• 2-iklan BYM

  • 4-banner-sto

  • home ym com

  • Tahfizh Camp artikel

  • 8ac0a7a2-b1f7-43d2-998d-1ef08bc4e4a4

  • sedekah online
  • sedkah produktif

Makna Sayyidul Istighfar

Ini teks Sayyidul Istighfar. Atau Ummul Istighfar:

Awllohumma Anta Robbii… Laa ilaaha illaa Anta. Kholaqtanii. Ana ‘abduka. Ana ‘alaa ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’uudzu bika min syarri shona’tu. abuu-u laka bini’matika ‘alayya. wa abuu-u bidzambii. faghfirlii. fa-innahuu laa yaghfirudzdzunuuba illaa Anta. .

Yaa Allah, Engkaulah Tuhanku. Pemenuh kebutuhanku, keperluanku. Pengabul doa-doaku. Penjaga diriku, Pelindung diriku, Pengaman diriku. Pemelihara diriku. Pemilik diriku. Rabbku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Tidak ada yang kuharapkan, kudatangi, kusandarkan, kumintai pertolongan, bantuan, kecuali Engkau. Tidak ada yang bisa mendatangkan manfaat dan madharat, membanyakkan menyedikitkan, mengadakan, meniadakan. Membesarkan mengecilkan, menghidupkan mematikan, melapangkan, menyempitkan. Kecuali Engkau.

Inilah terjemahan singkat dari Awlloohumaa Anta Robbii, Laa-ilaaha illaa Anta.

Sungguh luas sekali. Dan itu baru 2 bait saja. Dua kalimat. Agung sekali. Mulia sekali. Dan lebih luas lagi daripada apa yang saya tulis.

The sambungan. sayyidul istighfar bagian ke 2:

Awllohumma Anta Robbii… Laa ilaaha illaa Anta. Kholaqtanii. Ana ‘abduka. Ana ‘alaa ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’uudzu bika min syarri shona’tu. abuu-u laka bini’matika ‘alayya. wa abuu-u bidzambii. faghfirlii. fa-innahuu laa yaghfirudzdzunuuba illaa Anta.

Sedikit makna kholaqtanii… Adalah juga pengakuan tauhid. Bahwa Allah lah yang menciptakan kita. Sekaligus pernyataan kita. Bahwa semua apa yang ada di kita, milik kita, adalah dari Allah. Ungkapan pengakuan dan penyerahan nasib pula. Kepada dan di hadapan Allah. Bahwa kelak kita akan bicara, kita bersedia diatur Allah. Menjadi terserah Allah aja. Apa kita ke kanan. Apa ke kiri. Apa ke depan. Apa ke belakang. Dapet apa. Ilang apa. Jadi apa. Terserah Allah. Terlebih kita merasa kita punya dosa. Punya salah. Bener-bener terserah Allah. Sambil meyakini bahwa apa-apa yang dari Allah, tentu baik dan kebaikan. .

Kata-kata Kholaqtanii, menjadi sesuatu banget buat kita. Sebab kita seperti merajuk ke Allah dengan mengatakan, Yaa Allah, aku ini ciptaanMu. Bikinan-Mu. Milik-Mu. Jangan Kau hukum aku. Kasihi aku. Masa Engkau menghukum apa yang Engkau Ciptakan Sendiri.

Kata-kata Ana Abduka… Itu artinya, saya hamba-Mu yaa Allah. Posisi yang Allah suka. Kita mengetahui, mengakui, menyatakan, bahwa Allah itu Tuhan kita, Pencipta kita. Dst. Lihat di Bagian 1. Dan kemudian memposisikan kita sebagai hamba-Nya. sebagai ciptaan-Nya. yang terserah mau dijadiin apa. Mau digimanain aja. Sambil nitip nasib. Terlebih dalam konteks istighfar. Di mana kita ngaku salah. Ngaku ga bener. Ngaku kurang ibadah. Ngaku kurang syukur. Kurang sabar. Kurang amal saleh. Jadi ya posisi tawarnya kan pastinya rendah. Apalagi sebagai seorang hamba di hadapan Sang Khaliq, maka ya sejatinya kan emang ga ada daya tawar. Alhamdulillaahnya, kita diberi hak untuk berdoa. Luar biasa. Diberi kesempatan. Untuk berdoa. Ini dahsyat. Dalam posisi ga ada daya tawar, tapi boleh dan bahkan disuruh, diminta, berdoa. Kepada Allah. .

Dalam keseharian, kita suka merajuk… “Saya kan anak Papah…”, “Saya adiknya Kaka…”, “Saya kan muridnya Pak Guru…”, “Saya mahasiswanya Bapak…”, “Saya tetangganya Panjenengan loh…”, “Saya kawan sekampung… Sekampus… Sebatalyon… Setanah air…”, dst.

Maka ketika kita bilang, Ana ‘Abduka, maka ini kalimat, deket banget. Ga berjarak. Intens. Intim. Very Close. Hubungan apa yang mengalahkan hubungan Khaliq dengan Makhluk-Nya? Bahkan mengalahkan hubungan ayah dengan anaknya. Ibu dengan anaknya.

Sekaligus kata-kata ini, Ana ‘Abduka, mengingatkan kita. Jangan sombong. Wong kita hanyalah Hamba-Nya… Bisa apa? Punya apa? Yang kalo ketawadhuan sudah didapat, kalo kerendahhatian sudah didapat, di hadapan diri-Nya Yang Maha Agung, Maha Besar, Maha Tinggi, Maha Kuasa, insyaaAllah, istighfar kita, akan lebih syahdu.

Semoga dengan sedikit dijelaskan, akan ada rasa dalam membaca Sayyidul Istighfar yang luar biasa.

You may also like...

5 Responses

  1. Aamiin ya robbal’alamin
    Aplikasi paytren memudahkan segala transaksi peluang bisnis penghasilan berkhah insyaallah klik http;//bestpaytren.com/umigaviazh wa 0812 8406 0739

  2. Dhika says:

    Terus waktu yg utama buat ngamalinnya kapan ustad.. Berapa kali

  3. Samsudin says:

    Mau berbisnis sambil bersedekah?
    Ayo daftar Paytren Ustadz Yusuf Mansur saja.
    In shaa Allah berkah.
    Info klik http://trenidigital.com/syam75
    BBM : 5BA9DACD
    WA : 089623206203
    Salam Sukses Berjamaah

  4. Bismillaahirrahmaanirrahim.
    PAYTREN adalah PROYEK transaksi digital yg dibangun Ustad Yusuf Mansur,
    *BERBISNIS SAMBIL BERSEDEKAH*
    DAFTAR DI
    http://trenidigital.com/eddy86

    SMS; 081294269850
    WA : 0895345959499
    BBM : D76E41D7

  5. IinSartika says:

    Mau berbisnis sambil bersedekah?
    Yuk daftar PayTren saja.
    Ownernya Ustadz Yusuf Mansur.
    In shaa Allah sukses bisnisnya berkah hidupnya.
    Aamiin

    Info klik http://goo.gl/sGKfY0
    BBM : D55EED6A
    WA : 087885001264

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode *
Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.