Masuk Kubur

Mustafa ngelirik mobil saya. Escudo 2.0i. Saya melirik mobil dia, ga ada…! Ya, ga ada mobil-mobil mewah yang saya liat sebelumnya. Kecuali mobil pick-up, yang juga maaf, jelek. He he he, sombong ya? Ini cerita loh … ngalirnya emang begitu.

“Ji Mus … kemana mobil-mobil antum…?” Antum itu = Kamu, Anda, dalam bahasa sopannya bahasa arab.

“Dijual,” jawabnya enteng. ‘

“Pick-up ini?”

“Ya, disisain ini. Buat angkut-angkut barang belanjaan kebutuhan santri …”

“Oooohhh …”

Kami liat-liat pesantren. Muter-muter. “Ji Mus, saya bawa duren nih …” Mustafa tertawa. “Masih inget aja …”

Selesai keliling, saya buka bagasi Escudo 2.0i. Ngambilin duren. Malu juga. Saya yang punya hutang, malah mobilnya Escudo. He he he.

“Makan di mana nih?”

Mustafa jawab, “Di situ aja. Di serambi keamanan.” Di gerbang tadi …

Dari sini tulisan ini bermula kisahnya … Subhanallaaah, Maha Indah Allah memberi kesempatan saya menulis tentang ini. Saya kangen Mustafa. Kangen sama wajah salehnya, senyum salehnya. Saya hampir nangis lagi nih … cengeng, melo. HP saya baru. Nah, di HP lama, nomornya Mustafa. Tapi saya yakin, kisah ini, bakalan nyampe.

Duren-duren dibawa ke serambi keamanan. Sekali lagi saya melihat ke rumah jelek yang kecil ini. Tapi saya ga berani nanya.

Saya pernah ke rumahnya Mustafa. Gede betul. Pintunya, 2 setengah kali saya. Menghina betul nih pintu, begitu kata saya dulu. Kok ya bisa lebih tinggi nih pintu kemana-mana, he he he.

Saat itu Mustafa membeli lemari. Lemarinya ga dibongkar. Kata Mustafa, “Pintu saya gede. Lemari ini InsyaaAllah langsung muat …” Tapi kami cuma terkekeh-kekeh. Ternyata lemari ini masih lebih besar sekian cm. “He he, ternyata masih ada yang lebih tinggi dari pintu saya.” Kata Mustafa. Lemari di potong, kalau saya, ga usah di potong.

Begitulah pintu rumahnya Mustafa. Pintu yang saya kenal, dari rumah mewahnya beliau. Dan di dalam rumah mewah itu, penghuninya saleh.

Sekarang, di serambi keamanan pondok, saya memandang rumah itu di depan mata saya. Serambi ini, menghadap ke rumah itu. Pas mau makan duren, Mustafa bilang, “Suf, ke rumah saya yuk sebentar. Doain rumah saya …” Saya mengangguk.

Mustafa bangun, saya bangun. Mustafa nyari sandal, saya nyari sandal juga, Mustafa berdiri, saya berdiri juga. Mustafa bergerak, jalan, saya bergerak dan jalan pula. Saya menuju ke gerbang. Gerakan badan saya, memutar, menuju gerbang. Mustafa tertawa, “Mau kemana Suf?”

“Lah, katanya mau ke rumah antum?” Bahasa tubuh saya seolah menegaskan, “yang itu kan? Yang di luar itu?” Mustafa tersenyum.

“He he he, banyak yang mengira, rumah saya di sana. Bukan, rumah saya yang ini …” Katanya sambil bergerak jalan. Ya Allah, merinding saya. Saya mengenal tentang beliau, melihat beliau jalan, saya ngikutin arah jalannya beliau.

Ternyata bener! Ga salah! Rumah yangt saya bilang jelek, mengganggu pesantren, adalah rumahnya Mustafa sendiri! Bagaimana bisa…?? Tanya saya dalam hati. Dengan suasana hati ga keruan.

You may also like...

26 Responses

  1. Ryan says:

    ustad, makasih udah ngebakar semangat saya untuk sedekah kejalan allah.
    andai gitu suatu saat kita papasan,saya mau cerita banyak ke ustad.
    hhee

  2. Yulia says:

    Subhanallah..

  3. Nova Erita says:

    Serius,penasaran,nangis,tertawa,dan akhirnya saya sangat terharu membacanya.

  4. Nova Erita says:

    Ijin share ke fb boleh ga ust?

  5. Mohamad Supriogi says:

    Allahu akbar

  6. joko sriyono says:

    Terimakasih cerita dan motivasinya ustadz..

  7. Pengen kayak mustafa… harus bisa!!!

  8. rofiqoh ahmad says:

    subhanallah,,, luar biasa,,, jd lagsung mikir, bs sedekah apa yg gede? dan akhirx ngikutin ustadz aja deh, berdoa mg2 allah bs ksh ksmpatan utk sedekah pol2an,, aamiin…

  9. nia adni says:

    subkhanallah,doin saya supaya banyak bersedekah di jalan allah. amin

  10. sandari says:

    Masya Allah.. semoga sya jga bisa sedekah yg GEDE aamiin

  11. Arbaniah says:

    ustad mansur mohon doa’nya agar saya juga bisa seperti pa ustad pingin sedekah yg segede2nya…..

  12. rino says:

    yaAllah, Ustadz. cerita inspiratif bgt tadz, Subhanallah, pengen gtu cerita2 ama ente tadz..

  13. warni says:

    Pengen banget ketemu ustadz..
    Banyak yg mau di share
    Kapan ya Allah

  14. azizah achmad says:

    Inspirative skl subhanallah

  15. dede says:

    Saya ingin belajar AL qur’an sabtu Minggu d darul quran,
    berapa iuran yg hrs sya keluarkan / bulannya ,,,

  16. PURWATI says:

    Amazing… Ustad….Subhanallah …luarbiasa banget…

  17. andeska says:

    asalamualaikum ustad, saya ingin menjual pulsa melalui internet, dan saya pernah baca ustad juga puny a usaha dibidang ini, bisakah saya bergabung?bagaimana carany? saya harap ustad bisa kirimkan ke email saya
    ediyosev@gmail.com

  18. SULJAH TERAWATI says:

    MASYAALLAH…SEMOGA BISA

  19. siti maisaroh says:

    Subhana’allah ,,, luar biasa , ya Allah smoga saya bisa, trimksh inspirasi ustad

  20. ribut harijati says:

    ustad da lama saya tidak ikut acara ustad.kapan ada acara disby saya ingin ngecash iman yang saat ini lagi pada level low

  21. okeu mardiana says:

    Subhanallah ustad buat saya merinding membacanya krn saya tdk ada apa2nya d banding ustad mustafa..ini menjadi pelajaran bt saya tk berbuat kebajikan sll..insya allah.

  22. tiyah says:

    Ya Allah, ustadz doakan saya dan juga ygtelah membaca kisah ini semoga saya dan keluarga besar saya bisa bersedekah yg gede gede. Ini sangat inspiratif banget. Ya Allah kabulkanlah doaku, aamiin, aamiiin.

  23. suparmi says:

    Memperkenalkan Bisnis PayTren ( Virtual Payment )

    Trend bisnis loket PPOB semakin lama akan semakin
    Tergantikan oleh sistem POP (Personal Online Payment)
    dimana pelanggan tidak perlu lagi keluar rumah untuk
    membayarkan kewajibannya. Pembayaran dapat diselesaikan
    hanya melalui handphone miliknya. Ayo TANGKAP peluang
    bisnis dahsyat ini, Mari berbisnis bersama Ustadz Yusuf Mansur
    selaku Owner dan Founder dari bisnis PayTren ini.

    Info lengkap bisa anda dapatkan
    Dengan MengeKLIK Link Dibawah Ini:

    http://leadersuksespaytren.com/VP29121

    Terimakasih,

    Best Regards
    Suparmi
    08562882676

  24. imammaksum says:

    Yuk berBISNIS #PayTren bareng Ustadz Yusuf Mansur.bisnis sambil sedekah.
    Info & Pendaftaran Paytren klik ⤵
    http://goo.gl/M78Ucx
    Butuh Bantuan, Hubungi saya
    Wa / Call +6738210382(brunei)/
    +6281235029820(indonesia)
    [Luar Negeri bisa)

Leave a Reply