Yusuf Mansur

Masjidil Haram Diperluas, Kuota Haji Insya Allah Meningkat

 

Insya Allah sebentar lagi jumlah kuota haji Indonesia akan meningkat. Pasalnya Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz meresmikan perluasan Masjidil Haram. Dengan adanya perluasan ini, daya tampung jamaah bertambah sekitar 1,85 juta.

“Saatnya, para jamaah dan pengunjung mengucapkan selamat tinggal kepadatan dan rasa sesak,” kata Kepala Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Abdurrahman Al-Sedais dilansir dari On Islam, Minggu (12/7).

Peluncuran perluasan Masjid dilaksanakan Sabtu (11/7). Masjid mengalami perluasan pada bagian halaman, terowongan, fasilitas pelayanan jalan lingkar pertama. Perluasan bukan hanya dari segi bangunan. Pembaharuan juga mencakup sistem pintu elektronik yang canggih, sistem suara hitech termasuk 4.524 speaker, 6.635 unit kamera pemantau, dan sistem penghapusan debu.

Selain itu, setiap lantai tempat ibadah juga dilengkapi dengan 680 lift, 2.100 toilet, juga disediakan toilet untuk penyandang cacat. Perluasan yang dilakukan sebanyak 456 ribu meter persegi, dengan biaya sebanyak SR 100 miliar.

“Ini diperkirakan menjadi project of the century,” ujar pejabat Saudi

Sumber news: http://republika.co.id/

sumber image: http://3.bp.blogspot.com/

 

 

Exit mobile version