Lihat, pelajari, dan sharing…

1,914 Views

Sdr2 cari2 aja file di internet. Googling. Banyak koq file tausiyah di internet, video, audio, dan tulisan.

Lalu perlihatkan, perdengarkan, kpd kwn2 semajelis ta’lim, seorganisasi, sesekolahan, sekampung, sekantor, sekampus, sepabrik…

Itu insyaAllah sama aja dg “ngundang” saya. Bahkan tanpa batas. Sbb kpn aja, mnjd fleksibel wkt nya. Bahkan materinya bisa bebas, apa aja.

10 – 1=… 10 – 10=… Tau, Percaya, Yakin? Do The Best.

Bikinin aja kemudian makanannya, minumannya, u/ jd selingan atau jamuan belajar bareng yusuf mansur lwt video/audio downlodan.

Ini jugalah yg saya maksud dg MDN. Majelis dhuha nasional. Kalo sdr kreatif, bisa downloadin materi saya. Lalu kemas di cd, &jalanin dah.

Asal dg niatan yg bnr, ga nyari duit dari dakwah, MDN keren banget buat kumpul2 yg positif. Bikin dah misalnya saban sabtu.

Lalu fasilitasin kwn2 yg dtg u/ dhuha, trus misalnya ngebubur di rumah. Hbs itu, liat tayangan ulang antv misalnya, yg sdr download.

Kalo sdr kreatif, kyk kwn saya, Rafiq. Seorang polisi di Polda Jabar, dulu pernah tugas di sukabumi. Beliau dkk melakukan “another MDN”.

Maksudnya? Beliau dkk kumpulin tausiyah2 saya. Bukan video bahkan. Melainkan hanya audio. Lalu ditaro di hp. Dg media trbatas itu, dakwah.

Dikumpulkannya kwn2nya, baik sesama polisi maupun kwn2 maen, atau sdr2nya, lalu diperdengarkan audio di hp itu. Simpel. Tp rutin dilakukan.

Buat Rafiq dkk., ga penting lagi yusuf mansur bs dtg apa engga. Bisa hadir apa engga. Yg penting, kontennya. Subhaanallaah kan?

Ga semua loh bs bangun shubuh. Bs denger, bs ngikutin antv. Ga semua jg ngerti internet. Ga semua bs beli cd, dvd, buku. Fasilitasin aja.

Sejutayusufmansur itu juga adalah varian MDN. Rafiq adalah contoh di mana dia menjadi yusuf2 mansur yg lain. Ga perlu ganti nama, he he.

Aplg sdr misalnya kepsek. Enak tuh. Tambahin sesi kira2 18-20 menit, lalu sesekolahan, ada pljrn tmbhn: bljr lwt tayangan ulang antv.

Darimana bahannya? Banyaklah yg menguploadnya ke internet. You tube, daqu tv, daqumobile, ada jg sahabat2 yg bikin videoyusufmansur, dll.

Download dari mereka2. Lalu kumpulin murid2, kumpulin guru2, sbg kepsek, “paksa halus” mereka u/ belajar. Menyenangkan koq. Makanan ruhani.

Apalagi insyaAllah dg izin Allah tema2 wisatahati di antv, tema2 keseharian. Belajar jg ttg dunia, menggapai impian, keyakinan, dll.

Sy tuh pengen ga bnyk keliling. Selain psantren kudu diurusin, anak2 kandung sy jg masyaAllah, pengen sy tanganin sendiri tahfidznya.

Belom lg istri yg kudu dikelonin, he he he. Kudu sering jg duduk berdua. Kudu diajarin. Kudu ada sesi masak berdua. Biar akur, he he.

Sementara kebutuhan dakwah juga banyak dan luas. Nah, dg cara begini, dakwah ttp jalan. Dg zaman teknologi, semua jd bs dg izin Allah.

Trus kita bikin deh event ngumpulnya. Sekali besar. Misalnya, di Gelora Bung Karno, he he. 100rb-an kita, ngumpul sekali 3bl.

Coba deh jalanin. Simpel. Kalo ga bs download2, suruh anak. Anak pasti jago dah. InsyaAllah. Bikin kacang ijo, kumpulin warga. Stelin dah.

Kalo sdr adalah ketua rohis ktr, atau malah ownernya, jg enak. Bikin aja stiap jum’at sore gitu, nonton rekaman ulang antv selama sepekan.

Sepekan itu, 5x koq. Kan antv cuma senen s/d jum’at. Masing2 kira2 20 menit, hanya 100 menit. Anggap aja training.

Modalnya cuma file downloadan, cd-in, pasang infokus, pasang speaker, pesen deh makanan minumannya. Jadi deh training. Simpel.

Bila sdr adalah kakek nenek, ayah bunda, adain kayak gini. Kalo punya mobil, bisa sambil jalan2, nyetelinnya. Pasang tv di mobil.

Sambil jln2, sabtu gitu, stelin. Ambil yg jauh dah. Jkt-purwokerto misalnya, he he. Bs bljr ulang tayangan sebulan tuh! He he.

Pasang tv di mobilnya sampe ke head-rest. Jd yg blkng bs liat jg. Atau pasang tv yg 48 inc di dlm mbl. InsyaAllah dah.. Ga muat, ho ho ho.

Kalo ada kemau mah, pasti ada jalan. If there is a will, there is a way. Man jadda wajada. Jgn pasif. Udah ga nonton, udah aja. Jgn.

Usaha. Usaha u/ melihat. Kalo ketinggalan, buru rekaman di internetnya. Kalo udah dapat, share ke yg lain. Pahala berganda2.

Apalagi di indonesia itu ngajak kebaikan, gampang. Apalagi nih, ada lontongnya, he he. Banyak dah yg dtg.

Sekali2, pesen nasi kebuli. Spy orang kampung seneng. Kwn sekantor seneng. Traktir, tp dpt ta’limnya. Kayak nonton bareng bola dah. Begitu.

Kalo “punya masjid”, bisa tuh stelin lwt corong masjid. Cari aja tausiyah2 yg ga ada musiknya. Spy ga diprotes. Bnyk koq. Rekaman2 tausiyah.

Wis, pokoknya bergerak dah. Ini saya tweet, sbb bnyk yg msh mau ngundang saya. Sementara saya trbatas sekali. MasyaAllah. Bukan ga pengen.

Indonesia ini dikelilingin, g bkl slesai 10th. Asli. Gede banget. Di uni emirat arab, 1 pulau, 7 ngr. Indonesia, ribuan pulau, 1 ngr.

Nah, dari sisi ini, kita tuh kudu bersyukur. Kita segini gedenya negara, alhamd., aman. Akur. Bnyk kekurangan, tp itu peluang doa jadinya.

Itu ya, kabupatennya ada 500-an lbh. Kecamatannya ribuan. Setidaknya 5000 kecamatan. Desanya? Ampun dah.

Ga ada 1 pun presiden di negeri ini yg bs keliling negeri ini ampe tuntas. Ga bakalan ada. Saking luasnya.

Lah kalo presidennya juga keliling melulu, kocar kacir juga negara. Sbb kan di antara tugasnya: memanajemeni negara ini. Kontrol.

Ada gubernur, bupati, yg ga sanggup menginjakkan kakinya di seluruh gugusan wilayah yg dipimpinnya. Saking luas dan gedenya.

Yusuf mansur pun demikian. Sbg guru, sahabat, kwn, pengen banget dah, bahkan keliling ke setiap rumah. Alhamd., saya punya saudara semua.

Jika tiap rumah, tiap ayah, tiap ibu, melakukan apa yg di tweet ini. Berburu cd, dvd, atau downloadan internet, lalu menyetelnya u/ klgnya?

Dan juga menyetelnya u/ orang2 di dekatnya, di lingkungannya, di kompleknya… Maka itu sama dengan saya turun di sana. MasyaAllah.

Saya pengen juga menyarankan kpd presiden, gubernur, bupati, pake media tv. Sesungguhnya, kita kangen koq sama pimpinan2 kita.

Pake tuh tv. Setiap pagi, menyapa warganya. 5 menit, cukup. Mengingatkan warganya u/ jgn lupa berdoa. Lalu pimpin doa dari tv. Luar biasa.

Pake teknologi, spy deket. Sementara urusan teknis, diurus pasukannya, diurus orang2nya.

Keren juga tuh kalo presiden, gubernur, bupati, mau pake tv buat ngebimbing warganya. Pake hati. Jgn pake skenario.

Apa2 yg pake hati, pasti nyampe…

Misal, sbg presiden, beliau bcr: Saudaraku setanah air… Saya tau hidup ini sulit. Tp tidak usah menyerah. Ada Allah….

Wah, segitu aja, luar biasa. Tukang2 becak, tukang2 mie ayam, petani2, pelajar, mahasiswa, semua ndengerin presidennya… MasyaAllah…

… Hidup ini sulit, tp ada Allah. Indonesia ini punya modal yg tidak dimiliki bangsa lain. Yakni modal doa…

… Jika ratusan juta warganya berdoa, maka Allah akan turun membantu semua kesulitan kita…

… Apalagi jika kemudian tidak hanya berdoa. Semua bergerak. Bergerak mengatasi kesulitannya. Lalu kembali berdoa, &kembali bergerak…

… Saya yakin, ga ada kesulitan bangsa ini, melainkan akan menambah kuat kita semua. Bangsa yg kuat, adlh yg jg bljr dari kesulitannya…

Wuah… Saya mbayangin, kayak di film2 hollywood, he he. Presidennya nongol di semua layar tv, bahkan di BIGSCREEN jalan2 protokol..

Tuh presiden ngumumin ttg kiamat, he he he. Gitu kan di film2, ha ha ha. Nah ini, ga usah nunggu mau kiamat kali, baru nongol di tv2…

Saya mbayangin, semua warga, kayak dulu dengerin Presiden Soekarno yg saya cintai, yg saya kagumi. Pribadinya loh ya. Bukan partainya.

Dulu Presiden Soekarno kalo bcr, pdhl hny lwt radio, semua warga pd dengerin. Aktifitas berhenti! Semua merapatkan telinga ke radio!

Luar biasa kan…

Saya bukan Soekarno. Saya bukan SBY. Saya Yusuf Mansur, he he he. Saya pengen jadi Buya Hamka yg LIVE. Pengen jadi Guru Mansur…

Guru Mansur tuh buyut saya. Guru Mansur Jembatan Lima, Jakbar.

Saya gunakan tv, radio, buku, majalah, apa sajalah, trmasuk internet, u/ berdakwah. Menyeru kpd kebaikan, tanpa pake urat, kalem.

Dengan bantuan kwn2 setanah air, orang2 yg ga sempat melihat, mendengar, bljr, di antv, akhirnya bs bljr juga. Subhaanallaah…

Presiden lalu mengajak warganya u/ baik sangka, berdoa & bergerak. Doain yg pd korupsi, spy bs taubat, mmprbaiki diri…

Saya msh membayangkan nih. Bnr2 presiden bs memanfaatkan teknologi tv dan internet, u/ jg membimbing, memotivasi, warganya. Praktis. Simpel.

Presiden LIVE tiap hari, di jam2 makan siang, bertanya apakah warganya udah shalat zuhur berjamaah? Wedddeeeeyyy… Manteb…

“… Saudara2ku setanah air…”, begitu nih seruan LIVE lwt tv dari sang presiden, “Jika sdh tdk bs brtobat, lantaran mati hatinya…

… Maka ttp terus berdoa dan mendoakan… InsyaAllah, Allah akan pilihkan Keputusan-Nya yg trbaik u/ kita…

… Doakan juga saya, sbg presiden negeri ini… Spy lurus, ga mmbiarkan kemungkaran yg trliat, atau malah ikutan maksiat… Doakan…

Ketika warganya, para pelajar, mau pd ujian, presiden mimpin doa lsg. LIVE. Sbb punya acara sendiri. Wuah, keren dah.

Kuncinya, dari hati. Apa2 yg dari hati, akan sampai ke hati.

Gubernur2, bupati2, bs pake media lokal. Tv lokal, radio lokal, koran lokal. Sekali lagi, dari hati. Bukan kebutuhan kampanye.

Mdh2an dah. Walo yusuf mansur ada di mana, kayak skrng, ada di dubai, alhamd., dg izin Allah, antv ttp mengudara. Se-Indonesia ttp bs bljr.

Saya sengaja ga pake hastag nih nulis twitter2 hari ini. Spy nanti kwn2 kumpulin di blog masing2. Trmasuk di web http://yusufmansur.com.

Jadi kuliah dhuha kumpulan twitter pagi ini.

Judulin dah, “Lihat, pelajari, dan sharing…”. Mudah2an berguna. Mhn maaf kalo ada salahnya. Salam buat keluarga semua.

Ma’assalaamah, illaliqoo… Al Faatihah…

Boleh juga saudara2 ttp berbisnis dg menyelenggarakan MDN, atau menjadi sejutayusufmansur. Dg cara2 yg santun. Asal jgn ngebisnisnis. Bedanya? Ada.

Misalnya, saudara ini dagang kerudung. Lah, ttp boleh bikin businessgathering dg saudara menjual kerudung. Saudara bikin kacang ijo, jamu mereka. Di saat yg sama, saudara gelar jualan saudara. Gpp. Saudara punya showroom mobil. Lalu saudara kemudian bikin pengajian di showroom saudara. Masa ga boleh sambil dagang? Kan boleh. Tp jangan kemudian ngebisnisin konten dakwahnya. Contoh: saudara edit, lalu dg kepentingan sendiri, saudara pasang iklan di tayangan ulang antv yg udah saudara edit. Itu ga lucu. Bisa2 orang nyangka, saya yg dibayar, he he. Jangan. Normal aja. Konten asli, konten bawaan, jgn diapa2in.

Ustadz! Begitu orang barangkali menyeru saya. Ustadz juga ngiklan tuh? Eh eh, atas izin Allah yg saya iklanin, layanan publik. Seribu kali saya iklanin buku, misalnya, itu buku royaltinya udah diwakafkan. Jadi ya saya iklanin dg bukan berdiri pada kepentingan pribadi. Tanya hati aja. Sip dah. Saya ga ngelarang berbisnis. Tapi searif2nya aja. Dengan kesantuan, dan kehati2an. Jangan sampe agenda yg baik, malah mengundang tanda tanya. Trmasuk jgn mengkait2kan dg Pilpres. Jangan. Ga nyaman. Tar orang2 jd mempertanyakan ketulusan dan program2 dakwah kita. Oke deh. Silahkan saudara semua daftarin nama di www.sejutayusufmansur.com. Dan isi identitasnya.

Kita bergerak bersama. Indonesia perlu sejuta lisan, sejuta tangan, sejuta pikiran, sejuta gerak, sejuta langkah, u/ sama2 memperbaiki keadaan kita, keluarga kita, dan negeri ini. Di saat yg sama, bila saudara mendapati saya dkk juga berbisnis, insyaAllah ini juga adalah ibadah adanya. Peraturan dasarnya, jangan ngebisnisin, he he. Tipis. Cuma bisa dirasa perbedaannya dg hati yg tulus dan ikhlas. Salam hormat, @yusuf_mansur.


Article written by Admin

5 Responses

  1. Nina Gestiana
    Nina Gestiana February 23, 2013 at 9:21 am | | Reply

    Assalammu’alaikum Ustadz YM & kel.Alhamdulillah Ust,adik kandung saya & anak2nya, ma2h n pa2h mulai bersedekah membeli ayam bakar Mas Mono yg ada di Ruko,mmg harus sabar & yakin dgn pertolongan Allah.Bismillah saya mo jg memulai kuliah n nonton tausiah bareng kel & teman2,saya pengen hidup ini bisa manfaat bwt diri saya kel n saudara2ku,hamba Allah yg diciptakan2 dimuka bumi ini.Tausiah n ilmu dari Ustadz ini saya akan praktekkan dlm rt,usaha n u/kehidupan dunia & akherat.Gajah mati meninggalkan gading manusia mati meninggalkan nama yg harum n ilmu yg bermanfaat.

  2. fitri nurhasanah
    fitri nurhasanah June 14, 2013 at 8:45 am | | Reply

    Assalammu’alaikum Ustadz YM

    Ustadz baru – baru ini saya sering lihat ceramah ustadz di You Tobe, sangat membuat hati saya tenang. saya mohon bantuan dan bimbingan ustadz, saya baru mau belajar Sholat – Sholat Sunah sesuai dengan yang Ustadz ajarkan.
    ( u/ Sholat Tahajud 11 rakaat & Sholat Dhuha 12 rakaat & Sholat – Sunah lain nya). Apakah saya bisa mendapatkan CD/ Buku ( dimana saya bisa membelinya) untuk Tata Cara Sholat Sunah & Surat – Surat apa saja yg di baca setelah surat Alfatiha (u/ Sholat Tahajud, Sholat Dhuha. Apakah boleh saya baca dengan Surat Pendek yang saya hafal. Mohon bantuanya Ustadz karena saya mau mendirikan Sholat Dhuha (biar tidak salah dalam Sholat nantinya )

    Terima Kasih Ustadz

  3. Witri
    Witri September 5, 2013 at 2:06 pm | | Reply

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Ya Ustad…..saya kadang masih agak bingung dengan istilah zakat, infaq, sodaqoh, waqaf dan hibah, serta hadiah. Ada yang menjelaskan infaq dan sodaqoh sebenarnya sama tetapi sodaqoh bisa materi dan non materi, tetapi di beberapa badan amal koq dibedakan…..rekeningnya dipisahkan. Mohon penjelasan Ustad. Matur nuwun Ustad.
    Wassalamualaikum Wr. Wb

  4. sriagustian
    sriagustian October 20, 2013 at 3:00 pm | | Reply

    Assalamualaikum Wr.Wb,,
    Ustad mohon bantu do’a nya agar saya segera dapet jodoh yg terbaik ya cz ada seseorang yg sudah buat saya menjadi jauh jodoh.
    Di setiap do’a saya selesai solat saya minta agar org itu di sadarkan dr perbuatan’a & di ampuni dosa’a & segera di datangkan jodoh yg terbaik untuk saya. Amiiiinn

  5. Guru Les Privat
    Guru Les Privat July 8, 2014 at 4:26 am | | Reply

    alhamdulillah ceramahnya bagus ustad .

Please comment with your real name using good manners.

Leave a Reply


+ 6 = 15

facebook like