditarik dari MASA DEPAN..!!!

    “Berbisnis sambil Bersedekah”

    Alhamdulillah…caranya tidak susah hanya menggunakan PONSEL kita bisa berbisnis dan bersedekah….
    ” JADI REJEKI NGALIR..AMAL IBADAH PUN NGALIR ”
    kapan lagi bisa berbisnis dengan banyak bonus sambil bersedekah…

    “PAYTREN”
    Sarana untuk bayar bayar dan beli beli sebagai upaya dapat lebih untuk cara cerdas beramal…
    Manfaat “PAYTREN” adalah dapat digunakan untuk :
    1.Pembayaran PLN Pasca, 2.Token PLN, 3.TV berbayar, 4.PULSA HP, 5.Kartu Hallo, 6.Speedy, 7.Leasing Sepeda Motor / Mobil, 8.Tiket Pesawat, 9.Voucer Game Online, 10.Telkom / Telepon, 11.PDAM, 12. Pulsa BOLT
    Dan masih banyak fitur / fasilitas lainnya

    Kenapa harus pakai PayTren ??

    Karena PayTren adalah…
    “1. Made in Indonesia,
    “2.Sofware pembayaran pertama yang benar 100% Indonesia,
    “3.Membuat HP kita mempunyai nilai tambah,
    “4.Selalu ada CASHBACK di setiap transaksi,
    “5.Tiap transaksi ada DANA SOSIAL / SEDEKAH,
    “6.Memudahkan kita dalam pembayaran tagihan2,
    “7.Biaya kemitraan masih terjangkau,
    “8.Halal dan Legal dan Bukan Money Game,
    “9.Tidak ada target penjualan dan potensi penghasilan didapat lebih besar,
    “10.Dapat diwariskan ke anak kita,
    “11.Pemilik dan pendirinya sampai sekarang adalah ” Ustad Yusuf Mansur ” PT. Veritra Sentosa Internasional

    JENIS PAKET LISENSI YG HARUS DIPILIH:

    1. Paket BASIC: harga 340 ribu, dapat 1 ID, dapat cashback 15 ribu, maksimal deposit 15 jt setelah verifikasi KTP.

    2. Paket SILVER: harga 990 ribu, dapat 3 ID, dapat cashback 125 ribu, maksimal deposit 15 jt.

    3. Paket GOLD: harga 2,290 juta, dapat 7 ID, dapat cashback 425 ribu, maksimal deposit 35 jt.

    4. Paket PLATINUM: harga 4,890 juta, dapat 15 ID, dapat cashback 1,125 juta, maksimal deposit 75 jt.

    5. Paket TITANIUM : harga 10,090 juta, dapat 31 ID, dapat cashback 2,3 juta, maksimal deposit 155 jt.

    *) ID = Jumlah Akun yg Anda miliki di PayTren

    CATATAN:
    a. Semua Paket dapat Hadiah Promo.
    b. Cashback Titanium langsung dibayarkan utk DP Umroh (Ustadz Yusuf Mansur juga punya Travel Haji Umroh Daqu Travel).

    Lakukan apapun dengan tepat, bukan hanya cepat. Keberhasilan tak bisa dihalangi jika yang kamu lakukan telah tepat.
    PayTren adalah solusi yg tepat bagi anda yg ingin berbisnis dengan mudah dan berkah

    Yang beniat daftar silahkan Daftar di

    http://www.leadertreni.net/risisnaini

    Butuh bantuan…
    SMS : 083813940255
    LINE/WA : +6283813940255(Luar Negeri)
    BBM : 5A0F17C7

    Semoga Allah memberikan jalan untuk kita semua…aamiin

    #Pesan Ustadz Yusuf Mansyur :
    Gabung aja dulu..
    Insya Allah akan tahu
    manfa’atnya..

    Ingat Bayar Ingat Paytren

    Salam sukses berjamaah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.