Kuliah Dhuha : Guru & Murid

7,529 Views

Guru ngajar senam, lalu dia senam. Ngajar nyetir, nyetir. Ngajar ngebengkel, buka bengkel. @yusuf_mansur ngajar ush/dgng, lalu ush/dgng.

Guru yg baik tidak ngajar hanya pake mulutnya, hanya pake lisannya. Tp brusaha memberi contoh riil. Saya kepengeeeeeen jd guru yg baik.

Berdaganglah, berusahalah, bekerjalah, bergeraklah… Semuanya adalah ibadah. Mencari karunia, menebar manfaat.

Jangan malu dagang, usaha, kerja. Dan jangan membenci mereka. Doakan pula yg msh meminta2, ngegantung sama orang, dan diem aje kerjaannya.

Blh jg bljr dari orang Betawi. Orang Betawi sk bcr begini: “Kerjaan luh, tidur aja.” Lihat, tdr jg disebut krj, he he he. Piiiisss…

Saya bnr2 nyontohin dagang, usaha, via antv sekalian. Cnth riil, cnth nyata. Skalian ManfaatinMomen, he he. Bkn hny sah, tp kudu.

Liat, denger, tiru. Tentunya dari apa yg baik dari @yusuf_mansur. Yg ga baik, yg ga layak, jgn lah ditiru. Salam dari Johor, Malaysia.

Ngajar sedekah, maka jg brsedekah. Ngajar zikir, maka jg mencintai zikir. Jadi jg lah contoh, buat sekitar ya.

Ajak, rawat, uswatun hasanah. Nanti kpn2 bahas ini di wisatahatiantv. Dan jgn lupa, bebaskan hari2mu dari buruk sangka, negatif, &kemalasan.

Salam lagi aaaahhh… Dari Johor, Malaysia. Habis Johor… Ashar, maghrib, Isya, Shubuh… Di antara semuanya ada dhuha&tahajjud, he he.

Guru yg ngajar memasak, menyuruh memasak. Ngajar senam, nyuruh senam. Ngajar sedekah, nyuruh sedekah. Ngajar ush/dgng, jg nyuruh ush/dgng.

Salam dari Singapore…

Katanya Johor, Malaysia…? Johor, belom. Msh shubuh di sini…

u yg g biasa liat wisatahati antv,gerah liat sy “dagang”, he7x, jualan buku,agen.. Pdhl sbntr lg jualan apartemen,tiket pswt, he he.

Rencananya mau jualan mobil juga di wisatahatiantv, he he he. Buat lebaran, pulang kampung, ha ha ha. #patunganusaha, rame2 jadi pengusaha.

Dulu suka bercanda wkt SD… “Pala luh, dari Hongkoooonggg…”, eh skrng bulak balik ke Hongkong. Bnr2 deh, Keajaiban Allah.

Dulu suka bercanda, “ngopi sore2 di Malaysia, makan malam di Singapore, sarapan pagi di Australia, malamnya ngaji di mushalla rmh lg…”

Ga nyangka semua bs trjadi. Dan orang yg beriman, akan nambahin kalimat: “Semua a/ izin Allah…”

Dulu ibu saya hampir saban mandiin saya doain saya, “Agar bisa bulak balik ke Mekkah, kayak ke depan pintu…” *kalem. Doa ga pake tnd seru.

Saya dulu protes. *kalem jg, ga pake tnd seru. “Ga mungkin Bu… Masa ke Mekkah kayak ke depan pintu, bulak balik sesukanya…”

Alhamdulillaah, kuping dijewer! Kali ini pake tanda seru, he he. Jeweran sayang. “Ga percaya sama Allah ya…? Itu kan doa…

… Kl Allah udah blg Kun… Fayakuun… Apalagi ibu mintanya pake shalawat (sambil baca shalawat maksudnya)…” Saya diem dah. Ngaminin.

Subhaanallaah, trnyata kesampaian. Itu doa rentang tahun ’80-’88. Hmpr setiap saat doanya ibu begitu. Subhaanallaah, bnr2 kesampaian.

Saya pernah terbang ke Mekkah sore. Sampe sana jam 23. Makan dulu di Jeddah. Jam 01 bergerak ke Mekkah.

Jam 02 sampe di Mekkah. Jam 04 prosesi umrah selesai. Trus shubuhan di Masjidil Haram. Jam 07 nya ke Jeddah lg. Sore, dah di Jkt! Subh.

Kemaren aja nih, Jkt-Malang-Surabaya-Singapore. Terus ke Malaysia. Laa hawla walaa quwwata illaa billaah. Dream, pray, ‘n action…


Article written by

29 Responses

  1. dewi
    dewi August 29, 2012 at 7:53 am | | Reply

    Saya juga kepengen tuh,,,keliling dunia gitu kayak ustadz. dimulai dari haji atau umroh…kalo haji nunggunya lama…ni aja belum daftar..doain ya ustadz…bisa memberangkatkan umroh keluarga sama orang tua

  2. dian
    dian August 29, 2012 at 8:52 am | | Reply

    subhanallah.dengan baca tausiyah menambah kekuatan

  3. ella
    ella August 30, 2012 at 12:34 am | | Reply

    subhanallah sy ingin mnjdi spt ibu ustads yusuf mansur yg sllu ngedoain anakx stiap saat dn alhamdulillah doax d ijabah….sy yakin akan kkuatan doa krn sy ingin anak2 sy mnjdi anak yg berhsil dlm hidupx baik dunia maupun akhirat…Amin pa ustads sy tdk prnah absen stiap tyangan wisatahati antv jga acra2 yg ada siaran pa ustads…alhamdulillah sy byk dpt pljaran dr tausiahx pa ustads…tlong doakan anak2 sy y pa ustad,,trima kasih smuax dn kmi skeluarga mndoakan utk smua kluarga pa ustads mndptkan yg terbaik dr Allah SWT..Amin

  4. uswah
    uswah August 30, 2012 at 2:21 am | | Reply

    subhanallah ust ya, yang penting doa j terusssssssss :)

  5. sigit
    sigit August 30, 2012 at 3:07 am | | Reply

    insya ALLah niat amal,dan sampaikan

  6. faizal martha yunragus
    faizal martha yunragus August 30, 2012 at 4:02 am | | Reply

    Assalamu’alaikum… Subhanallah… sy coba juga deh kpd anak2 saya.. mulai dari sekarang!! Ustd, minta do’a in nih.. usaha/dagang sy tembus di atas 10 jt/bln thun ini..dpn ruko n mobil yg sy incar. trus bulak balik Makah sekeluarga..
    waslmkm.

  7. Nina frelina
    Nina frelina August 30, 2012 at 8:12 am | | Reply

    Ustad sy pny mslh yg sdah hampir 5 Thun blom selesai jg sy k pengen minta petunjuk dri ustat n bimbingan supya sy bisa menyelesaikn mslh ni

  8. budiyanto
    budiyanto September 3, 2012 at 7:25 am | | Reply

    doa senjata bagi muslim

  9. jointan
    jointan September 3, 2012 at 7:32 am | | Reply

    amien..

  10. bima
    bima September 3, 2012 at 7:44 am | | Reply

    yupz….DOA, Dream, Optimis dan Action….. subhanallah..kami slalu menunggu pencerahan dari ustadz YM

  11. Ranu Wicaksana B
    Ranu Wicaksana B October 19, 2012 at 12:24 am | | Reply

    Allohu Akbar saya sampai menangis lihat tulisan ini, padahal ustad YM sering cerita kisah ini tapi masih saja saya menangis saat membacanya… Subhanallah
    Dari awalnya bermimpi, terus berdo’a , kemudian ikhtiar pasti ada jalannya “Dream, Pray, and Action”

  12. subrakit
    subrakit December 15, 2012 at 7:20 am | | Reply

    Subhanallah kekuatan do’a telah terbukti,,,

  13. RYZKI
    RYZKI December 21, 2012 at 5:24 am | | Reply

    ALHAMDULILLAH .. BNR2 KARUNIA DAN HIDAYAH YG LUAR BIASA BG SAYA BS MENGIKUTI TAUSIYAH DR USTAD YUSUF MANSUR. DOAKAN SY BS MENGIKUTI SEMUA YG DIAJARAKAN UTK MENDAPATKAN KENIKMATAN DUNIA AKHIRAT. AMIN..AMIN..AMIN..YA RABB..

  14. Siti khadijah s
    Siti khadijah s December 22, 2012 at 4:46 am | | Reply

    Subhanallah..

  15. miftah
    miftah December 22, 2012 at 9:18 am | | Reply

    assalamu’alaikum ustadz..bleh bgi no.rek pembangunan masjid tahfidz..sy pgn ikut prtisipasi lwat sedekah sy

  16. lastri
    lastri December 31, 2012 at 8:25 am | | Reply

    Subhanalloh…
    Berbahagialah kalian semua yang masih mempunyai ibu. Jadi nangis ni tadz, ibu saya sdh meninggal, bpk sy sdh sakit2an sementara sy msh sendiri, belum menikah. Doain ya tadz, supaya saya dikasih jodoh yang soleh, menerima sy apa adanya. Supaya imanku jadi sempurna, ada teman beribadah yang mengamini doa2 malamku..

  17. Yono
    Yono December 31, 2012 at 5:00 pm | | Reply

    Sabar ya jodoh takdir itu kuasa Allah manusia hanya ikhtiar dan berdoa kemudian bertawakal. Semoga Allah menerima doa anda amin.

  18. ibnu lubis
    ibnu lubis January 2, 2013 at 8:57 am | | Reply

    subhannallah.. ilmu yg di tbrkn ust YM.sangt menambh pengetahuan sy.smoga ustd sekelurg n pihk menejemen,n pesantrenannya di brikn ke selamtn..AMMIIN.

  19. evie afianti
    evie afianti January 4, 2013 at 8:11 am | | Reply

    kalo denger en liat tausiyah nya ustadz YM soal doa, ane jd mikir apa iya bdoa segampang itu? buat kita yg cere2 en cetek ilmunya, doa udh berulang2, perasaan kaga nyampe2. kasih tips n trik nya dong ustadz YM, biar doa nya jg gampang sampe kyk doa nya ustadz.. tp two thumbs up fo ustadz YM, yg banyak memberi pengaruh luar biasa sama2 org2 yg ilmunya cetek kayak ane. dgn bhs nya yg sederhana, enak di denger, jg gampang ngerti… smg ustadz YM tetep istiqomah en amanah dlm dakwahnya, aamiin Yaa Robbal alamiin

  20. heru jasker
    heru jasker January 7, 2013 at 1:26 am | | Reply

    saya selalu mengikuti siar siar dari ust. yusuf mansyur

  21. meiri
    meiri January 13, 2013 at 1:10 am | | Reply

    ASS.Sekedar rembuk nih..klo sy biasanya meniup ubun2 dikepala anak2 sy,dibcakan Shalawat trus diDoain smg mnjdi anak yg sukses hidupx didunia akhirat..Amiin.

  22. dewi yana
    dewi yana January 17, 2013 at 3:12 am | | Reply

    Yupz. memang seharusnya gitu, kita mengamalkan apa yang kita ajarkan, mungkin ayat ini kurang tepat (maaf kalo salah) “kabura maqtan indallaahi an taquuluu maa laa taf’aluun

  23. nike
    nike January 17, 2013 at 3:27 am | | Reply

    Subhanallah..pa ustd minta pencerahannya kepengn ikut mendirikn rumah tahfidz..

  24. Adi ginanjar
    Adi ginanjar January 17, 2013 at 3:35 am | | Reply

    Waahh … Surat apa dan ayat brp tuh ?
    Ada yg mw ngsh tau ?

  25. Luluk Mas'adah
    Luluk Mas'adah January 17, 2013 at 4:46 am | | Reply

    Subhanallah walhamdulilaah saya masih xiijinka Allah mengenal (walau satu arah) ustadz, insyaAllah saya ikuti terus wh di antv online juga santri tahfiz juga. Sangat berharap anak anak saya ( meski sdh dewasa) mempunyI pemikiran sama dg ustadz. Sebagai ibu saya selalu berdoa, doakan ya tadz anak anak saya sukses seperti ustadz, amiiiiiin

  26. endang rahayu
    endang rahayu January 17, 2013 at 5:45 am | | Reply

    Subhanallah…mdh2an sya&klrga kecil sya bisa sprt ustd bolak-balik mekah.bisa sukses bisnis sprt ustd.terharu&tertawa baca artikel ini..doain kita trus y ustd.1 lg doa saya semoga ustd bisa tawsiyah di cimahi khususnya leuwigajah di tmpt sya ustd.آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ..

  27. rika fauzana
    rika fauzana April 30, 2013 at 1:12 pm | | Reply

    Laa hawla walaa quwwata illaa billaah.

  28. Cream HN Original
    Cream HN Original June 23, 2014 at 2:23 am | | Reply

    Subhanallah doa seorang ibu itu memang sangat cepat dikabulkan, jadi jangan sekali-kali seorang ibu mendoakan anaknya dengan doa yang tidak baik.

  29. Les Privat
    Les Privat July 10, 2014 at 9:46 am | | Reply

    terima kasih ustad pencerahannya

Please comment with your real name using good manners.

Leave a Reply

facebook like