Lailatul Qadr

malam lailatul qadar

 

Pada Lailatul Qadr ini, amal ibadah yang kita lakukan dalam semalam sebanding dengan amal seribu bulan atau tahun. Subhanallah….

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar”

(Al-Qadr: 1-5)

Kalau bulan puasa, surat Al-Qadr ini suka keluar pas tarawih. Ini ayat-ayat yang isinya tentang Jibril. Jadi, kalau ada ayat-ayat yang tentang malaikat Allah, ini suka saya dawamin, Karena efeknya tuh subhanallah ke diri kita. Kita ini kan hidup ga sendirian, tapi bersama dengan para malaikat Allah. Jin, iblis juga ada. Ada rerumputan, batu, dan seisi alam ini. Ketika saya mendawamkan ayat-ayat tentang malaikat Allah, rasanya kayak didampingin saja sama malaikat.

Pada saat malam Lailatul Qadr, malaikat yang turun bukan cuma satu. Istilahnya, satu pasukan dipimpin Jibril. Saudara mugkin ada yang pernah nonton film alien. Bagaimana penduduk bumi begitu ketakutan ketika ada invasi dari makhluk luar angkasa. Tapi, giliran yang turun misalkan jagoan atau hero, manusia penuh harap.

Nah, seharusnya seperti inilah perasaan manusia di malam Lailatul Qadr, penuh harap. Bayangin coba, yang turun bukan hanya satu malaikat, tapi satu pasukan, ditemani oleh Jibril. Malam yang hanya terjadi di sepuluh malam terakhir. Mudah-mudahan kita ga melewatkan malam-malam lailatul qadar itu tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya. Mudah-mudahan kita masih diberikan umur.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like