Kisah Kang Jama dari Sukabumi Menjadi Bintang Kebaikan Penyebar Sejuta Buku

Sukabumi

Jarum jam dinding menunjuk angka enam. Matahari belum tampak, bulan pun masih samar-samar muncul tipis ketika Jama Rahmatulloh berangkat dari rumahnya menuju Depok tepatnya ke kantor Buku Yusuf Mansur. Dia berniat mengambil paket lengkap Sebar Sejuta Buku untuk diberikan kepada sebuah perpustakaan di dekat rumahnya.

Kang Jama, begitu dia biasa disapa, mengestimasikan perjalanan berlangsung selama tiga jam. Perjalanan yang harus ditempuh Kang Jama juga cukup rumit karena dia menggunakan transportasi umum. Pertama, dia harus naik Colt jurusan Sukabumi-Bogor dan berhenti di Stasiun Bogor. Dari Stasiun Bogor, dia naik Kereta Rel Listrik menuju Stasiun Pondok Cina. Kemudian dia harus menggunakan ojek online untuk bisa sampai ke kantor Buku Yusuf Mansur yang terletak di bilangan Jalan Juanda, Depok. Tapi, itu tidak mengurangi semangat Kang Jama untuk berbuat kebaikan mengambil buku kemudian menyalurkannya kepada yang berhak.

Depok

Pukul 09.29, pesan WhatsApp masuk ke Admin Sebar Sejuta Buku.

“Assalamualaikum wa Saya sudah di depan kantor Buku Yusuf Mansur, min.”

Ternyata estimasi perjalanan Kang Jama meleset. 29 menit terlambat dari perkiraan.

Petugas Buku Yusuf Mansur mempersilakan Kang Jama masuk. Lalu segera mempersiapkan paket yang akan diambil Kang Jama.

Kang Jama mengatakan alasan dia menempuh perjalanan jauh adalah dia tidak tahu kapan lagi ada waktu untuk berbuat baik, bisa jadi umurnya tidak sampai. Bahwa tidak boleh ada kata tunda dalam berbuat kebaikan, tidak boleh ada kata kemalasan dalam keikhlasan. Sebuah semangat yang harus dicontoh banyak orang.

Rencananya Kang Jama akan menyerahkan Paket Sebar Sejuta Buku ke perpustakaan dekat rumahnya pada akhir pekan ini.

Doa untuk Kang Jama.

Semoga Kang Jama mendapatkan apa yang dihajatkan, apa yang diimpiankan dengan wasilah menyebarkan buku-bukunya Ustadz Yusuf Mansur.

You may also like...

Leave a Reply