Manajemen Kerugian Bag.2

“Jika Allah berkehendak menolong kamu, maka tidak ada satu pun yang bisa mengalahkan kamu, sebaliknya, jika Allah membiarkan, maka siapakah yang dapat menolongmu selain Allah tentunya. Dan hanya kepada Allah sajalah hendaknya orang-orang mukmin berserah diri.” (Âli ‘Imrân: 160).

“Wahai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan melalui kesabaran dan shalat…” (al-Baqarah: 45).

Di antara makna sabar adalah menerima apapun kejadian dengan hati lapang, hati ikhlas dan percaya bahwa Allah ada di balik semua hal.

Kelapangan dan keikhlasan dalam menyikapi problematika kehidupan akan membuat hati menjadi rileks dan pikiran menjadi jernih.

Sedangkan shalat dalam makna seluas-luasnya adalah menundukkan hati, pikiran dan jiwa raga kepada Allah, Tuhan Penguasa Alam.

Siapa saja yang mengharapkan pertolongan Allah, sebisa mungkin menjaga agar hal-hal negatif tidak terulang lagi dan kemudian berbuat sebanyak mungkin amal kebajikan.

Inilah juga sebagian dari materi manajemen kerugian, manajemen kekecewaan, yang sebagian besarnya banyak dikupas nanti pada judul “Cahaya Seribu Lilin”.

983117-slumped-worker

Seseorang yang sedang mengalami keterpurukan dan ketersudutan,

tetapi ia bisa menerimanya dengan tingkat keikhlasan yang tinggi,

apalagi dibarengi dengan kesadaran bahwa apapun yang terjadi adalah kebaikan baginya, dan penerimaan resiko; maka keterpurukan dan ketersudutannya itu bukanlah kerugian adanya.

Apalagi bila kemudian dalam masa tersebut, ia mau memperbaiki dirinya dengan memantapkan niat mengayuh kehidupan baru, dengan semangat baru, dan dengan motivasi baru, yang ia sandarkan pada kebaikan hubungan baik dengan Allah dan sesamanya.

Bisa dipastikan, kebaikan demi kebaikan berupa perubahan suasana kehidupan akan segera menghampiri.

Sebaliknya, siapa saja yang tidak bisa mengelola sebuah musibah, tidak bisa mengelola sebuah kejatuhan dan kepahitan, maka akan berlipat-lipat kerugian yang dialaminya.

Contoh sederhana misalnya,

seseorang bangkrut, lalu ia tidak bisa menerima kebangkrutannya secara sewajarnya,

dalam artian putus asa, biasanya ia akan lama sekali terkungkung dalam kebangkrutannya,

apalagi bila ia alihkan kekecewaannya ke hal-hal negatif.

Kerugian yang ia alami minimal dua kali. Pertama, rugi karena kebangkrutannya. Kedua, rugi karena kehilangan motivasi dan harapan.

You may also like...

14 Responses

  1. dewi yana says:

    Iya, benar Kak, saat kita ditimpa suatu ujian kesulitan, kesedihan atau kehilangan, gak ada manfaat yang bisa kita ambil kalau kita tidak sabar dan tidak ikhlas. Karena kita sabar atau gak sabar, ikhlas atau gak ikhlas, ujian kesulitan / kesedihan atau musibah tetap terjadi dan menimpa kita ,Jadi lebih baik kita terima dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Bila kita bisa sabar dan ikhlas menerimanya, maka insya Allah, tidak akan terasa berat lagi ujian/musibah/kerugian tersebut, kita bisa memikirkan solusi utk bangkit dari kesulitan

  2. rofiq irwan as'adi says:

    membuat kita lebih dekat sama Alloh..

  3. Irsan says:

    Betul sekali pak ustadz ketika kita terkena musibah janganlah lampiaskan ke arah negatif, mendingan kita berserah diri kepada yang Maha Kuasa

  4. masykur azizi says:

    Luar biasa mencerahkan dan membawa motivasi makasih ustadz, makasih sobat

  5. Rabiatul adawiyah says:

    Jika kita tau hikmah dibalik smua kejadian,kita tidak akan pernh mengeluh atas smua kejadian,menghdapi smuanya sprti diajarkan ustdz perbanyak sholat,wirid,dan shodaqoh ^_^

    • بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ Ayo Jangan tunda-tunda lagi.segera gabung dengan Paytren ( BB : 32293c08 / SMS/WA ; 081578976772)bisnis Ustad Yusuf Mansur yg Barokah,penuh sedekah untuk Program Pembibitan Penghapal Al-Qur’an, menuju sukses yg berjamaah.segera daftar free member disini ; http://treniuym.com/eralove772. Ikuti tautan ya,Tks. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

  6. Hamdana says:

    Subhanallah,, tahun 2012 saya mengalami keterpurukan, bisnis saya hancur dan saya mengalami banyak kehilangan termasuk materi, rumah dll, yang membuat orgtua saya bersedih,, saya terliluit hutang dalam keterpurukan tersebut, yang akhirnya saya mencoba untuk kuat dan bertahan dengan cara bersabar dan bertawakkal sehingga ujian yang aku terima dari allah, selalu kusyukuri dan terus berjuang dan berusaha untuk bertahan dan bangkit dari keterpurukan tersebut,, alhamdulillah saat ini bisnis saya kembali membaik dan saya terus berjuang dan banyak2 mengucap syukur dan berterima kasih kepada Allah SWT.

    • Semoga segera Bangkit dan Sukses kembali pak dlm Lindungan Allah SWT.Aamiin YRA. بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ Ayo Jangan tunda-tunda lagi.segera gabung dengan Paytren ( BB : 32293c08 / SMS/WA ; 081578976772)bisnis Ustad Yusuf Mansur yg Barokah,penuh sedekah untuk Program Pembibitan Penghapal Al-Qur’an, menuju sukses yg berjamaah.segera daftar free member disini ; http://treniuym.com/eralove772. Ikuti tautan ya,Tks. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

  7. Sulaiman says:

    Terima kasih info nya…@ustadz…tolong kirimi no hp ustadz ana ada yang mau di tanyakan penting sekali…ini no hp ana 081990831001

  8. sofia toriani says:

    Benar skali Ustadz, kita hrs slalu sbar dan ichlas agar mendpat ridho Allah, karna orang sabar dan ichlas pasti di sayang Allah Amin….

  9. Luki says:

    Baru saja saya baca Manajemen Kerugian bag. 2. Pegawai satu satunya di toko saya mengajukan resign. Alhamdulillah karena dia rencana nerusin kuliah. trusssssssssssssssssssss………………………. ikhlas N hany Allah yang bisa back up Qt.

  10. Muhammad yusuf al mansur says:

    YA ALLAH, Engkaulah yang MAHA ESA, tiada sesuatu apapun terjadi melainkan atas izin dan kehendak Mu, maka hanya padamulah kami menyerahkan segala urusan kami dan hanya padamulah kami bergantung dan berserah diri YA ALLAH. amin

  11. بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ Ayo Jangan tunda-tunda lagi.segera gabung dengan Paytren ( BB : 32293c08 / SMS/WA ; 081578976772)bisnis Ustad Yusuf Mansur yg Barokah,penuh sedekah untuk Program Pembibitan Penghapal Al-Qur’an, menuju sukses yg berjamaah.segera daftar free member disini ; http://treniuym.com/eralove772. Ikuti tautan ya,Tks. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

  12. MARWANDI says:

    New Paytren:
    Assalamu’alaikum
    SEMANGAT PAGI

    .:: PELUANG USAHA MODAL MINIMAL HASIL
    MAKSIMAL ::.
    PT. TRENI/PayTren Ustd Yusuf Mansur ( halal
    dan barokah tanpa resiko )
     “Modal 1x…. hanya utk beli lisensi aplikasi…
     Tak ada target belanja wajib bulanan…
     Tanpa harus tutup point…
     Produk sangat dibutuhkan dalam kehidupan
    kita spt : pulsa,byr listrik,PDAM,PBJS,tiket
    pesawat,tiket kreta api dll
     Cocok untuk anda yg tidak punya banyak
    waktu dan ingin punya bisnis rumahan.
     Alhamdulillaah PT. TRENI sudah Diakui oleh
    pemerintah RI, sudah menjadi anggota APLI, dan
    sertifikat Halal dr Dewan Syariah…

    Info lebih lanjut,silahkan hubungi :

    atau klik : http://www.bestpaytren.com/marwandi
    WA/Telegram 089637111991
    Bbm 56A5707F

    PAYTREN…
    Sukses bisnisnya,
    Berkah hidupnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 chars

Kode * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

facebook like