KUIS RAMADHAN

Ada ruko, harganya 3,8M. Lokasinya sangat2 strategis. Dpn kampus yg mahasiswanya 24rb orang. +dosen&staff kira2 1000 orang.

Jika, pembelian ruko itu, dibeli dg cara patungan, gmn kah caranya spy ga melanggar pemerintah?

Jika 25rb orang itu, patungan, maka brpkah jatuhnya per lembar patungan?

Jika, ruko itu disewakan dg biaya sewa 100jt/th, dan memang ruko besar, maka brpkah pendapatan yg didapat msng2 PATUNGERS per tahun? (Yg ikut patungan, namanya patungers, he he).

Apakah hasil itu sebanding dg pendapatan bunga bank per tahun, jika indikasi bunga 2%/th?

Jika, dlm 5th, ruko itu dijual, brp kah nilai jualnya? Dihitung dg besaran inflasi normal dan perkembangan properti? Lalu, ketika dibagi rata kpd 25rb patungers, apakah msh di bwh hasil bunga bank, jika ia taro di bank? Tidak ikut sbg patungers.

Jika, kemudian tdk disewakan, lalu dipakai u/ usaha2 yg menguntungkan, diambil dari potensi mhssw/dosen, apkh akan jauh lbh menguntungkan, ketimbang disewakan? Bgm bg hasilnya u/ 25rb orang itu?

Jika, ada mahasiswa/dosen yg ga ikut, sbb ttp ga punya duit, apakah ada skema pinjaman kpd mahasiswa/dosen, agar dia ttp ikut. Sehingga dia bs nyicil bulanan. Dan itungannya bgm, spy syariah?

Namanya, sahamkah, atau patungan? Ini bisnis investasi, ataukah ada sebutan yg lain? Secara penerima info, ga beli ruko itu dg pake skema perbankan.

Ini baru 1 ruko. Gimana kalo 1000 ruko? Brp transaksi, omset, value, opportunitinya?

Oret2 sendiri jawabannya, dan ga usah dikirimkan. Sbb ga ada yg periksa juga jawabannya, he he. Spy buat mikir aja. Jeda I’tikaaf, kuis Ramadhan. Sbg bahan renungan IndonesiaBerjamaah.

ComingSoon, diskusi perdana IndonesiaBerjamaah, Jogja, 28 Agustus… Inpoh menyusul.

Salam, otw ke Jkt…
YusufMansur. Salah satu Patungers.

You may also like...

47 Responses

  1. bron says:

    Lanjutin ustadz patungannya,,,qt dah terbiasa gotong royong kok,,,
    kalau perlu beli pertambangan emas di papua dan tambang minyak bumi ,,,,
    Bersama kita bisa bersatu kita kuat
    wallahu muwafiq ilaa aqwamit thoriq

  2. Slamet says:

    Lanjut ustazd insyaalloh akan membawa manfaat. Amiin

  3. uma says:

    Keren ta…dz,keren bgt…
    Lanjutkan ta…dz

  4. Ahmad jalaludin says:

    Ane dukung ustadz ampe kpnpun…maju terus

  5. Pengen ikut ke jogja ya اللّهُ..bahas Indonesia Berjamaah. آمِيّنْ. آمِيّنْ. يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ

  6. ari widodo says:

    Stju pak ustad,mw ikut PU gmn prosedurnya tadz?

  7. Ustadz , Lanjut terus ustadz!!! We Will Stay Behind u. hhe
    Mudahan istiqomah.. insyaallah fisabilillah ya ustadz… 😀 Aamiin
    ane doain lancar.

  8. Yelli says:

    Kebersamaan akan menjadikan kekuatan yang mengakar. Aamiin…. Ana dukung Ustadz.

  9. ERNA RAHAYU says:

    Ustad YM emank paling TOP, Yang pada gelisah dgn sistem Ustad YM ni yaa orang2 yg pada gamau ngeliat Indonesia Bangkit 🙂 ,, Patungers 😀

  10. Erna says:

    Patungers Lovers <3

  11. choir says:

    the patungers is back..

  12. hadi al baihaqi says:

    Lebih terperinci lg.insya allah jika berencana baik maka hasilnyA akan sempurna

  13. wawan says:

    “….Jika, pembelian ruko itu, dibeli dg cara patungan, gmn kah caranya spy ga melanggar pemerintah?..”

    Susah mas brow…… kita hidup bernegara, tidak hanya beragama…..

    Setiap bentuk USAHA di suatu negara, harus PATUH dengan aturan main di negara tersebut……dimulai dari sumber dana, hingga ke masalah pajak….

    silahkan mas brow coret2, negara mana yang GA punya aturan maen buat USAHA?

    takutnya nanti bukan menyatukan umat… tapi malah dimaki-maki umat…..

    Jalan awal mungkin bikin aja dulu institusi keuangan yang sesuai dengan aturan negara, misal dengan bangun Bank Perkreditan Rakyat Syariah…….

    Salam

  14. masrurotul jannah says:

    Kmi always dukung ustd. buat PU apa sj,biarkan anjing mgonggong kafila
    tetap berlalu.

  15. iya tadz, dukung ustadz, oke bangeett tadz !!

  16. Dedy says:

    Beli Ulang Indonesia yg Hilang

  17. Erna Indarwati says:

    Bener banget yuuuk dukung program UYM ini,yang emang semua programnya bagus2 banget,mendidik umat tuh
    Matursuwun tadz karena tausyiah ustadz nih hidup saya lebih baek lagi,lebih teratur ibadah,lebih sabar,lebih terarah juga….

  18. Lim says:

    Ane ikut patungan, ustadz. Pembagian terserah dah, yg penting ikutan dpt investasi pahala jg!! 🙂
    Fb : java1166@hotmail.com

  19. rasmilis says:

    saya setuju sekali tadz!!!!!!!!!! biar umat islam enggak dianggap miskin

  20. Dwi says:

    Pokokna mah 100% mendukung Ustadz YM, … maju terus tadz, kalau tujuannya baik pasti hasilnya juga baik!

  21. Nasrullah says:

    Saya mau coba jawab sebatas pengetahuan saya:

    1. Kalo ruko tsb mau dimiliki bersama oleh 25.000 orang maka secara legal dibentuk saja sebuah PT (Perseroan Terbatas) Terbuka. Menurut UU No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal, Perusahaan Publik adalah perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh sekurang2nya 300 orang. Jadi 25000 orang bikin satu PT. Caranya? temui saja Notaris pasti dia bisa jelasin…hehehe

    2. Kalo 3,8 M dibagi 25000 berarti masing2 orang nyetor modal Rp.152.000

    3. Kalo Ruko tersebut ingin dijadikan investasi selama 5 tahun, maka apabila kenaikan harga ruko pertahunnya 25 persen, nilai ruko setelah 5 tahun akan menjadi sekitar 11,6 M. Return yang didapat: (11,6 M+500 JUTA) – 3,8 M = Rp. 8.3 M
    dibagi 25000 = Rp.332.000 perorang

    4. Kalo saya sebagai investor dengan perhitungan di atas lebih baik menggunakan jalur (Sedekah Rp. 152.000+Riyadhah 40 hari menjadi kaya+Doa) dengan perhitungan selama 5 tahun:

    Setelah 1 tahun : Rp.152.000 * 10 = Rp. 1.520.000 (sedekahkan lagi semuanya)

    Setelah 2 tahun : Rp. 15.200.000 (sedekahkan lagi semuanya)

    Setelah 3 tahun : Rp. 152.000.000 (sedekahkan lagi semuanya)

    Setelah 4 tahun : Rp. 1.520.000.000 (sedekahkan lagi semuanya)

    Setelah 5 tahun : Rp. 15.200.000.000

    Jadi menurut saya mending kita niatin beli ruko itu utk sedekah, kemudian setelah terbeli dihibahkan aja jadi sekolah misalnya. Wassalam

  22. fery says:

    Pa Ustadz untuk masukan …nomor rekening SEDEKAH PRODUKTIFNYA mohon ditaruh dihalaman awal y biar yang baru masuk mudah menemukannya

  23. drochmady says:

    baru maen kesini lagi, langsung liat kuis ramadhan, langsung mikir dan gak bisa jawab juga hahehahe

  24. handoko rixco says:

    asslmlikum.wr.wb.
    tadz gi mne tu low ane mau iktan PU?
    mhn infonya tazd ! mju trs PUnya

  25. Anonim says:

    Mari kita terus berjuang dijalan Allah dengan jiwa,raga,dan harta secara ikhlas

  26. Terimakasih , Semoga Sukses Dan Umat Islam Sejahtera

  27. Agung says:

    Kapan lagi kalau gak dimulai dari sekarang….??? Ayooo beli Indonesia kembali…

  28. SANTI says:

    S7 kapan pu nya dbuka lagi..mau ikut jd patunger…dukung ustad punya ide..siiip n mantep…bismillah selamat kan ibu pertiwi..tad.

  29. ridho pahwan kasio says:

    alhamdulillah………

    asli ustadz, kami mendukung penuh.

    hati ane adem kalo ketemu orang2 yg berjuang di jalan Allah.

    senang senang senang…

    teman2 kenalkan nih, ane baru2 aja soalnya move on di urusan agama ini…

    doakan utk tetap istiqomah ya… 🙂

  30. Dien says:

    salam tadz ane dukung rencananya. niat ane mau ikut gabung tp ane msh newbi.

  31. Aqsal Aidin says:

    Terobosan dan visi Ustadz bagus sekali demi kepentingan masyarakat Indonesia umumnya dan umat muslim khususnya. Karena selama ini saya yakin banyak umat muslim yang berniat ingin lebih terlibat dalam memaksimalkan potensi umat yang merupakan salah satu negara pemilik warga muslim terbesar di dunia, tapi tidak tahu caranya atau tidak ada yang serius menggerakkannya sampai muncul ide ustadz yang cukup brilian ini. Saya pribadi sangat mendukung ustadz, tapi untuk keamanan dan kelangsungannya kedepan sebaiknya diselesaikan terlebih dahulu legalitasnya. Mudah2an dengan niat karena Allah SWT semanya berjalan lancar dan sukses. آمِيـنْ.. يَا رَ بَّ ألْعَلَمِيـنْ

  32. Aqsal Aidin says:

    Melihat potensi umat muslim yang begitu besar, usul dari Pak Nasrullah diatas saya kira bagus juga. Kalau untuk membeli ruko seharga 3,8 M dengan 25.000 orang penyetor @ Rp. 152.000,- dan return Rp. 332.000 per orang selama 5 tahun, mending aja disedekahkan kembali dengan hasil yang lebih besar manfa’atnya untuk dunia dan akhirat. Malahan menurut saya, kenapa tidak dibalik aja, dicari penyetor sebanyak 152.000 orang dengan menyetor masing-masing Rp. 25.000,-. Itu sangat memungkinkan bukan ustadz ?

  33. Anonim says:

    Menurut saya kegiatan ini tujuannya adalah agar umat islam memiliki aset ekonomi yang menghasilkan,sehingga hasilnya nanti bisa digunakan untuk berbagai macam hal misalnya untuk fakir miskin, dakwah, maupun pengembangan aset selanjutnya.
    Menurut saya alngkah baiknya jika kita menamkan saham di bank syariah y walaupun sedikit demi sedikit paling tidak ada bukti nyata2.nanti penambahan modal bisa diambil dari iuran produktif
    JADI..MENGAPA KITA TIDAK LANGGENGKAN TERUS , SEDIKIT SEDIKIT LAMA2 MENJADI BUKIT

  34. Ga Cho An says:

    Maju terus Ustadz, bukan hanya memperbaiki akidah dan moral bangsa, tetapi juga memajukan perekonomian umat.
    Hanya saja, saya harap Ustadz juga memperhatikan dari segi legalitasnya. Yang saya khawatirkan bukan Ustadz sendiri, tapi para penipu2 yang meniru Ustadz. Penipu itu akan berpura-pura sebagai orang alim, mengajak umat untuk berpatungan untuk suatu usaha yang sebenarnya fiktif.
    Ingat dengan Koperasi Langit Biru, yang diketuai oleh seorang penipu yang mengaku sebagai Ustadz. Bahkan nama Ustadz Yusuf Mansur sendiri pernah dicatut seakan2 juga menjadi anggota Koperasi tsb.Untuk menghindari hal tersebut, alangkah eloknya jika Ustadz mempelopori usaha bersama umat yang legal di sisi hukum negara.
    Mari kita cerdaskas umat, agar terhindar dari penipuan2 yang mengatas namakan “investasi”

    Gachoan
    Pengamat HYIP

  35. arif rahman says:

    itu baru namanya jihad fisabilillah, maju terus pantang mundur,,, ” allahu akbar “

  36. Hanifudin says:

    Saya dukung rencana ustadz… dengan berjamaah insyaallah kita bisa

  37. Grosir Kaos says:

    Insyaallah semua bisa di jalankan dengan berjamaah. Kumpulkan semua potensi yg ada dan insyaallah kita bisa beli ulang indonesia. Kami ikut Dukung gerakan indonesia berjamaah

  38. LA MEMA PARANDY says:

    Saya mendukung ustad YM, memang Indonesia ini harus ditolong, yaitu program kesejahteraan dan kemakmuran. Apa yg telah ustad lakukan saya kira itulah solusi dijalan Allah. Selalu berhati-hati dan terus berjuang tegakan niat tulus dan iklas memberdayakan umat islam. Aminyarabalamin.

  39. mukidi says:

    ass.km saya ……scara logis belun bisa mencerna maksud ustad

  40. andry widjaja says:

    tadz,ide anda bagus.tp main bisnis anda BEP nya lama smua.mutar uang nya lama.margin laba nya kecil.ane saranin,bikin cold storage di daerah2 penghasil ikan,tampung ikan/hasil laut dr nelayan.dibeli dg harga wajar.jual ke luar negeri.bila perlu beli kapal yg canggih sebanyak2 nya.biar ikan kita gak dicuri nelayan negara lain.hasil tangkapan lempar keluar negeri.bisnis hasil laut gak ada mati nya sampai akhir jaman.perputaran uang ane jamin cepat.no hp ane 08988855333

  41. ayahe avi says:

    Kalo patungan buat beli tambang emas di papua sono berapa ya?

  42. ok tad ane dukung,, klo prlu jgn tnggung2 klo untuk kmaslahatan umat bnyak. kita patungan beli bandara + kpsawat tad, spaya ONH murah hehe..

  43. neni says:

    Kereen ide2 ustadz…maju terus pantang mundur,klu aku coba satukan berbagai saran dari teman2 seiman dan sevisi,klu tuk beli ruko dan kembalinya hanya 3rtsan dalm 5 thn lbh manfaat kita sedekain buat kemaslahatan umat muslim,tapi jika investasi dgn proyek2 lbh mnghasilkan byk. Spt saran saudara kita diatas bisnis ikan dgn investai kapal dan pendingin,itu lbh menjanjikan atau beli proyek2 tambang,mis batu bara…libatkan kami ustdz dann alngkah eloknya usaha patungan kita jika kita ada ijin dan mengikuti tata cara dari pemerintah kita,sebab kita adalah ummat yg cinta damai,cerdas dan inginkan kemajuan hingga kita adalah umat muslim indonesia yg kaya dan bermartabat.amin,wassalam

  44. Les Privat says:

    Bagi anda butuh guru les privat di area jakarta, kunjungi website kami http://lesprivatsmp.net

Leave a Reply