Kompetensi Quantum

kompetensi quantum

Bismillahirrahmanirrahim … Kompetensi quantum itu seperti apa sih?

Apa Itu Kompetensi Quantum?

Gak semua orang bisa menduduki jabatan seorang direktur. Apalagi misalkan direktur utama, apalagi jika kemudian posisi perusahaannya adalah perusahaan besar, berskala nasional bahkan internasional. Gak semua orang tuh. Karena itu hanya orang-orang yang memenuhi kompetensi itulah yang kemudian bisa ikut fit and proper test dan kemudian ikut serangkaian penyaringan hingga kemudian akhirnya dipilih dan terpilih. Hal yang sangat biasa, bukanlah sebuah kompetensi quantum.

Tidak semua orang juga punya kompetensi untuk menjadi guru. Harus punya latar belakang, harus punya sekarang ini sertifikasi guru. Kalau ada yang kemudian terjaring menjadi guru tapi belum ikut sertifikasi dan kompetensinya kurang, maka, ada serangkaian usaha yang dilakukan oleh lembaga atau dia pribadi untuk menaikkan dia punya kompetensi. Misalnya kemudian, ikut kuliah lagi menyempurnakan yang kurang kemarin. Barangkali dia cuman tamatan SMA. Atau dia ikut pendidikan diploma atau akta IV. Kemudian ikut seminar ini, seminar itu, hingga kemudian dia menjadi guru yang punya kompetensi bagus. Kompetensi biasa bukan kompetensi quantum.

Apalagi tidak semua orang kemudian bisa punya kompetensi untuk menjadi kepala sekolah. Terutama kepala sekolah di sekolah-sekolah yang bagus, sekolah negeri unggulan misalnya, atau sekolah swasta internasional misalnya. Seperti itulah kompetensi di dalam kehidupan nyata. Ini juga biasa ‘kan, bukan kompetensi quantum.

Nyatanya

Tapi nyatanya gitu yah, banyak orang-orang yang sebenarnya secara kompetensi gak ada gitu, jauh, tapi dia bisa duduk bersanding sama si direktur utama di perusahaan multinasional. Bisa duduk kemudian sama rata, sejajar, setara dengan kepala-kepala sekolah.

Dia kemudian malah mengendalikan guru-guru yang punya kompetensi. Kenapa? Karena ternyata dia punya kompetensi yang lain. Misalnya, kompetensi uang.

Dia dikaruniai oleh Allah perusahaan tambang yang kemudian menjelma menjadi sebuah perusahaan besar. Akhirnya dia bisa salaman dan duduk bareng dengan mereka-mereka jajaran direksi dari perusahaan-perusahaan lain yang skalanya sudah multinasional atau internasional.

Nah, kira-kira kompetensi seperti itulah ...

IMG_20140905_190331-1

 

Saya akan mengajak lagi misalkan dalam kehidupan nyata sehari-hari seperti ini. Seorang, maaf ya, ini misalkan ya, seorang yang kemudian kerja sebagai tenaga kerja atau karyawan honorer. Dia belum pantas atau belum wayah-nya lah bisa punya rumah. Belum wayah-nya juga bisa punya mobil. Belum wayah-nya bisa pergi haji. Dan kayaknya bakal panjang gitu, perjalanannya kalo dia mau jadi orang kaya. Paling-paling jadi orang senang, hehehe. Walaupun jadi orang senang lebih enaklah daripada jadi orang kaya. Belum tentu orang kaya itu senang, ya kan?!

Contoh Lain Kompetensi Quantum

Di kehidupan ini ada banyak orang-orang yang begitu lewat perjalanannya setengah tahun, ternyata bisa punya apa-apa yang diidam-idamkan oleh orang banyak … Subhanallah … punya pasangan yang menyejukkan hati, punya rumah dalam waktu yang bersamaan, punya usaha juga, sementara dia tetap menjadi karyawan atau tenaga kerja honorer di perusahaan tersebut.

Kok masih kerja honorer? Misalnya, karena masih terikat kontrak atau apalah yang dia merasa, ini masalahnya bukan duit tapi masalah tanggung jawab. Tapi dia sebenarnya sudah berubah hidupnya.

Di kantong saya ini banyak testimoni-testimoni sedekah, testimoni sholat malem, testimoni ke masjid, testimoni sholat berjamaah, testimoni Qur’an. Ini ternyata rahasianya. Sesuatu yang bisa membolak-balikkan keadaan.

baca-quran

 

Ternyata, orang ini punya satu jalan yang menaikkan kompetensi yang di luar pengetahuan manusia. Dia ngebut belajar ngaji ketika di masa SMA-nya, sampai akhirnya dia jago ngaji dan dia bisa ngajarin ngaji orang.

Gerak

Diapun tergerak ngapalin Qur’an. Dalam keadaan seperti itu, kemudian mengajar rumah sini, rumah sana, akhirnya tibalah dia pada satu rumah dan ternyata di sana ada anak gadisnya.

Lalu si anak gadis ini adalah anak dari orang kaya yang kemudian menganggap si ustadz ini adalah anaknya juga. Hingga kemudian dinikahkan oleh ayahnya. Sementara, dia ngajarnya cuman sore hari atau malam hari karena paginya, siangnya dia bekerja. Ada loh, banyak orang seperti itu, termasuk pengalaman saya pribadi.

KompetensiKalau melihat pesantren, Ya Allah, saya bilang ini kompetensi siapa ya yang Allah izinkan saya kemudian bisa menggerakkan Indonesia, bisa kemudian buka 4.000 cabang rumah-rumah tahfidz di seluruh tanah air dan jumlahnya masih terus bertambah.

Ini kompetensi apa ya? Ini amal siapa? Yang kemudian Allah gerakkan sehingga kemudian bisa menjelma menjadi seperti ini. Karena kalau dari sisi saya pribadi, saya merasa amal saya sedikit, jadi ini pasti ada daya katrol lain yang kemudian luber ke saya.

Nah, saya melihat kayak nenek saya, kayak orang tua saya, termasuk orang tua dari istri saya, beuh, sholat malemnya jago-jago. Dari jam 2, setengah 3, udah stand by buat sholat malem dan sholat tahajud. Akhirnya, luber gitu, narik ke saya sebagai cucunya dan sebagai anaknya, narik ke saya sebagai buyutnya, ke maqam, ke derajat yang harusnya saya belum sampai. Kira-kira seperti itu.

kompetensi quantum

Shalat Malam Sebagai Kompetensi Quantum

Nah temen-temen yang dirahmati Allah. Kemarin-kemarin, kita sudah belajar tentang sholat malam. Sholat malam itu salah satu kompetensi quantum. Coba deh jajal. Geber terus itu sholat malam. Hajar terus. Geber betul sama istri, suami, sama anak-anak. Hingga kemudian saudara akan melihat saudara naik derajat senaik-naiknya.

Padahal saudara mungkin belom nyampe sama kompetensi yang kata orang belum waktunya, belum wayah-nya. Insya Allah, saya doakan mudah-mudahan seluruh muslim-muslimat dan bangsa ini kompetensinya bagus sehingga bisa memenangkan persaingan di waktu-waktu yang akan datang.

Insya Allah, mudah-mudahan, kita saling doa-mendoakan, kita masih berbicara tentang kompetensi, gak tau nih sampai kapan abisnya, Tapi, mudah-mudahan ini bermanfaat.

Muhammad Ig Moza‘Ala kulli hal, tadi saya diizinkan Allah sholat Ashar berjamaah, ketika jalan kemudian ada sahabat saya, tetangga saya keluar dari rumahnya. Rumahnya ini lama banget direnovasi gak kelar-kelar. Terus saya sapa beliau dengan bertanya, “Mas ini kapan kelarnya?”

“Tau nih, duitnya abis ustadz, hehe”

“Ente sih, renovasinya pake duit.”

Dia ketawa. “Make apa emang kalo bukan make duit?”

“Make sholawat. Nih ntar pulang dari Masjid. Ente tempelin tangan ente ke tembok yang lagi direnovasi, kan belom di-aci, belom dicat, ente tempelin tangan ente terus ente berdoa dah sama Allah, Ya Allah, mudah-mudahan ini rumah selesai, renovasinya beres, nah sebelum ente doa, ente baca sholawat, setelah ente doa baca lagi sholawat.” Begitu ane bilang sama dia. Insya Allah, mudah-mudahan itu rumah yang direnovasi bisa selesai dengan izin Allah pakai ilmu sholawat.

Epilog

Mudah-mudahan tulisan ini jadi tambahan buat temen-temen jangan ngandelin duit. Jangan ngandelin ikhtiar belaka karena nanti tidak ada lompatan. Kita make sholawat lah, ya kan, InsyaAllah, InsyaAllah, InsyaAllah, bukan hanya urusan rumah yang mau direnovasi kok, urusan yang lain-lain make ilmu sholawat InsyaAllah bisa beres, yah.

Kapan-kapan kita bicara soal sholawat. Atau ubek-ubek aja ya, YouTube yang saya bicara tentang sholawat. Atau tulisan-tulisan saya yang bicara tentang sholawat lain-lain lah, coba dijajal-jajal.

Terima kasih. Mudah-mudahan manfaat. Dan saya tunggu teman-teman juga untuk menyempurnakan masjid tahfidz. Dan kirimin doa, kirimin sholawat, supaya masjid tahfidz yang ini bisa selesai. Dengan rizki dari Allah SWT. Dan saya berdoa, mudah-mudahan saudara-saudara semua diizinkan Allah menjadi salah seorang yang rizkinya mengalir ke masjid tahfidz sehingga semua amalan masjid tahfidz Darul Quran pun mengalir ke tangan bapak ibu semua. Aamiin, Ya Robbal Alamin.

Makasih ya … Wassalam …

Yusuf Mansur.

***

Daftar Rekening Sedekah: https://pppa.id/sedekah/rekening

###

Kuliah-Kuliah Wisatahati: https://kuliahwisatahati.com/info-modul-kuliah

___

Buku Yusuf Mansur Resmi: https://bukuyusufmansur.com/

Buku Yusuf Mansur di Shopee: https://shopee.co.id/bymofficial

Kalau di bawah ini buku gratis berupa ebook:

Silakan Download

Buat yang belum baca ebook 63 tanya jawab tentang qurban, kalau ini gratis: http://yusufmansur.com/ebookgratis/

Mungkin Anda juga menyukai

27 Respon

  1. asror berkata:

    Alloh dulu Alloh lagi Alloh terus

  2. Insya Allah Ustadz…Semoga bisa tetap terus istiqomah mendapatkan ridhonya Allah…Jajal terus ibadah2 sunnah apalagi wajibnya gak boleh sampe dilalaikan…
    Amin,,semoga mesjid tahfidznya cepat selesai…
    Mohon doakan untuk kami semua ya tadz,,supaya hajat2 kami cepat terkabul dan tetap terus istiqomah…
    Salam dari saya Mitra PayTren
    (Info paytren klik nama saya)

    Oh ya,,buat para pembaca yang belum tau paytren baca artikel ini ya
    http://www.paytreni.com/blog-news/blog-paytren/50-alasan-mengapa-harus-bisnis-paytren
    Semoga berkah bisa gabung dengan komunitas PayTren Ustadz Yusuf Mansur..
    Semoga bermanfaat. amin…

  3. Adnan berkata:

    Amin,,,Semoga tetap selalu istiqomah…
    Walaupun susah tapi Insya Allah pasti bisa…

  4. Tukijo berkata:

    Laahaula walaa quwata illa billahail ‘aliyil adziim.
    Subhanallaah Ustadz, saya mohon do’anya ust Yusuf Mansur, supaya saya.. adik-adik saya, sodara-sodara saya, keluarga saya dan orang-orang sekeliling saya istiqomah memperbaiki diri, supaya Allah ijinkan kita semua untuk Quantum Changing.

    Shalu ‘ala rasulillah Muhammad, shalallahu ‘alaihi wasalam.

  5. achmad ichwan berkata:

    ManteEeeep bgt…….doaaaaaiiinnnnn ustaaaadz plissss.mohon dengannn sangaaaaat.saya jg slalu doain ustad.saling doain ya

  6. umar berkata:

    Aamiiinnn…..mudah2an bs bangun malam,tahajud trs istiqomah tadz, doanya ya tadz..hehe

  7. satria dewi berkata:

    Assalamu ‘alaikum ustadz.mkasi tambahan ilmux,,semoga sy dan keluarga dimudahkan tuk nyumbang di masjid tahfidz,serta dimudahkan jg dalam mempelajari, menghafal dan mengamalkan al-qur’an.
    Aamiiin yaa rabbal ‘alamiiin
    wassalam

  8. farida berkata:

    Subhanallah bener Ustadz… Keutamann Sholawat Luarr Biasa. ada cerita dikit, Bulan februari lalu ada MTQ di daerah saya. nah kebetulan ada dooprizenya.. anak saya kebtulan ikut Lomba Tartil juga, umur anak saya 7 thn.. anak saya pingin banget dapat dooprize sepeda. sampai nangis waktu malam 1, 2 dan 3 belum dapat dooprize..
    Akhirnya Sebelum malam penutupan saya suruh anak saya untuk baca sholat 60 – 100 kali habis sholat dan berdo’a pada Alloh ya kak..
    Alhamdulillaah ustadz pada malam terakhir penutupan dan pengumuman terakhir no undian anak saya keluar dan dapatnya sepeda. dan anak saya pun bahagia. alhamdulillaah.. tapi ada kejadian lucu, anak saya kan harapin sepeda kecil, tp dapatnya sepeda besar gtu, anakku langsung bilang, umi kebanyakan sholawat mungkin mi, jd dapatnya yg besar,,, hahahha.. saya dan suamipun cuma bisa ketawa dengan kata2 polos anak saya. hehehhe..

  9. intanpri berkata:

    اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ..terima ksh byk pak ustadz, sudah mengingatkan kami smuanya..samina wathona 🙂 آمِيّنْ…
    آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَا رَ بَّ العَـــالَمِيْ

  10. fitriyani berkata:

    Insyaallah ustadz….semoga kita selalu diberi kekuatan,kesehatan utk selalu istiqomah memperbaiki ibadah kita. Makasih ustadz ats nasehatnya…semoga ustadz dan keluarga selalu mendpt naungan keselamatan dan keberkahan dr Allah SWT.

  11. Sonny berkata:

    Inshaalloh, artikel di atas luar biasa benar bagi kita yang istiqomah pegang amanah Alloh, sbg contoh bermula dari tambahan ibadah di luar wajib alias sunnah, spt rajin dhuha 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun dan terus lanjutkan di-iringi doa apa yang kita minta, jangan di pikir langsung lakukan kemudian rasakan perubahanya…….

    mohon doa-nya dan mari saling men-doa-kan untuk kita dapat selalu melaksanakan yang wajib dengan ditambah “kecepatan” sunnah mulai dari yang pelan, sedang sampai gaspool (inshaalloh seiring peningkatan ibadah perubahan akan terjadi…),

    dan mari sambut 22,5 jam menuju RTHYM episode-015……….

  12. henny kurniasari berkata:

    Alhamdulillah , terima kasih ustadh artikelnya bagus, mdh2an saya bisa mengamalkannya, aamiin

  13. refillatul berkata:

    Inshaallah ust diamalin..tp susah istiqomah nya lo ust..bagun malam nya apa lg musim hujan skrng,sy minta doaa banget2 sm ust biar istiqomah ust.biasa nya kalo udh tiga hari bolong lg tinggal lagi.ngulang lg gitu d. Buat kt ust sy orngnya yg blm wajahnya pantas jd kepala msh ada orng yg lbih tua dr sy dn jg pangkatnya lebih tinggi dr sy ttp sy lh ditunjuk oleh kadis menjadi kepala pkm,ini baru yg tiga hari nya aja istiqomah ust, habis tu ngulang lagi shlt mlm kadng bolong2 ust ga rutin.jd sy rasa kalo sy mampu istiqomahin buat kt ust sampe 100 hr ga kebayang d ust sy meledak jd apa..hehee..jd kadis kesehatan kale langsung ust…wkwkwk.Maka please ust doain sy biar bs istiqomah,krn berat banget stad sy rasa.mngkin kalo sy istiqomah bs mengalahkn ust neeh jd milyader muda..hahaa..piss ust

  14. Moeljo Hery berkata:

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Ada yg koleksi Fadilah Sholawat Jilid 10 atau mungkin link yg bisa didowload, mohon infonya, terimakasih
    Wassalamualaikum.

  15. Muhammad Tamrin berkata:

    Insya Allah tat, dg pembiasaan dan pembelajaran syare’at… semoga jalan yang kami tempuh senantiasa di ridhoi Allah SWT. Insya Allah rumah tahfidzh Daqul penuh keberkahaan…..Amiiin.

  16. Muhammad Tamrin berkata:

    sebelum dan sesudahnya, salam kenal tat. wassalamu’alaikum wr.wb.

  17. daqiqul berkata:

    آمِّينَ آمِّينَ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
    Do’akan Ustadz supaya saya dan keluarga saya bisa istiqomah shalat tahajudnya n sholawata dan do’a2 ya Ustadz .

    آمِّينَ آمِّينَ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

  18. suci berkata:

    Insyaa Allah pa Ustadz Yusuf Mansyur…saya amalin solawat, tahajud, duha, sedekah, hapalin Qur’an, silaturahim, minta doa ortu…moga ikhtiar saya bisa menikah tahun depan terwujud, dengan lelaki soleh yang sudah saya sebut namanya berkali2 dalam doa…Kalaupun belum berjodoh semoga diganti ma Allah dengan yg lebih baik… اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ. Mohon doanya jg ya pak Ustadz…jazakumullah khairan katsiran…

  19. muhammad faisal berkata:

    سبحان الله
    اللهم صل على سيدنا محمد و على ال سيدنا محمد

  20. M. Rama Hendra berkata:

    Inysa Allah Ustadz, doakan saya ustadz agar selalu istiqomah,.Aamiin Ya Allah.

  21. alfan alfa berkata:

    Yaa Allah subhaanallah,ngena bgt di hati pa ustadz,semoga kita semua selalu di jalan Allah,aamiin…

  22. Gustia Via Rina berkata:

    Subhanallah..ustadz bener…..saya juga mengalami…..ketika urusan kita pasrahkan pada Allah..Allah memberi jawaban yang diluar dugaan…indah sekali…….semoga Allah selalu memberikan kita hidayahNya supaya istiqamah dijalanNya…AAmiiiin..Ya Rabb

  23. robiah berkata:

    Assalamu’alaikum ..

    Di PayTren Daftar satu kali berlaku seumur hidup malah dapat diwariskan kepada sanak saudara/keluarga anda

    Setelah daftar Anda bisa melakukan dua bisnis sekaligus :

    1. Membangun Jaringan Komunitas bersama Ustadz Yusuf Mansyur(Pemilik)
    , inilah Peluang Usaha yg akan menjadi sumber Passive Income
    utk anda. Dengan bergabung di PayTren, yakni degan cara mengajak sebanyak2nya orang utk turut jg menggunakan /memanfaatkan kecanggihan teknologi PayTren di HPnya sehingga anda sekaligus jg membangun jaringan Komunitas PayTren yg akan menghasilkan passive income utk anda seumur hidup.

    Termasuk Jg:
    – Bonus Sponsor /Mengajak Rp 75.000
    – Bonus Pasangan Rp 25.000
    – Bonus Generasi Rp 2000 ( sampai dgn 10 generasi ke bawah )
    – Bonus Transaksi, baik dari Transaksi pribadi maupun dari Transaksi komunitasnya (Downline)
    – Berbagai reward dahsyat bagi yg berprestasi yaitu : HP ANDROID, LAPTOP, MOTOR, MOBIL,
    UMROH, MOBIL MEWAH & RUMAH MEWAH

    ☆Semua Reward tersebut Insya Allah Bisa dimiliki oleh para Mitra Paytren karena Poin akan terus diakumulasikan seumur hidup, No Reset

    2.Buka Jasa Loket Pembayaran Online Seperti:
    Beli pulsa Elektric, Token Listrik, Bayar Tagihan Listrik, PDAM, TELKOM, Speedy, Indovision, ADIRA, WOM,FIF, Kartu Hallo, Voucher Game,Tiket Pesawat Semua Maskapai, Tiket Kereta Api, Sedekah.

    ☆Atau hanya untuk dipakai sendiripun Insya Allah sangat bermanfaat
    Di PayTren jg kerjanya Fleksibel ;
    -Tidak ada target jualan
    -Tidak ada target rekrut
    -Tidak ada tutup point
    -Mau offline atau online juga bisa
    -Tidak perlu menyetok barang
    -Tidak ada kewajiban belanja bulanan
    – Kerjanya cuman Posting iklan di Facebook atau bisa secara langsung mengajak saudara terdekat anda.

    Cara Daftar : http://www.leadersuksespaytren.com/robiah
    WA 087888984779
    Bbm 7d1fa193

    BURUAN, SEBELUM MAKIN KETINGGALAN..

  24. rahmadfudoli berkata:

    Wah…kayakt saya trlambat. Bru kenal ustadz yusuf mansyur ini hari. Tp gpp. Trma ksih quantumnya. Mdah2an brmanfaat…

  25. ayu berkata:

    sholawat luar biasa tenang,damai dan berkah

  26. Irsan Kusumaludin berkata:

    UYM tulisan ustadz sangat dan selalu bermanfaat buat kami yg membacanya, semoga Alloh menjaga dan memberi umur yg panjang serta berkah, aamiin uhibbu ustadz

  27. Semoga kita bs berkompetisi dlm kehidupan ini untuk bs lulus seleksi menuju surga nya…

    Aamiin…

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: