Masuk Kubur

“Antum dah punya pesantren?” tanya saya.

“iya. Alhamdulillaaah… maen ya. Liat-liat, dan doain…” Wuah, Mustafa minta didoakan. Menetes betul air mata saya. Saya banyak salahnya sama beliau. Hutang pun masih ada. Kok ya saya masih dimintanya silaturahim, dan minta di doakan. Matanya, senyumnya, tulus. Ga maen-maen.

“InsyaaAllah Ji Mus. InsyaaAllah saya maen.” Saya di 2003, belum punya pesantren. Belum ada nama Daarul Quran. Baru Wisatahati. “Dimana Ji pesantrennya?”

“Di Cileungsi.”

“Apa namanya?”

“Daarul Mughni. Ngambil berkah nama babeh.” Kata beliau.

Setelah dapat alamat dan ancang-ancangnya, saya ke sana. Pas hari H, saya beli duren dulu. Mengenang beliau. Mengenang pertemanan kami. Saat kami usaha di bidang komputer dan edukasi. Rencananya saya mau makan bersama beliau. Sengaja ga ada duren yang saya buka dan cicipi. Biar bareng-bareng.

Alhamdulillaaah, setelah ngikutin petunjuk arahnya, saya kemudian menemukan 1 belokan lagi menuju pesantren dimaksud. Pas masuk komplek, sebelum gerbang utama pesantren Daarul Mughni, sebelah kiri saya, ada rumah mewah. Yang beda banget dengan yang lain.

Dalam hati saya, oh ini nih rumahnya Mustafa. Rumah kyainya pesantren ini … namuuuuunnnn, kok di luar pesantren ya …? Ya, di luar pesantren lokasinya. Walau dempetan sama tembok pager pesantren. Saya masuk ke dalam, santri-santri dah nyambut.

“Ustadz Yusuf ya?” tanya santri-santri yang jaga gerbang. He he he, 2003, masih belum di kenal. Berdiri di halte juga ga ada yang moto …

“Ada Haji Mustafanya?”

“Ada. Dah ditunggu stadz…”

Sejak di mobil, pas melewati gerbang, pandangan saya terganggu. Terganggu dengan rumah persis di belakang gerbang utama. Jadi, pas masuk, saya ngeliat rumah ini. Paaasss di gerbang banget. Dan rumah ini, jelek banget banget … jelek kuadrat. Jadi ngeganggu komposisi keindahan pesantren. Dari kayu tua, lusuh. Rumah lama. Dan rumah ini begitu kecil, tertutup pula, sepi. Saya berpikir mungkin ini rumah penduduk yang ga mau dibayarin pesantren.

Saya berpikir lagi, kenapa Mustafa membiarkan rumah jelek ini, dan ngebangun rumah di luar pager pesantren? Tapi cepat saya mengingatkan diri saya, ah bukan urusan saya… saya memilih menikmati suasana pondok dan pertemuan dengan Mustafa.

You may also like...

26 Responses

  1. Ryan says:

    ustad, makasih udah ngebakar semangat saya untuk sedekah kejalan allah.
    andai gitu suatu saat kita papasan,saya mau cerita banyak ke ustad.
    hhee

  2. Yulia says:

    Subhanallah..

  3. Nova Erita says:

    Serius,penasaran,nangis,tertawa,dan akhirnya saya sangat terharu membacanya.

  4. Nova Erita says:

    Ijin share ke fb boleh ga ust?

  5. Mohamad Supriogi says:

    Allahu akbar

  6. joko sriyono says:

    Terimakasih cerita dan motivasinya ustadz..

  7. Pengen kayak mustafa… harus bisa!!!

  8. rofiqoh ahmad says:

    subhanallah,,, luar biasa,,, jd lagsung mikir, bs sedekah apa yg gede? dan akhirx ngikutin ustadz aja deh, berdoa mg2 allah bs ksh ksmpatan utk sedekah pol2an,, aamiin…

  9. nia adni says:

    subkhanallah,doin saya supaya banyak bersedekah di jalan allah. amin

  10. sandari says:

    Masya Allah.. semoga sya jga bisa sedekah yg GEDE aamiin

  11. Arbaniah says:

    ustad mansur mohon doa’nya agar saya juga bisa seperti pa ustad pingin sedekah yg segede2nya…..

  12. rino says:

    yaAllah, Ustadz. cerita inspiratif bgt tadz, Subhanallah, pengen gtu cerita2 ama ente tadz..

  13. warni says:

    Pengen banget ketemu ustadz..
    Banyak yg mau di share
    Kapan ya Allah

  14. azizah achmad says:

    Inspirative skl subhanallah

  15. dede says:

    Saya ingin belajar AL qur’an sabtu Minggu d darul quran,
    berapa iuran yg hrs sya keluarkan / bulannya ,,,

  16. PURWATI says:

    Amazing… Ustad….Subhanallah …luarbiasa banget…

  17. andeska says:

    asalamualaikum ustad, saya ingin menjual pulsa melalui internet, dan saya pernah baca ustad juga puny a usaha dibidang ini, bisakah saya bergabung?bagaimana carany? saya harap ustad bisa kirimkan ke email saya
    ediyosev@gmail.com

  18. SULJAH TERAWATI says:

    MASYAALLAH…SEMOGA BISA

  19. siti maisaroh says:

    Subhana’allah ,,, luar biasa , ya Allah smoga saya bisa, trimksh inspirasi ustad

  20. ribut harijati says:

    ustad da lama saya tidak ikut acara ustad.kapan ada acara disby saya ingin ngecash iman yang saat ini lagi pada level low

  21. okeu mardiana says:

    Subhanallah ustad buat saya merinding membacanya krn saya tdk ada apa2nya d banding ustad mustafa..ini menjadi pelajaran bt saya tk berbuat kebajikan sll..insya allah.

  22. tiyah says:

    Ya Allah, ustadz doakan saya dan juga ygtelah membaca kisah ini semoga saya dan keluarga besar saya bisa bersedekah yg gede gede. Ini sangat inspiratif banget. Ya Allah kabulkanlah doaku, aamiin, aamiiin.

  23. suparmi says:

    Memperkenalkan Bisnis PayTren ( Virtual Payment )

    Trend bisnis loket PPOB semakin lama akan semakin
    Tergantikan oleh sistem POP (Personal Online Payment)
    dimana pelanggan tidak perlu lagi keluar rumah untuk
    membayarkan kewajibannya. Pembayaran dapat diselesaikan
    hanya melalui handphone miliknya. Ayo TANGKAP peluang
    bisnis dahsyat ini, Mari berbisnis bersama Ustadz Yusuf Mansur
    selaku Owner dan Founder dari bisnis PayTren ini.

    Info lengkap bisa anda dapatkan
    Dengan MengeKLIK Link Dibawah Ini:

    http://leadersuksespaytren.com/VP29121

    Terimakasih,

    Best Regards
    Suparmi
    08562882676

  24. imammaksum says:

    Yuk berBISNIS #PayTren bareng Ustadz Yusuf Mansur.bisnis sambil sedekah.
    Info & Pendaftaran Paytren klik ⤵
    http://goo.gl/M78Ucx
    Butuh Bantuan, Hubungi saya
    Wa / Call +6738210382(brunei)/
    +6281235029820(indonesia)
    [Luar Negeri bisa)

Leave a Reply