Langkah Kecil Yang Berwujud

hotelsitiTgl 3 Juni, malam. Di Hotel Siti Horison Bandara, saya sempet meneteskan air mata mendengar testimoni salah 1 peserta Patungan Usaha. Konsep nyata dari Ekonomi Berjamaah.

“Dipercaya itu menyenangkan. Sekaligus berat sekali. Di tengah tidak sedikit yang tidak percaya, maka bila ada yang masih percaya, bahwa hotel ini, sebagai proyek pertama Ekonomi Berjamaah, ini jadi support moril yang luar biasa.”

Beliau yang bertestimoni, ia seorang Dokter Spesialis Anestesi. Beliau juga dosen di Perguruan Tinggi. Dan ikut PatunganUsaha yang digagas sekitar setahun yang lalu. Beliau ikutan patungan sekitar 50jt.

“Saya korban iklan & tausiyah Ustadz,” katanya. Sambil senyum.

Waktu itu beliau tersentuh dengan semangat ekonomi berjamaah. Dan percaya. Daripada ditaro di bank biasa. Apalagi ini ada keuntungan2 lain. Keuntungan berjamaah. “Walaupun dalam hati bilang,” katanya, “… Ini Ustadz Yusuf koq berani amat.”

Beragam pertanyaan, nyaris dikalahkan dengan kepercayaan terhadap konsep ekonomi berjamaah. “Masuk akal. Dengan berjamaah, bisa membeli dan mengakuisisi hotel. Sebagai dokter saya juga berpikir, bisa nih nanti patungan untuk bikin rumah sakit.”

Dokter ini bercerita, habis ikut, 3 pekan kemudian dikirim sertifikat dan buku. “Ustadz ini bener nih. Ini dikirim tanda terima patungan.”

Tapi ga lama, kemudian ramai di berita. Bahwa ini ilegal. Dan kemudian banyak berita negatif tentang Yusuf Mansur.

Dokter ini sempet cemas. Tapi beliau tepis dan menghibur diri. “Yah sudahlah. Kalo emang belom rizki & hilang, ga apa-apa. Sampai kemudian, hari Senen, tgl 2 Juni, saya terima undangan untuk Visit ke Hotel Siti Horison. Saya sempet bingung. Ini hotel apaan? Apa hubungannya dengan saya? Koq saya diundang untuk makan malam sambil liat progres pembangunannya?”

Dokter ini menelpon nomor yang tertera di sms. Dan surprise. Ternyata setahun berlalu sejak ikut, eh ternyata ini adalah Patungan Usaha yang beliau ikut!

“Karena saya semangat, saya datang ke Hotel Siti ini, habis ashar. Dan saya kaget. Ternyata hotelnya udah jadi. Bagus lagi. Ada aja, saya udah seneng. Dan ini subhaanaallaah. Bagus. Wujudnya nyata. Saya sempet malu. Ternyata di tengah berita yang simpang siur, Ustadz bener…”

IMG-20140604-WA0007 Di sini saya netes air mata. Sempet malu juga. Diliat kawan-kawan yang lain.

Ketika saya mengusung tema-tema dakwah praktis, termasuk ngajarin dan ngajak usaha, memang banyak cacian makian dan hinaan. Juga ketidakpercayaan. Baik ketidakpercayaan akan niat baik, hingga disebut penipu, sampe tidak percaya, tar ga bakal jalan. Sebab saya seorang Ustadz. Bukan pebisnis.

Dokter ini semangat untuk ikut lagi nambahin jumlah patungan usahanya. “Untuk mempercepat proses penyelesaian Hotel Siti ini.”

Terima kasih yaa Allah. Terima kasih kawan-kawan semua. Saya memang belom bisa nguntungin apa-apa. Sebab hotelnya telat beroperasi. Banyak kendala dan hambatannya. Tapi alhamdulillaah. Dari sisi aset, nilainya terus bertambah, dan beda, pastinya, dari harga awal. Menjadi keuntungan lain dari kenaikan harga aset.

Dan alhamdulillaah, semua lebih melihat bahwa hotel ini memang sebuah pembuktian. “Jika kita bersama-sama, berjamaah, insyaaAllah bisa. Suatu saat, ga lama lagi, akan ada pesawat haji & umrah, dan hotel haji & umrah, di Mekkah & Madinah, yang sahamnya dimiliki oleh Jamaah haji & umrah. Pas terbang, kaptennya menyapa, selamat datang di pesawat Anda sendiri. Pas nginep, jamaah melihat tulisan “Milik Indonesia” dengan bendera kebanggaannya. Suatu saat pula, masyarakat tanah air pun bukan lagi sebagai penonton saja dari banyak kesempatan dan peluang usaha. Tapi juga ikut serta sebagai pelaku, dan ownernya.”

Alhamdulillaah.

IMG-20140604-WA0006

Perjalanan Hotel Siti masih belom selesai. Masih perlu doa dari kawan-kawan lebih banyak lagi.

Menjelang pulang, ibu dokter ini bertanya, “Kenapa namanya Siti?”

Saya jawab, “Sebab penggagas Indonesia Berjamaah, Ekonomi Berjamaah, saya dan Mas Jody, nama istri kami… Siti…”. Dan ibu dokter ini, tersenyum…

Salam, @Yusuf_Mansur.

Mungkin Anda juga menyukai

54 Respon

  1. muhammad yusuf al mansur berkata:

    subhanallah, Ya Allah engkaulah yang maha kuasa atas segala sesuatu, tiada sesuatu apapun terjadi atas diri kami melainkan atas izin dan kehendak dari Mu, maka untuk itu Ya Allah, bantulah kami mewujudkan semua cita-cita mulia kami Ya Allah, Amin.

  2. Gagat berkata:

    SubhanAlloh pengen banget ikut patungan usaha, moga dikasih rejeki bisa ikut patungan usaha kedepan. Aminn
    Investasi nyata dunia – akhirat,

  3. mardiana berkata:

    Alhamdulillah semoga bisa ikutan,sukses buat yg sudah ikut.Semoga Allah merahmati aamiin

  4. euis rina maryana berkata:

    Subhanalloh.. Allohuakbar…pengen jg ikutan usaha patungan semoga Alloh beri rezeki amiin

  5. tri teguh berkata:

    Barokalloh ustadz…

  6. m. anies zuhrawardi berkata:

    SubhanAllah keinginan & niat untuk sama berbuat namun betapa msih hanya doa yg bs terucap, Smoga Allah slalu memudahkan orang2 yg berbuat baik, Amiin

  7. Wenda berkata:

    Subhallah…
    Pngen ikut patungan, tpi blum da bwt patungan’y… untk skrng ikut doa ja dlu… moga bsa ikut bner’n…

  8. Allin berkata:

    Subhanallah, sampai tak terasa air mata menetes turut bahagia dan bangga terhadap Ustadz Yusuf Mansur yang benar2 peduli dengan Indonesia melalui program Indonesia Berjamaah. Semoga Allah SWT senantiasa melancarkan segala urusan Beliau.

  9. yuliana berkata:

    Alhamdulillah. Semoga Allah senantiasa memudahkan dan melancarkan jalan umat- Nya dalam mendapat Ridho Allah ta’ala. Amin.

  10. Erna Saad berkata:

    Smg usahanya.berkah ustadz..dn.mudah2n sy jg diberi kesempatan oleh Allah untk.ikutan patungan usaha sama ustadz..Aamiin

  11. ahmad fahruddin berkata:

    Yaa Robb semua hidup ni kuserahkn terbaik pd Mu…brikanlah kesempatan agar bisa bergabung IB dgn hamba pilihan Mu ( Kyai Yusuf Mansyur ) semoga Allah berkahi bliau dan keluarga. Amiiiin Barokallahufikum
    kyai.

  12. NovaPeaRL berkata:

    Saya awalnya hanya mengenal nama lakon dari link tadi, melalui sharing sore ini saya selipkan sedikit pendapat setelah Alhamdulillah beberapa kali bertegur sapa secara langsung dengan beliau :
    Seorang Yusuf Mansur adalah tokoh yang Low Profile, banyak yang suka, tidak sedikit yang menertawakan, banyak yang mencela maka In Shaa Allah lebih banyak lagi yang mengaguminya

    Semoga bisa menginspirasi dan menjadi teladan …Betapa Tuhan Maha Kuasa

  13. retha berkata:

    Alhamdulillah…, sy jg ikut patungan 12jt selanjutnya bgmna ustad no hp sy yg d data berubah, syukron

  14. Tupar Eessoo berkata:

    Subhanallah..Alhamdulillah..turut bangga ustadz.

  15. nyimas vita berkata:

    Aminn ya Rabbal ‘alamin.. Saya yakin ustad, doain saya dpet rejeki untk ikut patungan usaha berikutnya ustad yah, kalo baca kata2 ust optimis kalo Indonesia pst bisa bangkit insya Allah dgn izin Allah, ust smoga sekeluarga selalu berkah hdupnya begitu juga saudara2 sesama muslim dseluruh dunia.

  16. Syadat Akyun berkata:

    …dan apa yg qta gagas selalu ada pro dan kontra saat di publish, spt juga penggagas patungan usaha ini yaitu UYM dan Pak Jody, tapi smua itu bisa dibuktikan dgn passion/hasrat/kemauan yg kuat untuk mewujudkannya dan keyakinan bahwa Allah selalu ada di setiap niat baik kita.
    Semoga ini bisa menjadi titik tolak pembuktian untuk usaha jamaah lainnya bisa mensejahterakan rakyat indonesia.
    ….karena smua berawal dr mimpi
    Selamat buat Ustad Yusuf Mansur & Pak Jhody “warung” semoga terus punya mimpi besar untuk d share k Bangsa Indonesia.

  17. M. Firman Ashari berkata:

    Subhanallah ustadz … Semoga semakin banyak yang ikutin berjamaah dalam patungan nya. Semoga Allah ngasih rezeki ke saya biar bisa ikutan juga, aamiin

  18. endah susanti berkata:

    Kalau mau ikutan gimana caranya?

  19. iis mustafa berkata:

    Ustadz……saya mau ikutan koperasi merah putih…daftar kemana? Saya juga mitra VSI 🙂

  20. Shanty Yulianawati berkata:

    Subhanallah….akhirnya hotelnya jadi ya ustadz..alhamdulillah. Dari awal ustadz bikin ekonomi berjamaah saya uda percaya..pengen ikutan sebenarnya tp suami ga ijinin krn jumlahnya besar utk ukuran keluarga muda spt kami. Smg utk selanjutnya kami bs bergabung dg ekonomi jamaah ini…amiin.

  21. vini berkata:

    subhanallah,,,sy rsnya jg ingin bs ikutan invest bersama ustad,,,tp ju2r sy bknlah orng kaya ustadz,,,sy hanya orang biasa sj,suami sy hnya buruh pabrik. Bgmn ya ustad cranya?

  22. sahrul berkata:

    subhanallah….Allahhuakbar
    luar biasa,,, semoga Allah mmebeikan kesempatan kepada saya ikut usaha ekonomi berjamah.
    salam semoga sukses. Amin ya Rabbal alamin

  23. A. Yani berkata:

    moya vidi kondotel, apa punya ustadz juga,,,?

  24. Umi Sangadah berkata:

    Subhanallah…inspirasi untuk kita semua. Tidak ada Чǟπ sulit jika Allah berkehendak. Niat ikhlas, do’a, kerja keras pantang menyerah…Insya Allah terijabahi.

  25. airin berkata:

    semoga lain kali bisa patungan dalam membuat pesantren yang banyak di seluruh pelosok indonesia….aamiin

  26. Haji Indra berkata:

    Subhanallah , semoga ini menjadi tonggak sejarah ekonlmi Umat buat Ustad dan Kawan2 semua tetap semangat dan doakan saya bisa bayak berbuat. Wass

  27. indra Djuwita berkata:

    Puji syukur kehadirat اللهِ SWT, ide ustaz YM membuahkan hasil
    Sy terharu dan bangga, ingin turut bergabung, mhn do’anya ustaz ada rezeki, aamiin

  28. Supriadi Mohammad Atam berkata:

    Subhanallah…. Allahu Akbar… Banyak sekali inspirasi yang saya dapatkan dari seorang Ustadz Yusuf Mansur. Walaupun baru cuma lewat media. Mudah-mudahan dalam waktu dekat dengan izin Allah bisa jumpa langsung dengan beliau. Semoga Allah perbanyak rizki kita sehingga bisa terus mendukung program ekonomi berjama’ah yang digagas oleh beliau. Aamiin ya Rabbal’alamiin…

    Saudaramu dari Simeulue-Aceh

  29. pahrudin berkata:

    jd pengen liat wajah orang-orang yang menertawakan,menghalangi, dan meremehkan rncana ustd kmrn2. smpe rame di tv…..*woii OJK mana??? ga ad suaranya lg.hehehe

  30. erni susanti berkata:

    Alhamdulillah…akhirnya ekonomi berjamaah gagasan ustad yusuf mansur sudah terwujud, saya pengen banget bergabung gimana caranya ya..?

  31. Lely F Ishak berkata:

    SubhanAllaaah..gagasan Mulia pak Ustadz Yusuf Mansur ternyata skrg menjadi kenyataan. Saya ingin turut bergabung dengan koperasi Merah Putih ini, bagaimana caranya? Saya sdh jadi anggota VSI..Wasslmkum wr wb

  32. herlina utari berkata:

    Sy jd merinding dgn brdiriny hotel siti ini,sy jd ingin ikut patungab tadz,gmn carany tadz biar hidup sy lbh bermanfaat bg bnyk org,sy jg ikut vsi

  33. srie marlyanita berkata:

    Subhanallah… Gimana caranya kalau mau ikut patungan? minimal berapa?

  34. yusmono berkata:

    subhanallah….luar biasa…..banyak sudah yang mengisnpirasi kita untuk sukses seperti ustad yusuf mansur…doanya ustad, semoga putra putri kami mengikuti jejak seperti ustad…sukses dunia dan penghafal alquran…..amin….salam dari kami sekeluarga.

  35. Siti Choiriyah berkata:

    Subhanallah… semoga suatu hari saya bisa menjadi salah satu peserta patungan usaha, dengan berjamaah kita bisa. semoga allah kabulkan, gimana caranya ikut PU ustad? apa masih bisa ikut yang hotel SITI ini?

  36. Masturi berkata:

    Assalamualaikum Wr Wb

    Pak Ustad, saya adalah salah satu dari anggota V-Pay Ustad Yusuf Mansyur. dan saya ingin sekali ikut bergabung dengan Usaha Patungan berjamaan di HOTEL SITI dengan pak Ustad, Bagaimana cara untuk bergabung dan minimal Modal berpa yang harus dikeluarkan oleh per-peserta pak?.

    Demikian terima kasih.

    Wassalamualaikum Wr Wb

  37. Dessi berkata:

    Subhanallah .. utk yang puengeenn ikut didoain deh .. doain saya jg bisa nambah patungannya yaa alfaatihah ..
    Nama SITI bagus . keliatan Indonesia banget ustadZ ..

  38. Dewi Ratnasari berkata:

    Asslmkm. Tadz…saya ingin bekerja disitu. Bisa gk tadz?

  39. eko rujito berkata:

    Andaikan Indonesia ini ada 33 orang seperti yusuf mansyur…artinya di 1 propinsi ada 1 orang seperti ustadz…Insya Allah Indonesia akan makmur…karena gak perlu banyak aturan yang dibuat oleh manusia yang pada akhirnya akan dilanggar…tapi ustadz yusuf menjalankan semua karena amanah…rujukannya adalah ALLAH…sandarannya ALLAH…bergantungnya kepada ALLAH…Ustadz…coba cari 1 propinsi 1 orang yang seperti ustadz…

    Saya pernah mimpi bertemu ustadz…dlm mimpi itu saya bersalaman, berpelukan dan menangis karena saking senengnya…kalau bermimpi ketemu ustadz saja sudah senang…bagaimana kalau mimpi ketemu RASULULLAH ya ustadz??

  40. muhammad nurhamzah berkata:

    Subhanallah…semoga saya jg bisa ikutan..semoga Allah senantiasa memberkati Pak Ustadz dan semua yg telah berpartisipasi dan ikutan dalam proyek besar ini..

  41. Muhibbah berkata:

    Subhanallah…….tidak ada yg tidak mungkin bagiNya jika ALLAH menghendaki,yg penting niatnya tulus karena ALLAH yakin pasti ditolongNya,maju terus Ustadz….semoga selalu diberiNya kekuatan tuk berjuang tuk kemashlahatan ummat

  42. Subhanallah,,,,, luar biasa,,,, ustad,
    segala sesuatu dengan tekad yang bulat dan kepercayaan yang ada pada diri kita insyaallh semuanya akan berjalan lancar, walaupun terkadang orang mencaci atau menghina,,,
    ustad memang hebat,, semoga semakin banyak jemaah yang ikut bergabung dan bisa memperbaiki perekonomian kita,,
    do’akan saya juga ustad,,semoga diberikan rizki yang banyak oleh Allah sehingga bisa berinfak di jalan Allah… Aamiiin

  43. Luar biasa,, dengan tekad yang kuat dan niat karena Allah ust. sudah bisa membuktikan terhadap orang banyak bahwa usaha bersama yang di bangun ust. bukan hanya sebatas formalitas saja,, dan dugaan orang terhadap ust. terjawab sudah,,
    semoga semakin sukses ust..

  44. Yurnalis Azis ID.S00012111 berkata:

    Alhamdulillahi Rabbal ‘@lamin, semoga seluruh Usaha yang Ust. jalankan selalu sukses dan berkembang dengan baik dalam Ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala, amiiin ya Rabb, selanjutnya kalau ana mau bergabung dlm PU bagaimana cara dan prosedurnya tks Jazakumullahi Khairan..

  45. muhammad taufieq berkata:

    Saya sangat sedih sekali karena waktu launching patungan pertama kali ada disiarkan di TV maupun di Brosur saya sangat sangat kepingin bergabung , tetapi waktu itu uangnya blum ada, mudah-mudahan saya kesampaian utk bergabung dgn jamaah yg sdh duluan, semoga hotel Siti mendapatkan Barokah dari allah dan bertambah keuntungannya yg berlipat-lipat, Amiin

  46. ita fauzi berkata:

    Subhallah…
    Semoga konsep seperti ini bisa di jalankan dia daerah kami, terutama masaah layanan kesehatan, agar masyarakat juga bisa merasakan layanan kesehatan yang layak, yang sangat peduli pada sisi kemanusiaan, bukan hanya materi

    Semoga konsep seperti ini Allah beri kemudahan agar terealisasi di daerah manapun..
    Sangat miris ketika masih banyak saudara2 kita tidak dapat merasakan layanan kesehatan yang layak…

  47. Dengan kebersamaan kita pasti bisa.. Ayoo lanjutkan dengan beli ulang Indonesia tadz..hee

  48. Les Privat berkata:

    langkah kecil yang berwujud besar amin

  49. Guru Les Privat berkata:

    semoga langkahnya selalu diridhoi allah amin

  50. Muhammad Ramadhana Tanjung berkata:

    Subhanallah…
    Pengen bisa ikutan patunagan ustadz tp blom da rizkinya Hehehe
    doakan saya ustadz biar bisa ikutan patungan

  51. astuti berkata:

    subhanallah luar biasa ustad YM, andai para pemimpin kita bisa belajar pd beliau . . . ., maju terus ustad

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: